30 Rekomendasi Tempat Wisata di Perth

Perth adalah sebuah kota di Western Australia yang menghadirkan berbagai macam tempat wisata keren. Mulai dari pantai, kebun binatang, taman nasional, taman bermain modern, hingga museum sejarah, kamu bisa dengan mudah menemukan semuanya di sini! Perth cocok untuk wisata bersama keluarga, pasangan, atau bahkan sendiri.

1. Rottnest Island

Rottnest Island adalah salah satu objek wisata di Perth yang terkenal di kalangan penduduk lokal. Meski terletak sekitar 19 km dari pusat kota, banyak warga lokal yang menjadikan tempat ini destinasi utama untuk liburan akhir pekan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Rottnest Island memiliki pantai yang cantik dengan hamparan pasir putih, danau garam, dan cuaca yang cerah.

2. Bathers Beach

Untuk pantai yang jarang diketahui turis mancanegara, kamu bisa ke Bathers Beach. Pantai ini memang lebih dikenal di kalangan lokal karena ukurannya yang kecil. Namun karena ukurannya tersebut, Bathers Beach cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke tempat yang lebih sepi untuk berelaksasi. Tapi, tidak perlu khawatir soal pemandangannya karena sama cantiknya dengan pantai-pantai besar sekalipun.

3. Coogee Beach

Coogee Beach adalah salah satu pantai yang paling populer di Perth maupun Australia. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang pergi ke sini untuk berjemur, berenang, dan bersantai. Suasananya memang lebih santai dan pemandangannya pun cocok untuk dinikmati sambil duduk-duduk atau foto-foto.

4. Shoalwater Islands Marine Park

Marine Park ini adalah salah satu destinasi wisata utama bagi mereka yang ingin istirahat dari kebisingan kota dan ingin menikmati keindahan alam. Ada banyak pulau-pulau cantik dan bangkai kapal yang bisa kamu kunjungi. Kamu juga bisa mencoba aktivitas outdoor menyenangkan, seperti snorkeling dan diving karena air laut serta biota lautnya yang masih bersih dan indah.

5. Caversham Wildlife Park

Tempat ini adalah surga bagi semua pecinta binatang. Sesuai namanya, Caversham Wildlife Park menjadi rumah bagi berbagai macam spesies hewan, terutama yang asli Australia, seperti koala dan kanguru. Para pengunjung bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan-hewan ini di bawah supervisi staf profesional.

6. Kings Park and Botanic Garden

Kings Park and Botanic Garden adalah destinasi yang sempurna untuk kamu yang mencari tempat yang segar dan cantik di tengah kota. Taman dengan luas 400 hektar ini memiliki 324 spesies tanaman dan 80 spesies burung. Kamu bisa melihat langsung kehidupan flora dan fauna di tempat ini. Selain itu, kamu bisa juga menikmati panorama Swan River dan Darling Range di area yang sama.

7. Elizabeth Quay

Elizabeth Quay adalah sebuah area di tengah kota yang juga berdekatan dengan Swan River. Area ini berisi tempat bermain anak-anak, restoran, spot-spot foto, ruang hijau terbuka, jembatan yang memadai untuk jogging atau foto-foto, dan tentu saja, akses pemandangan Swan River yang cantik.

8. Aviation Heritage Museum

Museum ini, sesuai namanya, menampilkan berbagai macam pesawat terbang dan transportasi udara lainnya baik dari swasta maupun militer. Selain transportasi udara, ada juga sejumlah artefak dan barang-barang bersejarah lainnya.

9. Swan Valley

Terletak agak jauh dari pusat kota, Swan Valley adalah salah satu destinasi utama untuk kamu yang ingin istirahat dari kebisingan kota dan menikmati pemandangan alam. Daya tarik utama di sini selain pemandangannya adalah kilang anggur yang dimiliki keluarga-keluarga. Kamu akan diajak berkeliling dan mempelajari lebih banyak tentang kilang anggur di sini. Tentu saja kamu bisa sambil berfoto-foto selama jalan-jalan.

10. The Pinnacles

The Pinnacles adalah salah satu keajaiban Ibu Pertiwi yang wajib dikunjungi di Perth. Terletak di Nambung National Park, area ini dipenuhi batu-batu kapur yang membentuk formasi unik di tengah padang gurun. Tentunya merupakan sebuah pemandangan yang unik dan sulit kamu temukan di tempat lain.

11. Leighton Beach

Jika kamu mencari tempat wisata keluarga yang menyenangkan serta ramah anak, kamu bisa langsung ke Leighton Beach. Ombaknya cukup rendah dan tidak terlalu kencang sehingga cocok berenang dan bersantai di pinggir pantai. Namun, jika kamu ingin mengeksplorasi lebih jauh, kamu juga bisa mencoba snorkeling di sini.

12. AQWA - Under Water World

Jika kamu tertarik dengan dunia bawah laut, kamu wajib berkunjung ke AQWA - Under Water World! Akuarium ini adalah yang terbesar di seluruh Australia. Dengan kurang lebih 400 spesies biota laut dan 5 area terpisah sesuai dengan temanya masing-masing, kamu tidak akan kehabisan area untuk dieksplorasi.

13. Rockingham Beach

Untuk mencapai pantai ini, kamu perlu berkendara selama sekitar 50 menit dari pusat kota, namun pemandangan dan suasananya sangat sepadan! Pantai ini disebut sebagai salah satu pantai terbesih di Australia, jadi kamu tidak perlu mempertanyakan pemandangannya lagi. Hal ini karena ada tangki saringan air bawah tanah yang melindungi laut dari polusi-polusi berbahaya.

14. Western Australian Museum

Sesuai namanya, museum yang satu ini memamerkan berbagai koleksi barang-barang bersejarah yang menggambarkan serta menceritakan sejarah Western Australia. Benda-benda budaya pun ada di sini. Telah dibuka sejak 1891, tempat ini kini masih menjadi salah satu lokasi wisata sejarah favorit.

15. Yanchep National Park

Taman nasional yang satu ini menawarkan pemandangan danau dan hamparan rumput yang hijau dan rindang. Tempat wisata di Perth ini cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan, atau bahkan sendiri karena bisa untuk relaksasi bersama.

16. Pinky Beach

Pinky Beach menawarkan pemandangan pantai dan laut yang indah, terutama di hari yang cerah. Kamu bisa jalan-jalan santai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan dan udara yang segar. Selain itu, kamu bisa juga memperpanjang wisatamu di sini dengan berjalan ke Bathurst Point Lighthouse di atasnya atau dengan menginap di berbagai akomodasi yang tersedia.

17. Adventure World

Adventure World adalah sebuah theme park dengan kurang lebih 25 wahana menyenangkan yang bisa kamu dan anak-anak coba untuk momen wisata tak terlupakan. Mulai dari wahana yang menantang seperti roller coaster hingga yang ramah anak seperti waterpark dengan temai Hawaii, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Merupakan outdoor theme park, kamu bisa sekaligus menikmati hari dan cuaca yang cerah selama berwisata di sini.

18. Scitech

Jika kamu tertarik akan sains dan ingin belajar lebih banyak, terutama sekaligus mengajak si kecil, tanpa metode yang membosankan, kamu bisa ke Scitech. Tempat ini berisi berbagai macam pameran, aktivitas, dan acara yang berhubungan dengan sains dan tekonologi. Semuanya tentu dengan cara yang interaktif dan unik. Ada juga area terpisah yang khusus membahas galaksi dan ruang angkasa.

19. Cottesloe Beach

Di Cottesloe Beach, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas watersport yang menyenangkan, seperti berselancar, snorkeling, atau sekedar berenang di pinggir pantai. Kalau kamu hanya ingin santai-santai, kamu juga bisa sekedar berjemur atau piknik bersama di pinggir pantai. Kamu yang suka berfoto-foto juga bisa menjadikan pantai ini destinasi utamamu.

20. Perth City Beach

Hanya berjarak sekitar 20 menit berkendara dari pusat kota, tak heran jika pantai yang satu ini sudah langganan menjadi favoritnya para turis. Hamparan pasir putih serta air laut yang masih bersih dan jernih menjadi daya tarik utamanya. Ombaknya juga cukup kencang dan tinggi sehingga cocok untuk peselancar handal. Untuk kamu yang berwisata bersama keluarga juga bisa piknik di area pantai sambil menikmati hari yang cerah.

21. John Forrest National Park

John Forrest National Park adalah taman nasional pertama yang pernah didirikan di Western Australia. Selain menjadi lokasi wisata alam dengan air terjun, sungai, dan jalur pendakian, tempat ini juga merupakan cagar alam untuk flora dan fauna.

22. Blue Boat House

Sesuai namanya, Blue Boat House sebenarnya hanya sebuah rumah kecil berwarna biru yang terapung di atas air laut namun tidak jauh dari daratan. Ada sebuah jembatan yang menghubungkannya dengan daratan. Namun, beberapa tahun belakangan ini, Blue Boat House menjadi salah satu lokasi instagramable paling terkenal di Perth. Dengan latar belakang laut lepas dan langit yang bertambah cantik saat senja, tidak heran jika tempat ini menjadi populer. Banyak orang yang akan merekomendasikan pengunjung untuk berwisata ke sini saat ada di Perth. Bahkan banyak pasangan yang berfoto di ini untuk pre-wedding mereka.

23. Fremantle Markets

Jika kamu ingin belanja barang-barang dan hasil kerajinan tangan khas Australia, kamu bisa langsung ke Fremantle Markets. Pusat perbelanjaan yang satu ini memang sudah termasuk populer di kalangan wisatawan mancanegara. Telah beroperasi sejak 1897, tempat ini tidak hanya surga belanja, tapi juga situs bersejarah.

24. Mundy Regional Park

Regional park yang satu ini memang terletak agak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 22 km. Namun, pemandangan dan aktivitas outdoor yang bisa kamu coba di sini akan membuat perjalananmu sepadan. Kamu bisa mencoba hiking di jalur yang sudah tersedia sambil menikmati udara yang segar di hari yang cerah. Karena jalurnya juga tidak terlalu sulit, pendaki pemula pun bisa mendaki dengan nyaman di sini.

25. St. Mary's Cathedral

Katedral ini, selain merupakan tempat ibadah yang suci, juga merupakan destinasi wisata religi utama di Perth. Terletak di puncak bukit, suasan sekitarnya tenang dan damai, cocok untuk beribadah. Arsitektur, interior, serta nilai sejarahnya juga menjadi salah satu daya tarik utamanya.

26. Penguin Island

Pulau sebesar 12.5 hektar ini adalah rumah bagi kurang lebih 1.200 ekor pinguin. Ini adalah jumlah terbesar di seluruh Western Australia, loh! Kamu bisa melihatnya langsung di pertunjukan feeding yang terjadwal. Selain hewan yang lucu ini, kamu juga bisa pesan paket cruise dan kamu mungkin saja menemui lumba-lumba yang berenang atau melompat di laut.

27. Scarborough Beach

Scarborough Beach adalah salah satu pantai favorit para peselancar. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk berenang, wind surfing, dan kite surfing. Dan pantai ini juga tidak hanya menyenangkan di pagi atau siang hari, tapi juga di malam hari. Ada banyak tempat makan, seperti kafe dan restoran di pinggir pantai yang siap memeriahkan malam dengan masakan-masakan lokal lezat.

28. Fremantle Prison

Sesuai namanya, tempat ini dulunya merupakan sebuah penjara. Banyak orang yang lebih mengenal tempat ini dengan nama Fremantle Jail atau Fremantle Gaol. Tidak lagi beroperasi sebagai penjara, Fremantle Prison kini menjadi salah satu objek wisata sejarah favorit di Perth. Beberapa area yang bisa kamu eksplorasi adalah sel penjara, pos penjaga, dinding perimeter, dan terowongan.

29. Art Gallery of Western Australia

Galeri yang didirkan tahun 1895 ini memamerkan berbagai koleksi seni karya seniman-seniman Australia sendiri. Bagi kamu pecinta seni, tempat ini tidak boleh kamu lewatkan! Untuk mencapai tempat ini pun, kamu hanya perlu berjalan kaki saja dari stasiun kereta Perth.

30. Perth Zoo

Untuk wisata keluarga yang menyenangkan, kamu bisa ke Perth Zoo. Kebun binatang ini menjadi rumah bagi berbagai macam spesies hewan dan tidak hanya terbatas pada yang asli Australia. Tempat ini selalu buka setiap hari sejak 1898 dan hingga kini masih belum pernah tutup sehari pun.

Perth
Tentang

Perth menjadi kota persinggahan yang ideal bagi kamu yang menyukai pantai dan kegiatan luar ruangan lainnya. Suhu di Perth yang bisa dikatakan tidak terlalu dingin saat musim dingin, dan musim panas yang masih bisa ditolerir menjadikan kota ini tetap ideal untuk piknik. Tidak heran jika kamu akan menemukan banyak festival, pasar, dan orang-orang yang melakukan aktivitas di luar ruangan seperti pergi ke pantai.


Nah, jika kamu menyukai berenang, maka kamu harus mengunjungi pantai-pantai populer di Perth dari Hillarys di utara hingga Fremantle di Selatan. Kamu bisa berenang di air jernih dan hangat bersama teman atau keluarga kamu di sini! Setelah merasa lelah, kafe-kafe dan restoran di tepi pantai bisa menjadi tempat bersantai yang sempurna.

Banyak pantai di Perth memiliki area piknik umum yang dapat digunakan untuk acara santai. Tentunya sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang di Perth Beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di pantai meliputi windsurfing, memancing, snorkeling, scuba diving, dan berenang. Kamu juga bisa melihat matahari terbenam yang indah di tepi pantai! Memberikan suasana yang romantis dan tak terlupakan!


Ingin mencoba aktivitas menyenangkan lainnya? Kamu bisa menuju Lancelin Sand Dunes untuk mendaki. Lancelin dapat dicapai dengan mobil dari Perth selama sekitar 1,5 jam. Di sini, kamu dapat melakukan petualangan dengan menaiki bukit pasir putih yang indah.


Temukan kegiatan yang kamu sukai dan pesan tiket ke tempat wisata di Perth dengan menggunakan tiket.com. Dengan tiket.com, kamu bisa merasakan proses transaksi yang cepat dan mudah.


Bagi pecinta binatang, datang ke Perth berarti kamu dapat melihat Quokka, binatang berkantung kecil yang terlihat sangat imut! Hewan ini dapat ditemukan di Pulau Rottnest. Tidak hanya binatang istimewa itu, di Perth, kamu juga dapat berinteraksi dengan kanguru dan koala. Menarik, bukan?


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Perth

Informasi mengenai tempat wisata di Perth.

Apa itu tiket CLEAN di Perth?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Perth tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Perth yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Perth

Perth adalah ibukota Australia Barat yang terletak di tempat Sungai Swan bertemu dengan pantai barat daya. Ada berbagai pantai indah yang berjejer di sepanjang pinggir kota serta berbagai tempat wisata yang mencerminkan budaya, sejarah, dan modernitas kota ini yang bisa kamu kunjungi.

Perth adalah kota yang cocok untuk destinasi wisata keluarga atau solo traveling karena kotanya yang bersih, nyaman, dan aman.

Cara Menuju ke Perth

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Perth adalah dengan:

Pesawat

Bandara utama di Perth adalah Perth Airport yang melayani rute penerbangan internasional dan domestik. Setelah mendarat, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota menggunakan taksi.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta bisa kamu gunakan jika kamu berangkat dari sejumlah kota besar di Australia atau kota lainnya yang jaraknya cukup dekat. Meskipun harganya umumnya jauh lebih rendah dibandingkan pesawat, waktu perjalanannya bisa lebih dari satu hari.

Akomodasi di Perth

Kamu bisa menemukan beberapa hotel bergedung dengan kamar yang mewah di sini. Namun, kota ini lebih didominasi akomodasi bintang 3 dan 4. Hotel-hotel ini menawarkan kamar yang nyaman dan sederhana serta fasilitas yang cukup lengkap. Kebanyakan hotel-hotel ini berada di pusat kota dan tidak jauh dari tempat wisata di Perth.

Spot Instagramable di Perth

Lokasi-lokasi outdoor di Perth menyediakan panorama indah yang bisa jadi tujuanmu saat sedang mencari spot foto yang keren. Beberapa di antaranya adalah Cottesloe Beach, Crawley Edge Boatshed, Rottnest Island, Elizabeth Quay, dan Swan Valley. Selain itu, di Rottnest Island, ada kemungkinan kamu menemukan hewan Quokka, hewan kecil jinak yang terkenal karena sering tersenyum saat diajak selfie (termasuk saat selfie dengan beberapa selebriti terkenal).

Kuliner Perth

Perth memiliki banyak makanan Australia yang lezat serta memiliki cita rasa yang unik. Beberapa yang bisa kamu coba adalah Pavlova (kue busa dengan topping buah-buahan), The Lot (burger Australia yang berisi daging, selada, tomat, keju, akar bit, dan nanas), Lamington Australia (kue lembut dengan balutan cokelat dan taburan kelapa), Vegemite (selai khas Australia), Barramundi (ikan kakap putih dengan daging tebal dan rasa yang manis dan gurih setelah dimasak), Pie Floater (sup kacang polong dengan pai daging dan saus tomat di atasnya), dan Pai Daging.

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan vegan dan vegetarian tidak sulit ditemukan di Perth karena banyaknya komunitas vegan dan vegetarian di sini. Meski begitu, tidak semua hidangan yang disajikan adalah makanan khas Australia.

Belanja di Perth

Perth punya banyak pusat perbelanjaan untuk berbagai jenis wisatawan. Perth CBD punya semua produk untuk semua orang. Watertown Brand Outlet menjual berbagai produk lokal dengan harga terjangkau. Oxford Street Leederville cocok dikunjungi jika kamu mencari toko-toko butik dan suvenir. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan yang lebih modern, kamu bisa berkunjung ke Claremont Quater dan Joondalup Shopping Centre.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Perth

Musim

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Perth adalah antara bulan Oktober dan November. Pada musim semi ini, cuaca cukup cerah, hujan tidak sering turun, dan kota dipenuhi pemandangan semi yang indah.

Suhu Rata-Rata

Di musim panas (Desember - Februari), suhu rata-rata di sini bisa mencapai 25 derajat celsius (76 derajat fahrenheit). Di musim gugur (Maret - Mei), suhu rata-rata turun menjadi 19 derajat celsius (66 derajat fahrenheit). Memasuki musim dingin (Juni - Agustus), suhu rata-rata di sini turun lagi menjadi 13 derajat celsius (55 derajat fahrenheit). Sedangkan di musim semi (September - November), suhu rata-rata naik menjadi 16 derajat celsius (61 derajat fahrenheit).

Festival

Di bulan Januari dan Februari, kamu bisa berkunjung ke Fringe World Festival. Festival besar ini dimeriahkan oleh pertunjukan seni, komedi, sirkus, dan banyak lagi.

Cara Berkeliling di Perth

Perth adalah kota yang nyaman dan aman untuk kamu eksplorasi dengan berjalan kaki dan bersepeda (sewa). Untuk transportasi publik, kamu bisa mengandalkan bus, kereta, feri, dan taksi argo. Peta rute tertulis dalam Bahasa Inggris dan transportasi-transportasi ini menjangkau hampir seluruh sudut kota, terutama tempat-tempat wisata yang terkenal.

Seberapa Luas Perth

Perth memiliki luas 6.418 km persegi dan untuk berpetualang di kota ini sampai puas, kamu sebaiknya menghabiskan sekitar 5 hari di sini. Dengan begitu, kamu tidak perlu terburu-buru untuk berkeliling. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Perth seperti berjalan-jalan ke King?s Park dan Botanic Garden, menikmati pemandangan di Swan River, menyaksikan proses pembuatan emas padat dari emas cair di Perth Mint, melihat dari dekat margasatwa Australia di Perth Zoo, bermain seharian di theme park dan water park Adventure World, dan mempelajari hal-hal baru di Scitech.

Mata Uang Perth

AUD (Dolar Australia).

Bahasa Perth

Bahasa utama dan resmi di Perth adalah Bahasa Inggris. Warga lokal memiliki aksen yang berbeda dengan aksen Bahasa Inggris di negara-negara lain dan terkesan unik.

Time Zone in Perth

GMT+8.

Plug Type in Perth

Jenis steker yang digunakan di Australia adalah tipe I. Tipe ini memiliki tiga pin datar dalam pola segitiga. Australia beroperasi pada tegangan pasokan 230V dan 50Hz.

Informasi Penting Tentang Perth

  1. Baju-baju kasual sangat cocok dikenakan di sini. Cuaca di musim panas biasanya sangat panas, jadi kenakan pakaian yang longgar namun kenakan juga luaran (jaket, cardigan) dan tabir surya untuk melindungi kulitmu dari terik matahari.
  2. Di musim semi, walaupun lebih sejuk, cuaca di Perth tetap cenderung panas. Jadi, kenakanlah pakaian yang kurang lebih sama dengan musim panas, hanya lebih tertutup.
  3. Di musim gugur, cuaca sejuk dan nyaman untuk berwisata. Kenakanlah pakaian berlengan panjang, celana panjang atau rok panjang, dan sepatu tertutup.
  4. Di musim dingin, salju tidak turun sama sekali di Perth. Untuk itu, kamu tidak perlu membawa pakaian yang terlalu tebal. Namun, sebaiknya, tetaplah kenakan pakaian berlengan panjang dan celana panjang. Kamu bisa juga mengenakan luaran yang mudah dilepas seperti jaket.
  5. Bawalah selalu payung, topi, jas hujan, dan tabir surya untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang tak terduga.
  6. Memberikan tip kepada staf tidak wajib.
  7. Jangan minum minuman beralkohol di tempat umum atau sambil menyetir.
  8. Jangan merokok sembarangan dan/atau membuang puntung rokok sembarangan.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya