Pattaya
Tentang

Pattaya sangat terkenal dengan pantainya. Banyak sekali wisatawan datang ke kota yang ada di Thailand ini untuk bisa bersantai di pantai dan menghabiskan hari libur mereka. Beberapa tempat wisata yang terkenal di Pattaya antara lain adalah Jomtien Beach, The Floating Market, Nong Nooch Village, dan Big Buddha Hill.


Jomtien adalah sebuah pantai yang tidak terlalu ramai di mana kamu bisa berenang dan menyantap hidangan laut yang segar. Selain itu di sekitar kawasan Jomtien kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan hotel dengan harga yang terjangkau.


Pattaya juga sangat terkenal dengan Katooey-nya atau pertunjukan ladyboy. Pertunjukan ini akan menghibur kamu dengan dansa, musik, dan komedi. Para pemainnya biasanya menggunakan kostum yang sangat meriah untuk membuat pertunjukannya lebih menghibur. Di Pattaya, dua pertunjukan ladyboy yang paling terkenal adalah Alcazar Show dan Tiffany's Show.


Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak mengenai gaya hidup di Thailand, kamu bisa mampir ke Floating Market. Di sini, kamu bisa melihat langsung pasar apung dengan ratusan pedagang yang berada di atas air. Para pedagang itu mengenakan caping. Selagi kamu berada di sini, kamu bisa berbelanja oleh-oleh seperti produk-produk rumahan atau ukiran kayu.


Apa lagi hal menarik lainnya yang ada di Pattaya? Tenang, masih banyak! Ada juga Buddha raksasa yang terletak di puncak Pratumnak Hill, kawasan selatan dari Kota Pattaya. Buddha yang berwarna emas ini tingginya mencapai 18 meter. Selain itu ada juga 7 gambar Buddha yang ukurannya lebih kecil di kuilnya. Tempat ini menjadi tempat yang cocok jika kamu ingin menikmati pemandangan menawan di Pattaya.

Tertarik untuk mengunjungi Pattaya? Segera rencanakan perjalananmu dengan to do dari tiket.com untuk menikmati aktivitas seru di Pattaya.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Pattaya

Informasi mengenai tempat wisata di Pattaya.

Apa itu tiket CLEAN di Pattaya?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Pattaya tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Pattaya yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Pattaya

Pattaya adalah salah satu kota di Thailand yang terkenal karena pantai-pantainya yang indah serta hotel, resor, dan spa mewah di penjuru kota. Selain itu, Pattaya juga terkenal akan patung Buddha setinggi 18m di Wat Phra Yai Temple. Tak heran kota ini menjadi destinasi utama turis lokal dan mancanegara yang gemar berwisata di pantai-pantai indah dengan laut biru sejauh mata memandang.

Kota ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata bulan madu karena keindahan pantainya dan resor yang romantis. Namun, kota ini juga bisa kamu jadikan destinasi wisata bersama teman-teman dalam rombongan besar.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Pattaya

Pattaya adalah salah satu kota di Thailand yang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Kota ini memiliki banyak tempat wisata menarik, mulai dari sejarah, budaya, alam, hingga yang lebih modern dan terletak di pusat kota. Kamu dan keluarga maupun teman atau pasangan tidak akan kehabisan tempat wisata di Pattaya untuk dikunjungi.

1. Nong Nooch Tropical Garden

Taman yang satu ini merupakan salah satu objek wisata di Pattaya yang paling ternama, bahkan sudah beberapa kali menyabet penghargaan internasional. Nong Nooch Tropical Garden sangat luas dengan desain yang menarik dan unik serta koleksi tanaman yang lengkap. Kamu bisa menikmati pemandangan sambil berfoto-foto di sini!

2. Pattaya Floating Market

Ingin belanja di tempat yang unik? Langsung saja ke Pattaya Floating Market. Sesuai namanya, tempat ini adalah pasar terapung. Kamu bisa belanja dari penjual-penjual yang menggunakan perahu. Meski begitu, ada juga sebagian besar toko dan kios yang tidak menggunakan perahu, tapi seperti di pasar biasa.

3. Ko Phai

Ko Phai adalah pulau yang bisa kamu jadikan destinasi utama jika kamu ingin berwisata di tempat wisata alam yang indah tanpa keramaian. Meski ukurannya tidak terlalu besar, pulau yang berjarak 21 km dari Pattaya ini adalah yang terbesar di Mu Ko Pai, kepulauan kecil yang tidak dihuni di Thailand. Karena masih termasuk hidden gem, air laut dan pasirnya masih sangat bersih. Tempat ini cocok untuk bersantai dan berelaksasi sambil menikmati pemandangan dan hembusan angin segar.

4. Khao Chi Chan / Buddha Mountain

Di sini, kamu bisa melihat ukiran Buddha terbesar yang ada di dunia. Gambar dengan warna emas ini diukir di sebuah batu kapur raksasa setinggi 130 meter menggunakan laser. Selain batu dengan ukiran ini sendiri, tempat terbuka yang menjadi lokasinya juga cantik dan instagramable, terutama pada hari yang cerah.

5. Cartoon Network Amazone Waterpark

Water park yang satu ini tidak seperti water park lainnya yang mungkin sudah sering kamu kunjungi. Sesuai namanya, taman bermain air ini mengambil tema karakter-karakter Cartoon Network yang mungkin juga sudah familiar untukmu. Sebut saja Powerpuff Girls, Ben 10, dan We Bare Bears. Waktu bersenang-senangmu di sini akan lebih menyenangkan lagi karena tema wahananya yang unik!

6. Koh Larn

Jika kamu sudah lelah dengan kebisingan kota dan butuh istirahat sejenak di tempat yang nyaman, cantik, serta tenang, kamu bisa ke Koh Larn atau Coral Island. Terletak kurang lebih 7.5 km dari pusat Kota Pattaya, para pengunjung bahkan bisa jalan-jalan di sini pada pagi dan siang hari lalu kembali ke kota di malam yang sama. Daya tarik utama pulau ini adalah air laut serta hamparan pasir yang bersih dan jernih serta tidak adanya bangunan tinggi yang menghalangi sinar matahari.

7. Sanctuary of Truth

Bangunan yang terbuat dari kayu jati ini menyimbolkan banyak hal, mulai dari kerendahan hati hingga spiritualitas. Semua kayu yang digunakan untuk pembangunan tempat ini tidak ada yang diolah atau diawetkan secara kimiawi. Karena itu, ketika satu bagian sudah selesai dibangun, yang lainnya mungkin sudah mulai keropos dan harus diganti lagi.

8. Pattaya Elephant Jungle Sanctuary

Gajah adalah salah satu hewan yang paling merepresentasikan Thailand di mata turis internasional, jadi tentu saja tempat yang satu ini wajib dikunjungi. Di tempat ini, kamu bisa melihat langsung kehidupan gajah-gajah yang ada dan juga berinteraksi secara aman dengan mereka.

9. Wat Phra Khao Yai / Big Buddha Hill

Sesuai namanya, di kuil ini, ada patung Buddha dengan tinggi 18 meter yang terletak di puncak bukit setinggi 100 mdpl. Selain merupakan salah satu ikon utama kota dan juga tempat wisata ternama, tempat ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Buddha hingga hari ini.

10. Art In Paradise

Museum seni dan lokasi wisata selfie ini menghadirkan pameran lukisan dinding yang jika dipotret dari sudut tertentu, akan terlihat hidup dan sungguhan. Lukisannya tentu sangat cantik dan bisa menipu mata. Kamu dan rombonganmu bisa berpose dan berfoto sepuasnya di tempat wisata instagramable ini.

11. Walking Street

Untuk menghabiskan malam yang menyenangkan dan asyik, kamu wajib ke Walking Street! Seperti namanya, mulai pukul enam sore, kendaraan bermotor tidak bisa lagi masuk atau melintas area ini sehingga semua pengunjung harus berjalan kaki. Lampu-lampu neon menyala terang, membuat malam menjadi tambah meriah. Kamu bisa mampir ke klub malam, restoran, atau beer bar yang banyak tersedia di sini.

12. Pattaya Beach

Pattaya Beach adalah pantai yang tepat untukmu jika kamu ingin mencoba berbagai aktivitas watersport yang menyenangkan! Tidak hanya pemandangan laut dan pantainya saja yang cantik, tapi kamu juga bisa mencoba jet ski, parasailing, naik speedboat, dan lain-lain di sini. Selain itu, fasilitas di sekitar pantainya pun sudah lengkap dan memadai.

13. Khao Pattaya View Point

Jika kamu ingin menikmati pemandangan kota dari salah satu spot terbaik di Pattaya, kamu bisa ke Khao Pattaya View Point. Berlokasi di Pratumnak Hill, dari sini, kamu bisa melihat teluk Pattaya yang menyerupai bentuk lekukan bulan sabit dari spot terbaik. Pemandangannya bahkan lebih cantik lagi di malam hari.

14. Sriracha Tiger Zoo

Kebun binatang yang terletak di Sri Racha (sebuah kota di pinggiran Pattaya) ini, sesuai namanya, menampung sekitar 200 ekor harimau. Selain itu, ada juga sekitar 10.000 ekor buaya di sini. Kamu dan si kecil bisa belajar lebih banyak tentang hewan-hewan menakjubkan tersebut dengan aman dan menyenangkan di sini.

15. Tiffany’s Cabaret Show

Pertunjukan kabaret ladyboy di Thailand adalah salah satu yang paling digemari para turis karena keunikannya dan kemeriahannya. Di Pattaya, kamu bisa menyaksikan Tiffany’s Cabaret Show yang terkenal. Para performer yang tampil di panggung mengenakan pakaian dan kostum yang keren dan meriah. Pertunjukannya sendiri melibatkan tarian dan musikal yang berbeda-beda.

16. Underwater World Pattaya

Akuarium raksasa ini menampung berbagai macam biota laut yang cantik dan menakjubkan. Dengan desain dan tata letak yang menarik, seperti terowongan akuarium kaca dan touch pool, tempat ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga dan wisata anak yang edukatif sekaligus menyenangkan. Selain itu, ada juga beberapa pertunjukan langsung yang terjadwal setiap harinya.

17. Ripley’s Believe It Or Not

Ripley’s Believe It Or Not memamerkan kurang lebih 300 pameran tentang kejadian nyata dan fakta-dakta yang mencengangkan dan mengagetkan. Semuanya tentu dengan desain dan tata letak pameran yang keren dan menarik. Selain itu, ada juga beberapa wahana yang bisa kamu coba, seperti Moving Theatre, museum patung lilin, dan Sky Rider yang terkenal.

18. Teddy Bear Museum

Kamu dan si kecil pasti sudah sama-sama familiar dengan boneka teddy bear yang imut. Bagaimana jika kamu bisa melihat dan berfoto-foto dengan boneka-boneka tersebut, tapi kali ini bonekanya berukuran raksasa dengan kostum lengkap dan background keren? Tentu kamu tidak ingin melewatkan kesempatan ini! Di Teddy Bear Museum, kamu bisa melakukan semua itu sampai puas. Dengan dekorasi dan tata letak yang juga keren, hasil foto dan momen eksplorasimu akan semakin berkesan. Jangan lupa untuk membawa pulang boneka teddy bear juga dari toko suvenir setelah itu, ya!

19. Anek Kusala Sala

Anek Kusala Sala dibangun sebagai tanda persahabatan antara warga Tiongkok dan Thailand. Tempat bersejarah ini memamerkan kurang lebih 300 karya seni Tiongkok, terutama patung dari kuningan dan perunggu. Beberapa yang paling digemari turis adalah patung biksu-biksu Shaolin dan juga patung-patung replika peramal, penjual minuman keras, pembuat pakaian, dan lain-lain.

20. Jomtien Beach

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Thailand. Letaknya kurang lebih 3 km dari Pattaya. Daya tarik utamanya bukan hanya laut dan hamparan pasir yang cantik dan bersih, tapi juga fasilitas mewah yang melengkapi pantai ini. Mulai dari hotel mewah hingga restoran. Kamu bisa menikmati pemandangan, berenang, atau berjemur, sebelum menginap di hotel besar yang indah atau menyantap hidangan laut di restoran.

21. Pattaya Sheep Farm

Pattaya Sheep Farm adalah salah satu tempat wisata edukatif yang menyenangkan dan patut kamu kunjungi. Sesuai namanya, tempat ini merupakan rumah bagi berbagai jenis hewan ternak, terutama domba. Ada juga alpaka, sika deer, keledai, kuda, dan banyak lagi. Kamu dan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan jinak yang ada, berfoto-foto di area bertema, bermain di Game Zone, dan menonton pertunjukan hewan.

22. Ko Sak

Ko Sak adalah sebuah pulau kecil yang hanya berjarak beberapa menit perjalanan menggunakan feri dari Pattaya. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas menyenangkan, seperti snorkeling dan diving. Lautnya dan pantainya masih bersih dan cantik sehingga cocok untuk aktivitas ini.

23. Ramayana Water Park

Ingin menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama keluarga di water park sampai puas? Langsung saja ke Ramayana Water Park, salah satu water park terbesar di seluruh Asia Tenggara! Ada banyak kolam renang dan juga wahana perosotan air yang menyenangkan di sini. Kamu bisa menghabiskan seharian penuh untuk benar-benar mencoba wahana dan kolam yang ada. Terletak sekitar 15 km dari pusat kota, kamu bisa sekaligus beristirahat sejenak dari suasana kota.

24. Frost Magical Ice of Siam

Tidak, di Pattaya memang tidak bersalju. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa ke taman salju dan es di kota ini! Di Frost Magical Ice of Siam, kamu akan melihat berbagai pahatan dari es yang keren dan menakjubkan. Semuanya tentu saja di dalam ruangan yang dingin layaknya sedang bermain di tengah salju. Patung-patungnya pun bukan patung biasa, tapi semua yang berhubungan dan menggambarkan Siam (nama Thailand dulu).

25. Upside Down Pattaya

Kamu mungkin sudah sering mendengar atau bahkan berkunjung ke tempat wisata dengan konsep yang sama, yaitu upside down atau terbalik. Tapi, yang ada di Pattaya ini adalah salah satu yang pertama di dunia. Bangunan-bangunan terbaliknya pun berada di lokasi outdoor, memberikan latar belakang dan hasil foto yang semakin keren. Selain berfoto-foto, kamu juga bisa menyusuri labirin outdoor yang ada di lokasi yang sama untuk menambah asyiknya kunjunganmu.

26. Flight Of The Gibbon

Flight of The Gibbon memberikanmu kesempatan untuk mencoba aktivitas outdoor yang menyenangkan secara aman di lokasi yang juga tidak kalah keren, yaitu di hutan. Ada 22 zip-lines dengan panjang jalur 3 km secara untuk memfasilitasi petualanganmu! Sebagai informasi tambahan, tempat ini terletak di antara Pattaya dan Bangkok, bukan di pusat Kota Pattaya, ya.

27. Thepprasit Night Market

Sesuai namanya, tempat ini merupakan sebuah pasar malam yang dipenuhi toko-toko makanan, suvenir, dan kerajinan tangan. Jika kamu ingin mencicipi kuliner dan belanja suvenir lokal dengan harga terjangkau, tempat ini sangat cocok untukmu!

28. Ban Amphur Beach

Jika kamu ingin berwisata ke pantai yang jarang diketahui, kamu bisa ke Ban Amphur Beach. Ban Amphur sendiri adalah sebuah desa nelayan yang tenang serta kebetulan juga memiliki pantai cantik. Saat berwisata di sini, kamu tidak akan terganggu dengan keramaian karena memang tempat ini masih termasuk hidden gem. Setelah jalan-jalan santai di pantai, kamu juga bisa menyantap hidangan laut lokal di tempat makan sekitar pantai.

29. Mini Siam And Mini Europe

Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah taman miniatur yang berisi replika bangunan-bangunan terkenal di Thailand dan Eropa. Dengan skala 1:25, kamu bisa mengeksplorasi bangunan-bangunan paling ikonik di negara-negara tersebut hanya dengan satu kali kunjungan. Jika kamu ingin mendapatkan foto wisata yang lebih keren lagi, kamu bisa berkunjung pada malam hari saat lampu-lampu miniatur menyala.

30. Central Festival

Ingin belanja barang-barang fesyen ternama dan bermerk? Langsung saja cek Central Festival, mal besar yang berisi berbagai macam toko fesyen internasional terkenal. Kamu tidak akan kehabisan toko untuk dikunjungi ketika berwisata di sini! Selain itu, ada juga banyak restoran pilihan untuk menyantap kuliner lokal dan internasional di gedung mal yang sama.

Cara Menuju ke Pattaya

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Pattaya adalah dengan:

Pesawat

Pesawat tidak selalu merupakan cara tercepat untuk mencapai Pattaya karena bandara terdekatnya yang juga berukuran kecil, U-Tapao-Rayong-Pattaya International Airport, lebih banyak melayani rute penerbangan domestik. Jika kamu berangkat dari kota yang cukup jauh, kamu mungkin perlu melakukan transit dulu.

Bus

Perjalanan darat adalah yang paling populer dan paling efektif untuk mencapai Pattaya, terutama jika kamu berangkat dari kota-kota besar lain di Thailand. Bus bahkan tersedia 20-40 menit sekali dari Bangkok.

Kereta

Perjalanan menggunakan kereta ke Pattaya juga cukup populer. Meski waktu keberangkatannya tidak sebanyak bus, tarifnya bisa lebih rendah, terutama jika kamu memilih tempat duduk di kelas tiga (tanpa AC).

Akomodasi di Pattaya

Sebagai kota yang penuh dengan tempat wisata pantai dan banyaknya turis yang berkunjung, Pattaya penuh dengan akomodasi yang bervariasi. Mulai dari hotel atau resor yang mewah dengan fasilitas lengkap serta pemandangan laut yang indah, hingga hotel budget di pusat kota.

Spot Instagramable di Pattaya

Pantai-pantai di Pattaya semuanya bisa dijadikan spot foto wisata yang keren. Mulai dari Jomtien Beach, Koh Larn, Koh Phai, Koh Si Chang, Naklua Beach, hingga Pattaya Beach. Namun, selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa lokasi lain untuk mengoleksi foto wisata yang lebih unik. Sebut saja Big Buddha di Wat Phra Yai Temple, Grand Canyon Chonburi, Thepprasit Road Night Market, dan Baa Baa Black Sheep.

Kuliner Pattaya

Makanan Thailand di Pattaya memiliki cita rasa uniknya sendiri. Beberapa yang wajib kamu coba adalah Khao Gaeng (nasi yang ditumpuk dengan berbagai lauk pauk), Moo Ping (daging babi panggang yang dimakan bersama nasi ketan dan saus spesial), Som Tum (salad pepaya), dan Pad Thai (mie goreng a la Thailand). Untuk mencoba makanan-makanan ini di satu tempat sekaligus, kamu bisa berkunjung ke Pasar Malam Thepprasit. Selain itu, di sekitar pantai, selalu ada banyak restoran yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut setelah seharian bermain di pantai.

Makanan Vegan / Vegetarian

Karena Pattaya adalah kota turis yang penuh dengan pengunjung dari berbagai negara dan kalangan, makanan vegan dan vegetarian tersedia dalam jumlah banyak di sini. Kamu bisa memesan makanan non-daging di restoran biasa atau langsung berkunjung ke restoran khusus makanan vegan dan vegetarian di sini.

Belanja di Pattaya

Pattaya juga terkenal sebagai destinasi wisata belanja yang paling dicari-cari turis. Di sini, kamu bisa menemukan banyak mal dan pusat perbelanjaan lainnya untuk berbelanja sampai puas, mulai dari yang tradisional hingga modern. Beberapa di antaranya adalah Central Festival Pattaya, Pattaya Floating Market, Mimosa, Outlet Mall Pattaya, Pattaya Night Bazaar, dan Royal Garden Plaza Pattaya.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Pattaya

Musim

Pattaya, seperti halnya kota lain di Thailand, hanya mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim pantai, yaitu antara bulan November dan Februari. Pada bulan-bulan ini, cuaca di Pattaya tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, dan sempurna untuk bermain di pantai. Namun, pada saat ini juga Pattaya dipenuhi turis.

Suhu Rata-Rata

Pada akhir dan awal tahun, suhu rata-rata di sini adalah 22 derajat celsius (72 derajat fahrenheit). Sedangkan pada pertengahan tahun, suhu rata-rata di sini naik menjadi 27 derajat celsius (81 derajat fahrenheit).

Festival

Di bulan November, ada Festival Loi Krathong yang dirayakan di seluruh Thailand. Warga lokal biasa membuat perahu kecil dari batang pisang yang didekorasi dengan daun pisang, bunga, dan juga lilin untuk kemudian dilepaskan ke sungai atau laut. Di Pattaya, festival ini dimeriahkan dengan karnival, pameran, kontes kecantikan, acara olah raga, dan kembang api di akhir malam.

Cara Berkeliling di Pattaya

Jika kamu ingin berkeliling sendiri atau dengan rombonganmu sendiri, kamu bisa mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki atau menyewa mobil atau motor di sini.

Untuk transportasi umum, kamu bisa mengandalkan songthaew (truk pick-up yang sudah dimodifikasi menjadi transportasi umum yang bisa mengangkut banyak orang), bus kota, ojek (disebut motosai), dan taksi argo.

Seberapa Luas Pattaya

Dengan luas 22,2 km persegi dan segudang tempat wisata alam yang indah, kamu bisa menghabiskan sekitar 3 hari di sini. Selama waktu tersebut, berkunjunglah ke berbagai tempat wisata di Pattaya yang terkenal dan cobalah aktivitas seru di Pattaya yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Beberapa di antaranya adalah menikmati pemandangan hijau di Nong Nooch Tropical Botanical Garden, berbelanja di Pattaya Floating Market, berkunjung ke Wat Phra Khao Yai dan melihat patung Buddha setinggi 18m, menyaksikan penampilan ladyboy di Tiffany?s Cabaret, berenang seharian di Pattaya Park, dan tentu saja, bersantai dan menikmati pemandangan indah di Ban Amphur Beach, Koh Larn, Jomtien Beach, Pattaya Beach, Naklua Beach, dan Bang Saen Beach.

Mata Uang Pattaya

THB (Baht Thailand).

Bahasa di Pattaya

Bahasa utama dan nasional di Pattaya adalah Bahasa Thailand. Namun, kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan warga lokal menggunakan Bahasa Inggris dasar karena mereka sudah cukup terbiasa berinteraksi dengan turis luar negeri.

Zona Waktu Pattaya

GMT+7.

Jenis Stop Kontak Pattaya

Jenis steker yang umum digunakan di Thailand adalah tipe A, B, dan C. Tipe A memiliki 2 pin rata yang paralel dan tipe B memiliki pin yang sama namun dengan tambahan grounding pin. Sedangkan tipe C memiliki 2 pin bulat. Tegangan listrik di Thailand adalah 230V dan frekuensi aliran listriknya adalah 50Hz.

Informasi Penting Tentang Pattaya

  1. Sebagai kota wisata pantai, pakaian yang cocok kamu kenakan di sini adalah pakaian-pakaian pantai, seperti celana pendek, tank tops, kaus lengan pendek, rok pantai, dress pantai, sandal, dan topi. Jangan lupa untuk tetap membawa tabir surya dan syal atau luaran lain untuk berjaga-jaga jika cuaca ternyata lebih panas dari perkiraan.
  2. Air keran di Pattaya bukan untuk diminum.
  3. Kenakanlah pakaian yang lebih tertutup saat akan ke tempat-tempat suci.
  4. Jangan menyentuh bagian atas kepala warga lokal dan jangan menunjuk dengan kaki karena hal ini dianggap tidak sopan.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya