Pasuruan
Tentang

Pasuruan merupakan kota yang terdapat di Jawa Timur. Tidak hanya Malang dan Surabaya, kota Pasuruan juga bisa menyediakan banyak destinasi wisata menarik untuk keluarga ataupun anak muda. Untuk sobat tiket yang berencana ingin ke Pasuruan, tidak perlu takut tidak menemukan tempat wisata yang menarik.

Karena, Pasuruan memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Terlebih untuk wisata alamnya. Masih banyak tempat wisata alam di Pasuruan yang belum terekspos lho, sobat tiket. Sehingga sangat menarik untuk bisa eksplor kota di Jawa Timur bagian tenggara Surabaya ini.

Kamu lebih suka tempat wisata alam? Maka kamu bisa datang ke Pemandian Banyu Biru dan bersama ikan-ikan besar di sana. Wisata Tretes Prigen juga bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk sobat tiket yang menyukai wisata alam pegunungan.

Kamu juga bisa mengunjungi taman-taman yang terdapat di Pasuruan. Seperti Kedawung Agro Selfie, Wisata Bhakti Alam, The Taman Dayu, Taman Pakuncen, Taman Hayati, dan lain sebagainya.

Beli tiket masuk wisata di Pasuruan lebih mudah jika kamu mengandalkan tiket.com. Cukup dengan instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu, maka kamu bisa menemukan banyak tiket tempat wisata yang kamu inginkan. Ada beragam metode pembayaran yang bisa kamu sesuaikan agar lebih mudah.

Ajak keluarga untuk berlibur ke Pasuruan, dan nikmati keindahan alam di Pasuruan yang tidak kalah menariknya dengan kota-kota di Jawa Timur lainnya. Tentunya kamu akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan bersama keluarga di sini.

Masih ragu untuk menjadikan Pasuruan sebagai tujuan wisata kamu? Tidak perlu lagi, sobat tiket. Karena banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa kamu kunjungi di kota ini. Selamat berlibur, sobat tiket!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Pasuruan

Informasi mengenai tempat wisata di Pasuruan.

Apa itu tiket CLEAN di Pasuruan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Pasuruan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Pasuruan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Pasuruan

Kota-kota wisata di Jawa Timur mungkin yang paling terkenal adalah Malang dan Surabaya. Namun, banyak orang melewatkan Kota Pasuruan dan keindahannya. Kota ini adalah kota yang penuh wisata alam yang indah dengan pemandangan tak terlupakan serta keramaian yang tidak terlalu buruk. Untuk itu, sangat cocok jika kamu sedang mencari destinasi untuk relaksasi.

Tempat wisata di Pasuruan umumnya adalah tempat wisata alam yang pemandangannya sangat indah, seperti Pemandian Banyu Biru, Hutan Mangrove Nguling, dan Danau Ranu Grati. Tapi, ada juga banyak tempat wisata modern di pusat kota yang bisa kamu kunjungi, seperti Saygon Night Park, Taman Dayu Pandaan, dan Wisata Bhakti Alam.

Kota ini sangat cocok untuk detinasi wisata keluarga atau wisata bersama teman-teman dalam kelompok besar.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan

Pasuruan adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Kota Pasuruan juga dekat dengan Surabaya dan Malang.

1. Pantai Lekok

Tempat wisata di Pasuruan pertama yang wajib dikunjungi adalah Pantai Lekok. Daya tarik dari obyek wisata hits ini adalah pasir putih kecoklatan yang memukau. Di sini, kamu bisa menikmati deru ombak atau berburu berbagai ikan segar dengan harga tiket yang murah sekitar IDR 7.500 saja.

2. Air Terjun Gumandar

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Gumandar. Yang jarang diketahui, air terjun ini tidak memiliki aliran sungai. Air yang jatuh dari atas diserap kembali ke tanah dan akan keluar di sekitar pemukiman penduduk.

3. Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun ini berada di Lereng Gunung Arjuno sehingga menyuguhkan pemandangan hijau pegunungan. Tempat wisata di Pasuruan ini memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligesik.

4. Pantai Penunggul

Pantai yang terkenal akan pasirnya yang putih ini jadi tempat wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu juga bisa menikmati wisata mangrove atau bakau yang memiliki luas 144 hektar. Dengan harga tiket masuk yang murah, kamu bisa eksplor Pantai Penunggul sepuasnya.

5. Air Terjun Putuk Truno

Air terjun yang terkenal dengan legenda kisah cinta pada era Kerajaan Majapahit ini cocok untuk para pecinta alam. Meskipun memiliki pesona alam yang indah, namun air terjun ini punya cerita sejarah yang menarik terkait pasangan kekasih yang tidak direstui Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari.

6. Air Terjun Alap-Alap

Tak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo, kamu dapat melipir ke Air Terjun Alap-Alap. Obyek wisata hits ini mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan memiliki tiga tingkatan. Untuk mencapai ke sini, kamu perlu trekking dengan medan yang cukup menantang.

7. Pantai Blandongan

Buat kamu yang mencari suasana romantis, bisa banget loh datang ke Pantai Blandongan. Tempat wisata di Pasuruan ini jadi destinasi yang cocok untuk menikmati suasana romantis kala matahari terbenam. Jangan lupa berburu spot foto instagrammable ya!

8. Air Terjun Sumber Nyonya

Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Sumber Nyonya. Memiliki tinggi sekitar 15 meter, air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 15 meter, kedua 7 meter, dan ketiga 15 meter. Destinasi wisata hits ini juga cocok banget loh untuk foto-foto instagrammable.

9. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan pusat konservasi tumbuhan di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Suasananya yang sangat asri membuat tempat ini cocok sebagai pelepas penat. Karena keindahannya, tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre wedding karena instagrammable. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi spot wisata air terjun Coban Baung yang tak kalah memesona. Kebun Raya Purwodadi cocok banget untuk wisata anak dan wisata keluarga.

10. Danau Ranu Grati

Tempat wisata hits ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur. Ranu Grati merupakan danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik salah satu gunung berapi. Bentuknya yang menyerupai corong dengan dasar danau yang dalam dan mengandung sedimen mineral, menjadi bukti penguat status Ranu Grati sebagai danau vulkanik.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat wisata pasuruan ini. Mulai dari mengayuh becak air, sepeda air, dan berkeliling dengan boat sambil menyaksikan panorama keindahan alam, hingga memancing atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir danau. Danau Ranu Grati

cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

11. Food Junction Grand Pakuwon

Tak jauh dari Pasuruan, kamu bisa juga eksplor tempat wisata di Surabaya. Untuk wisata kuliner yang lengkap, kamu bisa ke Food Junction Grand Pakuwon. Ada banyak penjual makanan lokal dan internasional di sini. Kamu tidak akan kehabisan pilihan soal tempat makan. Selain itu, kamu juga bisa bersantap sambil ditemani pemandangan danau yang indah.

12. Hutan Bambu Keputih

Untuk kamu yang mencari spot instagrammable, Hutan Bambu Keputih bisa jadi pilihanmu! Sebelumnya, tempat ini merupakan tempat pembuangan sampah. Namun, kini, sudah direnovasi dan diperbaiki hingga menjadi tempat wisata alam dengan berbagai spot foto yang cantik, terutama untuk nuansa romantis.

13. Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata di Surabaya ini termasuk yang terkenal di kalangan turis. Sebagai salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, tempat ini tentu memiliki kesan tersendiri sebagai sebuah kebun binatang favorit turis.

14. Atlantis Land Surabaya

Masih satu area dengan Kenpark Surabaya, Atlantis Land adalah salah satu tempat wisata keluarga dan wisata anak yang wajib dikunjungi! Tempat wisata hits ini adalah taman bermain air untuk semua usia yang tidak hanya memiliki wahana-wahana keren, tapi juga desain dan arsitektur yang menarik.

15. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Surabaya yang wajib dikunjungi. Selain menjadi tempat ibadah, masjid yang satu ini juga memiliki keunikan karena desainnya yang mencampur gaya Arab dan Tiongkok. Kamu yang non-Muslim tetap bisa berkunjung, namun pastikan kamu mengikuti peraturan yang berlaku dan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

16. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen yang terletak di wilayah Tanjung Perak ini dibangun untuk mengenang jasa TNI AL yang dulu gugur pada pertempuran di Surabaya. Secara total, monumen ini memiliki tinggi hingga 60 meter lebih. Kamu bisa berkunjung untuk melihat kemegahannya langsung.

17. Museum Kesehatan Dr. Adhyatma

Seperti namanya, museum ini menampilkan berbagai barang dan penjelasan yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Ada berbagai pameran barang-barang inovasi kesehatan, tapi ada juga pameran sejumlah barang mistis yang sering dikaitkan dengan kesehatan, seperti santet.

18. Taman Korea

Bukan, ini bukan taman yang terinspirasi dari drama Korea, melainkan sebuah taman persahabatan dengan Korea Selatan. Taman ini juga sering disebut Taman Persahabatan Indonesia-Korea. Desainnya dikerjakan oleh pihak Korea Selatan sedangkan pembangunan dan lahannya diurus oleh pihak Indonesia. Selain taman yang indah dan menyegarkan serta cocok untuk jogging santai, ada juga prasasti di tengah taman dengan pahatan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea di masing-masing sisinya.

19. Taman Apsari

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah patung Gubernur Suryo, gubernur Jawa Timur pertama, yang ada di tengah taman. Namun, selain patung tersebut, tempat ini terkenal juga karena koleksi jenis bunganya yang cukup banyak. Ada juga area untuk pameran karya seni di sini. Jadi, sembari jogging atau jalan-jalan santai, kamu bisa melihat-lihat pemandangan yang cantik dan unik di sini.

20. Kampung Bulak

Kamu mungkin sudah familiar dengan Kampung Warna-Warni Jodipan di Malang. Nah, di Surabaya, ada Kampung Bulak. Sama seperti yang ada di Malang, kampung ini pun telah dicat tembok dan atapnya agar menjadi warna-warni. Dari kejauhan saja, kamu sudah bisa melihat keindahannya. Tapi, kamu bisa masuk ke kampung dan mengeksplorasinya sekaligus berfoto-foto.

21. Toko Oen

Untuk wisata kuliner, terutama soal dessert, kamu bisa ke Toko Oen yang legendaris. Toko es krim ini telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan kelezatannya tidak pernah berubah. Ada berbagai menu es krim klasik, seperti banana split, yang bisa kamu pesan di sini. Desain interior dan eksterior tempat ini pun masih sangat klasik.

22. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa wisata ini memiliki banyak tempat makan yang menawarkan kuliner lokal yang lezat. Selain itu, ada juga spot-spot foto yang keren dan indah di area ini. Karena berlokasi di dataran tinggi, hawanya juga sejuk di sini.

23. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark terletak di daerah Batu jadi bisa sekaligus kamu kunjungi saat jalan-jalan di daerah ini. Ada berbagai wahana permainan untuk anak-anak yang menyenangkan dan aman. Selain itu, ada juga tempat makan dan fasilitas outbond, loh!

24. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu lokasi wisata alam yang terkenal di kalangan turis domestik maupun internasional. Hal ini karena pemandangan dan lokasinya yang sering dibilang mirip dengan pantai di Bali. Kamu bisa jalan-jalan santai di sekitar pantai sambil menyegarkan diri dengan percikan air laut dari ombak yang datang.

25. Gunung Bromo

Bromo adalah salah satu gunung yang terkenal di Indonesia. Secara geografis, gunung ini memang letaknya tidak sepenuhnya di Malang, namun banyak wisatawan yang memilih untuk melakukan perjalanan ke gunung ini dari Kota Surabaya atau Malang. Ada banyak paket tur yang menyediakan fasilitas lengkap dari pusat kota sampai ke kaki gunung supaya kamu tidak perlu ribet-ribet lagi. Setibanya di sana, kamu bisa menikmati udara dingin yang menyegarkan sambil berfoto-foto dengan latar belakang yang luar biasa, atau menunggang kuda (dengan arahan pemandu, tentunya).

26. Jatim Park 1, 2, dan 3

Dalam hal destinasi wisata anak dan wisata keluarga, Jatim Park 1, 2, dan 3 wajib masuk ke daftar objek wisata di Malang yang wajib dikunjungi! Jatim Park 1 berisi wahana-wahana permainan yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga. Jatim Park 2 juga memiliki wahana permainan, tapi ditambah lagi dengan Batu Secret Zoo, Museum Satwa, serta hotel berbentuk pohon raksasa, Pohon Inn. Sedangkan Jatim Park 3, yang terbaru, mengusung tema zaman dinosaurus dan sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto-foto dengan replikasi makhluk purba ini.

27. Kampung Biru Arema

Mengikuti jejak kesuksesan Kampung Jodipan, kini hadir juga Kampung Biru Arema, tepat di seberang Kampung Jodipan. Sesuai namanya, kampung yang satu ini telah dicat tembok dan atapnya dengan warna biru secara keseluruhan. Meski begitu, tetap ada lukisan warna-warna lain di temboknya. Kamu juga akan banyak menemukan logo klub sepak bola asal Malang, Arema. Jangan sampai lupa bawa kameramu ke tempat instagrammable ini ya!

28. Museum Angkut

Terletak di area Batu, museum ini, seperti namanya, adalah museum yang memamerkan berbagai macam angkutan dari seluruh dunia, terutama mobil-mobil klasik. Tempat ini jadi salah satu spot instagrammable favorit turis karena desain interiornya serta pameran mobil-mobilnya yang keren serta terlihat mewah.

29. Kebun Teh Wonosari

Terletak di sekitar Kota Malang, tempat ini sering dijadikan area piknik untuk short weekend getaway. Layaknya kebun teh yang asri, tempat ini menawarkan udara sejuk disertai pemandangan yang rindang. Selain itu, ada juga area berkemah, outbond, kolam air panas, dan banyak lagi.

30. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura ini merupakan pura dan juga tempat ibadah umat Hindu. Aristekturnya megah dan indah. Lokasinya juga strategis karena dikelilingi perkebunan apel dan udara yang sejuk. Meskipun kamu tidak akan beribadah, kamu tetap bisa berkunjung asal mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup, ya.

Cara Menuju ke Pasuruan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Pasuruan adalah dengan:

Bus

Jika kamu berangkat dari kota-kota tetangga seperti Surabaya dan Malang, kamu bisa mencapai Pasuruan hanya dalam satu setengah jam dengan bus. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan kereta api sehingga menjadi salah satu transportasi yang paling sering digunakan warga kedua kota ini.

Kereta

Ada cukup banyak kereta api antar kota di bagian Jawa Timur yang singgah di Pasuruan. Di antaranya adalah KA Mutiara Timur, Logawa, dan Sri Tanjung.

Akomodasi di Pasuruan

Pasuruan memiliki berbagai jenis akomodasi, mulai dari hotel hingga resor. Jika kamu mencari akomodasi yang menawarkan pemandangan indah serta fasilitas yang lengkap dan nyaman, Pasuruan memiliki sejumlah hotel dan resor bintang 4 dan 5. Meski begitu, ada lebih banyak hotel bintang 2 dan 3 di pusat kota.

Spot Instagram-able di Pasuruan

Spot Instagram-able di Pasuruan umumnya adalah tempat wisata alamnya. Kamu bisa berkunjung ke Pemandian Alam Banyu Biru, Pantai Penunggul, Danau Ranu Grati (lebih cantik pada saat matahari terbenam dan malam hari), Taman Safari Prigen, dan Coban Cemoro Gading. Di tempat-tempat ini, kamu bisa mengoleksi foto-foto keindahan alam Indonesia yang sesungguhnya.

Kuliner di Pasuruan

Pasuruan memiliki segudang makanan khas Jawa Timur yang lezat dan unik. Mulai dari Kupang Kerathon (kerang yang dimasak dengan bumbu bawang putih dan disajikan dengan petis kupang, jeruk nipis, dan lontong), Rawon Sate Komo (daging sapi dengan kuah gurih yang biasanya berwarna hitam ditambah dengan satu komo), Botok Tempe (tempe dengan kelapa parut, dan dibalut daun pisang kemudian dikukus), dan Lontong Balap Bumbu Kuning (tauge dengan bumbu kunyit, bawang putih, dan jeruk purut dan disajikan dengan lontong).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu bisa menemukan cukup banyak restoran vegetarian dan vegan di Pasuruan yang menyajikan berbagai masakan Jawa Timur tanpa daging. Ada cukup banyak juga yang menyajikan makanan western.

Belanja di Pasuruan

Jika kamu ingin berbelanja oleh-oleh, tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi adalah di area Jalan Soekarno Hatta hingga Jalan Panglima Sudirman.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Pasuruan

Musim

Pasuruan memiliki 2 musim, sama halnya dengan kota lain di Indonesia, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk waktu jalan-jalan yang nyaman dan aman, sebaiknya kamu menghindari musim hujan. Jadi, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Juni dan Oktober.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Pasuruan adalah 31-33°C (87.8-91.4°F) pada saat terpanasnya. Sedangkan suhu rata-ratanya pada malam hari atau paling dingin adalah 23-25°C (73.4-77°F).

Cara Berkeliling di Pasuruan

Beberapa transportasi publik yang bisa kamu andalkan di sini adalah angkot, bus kota, dan delman. Untuk angkot, saat ini ada sekitar 17 trayek. Namun, kamu harus selalu menanyakan rute yang dilewati jika kamu belum pernah menggunakannya. Sama halnya dengan bus kota.

Delman adalah kereta kuda roda doa yang merupakan transportasi tradisional yang sampai kini masih sering digunakan masyarakat lokal. Harganya sekitar Rp5.000,- hingga Rp10.000,- disesuaikan dengan jarak perjalananmu.

Seberapa Luas Pasuruan

Luas kota ini secara resmi adalah 35,29 km². Untuk berkeliling di kota ini sampai puas, kamu perlu menghabiskan 3-4 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata alam yang indah. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Safari Prigen, Air Terjun Coban Baung, Kebun Raya Purwodadi, Bhakti Alam, Wisata Alam Banyu Biru, dan Perkebunan Apel Khrisna.

Mata Uang Pasuruan

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Pasuruan

Bahasa utama dan nasional di sini adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, ada beberapa bahasa daerah yang maish digunakan sehari-hari di sini, yaitu Bahasa Jawa dan Madura.

Zona Waktu Pasuruan

WIB / GMT+7.

Jenis Stop Kontak di Pasuruan

Jenis stop kontak di Pasuruan dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Pasuruan

  1. Untuk wisata di Pasuruan yang nyaman, pakaian yang cocok adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Meski begitu, jika kamu berencana berwisata di dekat kaki gunung yang cuacanya lebih dingin, sebaiknya kamu membawa kaus lengan panjang atau kenakan baju berlapis.
  2. Air keran di Pasuruan bukan untuk diminum.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan, terutama di tempat wisata alam.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya