30 Rekomendasi Tempat Wisata di Paris

Paris, ibukota Prancis yang dikenal sebagai kota cinta, bahkan kota paling romantis di dunia bagi banyak orang. Lanskap kota, landmark terkenal, arsitektur bangunan kota, dan juga museum-museum seni merupakan daya tarik utamanya. Kuliner lokal yang bisa kamu coba di restoran mewah maupun di pasar yang menjual camilan pun tak boleh dilewatkan. Meski merupakan kota romantis, Paris punya semuanya untuk setiap wisatawan, baik kamu pergi bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri.

1. Eiffel Tower

Menara ini adalah yang paling ikonik di Paris, terutama karena unsur romantisnya. Saat tiba di sini, kamu bisa langsung berfoto dengan menara tersebut sebagai latar belakang. Untuk itu, jangan lupa bawa kamera dan siapkan pose terbaikmu, ya! Setelah itu, kamu bisa mengeksplorasi menara dengan naik ke lantai duanya untuk melihat kota dari atas, atau menikmati makan malam romantis di restorannya.

2. Versailles Palace

Salah satu bangunan yang paling terkenal di Prancis: Versailles Palace. Raja-raja Prancis dulu tinggal di sini sebelum terjadinya Revolusi Prancis di tahun 1789. Sejak abad ke-19, tempat ini menjadi lokasi penyimpanan barang-barang yang bersejarah serta tinggi nilai seninya. Bangunan ini memiliki total 2.300 ruangan. Interior dan eksteriornya memiliki arsitektur gaya Prancis yang berkelas dan vintage.

3. Arc de Triomphe

Monumen di pusat kota ini menjadi salah satu objek wisata di Paris yang wajib dikunjungi. Merupakan salah satu ikon kota, momumen ini dibangun sebagai dedikasi untuk para tentara Revolusi dan Kekaisaran. Sebaga informasi, monumen ini telah diresmikan oleh raja Prancis pada 1836.

4. Musée d'Orsay

Bangunan dari museum ini bisa dibilang merupakan karya seni pertama di museum ini. Dulunya, lokasi ini merupakan Stasiun Kereta Orsay sebelum dijadikan lokasi museum. Sekarang, museum seni ini menjadi rumah berbagai hasil karya seni dari seniman terkenal. Misalnya saja lukisan-lukisan karya van Gogh dan Monet. Dengan lokasi di pusat kota dan di tepi Sungai Seine, pemandangan sekitarnya pun tak kalah cantik.

5. Paris Museum of Modern Art

Seperti namanya, museum ini merupakan lokasi koleksi berbagai hasil karya seni dari seniman-seniman ternama. Sebut saja Max Ernst, Pablo Picasso, dan Keith Haring. Secara total, ada sekitar 15.000 karya seni di sini. Selain itu, lokasi museum ini juga menawarkan pemandangan Eiffel Tower terbaik.

6. Disneyland Paris

Wisata anak dan wisata keluarga? Tentu saja Disneyland Paris masuk ke dalam daftar tersebut!

Tempat paling bahagia di bumi ini memiliki segudang wahana menyenangkan untuk kamu dan si kecil. Berbagai parade dan penampilan karakter Disney favorit serta pertunjukan kembang api juga siap menghiburmu. Sempatkan juga mampir ke kafe atau restoran yang ada untuk mencicipi makanan-makanan bertema Disney yang tidak bisa kamu temukan di mana-mana lagi. Jangan lupa untuk ke toko suvenir juga sebelum pulang, ya!

7. Panthéon

Berada di Latin Quarter, gedung ini memiliki arsitektur yang megah dan akan membuatmu kagum. Gedung ini juga merupakan lokasi makam bawah tanah tokoh-tokoh penting dalam sejarah seperti Marie Curie dan Voltaire. Setelah dari Panthéon, kamu bisa juga jalan-jalan di area Latin Quarter dan mampir ke toko buku serta kafe-kafe cantik yang ada di sana.

8. Musée Picasso

Seperti namanya, Picasso Museum merupakan sebuah museum yang memamerkan karya-karya seni seniman asal Spanyol tersebut. Mulai dari lukisan, patung pahatan, hingga ukiran. Banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia datang kemari untuk melihat 5000 koleksi karya seni Picasso.

9. Notre-Dame

Katedral ini merupakan gereja Gotik paling terkenal dari Abad Pertengahan. Salah satu daya tarik utamanya selain nilai sejarahnya adalah arsitekturnya yang unik dan megah. Meski begitu, seperti yang mungkin sudah kamu tahu, katedral ini sempat terbakar di tahun 2019. Sebagian dari bangunannya hancur sehingga tentu tampilannya sudah tidak sama persis seperti dulu. Namun, rencana perbaikan dan renovasi sedang dalam proses.

10. Louvre Museum

Piramida kaca di bagian luar museum ini pasti sudah tidak asing lagi di matamu. Namun, selain spot instagramable tersebut, museum ini juga terkenal karena koleksi karya seninya yang luar biasa. Misalnya pahatan patung oleh Michelangelo atau juga lukisan Mona Lisa milik Leonardo Da Vinci.

11. Tuileries Garden

Berlokasi tepat di sebelah Louvre Museum, kamu bisa mengunjungi tempat ini setelah selesai melihat-lihat karya seni di museum tersebut. Taman besar dengan tata letak yang unik ini menawarkan pemandangan terbuka. Selain jalan-jalan santai di hari yang cerah, ada juga amusement park kecil di sini untuk si kecil.

12. Musée de l’Orangerie

Di ujung barat Tuileries Garden, kamu akan menemukan Orange Museum, sebuah galeri seni impresionis. Salah satu hasil karya seni terkenal yang ada di sini adalah delapan lukisan dinding “Water Lilies” karya Claude Monet.

13. Galeries Lafayette

Paris juga sering dikenal sebagai surganya belanja. Galeries Lafayette adalah salah satu destinasi utama untuk kamu yang ingin belanja sampai puas. Department store ini memiliki 3 blok bangunan yang masing-masing berisi toko fesyen mewah, seperti Loius Vuitton, Chanel, dan Hermès.

14. Louis Vuitton Foundation

Sesuai namanya, Louis Vuitton Foundation dibangun oleh grup LVMH. Bangunan ini berfungsi sebagai sebuah museum seni dan juga pusat budaya. Salah satu daya tariknya adalah arsitektur eksteriornya yang menampilkan bentuk dan lengkungan yang tidak biasa sehingga menjadi bangunan ini unik.

15. Luxembourg Gardens

Taman dengan gaya Prancis ini memamerkan kecantikan arsitektur dan desain yang menarik. Dengan luas 25 hektar dan telah berdiri sejak 1612, tanaman serta bunga yang paling menarik kecantikannya di sini adalah mawar dan anggrek. Selain itu, kamu juga akan menemukan 106 patung pahatan yang indah. Jika ingin sekedar bersantai, kamu bisa jalan-jalan saja di sini. Namun, kamu bisa juga mencoba aktivitas lain, seperti menemani si kecil bermain permainan anak atau sekedar bermain catur.

16. Montmartre

Ingin jalan-jalan di distrik yang cantik dan warna-warni? Ke Montmartre saja! Di sini, ada bangunan yang terbuat dari batu dengan warna-warna yang cantik, menjadikan tempat ini salah satu spot instagramable terbaik di Paris. Selain sekedar berfoto-foto, distrik ini juga terbilang berseni karena ada banyak pekerja seni yang siap melukis wajahmu pada kanvas. Lokasi ini pun cocok untuk mencicipi kuliner lokal karena ada banyak kafe-kafe kecil yang lucu di sini.

17. Pont Neuf

Kunjungi jembatan batu tertua di Paris jika kamu sedang berwisata di sini. Dengan arsitektur yang indah serta lokasinya yang strategis, yaitu tepat di atas Sungai Seine, kamu bisa menikmati pemandangan yang tak ada duanya saat di sini. Kamu yang ingin menikmati momen romantis pun bisa ke sini di malam hari saat lampu-lampu jalannya sudah menyala.

18. Pont Alexandre III

Sama-sama berada di atas Sungai Seine, jembatan yang satu ini mungkin bukan merupakan jembatan tertua, tapi salah satu yang paling terkenal karena keindahannya. Jembatan yang menghubungkan area Champs-Élysées dan Menara Eiffel ini sering dijadikan spot foto romantis. Hal ini terutama karena keindahan dekorasi, arsitektur, patung-patung di sekitar jembatan, dan juga lampu jalan yang menyala di malam hari.

19. Musée Rodin

Rodin Museum ini, seperti namanya, merupakan museum seni yang memamerkan pematung Prancis yang terkenal, Auguste Rodin. Beberapa karyanya yang paling populer dan berpengaruh yang ada di sini adalah “The Thinker”, “The Gates of Hell”, dan “The Kiss”.

20. Palais Garnier Opera House

Saat membicarakan area Opéra, tidak mungkin melewatkan Palais Garnier Opera House. Bangunannya memiliki desain arsitektur interior dan eksterior gaya Prancis yang sangat megah dan cantik. Sudah pasti masuk ke daftar spot instagramable di Paris. Selain itu, tempat ini juga menjadi lokasi pertunjukan Paris Opera Ballet. Untuk memaksimalkan kunjunganmu ke sini, pastikan kamu juga pesan tiket untuk pertunjukan balet yang keren tersebut, ya!

21. Grand Palais

Seperti namanya, bangunan raksasa ini sangat terkesan megah, bahkan saat baru dilihat dari luar. Dari arsitektur gaya Eropanya yang indah, salah satu daya tariknya adalah atapnya yang terbuat dari kaca transparan. Selain itu, bangunan ini merupakan kompleks museum yang memamerkan berbagai karya seni yang bernilai tinggi.

22. Sainte Chapelle

Tempat ini merupakan kapel Gotik kerajaan yang terkenal karena kaca patrinya yang sangat cantik. Dari bawah hingga ke atap, kamu bisa melihat kaca berwarna menutupi di antara tembok dan pilar yang menopangnya. Semuanya dengan desain dan warna yang luar biasa cantik.

23. Bastille Market

Merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Paris, kamu yang ingin berbelanja dan melihat langsung budaya belanja warga lokal, tempat ini wajib dikunjungi! Pasar ini terutama dipenuhi penjual bahan makanan segar dan juga makanan jadi. Kamu bisa membeli sejumlah bahan makanan Paris sambil jajan camilan lokal juga.

24. Le Marais

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai di Kota Paris, Le Marais adalah area yang bisa kamu tuju. Dengan gang dan jalanan yang masih memiliki gaya arsitektur abad pertengahan serta dipenuhi toko-toko kecil, kafe cantik, dan galeri yang keren, kamu bisa benar-benar menikmati Paris.

25. Catacombs of Paris

Tempat ini sebenarnya merupakan pemakaman bawah tanah zaman dulu. Dibangun di abad ke-18 karena pemakaman di pusat kota sempat menyebabkan masalah kesehatan yang besar pada zaman tersebut. Pemakaman pun akhirnya dipindahkan ke bawah tanah. Tempat wisata di Paris ini kini sudah lengkap fasilitasnya dan tersedia paket tur dengan pemandu.

26. Moulin Rouge!

Ingin menyaksikan pertunjukan yang keren dan tak terlupakan? Saksikan Moulin Rouge! yang terkenal di Paris langsung! Acara ini merupakan teater musikal yang ditampilkan secara live dengan kostum, properti, musik, dan penampilan aktor serta penari yang patut diacungi jempol.

27. La Madeleine

Saat pertama kali melihat bangunannya, kamu mungkin berpikir ini adalah bangunan Yunani. Namun, sebenarnya tempat ini adalah gereja Katolik Roma dengan desain seperti Pantheon di Yunani.

28. Giverny

Giverny adalah tempat tinggal seniman ternama Claude Monet selama kurang lebih 40 tahun. Di sinilah ia menciptakan lukisan-lukisannya yang terkenal, seperti “The Japanese Bridge” dan “Water Lilies” yang merupakan tanaman, jembatan, dan kolam asli di taman yang ada di Giverny.

29. Galerie Vivienne

Di area Grand Boulevards, kamu bisa menemukan banyak passages, lorong galeri perbelanjaan dengan atap kaca di antara gedung-gedung, dan Galerie Vivienne adalah salah satu yang paling terkenal. Ada toko-toko fesyen, restoran mewah, dan kafe lucu di dalamnya. Kamu bisa jalan-jalan santai sambil berbelanja atau mencicipi makanan lokal di tempat yang indah ini.

30. Château de Chambord

Sedikit menyimpang dari pusat kota, tepatnya ke arah tenggara dari Paris, kamu akan menemukan istana yang sudah berusia 500 tahun, Château de Chambord. Istana ini dulu dibanngun oleh Raja Francis I sebagai pondok berburu. Kini, kastil ini menjadi kastil yang paling banyak dikunjungi di Loire Valley. Daya tarik utamanya tentu adalah arstiektur Renaisans Prancis yang megah, dilengkapi dengan taman yang mengelilinginya.

Paris
Tentang

Paris adalah kota yang sangat populer di dunia. Orang sering menyebut Paris sebagai "Kota Cinta" atau "Kota Cahaya". Kamu bisa menikmati perpaduan seni, budaya, dan sejarah di Paris dengan mengunjungi tempat wisata terbaik di sana. Dari menjelajahi Menara Eiffel sampai bersantai di tepi sungai Seine, kamu bisa menikmati semuanya itu saat berwisata di Paris.


Sobat tiket mungkin pernah melihat gedung ini di kartu pos atau di TV. The Louvre adalah sebuah bangunan berbentuk piramida yang dirancang oleh seorang arsitek bernama I.M. Pei. Di dalam museum ini, kamu bisa melihat karya seni terkenal seperti The Mona Lisa, Liberty Leading the People, dan lain-lain. Coba ikut tur malam yang ditemani pemandu wisata, sobat tiket bisa merasakan sensasi yang berbeda lho! 


Ada tempat yang sering disebut sebagai "The Happiest Place on Earth" di Paris. Namanya, Disneyland. Di tempat wisata ini, kamu bisa mencoba berbagai wahana klasik Disney seperti Space Mountain dan The Twilight Zone Tower of Terror. Kamu juga bisa bersantai sejenak dan makan popcorn di sana. Oh ya, jangan lupa beli merchandise lucu Disney untuk kerabat kamu, ya!


Paris adalah surga buat kamu yang suka belanja. Kamu bisa menemukan banyak butik-butik trendi di sini. Kalau mau berbelanja barang bermerek, kamu bisa pergi ke The Golden Triangle dan menemukan merek-merek bergengsi seperti Louis Vuitton dan Chanel. Ada juga banyak butik desainer ternama di sekitar Champs-Elysees.


Saat bepergian ke Paris, pastikan semua barang berharga kamu aman. Sama seperti di banyak tempat wisata lain di dunia, kamu harus berhati-hati terhadap pencopet. Awasi barang-barang kamu dengan cermat dan selalu waspada di daerah ramai, sobat tiket!


Mari mulai merencanakan liburan kamu di Paris dengan to do dari tiket.com. Pesan tiket untuk memasuki tempat wisata pilihan kamu di tiket.com dan dapatkan penawaran terbaik yang tersedia di web atau aplikasi tiket.com.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Paris

Informasi mengenai tempat wisata di Paris.

Apa itu tiket CLEAN di Paris?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Paris tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Paris yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Paris

Paris, meskipun terkenal sebagai salah satu kiblat mode dunia, punya lebih dari sekadar fashion untuk dipamerkan. Salah satu kota internasional ini terkenal dengan peninggalan seni para seniman kelas dunia, dengan galeri seni dan berbagai macam museum di dalam kotanya.

Tak hanya itu, kota yang dijuluki dengan “Kota Cahaya” ini memang memiliki kecantikan luar biasa, dengan arsitektur grande, monumen-monumen, cahaya lampu, dan dikelilingi Sungai Seine nan romantis. Cocok sekali untuk berbulan madu, ataupun sekedar mengabadikan keindahan untuk foto pre-wedding.

Cara Menuju ke Paris

Paris adalah kota besar yang tentunya dapat dijangkau dengan menggunakan berbagai transportasi.

Pesawat

Paris memiliki dua bandara kelas internasional di kotanya. Kamu bisa memilih Roissy Charles de Gaulle (CDG) di bagian utara, atau Orly (ORY) di bagian selatan wilayahnya.

Dari bandara Charles de Gaulle ke pusat kota Paris, kamu dapat menggunakan bus, kereta, ataupun taksi dengan perbandingan sebagai berikut:

Kereta RER B (Blue)

  • Harga tiket           : 11,4 Euro (dewasa), 7 Euro (anak-anak usia 4 – 9 tahun)
  • Waktu tempuh     : 35 – 40 menit
  • Jam beroperasi   : 04:50 – 23:00
  • Tiket yang berlaku  : RER Ticket

Bus

Ada beberapa operator bus dari bandara CDG ke kota Paris, salah satunya adalah Roissybus, dengan spesifikasi sebagai berikut

  • Harga tiket           : 13,7 Euro
  • Waktu tempuh     : 50 – 80 menit
  • Jam beroperasi   : 06:00 – 00:50
  • Tiket yang berlaku  : Navigo, Mobilis, Paris Visite,

Seperti CGD, Bandara Orly di selatan juga memiliki banyak pilihan mode transportasi untuk menuju ke pusat kota Paris.

Bus

  • Harga tiket           : 9,5 Euro
  • Waktu tempuh     : Sekitar 35 menit
  • Jam beroperasi   : 05:35 – 00:05
  • Tiket yang berlaku  : Orlybus ticket, Navigo, Paris Visite

Metro 7 + Tram 7

  • Harga tiket           : 4 Euro
  • Waktu tempuh     : Sekitar 65 menit
  • Jam beroperasi   : 05:30 – 00:30
  • Tiket yang berlaku  : ticket t+ (x2), Navigo, Paris Visite, Mobilis

RER B + Orlyval

  • Harga tiket           : 12,10 Euro
  • Waktu tempuh     : 37 menit
  • Jam beroperasi   : 06:00 – 23:00
  • Tiket yang berlaku  : Paris Visite, tiket RER

Kereta

Menuju Paris dengan kereta menjadi opsi yang mudah dan terjangkau, terutama kalau kamu berada di Eropa. Jaringan kereta api di Prancis sangat bagus dan menghubungkan kota secara domestik atau internasional dengan kota di negara-negara Eropa seperti Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Belanda.

Ada 7 stasiun utama di Paris untuk perjalanan internasional, yaitu:

  • Gare du Nord (stasiun paling sibuk di Eropa), untuk Eurostar dan Thalys, melayani perjalanan dari London, Belgia, Belanda, dan Jerman, serta beberapa kereta lokal Prancis.
  • Gare de I’Est. Stasiun untuk bepergian ke kawasan pinggiran timur Paris
  • Gare d’Austerlitz. Kereta untuk bepergian ke Toulouse, Pyrenees, dan Barcelona.
  • Gare de Bercy untuk kereta ke Italia dan Burgundy.
  • Gare de Lyon. Kereta menuju tenggara Prancis, Languedoc-Roussillon, Swiss dan Italia, serta tenggara suburban Paris.
  • Gare Montparnasse. Kereta menuju ke bagian barat dan barat daya Prancis serta Madrid, serta daerah suburban Paris sebelah barat.
  • Gare Saint-Lazare. Kereta ke Normandia dan ke arah barat & barat daya suburban Paris.

Beberapa operator kereta cepat internasional yang menghubungkan Paris dengan kota-kota besar lain di Eropa adalah: Eurostar, ICE, Renfe-SNCF en Cooperacion, TGV Lyria, TGV, Thalys, Thello. Semua operator tersebut mengharuskan penumpangnya untuk reservasi terlebih dahulu.

Dari stasiun-stasiun besar tersebut, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke tempat tujuanmu dengan menggunakan metro, bus, ataupun taksi yang tersedia di mana-mana.

Bus

Perjalanan dengan bus ke Paris juga bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Terminal bus utama di Paris adalah Paris-Gallieni International Bus Station Bagnolet yang berlokasi di kawasan timur kota Paris. Stasiun ini menghubungkan Paris ke kota-kota lainnya di Prancis seperti Toulouse, Lyon dan Marseille, juga kota-kota internasional seperti Berlin, Madrid, dan Warsawa,

Terminal bus ini beroperasi setiap hari mulai pukul 6 pagi – pukul 11 malam. dan dilayani oleh beberapa jalur bus di jaringan transportasi umum Paris.

Ada beberapa perusahaan transportasi yang menawarkan perjalanan ke Paris, termasuk Eurolines, Isilines, Flixbus and Ouibus dan Alsa.

Akomodasi di Paris

Ada banyak sekali pilihan hotel di Paris yang dapat kamu pilih untuk menginap, tentunya disesuaikan dengan dana, maupun daerah yang mau dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa kawasan yang bisa kamu jadikan pilihan.

Montmartre

Karena berada di daerah yang agak ‘pinggiran’, tarif hotel di Montmartre umumnya lebih murah dibandingkan dengan kawasan lain. Meski murah, tapi Kawasan ini mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Konturnya yang berbukit dengan jalan-jalan yang agak sempit ternyata tak mengurangi keindahannya, karena di Montmartre dipenuhi kafe dengan style retro, apartemen-apartemen kecil dengan dinding hijau tertutup tanaman ivy yang membuatnya seperti berada di dalam dongeng. Di sini, rumah berwarna warni dan toko lawas yang masih mempertahankan gaya-nya, berjejeran di kiri-kanan jalan membuat kawasan Montmartre makin menawan.

Selain itu, Montmartre juga dikelilingi resto enak yang menyajikan makanan lezat dengan harga murah seperti Il Brigante, Soul Kitchen, dan Le Coq Rico.

The Marais

Banyak yang bilang, Kawasan Marais adalah salah satu tempat terbaik untuk tinggal di Paris. Lokasinya yang berada di pusat kota (di arondisemen ketiga dan keempat), menjadikannya sangat dekat untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata di Paris.

Louvre, Hotel de Ville, Centre Pompidou, Musee Picasso, Museum Arsip Nasional dan banyak tempat menarik lainnya, dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

Lokasinya yang berada di tepi kanan Sungai Seine dan di seberang Notre Dame, dipercantik dengan alun-alun yang terpelihara dengan baik, taman yang rimbun, bistro tradisional, butik-butik dan toko barang vintage serta  galeri seni yang berjejeran, dan bulevar kuno yang seolah menunjukkan keagungan Paris di masa lalu.

Spot Instagramable di Paris

Jalan-jalan ke tempat wisata di Bali tidak lengkap jika kamu tidak berkunjung ke tempat-tempat yang Instagram-able di pulau ini, seperti:

  • Trocadero Square & Trocadero Gardens. Bisa dibilang, Trocadero adalah spot paling Instagramable di Paris, karena dari sini kamu bisa mendapatkan foto sempurna dengan latar belakang Menara Eiffel yang cantik.
  • Streets of Montmartre.  Jalanan yang tak terlalu lebar namun sibuk ini dikelilingi toko dan kafe-kafe kecil yang lucu, serta arsitektur kuno nan klasik di kiri-kanannya. Bisa dibilang, jalanan ini Paris banget!
  • Rue Cremioux. Jalanan kecil di antara rumah mungil berjejeran rapi dengan cat warna warni ini akan membuat feed Instagram kamu lebih ceria. Cocok untuk foto-foto di siang hari.
  • Le Jardin du Palais Royal. Berfoto di tengah jajaran rapi pohon magnolia yang berbunga? Wajib kamu tambahkan ke daftar kunjungan ke Paris nanti.
  • Galeries Lafayette. Kalau kamu berkunjung di masa libur Natal dan Tahun Baru, wajib banget mampir ke sini! Hiasan pohon natal raksasa dan dekorasinya luar biasa keren dan sayang banget untuk dilewatkan.

Kuliner di Paris

Tak hanya jadi surga untuk pecinta seni dan belanja, Paris juga surga bagi pecinta kuliner lezat. Berbagai macam kuliner untuk berbagai kalangan, dari kafe-kafe dan bakery kecil hingga restoran  Michelin Star, bertebaran di seluruh kota. Tak heran, Paris juga dijuluki sebagai “Culinary capital of the world”.

Kuliner di Paris didominasi dengan pastry, sup, protein, butter dan keju. Menu-menu pastry seperti baguette dan croissant dengan mudah ditemukan di kafe-kafe & bakery kecil, cocok untuk menemani sarapan dengan segelas kopi atau teh hangat.

Di restaurant manapun, tanyakan kalau mereka menyajikan “fromage” untuk menemani makananmu. Orang Paris menyebut keju sebagai “fromage”, yang jenisnya banyak sekali. Tentu kamu tidak perlu mencoba semuanya. Ada beberapa ‘keju andalan’ seperti Roquefort (terbuat dari susu domba), Bleu d'Auvergne (blue cheese), dan Cantal (keju dengan tekstur lembut).

Hidangan mewah Paris banyak disajikan di restoran-restoran dengan Michelin Star. Beberapa yang sangat popular adalah foie gras, Boef Borgonion, escargot, duck confit, steak frites. Harganya memang cukup mahal, namun sepadan sekali dengan kelezatannya. Sangat cocok untuk menu fine dining dengan pasangan.

Untuk penyuka dessert, ada: macarons, crème brulee, eclairs, berbagai jenis caramel & coklat, serta profiteroles yang wajib kamu coba. Dapatkan makanan-makanan tersebut di bakery, kafe ataupun toko-toko di hampir semua wilayah Paris.

Belanja di Paris

Ke Paris tanpa belanja? Ah, sayang sekali! Sebagai kota fashion, Paris adalah surganya barang-barang fashion dari yang murah sampai high-end. Berbagai merek populer seperti Louis Vuitton, Valentino, Armani, adalah sedikit dari banyak sekali brand internasional yang ‘lahir’ di sini. Tentu, harga barang-barang di toko tersebut cukup tinggi. Meski begitu, untuk kamu yang berhemat, juga ada banyak pilihan tempat belanja untuk memuaskan ‘hasrat’ belanjamu.

  1. Louvre & Tuileries District. Brand koleksi desainer tingkat dunia seperti Versace, Hermes dan Saint Laurent ada di kawasan ini. Selain fashion, parfum, furniture dan kosmetik kelas atas juga dijual di kawasan ini.
  2. The Marais. Kalau kamu menyukai gaya yang artsy atau fashion dengan gaya vintage,  klasik serta handmade, coba kunjungi pertokoan di The Marais. Berbagai perhiasan, barang kerajinan antik, parfum, teh, coklat, buku-buku, sampai item dekorasi rumah dijual di sini dengan nilai seni yang cukup tinggi.
  3. The Saint-Ouen flea market. Suka thrifting alias berburu barang bekas? The Saint-Ouen ini dikenal sebagai flea market terbesar di Paris. Berbagai macam barang bekas dan vintage dijual di sini dengan harga yang cukup murah meski kualitasnya masih sangat bagus. Berhati-hati dengan copet saat berada di sini, ya.
  4. Les Halles and Rue de Rivoli. Kalau kamu penyuka merk instan fashion seperti Zara maupun H&M, di sini tempatnya!
  5. Boulevard Haussmann and the Grands Boulevards. Mall yang cukup mewah ini bisa bikin kamu bingung kalau berada di dalamnya. Bingung karena banyak sekali jenis barang dijual di sini, dan pengen dibeli semuanya. Jangan lewatkan berkunjung ke mall ini saat musim dingin, karena dekorasinya luar biasa bagus!

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Paris

Musim

Paris berada di negara dengan 4 musim, sehingga kenyamanannya berbeda-beda di setiap musimnya. April – Juni dan Oktober – awal November adalah waktu yang paling nyaman karena cuacanya cukup nyaman dan turis tidak sebanyak di musim panas.

Kalau kamu menyukai keramaian, peak season di Paris berlaku saat musim panas (Juni – pertengahan September saat liburan anak sekolah) dan pertengahan hingga akhir tahun (libur Natal & Tahun Baru). Di waktu-waktu tersebut, kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk sekadar belanja dan antre di atraksi-atraksi populernya.

Kalau kamu ingin menghemat biaya, awal November – awal Desember, dan low season di Januari - Maret bisa jadi waktu yang tepat untuk berkunjung karena lebih sepi turis. Namun, kamu harus perhatikan bahwa cuaca di bulan-bulan tersebut sangat dingin.

Festival

Bisa dibilang, musim panas adalah musimnya festival di Paris. Berbagai macam festival, dari musik sampai parade, digelar di kota fashion ini. Sebagian besar festival musik digelar pada musim panas (Juni – Agustus). Beberapa festival ini bisa kamu masukkan ke dalam catatan wajib kunjung:

  • Bastille Day – 14 Juli. Peringatan awal Revolusi Prancis, diisi dengan parade & pesta kembang api.
  • Paris l'Été festival (Paris Summer Arts Festival): antara Juli – Agustus.
  • Rock en Seine – Agustus. Salah satu festival musik paling besar.
  • Solidays Festival – Juni. Festival ini mengampanyekan perang melawan AIDS, dan kesetaraan. Solidays festival menghadirkan musisi kelas dunia dengan lebih dari 80 konser setiap akhir pekan di bulan Juni.

Cara Berkeliling di Paris

Paris adalah kota yang sangat cantik, dan cara paling asyik untuk menikmatinya adalah dengan berjalan kaki, karena tempat-tempat menarik di sana umumnya berdekatan. Ada 20 kawasan (di sana disebut dengan arrondissement), dan di semua kawasan berbeda tersebut dilengkapi dengan rambu-rambu, sehingga kamu tidak perlu takut tersesat.

Kalau kamu ingin menuju tempat yang agak jauh, metro adalah pilihan tepat karena murah, cepat, dan bebas macet. Ada 15 jalur metro bawah tanah yang menghubungkan kota Paris melalui stasiun stasiun kecil, dengan jalur kereta RER yang menghubungkan Paris dengan kota-kota kecil lain di sekitarnya.

Untuk kamu yang menyukai romantisme Sungai Seine, ada banyak pilihan cruise yang menawarkan jasa mengelilingi Paris di sungai terkenalnya ini. Untuk informasi, berkeliling Paris dengan kapal di Sungai Seine lebih asyik dilakukan di malam hari saat ditemani kerlip lampu kota yang akan menambah suasana menjadi semakin romantis.

Seberapa Luas Paris

Secara resmi, Paris berukuran 105.4 kilometer persegi, dengan populasi 2.148 juta orang. Kamu tak perlu waktu lama untuk menyusuri kota yang sangat teratur ini dan mencoba berbagai aktivitas seru di Paris, karena tempat wisata di Paris umumnya berdekatan satu sama lain.

Tiga hari adalah waktu yang cukup untuk kamu mengeksplor tempat wisata populer, sekaligus berbelanja, menikmati kuliner lezat, ataupun menjajal serunya kehidupan malam di kota Paris.

Mata Uang di Paris

Euro (€).

Bahasa di Paris

Bahasa nasional di Paris adalah Bahasa Prancis yang digunakan oleh sebagian besar penduduknya, diikuti dengan Bahasa Arab, Portugis, Spanyol, dan Italia. Namun, sebagai kota internasional, sebagian besar pelayan kafe, sopir kendaraan umum, penjaga toko maupun staf di tempat-tempat wisata, umumnya mahir berbahasa Inggris.

Zona Waktu di Paris

GMT+1.

Jenis Stop Kontak di Paris

Jenis stop kontak yang digunakan di Prancis adalah tipe C dan E. Keduanya memiliki 2 pin bulat namun tipe E memiliki lubang di tengah atasnya untuk male earthing pin-nya. Stop Kontak tipe ini juga digunakan di Belgia, Polandia, Slovakia, Republik Ceko, Denmark, Israel, Monaco dan Maroko.

Perlu Diketahui tentang Paris

Ada beberapa informasi penting berkaitan dengan Paris yang harus banget kamu ketahui, agar kunjunganmu lebih nyaman selama di Paris:

  1. Warga lokal Paris memiliki kebanggaan akan bahasa ibu mereka. Tidak ada salahnya kamu belajar beberapa kosakata dasar seperti  “bonjour” (=halo), “au revoir” (=selamat tinggal) "s’il vous plait" (=tolong), dan "merci" (=terima kasih) saat menyapa pemilik toko ataupun staf di dana. Percaya deh, kamu bakalan diperlakukan dengan lebih baik karena mereka merasa lebih dihargai.
  2. Saat bertemu atau berkenalan, cipika cipiki (di sana disebut sebagai "faire la bise,")

adalah bentuk komunikasi terbaik, untuk pria maupun wanita. Jangan memeluk, karena umumnya orang di Paris tidak terbiasa melakukannya dengan orang asing.

  1. Sebagian besar toko ataupun kafe menerima pembayaran cashless dengan kartu debit maupun kartu kredit. Namun, untuk kenyamananmu, siapkan selalu uang cash untuk berjaga-jaga saat kamu mengunjungi bakery kecil, toko outdoor maupun toko souvenir lucu yang ternyata hanya menerima pembayaran secara cash.
  2. Jangan menyisakan makanan. Umumnya, restoran di Paris menyajikan makanan dalam porsi yang cukup untuk habis dalam sekali makan. Tidak menghabiskannya akan membuatmu terlihat tidak sopan.
  3. Copet ada di mana-mana. Amankan barang-barangmu, dan pisahkan uang cash di beberapa tempat aman yang terpisah. Bisa di kantong dalam celana, sling bag di dalam jaket, bawah sepatu, ataupun kantong tersembunyi di balik ikat pinggang. Siapkan tali pengaman untuk kamera digital agar tidak mudah direbut oleh orang saat berada di tempat umum.
  4. Hati-hati dengan penjual souvenir yang memaksa, umumnya berada di sekitar kawasan Menara Eiffel. Mereka seringnya menjual gantungan kunci, kacamata, payung, air mineral dengan harga yang cukup tinggi. Ada juga yang kerap memaksa memakaikan gelang persahabatan ke tangan para turis, lalu memaksa untuk membayarnya. Tolak dengan halus dan tegas ketika mereka terlihat mendekatimu.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya