Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Palembang
Tentang

Apa yang pertama kali terpikirkan di benakmu saat menyebut nama Palembang? Apakah yang kamu pikirkan adalah tempat wisata di Palembang? Ataukah justru spot menarik yang populer di kota ini seperti Jembatan Ampera dan lainnya? Kota Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatra Selatan. Kota yang dilintasi oleh Sungai Musi ini adalah destinasi yang recommended untuk kamu yang ingin menemukan pengalaman baru saat liburan. Kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Palembang secara online melalui tiket.com.


Sangat banyak tempat wisata di Palembang yang bisa kamu pilih jika kamu liburan di kota ini. Berbagai tempat wisata sejarah seperti Benteng Kuto Besak, Monumen Perjuangan Rakyat Palembang, Pulau Kemaro, dan lainnya bisa kamu kunjungi untuk berwisata sembari belajar. Jika kamu lebih suka berkunjung ke tempat wisata alam, kamu bisa berkunjung ke Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Untuk penggemar wisata kuliner, jangan lewatkan kesempatan mencicipi pempek asli Palembang di tempat makan yang bertebaran di berbagai sudut kota ini.


Jika kamu berasal dari luar kota atau luar Sumatra, salah satu moda transportasi yang paling mudah dan cepat untuk menuju kota ini adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Kota Palembang memiliki sebuah bandara bertaraf internasional yang disebut Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Palembang melalui tiket.com untuk memulai pengalaman liburan seru di kota yang juga disebut sebagai “Bumi Sriwijaya” ini.


Selain bisa pesan tiket pesawat dengan mudah, kamu juga bisa pesan tiket masuk tempat wisata di Palembang hanya dengan sekali sentuhan jari melalui tiket.com. Dengan proses transaksi yang mudah dan cepat, tiket.com selalu bisa menjadi andalan kamu untuk mendapatkan tiket tempat wisata di Palembang yang kamu mau. Instal aplikasi tiket.com untuk mendapatkan tiket yang kamu inginkan sekarang juga. Ayo mulai petualangan seru kamu di Palembang bersama tiket.com, sobat tiket!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Palembang

Informasi mengenai tempat wisata di Palembang.

Apa itu tiket CLEAN di Palembang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Palembang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Palembang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Palembang

Palembang terkenal sebagai salah satu kota tertua di Indonesia sehingga menyimpan berbagai lokasi peninggalan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Meski merupakan salah satu kota tertua, Palembang juga merupakan kota yang modern dengan berbagai tempat atraksi baru. Bahkan, kota ini juga terpilih menjadi kota tuan rumah Asian Games 2018 lalu bersama Kota Jakarta. Selain itu, siapa yang tidak mau mencoba pempek Palembang yang terkenal di kotanya langsung?

Palembang merupakan kota yang sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Ada banyak tempat wisata yang cocok untuk semua usia.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang

Merupakan kota terbesar kedua di Sumatra, Palembang menyimpan segudang tempat wisata keren yang tak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata alam, sejarah, budaya, ada semuanya di sini!

1. Jembatan Ampera

Saat berkunjung ke Palembang, tentu saja ikon kota yang satu ini tak boleh kamu lewatkan! Dibangun pada tahun 1962, jembatan raksasa ini menghubungkan Seberang Ilir dan juga Seberang Ulu yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jika ingin melihat kecantikannya lebih lagi, kamu bisa berkunjung pada malam hari saat lampu jembatan menyala terang.

2. Air Terjun Lematang Indah

Ada beberapa air terjun di Palembang, namun air terjun yang satu ini termasuk salah satu yang paling mudah dijangkau sehingga disukai warga lokal dan turis. Air Terjun Lematang Indah tak jauh dari pusat kota dan tidak ada jalan berliku-liku dan menantang yang harus kamu lewati untuk mencapainya. Tapi, tetap perlu hati-hati saat menuruni tangga, ya! Setelah itu, tinggal nikmati keindahan dan kesegarannya saja!

3. Museum Negeri Balaputra Dewa

Pasti sudah familiar dengan rumah di lembaran uang Rp10.000, dong? Nah, kalau kamu sedang ke Palembang, kamu bisa langsung lihat Rumah Limas aslinya di museum ini! Selain rumah tersebut, kamu juga bisa menikmati pemandangan rindang yang mengelilingi museum ini.

4. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Tak hanya keraton, Kerajaan Sriwijaya juga meninggalkan sebuah taman cantik yang kini menjadi salah satu destinasi di Palembang yang terkenal. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang dulunya disebut Taman Sriksetra ini berisi beberapa bangunan dengan arsitektur kuno, sebuah bendungan, dan kolam yang cantik.

5. Kopi Roda

Dulu, tempat ini merupakan penggilingan kopi yang cukup ternama. Meski tak lagi beroperasi, Kopi Roda kini sering menjadi salah satu spot foto populer di Palembang karena suasana vintage-nya.

6. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang adalah salah satu destinasi wisata religi di Palembang yang menarik. Arsitekturnya menggabungkan tiga kebudayaan, yaitu Eropa, Indonesia, dan Tiongkok.

7. Danau Ranau

Danau Ranau bisa jadi tujuan wisata yang cocok untuk kamu dan keluarga. Danau terbesar kedua di Sumatera ini menawarkan pemandangan yang indah serta suasana yang tenang dan menyegarkan. Selain bersantai bersama, kamu juga bisa berendam di pemandian air panas.

8. Danau Air Batu

Danau Air Batu sebenarnya dulu merupakan kubangan yang terbentuk karena aktivitas penambangan. Kini, kubangan tersebut sudah terisi air dan menjadi danau yang bisa kamu lihat hari ini. Daya tarik utamanya adalah airnya yang berwarna hijau muda dan cantik untuk difoto-foto.

9. Masjid Cheng Ho

Satu lagi destinasi wisata religi yang unik di Palembang: Masjid Cheng Ho. Arsitekturnya juga termasuk unik karena mencampur kebudayaan Arab, Tiongkok, dan Nusantara. Tempat bersejarah ini pun masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga hari ini.

10. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Jika kamu dan rombonganmu suka berwisata ke tempat wisata alam terbuka yang menyediakan fasilitas lengkap untuk aktivitas outdoor, yang satu ini bisa jadi pilihan utamamu! Punti Kayu adalah satu-satunya lokasi wisata hutan di Palembang. Dengan luas 50 hektar, kamu bisa mengeksplorasi tempat ini sambil bersantai atau berfoto-foto di berbagai fasilitas rekreasinya, seperti taman, jembatan kayu, dan perahu.

11. Amanzi Waterpark

Untuk wisata keluarga yang menyenangkan dan modern, kamu bisa langsung ke Amanzi Waterpark! Di objek wisata di Palembang ini, ada banyak wahana asyik dan keren untuk menyegarkanmu. Sebut saja, Cora Pool, The Falls, dan Zimba. Kamu bisa pesan tiketnya di tiket.com sekarang untuk proses yang mudah dan harga terjangkau!

12. Air Terjun Maung

Dengan ketinggian 80 meter, kamu pasti sudah bisa membayangkan kecantikan air terjun ini, bukan? Pemandangannya bertambah cantik karena adanya dinding-dinding jurang serta rumput hijau yang membagi air terjun yang mengalir.

13. Bukit Siguntang

Terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi, bukit ini dulunya merupakan tempat bertapa pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Bukit ini juga menjadi tempat makam sejumlah bangsawan Palembang. Hingga kini, Bukit Siguntang masih menjadi salah satu tempat wisata yang sakral.

14. Taman Pelangi Sriwijaya

Taman Pelangi Sriwijaya adalah tempat wisata di Palembang yang cocok untuk keluarga dan pasangan. Di sini, ada berbagai wahana permainan dengan harga tiket terjangkau. Namun, daya tarik utamanya adalah berbagai lampu warna-warni di seluruh taman yang menyala terang di malam hari. Tentu bisa menjadi tempat yang romantis, bukan?

15. Air Terjun Bidadari

Lokasi wisata ini cocok untuk kamu yang suka tempat wisata alam cantik serta menenangkan. Dengan ketinggian 30 meter, air terjun ini memberikan suasana yang menyegarkan dan sejuk. Selain itu, ada banyak pohon rindang dan akar menggantung yang menambah kecantikannya.

16. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Suka tempat wisata sejarah? Jika ya, kamu bisa berkunjung ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Palembang Darussalam. Kamu bisa mengajak si kecil belajar lebih banyak tentang kisah sejarah melalui koleksinya yang lengkap.

17. Rumah Rakit Sungai Musi

Salah satu bangunan unik yang tak boleh kamu lewatkan di sini adalah Rumah Rakit Sungai Musi. Sesuai namanya, rumah-rumah di sini berdiri di atas rakit dan sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Untuk kamu yang suka wisata budaya, tentu saja area yang satu ini wajib masuk ke daftarmu.

18. Kampung Kapitan

Memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, kampung ini dulunya merupakan lokasi di mana warga Tionghoa pertama kali menetap saat Palembang masih dalam jajahan Belanda. Kini, kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata budaya terbaik di Palembang.

19. Waterpark Danau Tanah Mas

Meskipun namanya adalah ‘Waterpark’, kamu tidak hanya akan menemukan taman bermain air dan kolam renang yang menyegarkan. Ada banyak fasilitas rekreasi lainnya di sini. Mulai dari perahu bebek hingga taman dinosaurus. Tentu bisa menjadi destinasi wisata anak yang sempurna, bukan?

20. Fantasy Island Palembang

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang bisa menjadi pilihanmu: Fantasy Island Palembang. Sesuai namanya, ada banyak fasilitas rekreasi untukmu dan si kecil di sini. Sebut saja wahana gokart, kolam renang untuk anak (kedalaman 50 meter saja), dan kereta gantung.

21. G Art Studio

Untuk kamu yang suka koleksi foto-foto unik selama wisata, kamu wajib berkunjung ke G Art Studio. Di sini, ada banyak latar belakang foto interaktif yang sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat nyata / 3D.

22. Goa Putri

Goa Putri adalah salah satu destinasi terbaik di Palembang untuk kamu yang berjiwa petualang. Di goa yang sudah berusia 350 meter ini, kamu bisa mengeksplorasi sekitar 150 meter bagiannya. Fun fact: nama goa ini diambil dari sebuah batu di dalamnya yang konon merupakan jelmaan Putri Balian. Ia berubah menjadi batu karena terkena sumpah Si Pahit Lidah.

23. Sungai Gerong

Berada di tepian Sungai Musi, Sungai Gerong cocok dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya cocok untuk santai-santai, area ini sekarang sudah dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari fasilitas olahraga hingga penangkaran rusa dan kupu-kupu.

24. Taman Kembang Iwak Besak

Kalau kamu ingin olahraga santai di tempat terbuka yang cantik dan menyegarkan, langsung saja ke Taman Kembang Iwak Besak. Dulu, taman ini dibangun sebagai area olahraga untuk orang Belanda di Palembang. Kini, dilengkapi dengan danau, jalur pejalan kaki, serta taman bermain anak, taman ini menjadi salah satu spot akhir pekan populer di Palembang.

25. Klenteng Chandra Nadi

Dibangun pada 1733, klenteng ini berfungsi sebagai tempat ibadah dan juga destinasi wisata sejarah menarik di Palembang. Arsitekturnya yang didominasi warna merah pasti akan menarik perhatianmu saat kamu berkunjung.

26. Pulau Kemaro

Daya tarik utama Pulau Kemaro adalah sebuah vihara besar serta pagoda 9 lantainya yang menjulang tinggi. Pulau ini juga menjadi lokasi legenda kisah percintaan seorang putri dan pangeran yang sudah tak asing lagi di antara warga lokal.

27. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk masih termasuk objek wisata baru karena termasuk rangkaian persiapan Asian Games 2018. Area pejalan kaki di pinggir Sungai Sekanak dicat warna-warni, begitu juga dengan rumah-rumah warga di sekitarnya. Tak heran jika lokasi ini kini menjadi salah satu spot jalan-jalan santai yang ternama di Palembang.

28. Kampung Arab Palembang

Sesuai namanya, bangunan-bangunan di kampung ini masih menggunakan arsitektur zaman dulu yang mempesona dan menarik perhatian. Semua bangunan ini masih terawat dengan baik sehingga pasti akan tampak cantik di foto.

29. Benteng Kuto Besak

Satu lagi destinasi wisata sejarah yang menarik. Dulu, benteng ini adalah bagian dari bangunan Keraton Palembang. Namun, tak hanya nilai sejarah tersebut yang menjadikannya menarik. Ada satu lagi fakta unik mengenai tempat ini, yaitu bahan materialnya menggunakan putih telur.

30. Museum Tekstil Palembang

Museum Tekstil Palembang yang masih kental dengan arsitektur gaya Eropa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan edukatif favorit keluarga. Koleksinya yang lengkap dipadukan dengan gaya bangunan yang unik tentu memberikan nilai plus tersendiri untuk tempat ini.

Cara Menuju ke Palembang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Palembang adalah dengan:

Pesawat

Cara termudah dan tercepat untuk mencapai Palembang, terutama jika kamu berangkat dari luar Pulau Sumatra, adalah menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota menggunakan taksi argo atau bus (TransMusi).

Bus

Untuk perjalanan darat, kamu bisa menggunakan bus untuk mencapai Palembang, bahkan jika kamu berangkat dari kota lain di luar Pulau Sumatra. Tarif bus berbeda-beda, disesuaikan dengan jarak dan kelas bus yang kamu pilih.

Kapal

Jika kamu berangkat ke Palembang dari Bangka, kamu bisa menggunakan kapal. Hal ini karena perjalanannya yang tidak terlalu lama dan tarifnya yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp40.000,- per penumpang. Ada kurang lebih 7 jadwal keberangkatan setiap harinya.

Kereta

Kereta api antar kota bisa menjadi pilihan transportasi yang tepat jika kamu berangkat dari kota lain di Pulau Sumatra juga. Umumnya, dalam satu hari ada 2 keberangkatan, yaitu pada pagi dan malam hari.

Akomodasi di Palembang

Palembang memiliki cukup banyak akomodasi, mulai dari hotel bintang satu hingga lima. Meski begitu, kamu akan lebih mudah menemukan penginapan-penginapan bintang 2 hingga 4 di sini. Akomodasi ini biasanya terletak di dekat pusat kota atau tidak jauh dari tempat-tempat wisata terkenal. Kamar dan fasilitas yang ditawarkan juga nyaman dan lengkap.

Spot Instagram-able di Palembang

Palembang memiliki cukup banyak tempat wisata yang terkenal sebagai spot Instagram-able, mulai dari tempat wisata bersejarah hingga tempat wisata alam. Kamu bisa berkunjung ke Jembatan Ampera untuk jalan pagi sekaligus berfoto-foto di tempat ikonik ini. Kemudian, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Masjid Cheng Ho Palembang dan Pulau Kemaro yang berisi bangunan-bangunan bersejarah dengan nuansa Tiongkok.

Untuk foto dengan latar belakang yang lebih modern dan berwarna, kamu bisa berkunjung ke Sekanak Sidewalk. Tempat ini diperbaharui dengan dicat warna-warni menjelang Asian Games 2018 lalu. Kini, banyak turis berkunjung untuk mengoleksi foto-foto cantik di sini.

Kamu juga bisa berwisata religi sekaligus berfoto di Al-Qur'an Al Akbar. Di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus ada Al-Qur'an raksasa, yaitu 30 juz ayat suci Al-Qur'an yang diukir di dinding kayu. Untuk masuk ke tempat ini, kamu perlu mengenakan pakaian tertutup dan melepas alas kaki.

Kuliner di Palembang

Makanan khas Palembang yang namanya sudah terkenal di berbagai lokasi adalah pempek. Dan tentu saja kamu wajib mencoba hidangan ini di kotanya langsung. Namun selain itu, ada banyak makanan lain yang tidak kalah lezat, seperti tekwan. Hidangan ini sebenarnya adalah kuah bakso dengan lauk dan bumbu yang agak berbeda. Ada bakso ikan, mie putih, dan kuah dari sari kelapa dan udang, serta tambahan daun bawang. Kamu juga bisa mencoba es kacang merah khas Palembang yang cocok menjadi pencuci mulut dan pelengkap santapanmu.

Makanan Vegan / Vegetarian

Hidangan khas Palembang memang tidak banyak yang tidak mengandung daging, namun di sini sudah ada banyak restoran dan kafe vegan dan vegetarian yang bisa kamu coba. Meski begitu, hidangan yang disajikan tidak selalu makanan Indonesia atau makanan khas Palembang tanpa daging.

Belanja di Palembang

Palembang memiliki cukup banyak mal dan pusat perbelanjaan di mana kamu bisa shopping sepuasnya. Sebut saja Palembang Indah Mall, International Plaza, OPI Mall, dan Palembang Square. Di sini, kamu bisa berbelanja baju, oleh-oleh, hingga makanan. Mulai dari yang bermerk internasional hingga lokal.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Palembang

Musim

Palembang, seperti kota lainnya di Indonesia, hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Untuk cuaca yang cerah dan tidak terlalu panas, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Juni dan September.

Festival

Salah satu festival tahunan terbesar di Palembang adalah Festival Sriwijaya Palembang. Pada festival ini, akan ada pagelaran seni dan budaya dari 17 kabupaten/kota di Sumatra Selatan. Mulai dari tari tradisional, musikal, lagu daerah, hingga makanan khas masing-masing daerah. Bagi kamu yang ingin mendalami budaya Sumatra Selatan, festival tahunan yang biasanya digelar pada pertengahan tahun ini wajib kamu hadiri.

Cara Berkeliling di Palembang

Palembang memiliki cukup banyak transportasi umum yang bisa kamu andalkan, salah satunya adalah bus TransMusi. Untuk saat ini, sudah ada 8 koridor yang menjangkau berbagai sudut kota Palembang. Tarif per penumpang adalah Rp5.000,- untuk setiap perjalanan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bus kota serta angkot. Namun, jika kamu belum pernah berpergian di Palembang, sebaiknya kamu menanyakan rute yang dilalui transportasi umum yang kamu tumpangi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan taksi argo atau berkendara dengan mobil pribadi. Jika kamu tidak memiliki mobil di daerah ini, kamu bisa sewa mobil di Palembang di tiket.com. Selain harganya yang terjangkau, ada banyak pilihan mobil dan promo menarik.

Seberapa Luas Palembang

Palembang memiliki luas 369,2 kilometer persegi. Untuk berwisata di kota ini sampai puas, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 4-5 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Palembang yang seru, bersejarah, dan indah. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Jembatan Ampera, Masjid Agung Palembang, Amanzi Waterpark, Museum Balaputra Dewa, dan Palembang Bird Park.

Mata Uang Palembang

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Palembang

Bahasa utama dan nasional di Palembang adalah Bahasa Indonesia. Jika kamu fasih berbicara Bahasa Indonesia, maka kamu tidak akan kesulitan berinteraksi dengan warga lokal. Meski begitu, warga Palembang masih sering menggunakan bahasa daerah mereka sehari-hari, yaitu Bahasa Musi atau kadang disebut Bahasa Melayu Palembang.

Zona Waktu Palembang

WIB

Jenis Stop Kontak di Palembang

  1. Jenis stop kontak di Palembang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Palembang

  1. Pakaian yang cocok untuk berpergian di Palembang adalah kaus lengan pendek, celana pendek atau selutut, dan sepatu berjalan yang nyaman. Kamu mungkin perlu membawa payung, tabir surya, topi, dan jas hujan untuk mengantisipasi pergantian cuaca yang tidak terduga. Kamu juga perlu membawa pakaian yang tertutup jika berencana berkunjung ke tempat-tempat suci.
  2. Air keran di Palembang bukan untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik di Kota Lainnya

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya