Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEAN

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Medan

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Medan

Informasi mengenai tempat wisata di Medan.

Apa itu tiket CLEAN di Medan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Medan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Medan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Medan

Medan adalah ibu kota dari provinsi Sumatera Utara. Kota ini memiliki banyak tempat-tempat ikonik yang memiliki nilai sejarah dan budaya unik serta makanan-makanan lezat yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

Medan adalah kota urban yang cocok bagi traveler yang senang berkeliling di pusat kota. Kota ini juga cukup ramah untuk pejalan kaki sehingga cocok bagi kamu yang ingin bereksplorasi seharian tanpa mengeluarkan biaya transportasi.

Ajak keluargamu untuk mengeksplorasi kota budaya ini bersama-sama. Atau, kamu juga bisa solo traveling di sini dan memanfaatkan waktumu sepenuhnya untuk jalan-jalan.

Cara Menuju ke Medan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Medan adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari kota lain di luar pulau Sumatra, cara terbaik dan tercepat untuk mencapai Medan adalah dengan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Kualanamu. Dari bandara, kamu bisa menlanjutkan perjalanan dengan taksi argo.

Bus

Perjalanan darat menuju Medan juga cukup populer bagi para pengunjung. Hal ini karena harganya yang lebih terjangkau dengan kualitas bus yang baik. Jika kamu berangkat dari kota yang cukup jauh seperti Jakarta, tarif busnya berkisar Rp450.000,-.

Kereta

Ada cukup banyak kereta antarkota yang menyambung kota Medan dengan kota-kota besar lainnya di Pulau Sumatra. Jadi, mode transportasi ini bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu berangkat dari kota-kota lain di pulau yang sama. Tiket kereta api dari PT KAI baru dapat dibeli 30 hari sebelum tanggal keberangkatanmu. Cek harga tiket kereta api ke Medan di tiket.com sekarang untuk mulai merencanakan perjalananmu!

Akomodasi di Medan

Kamu tidak akan kesulitan menemukan hotel-hotel mewah di Medan. Di sini, ada cukup banyak hotel berbintang 4 dan 5 dengan fasilitas lengkap untuk memastikan kenyamananmu. Namun, jika kamu sedang mencari akomodasi bintang 3 ke bawah, Medan juga memiliki banyak pilihan untukmu. Banyak yang menyediakan fasilitas yang berkualitas meski dengan harga lebih rendah. Segera pesan hotel di Medan di tiket.com untuk memulai rencana perjalananmu.

Spot Instagram-able di Medan

Lokasi-lokasi ikonik dan bersejarah di Medan seluruhnya bisa menjadi spot yang Instagram-able karena arsitekturnya yang begitu indah. Namun, dari tahun ke tahun, selalu ada tempat-tempat baru yang lebih modern sebagai spot Instagram-able. Misalnya saja The Le Hu Garden Medan, Negeri Kincir Angin Medan, dan Hillpark Sibilangit.

Kuliner di Medan

Medan lebih terkenal dengan makanan penutup dan makanan yang manis. Beberap yang wajib kamu coba adalah kue putu bambu Medan, duren (atau duren yang sudah dioleh seperti kolak duren dan es duren), sirup markisa, Bolu Meranti, dan bika ambon. Kebanyakan dari makanan-makanan ini juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk makanan utama, Medan cukup terkenal dengan soto, sate kerang, dan bakso lembu.

Kami juga merekomendasikan langsung berkunjung ke restoran-restoran yang memang sudah terkenal lama seperti Restoran Tip Top dan Restoran Garuda.

Makanan Vegan / Vegetarian

Medan memiliki sejumlah restoran vegetarian dan vegan yang menyajikan makanan Indonesia, western food, dan chinese food. Beberapa yang wajib kamu coba adalah Socrates Vegan Hut, Loving Hut, dan Green Village.

Belanja di Medan

Medan memiliki sejumlah mal keren yang bisa menjadi tujuanmu untuk belanja. Sebut saja Sun Plaza, Cambridge City Square, dan Grand Palladium Medan.

Jika kamu ingin berbelanja barang yang lebih terjangkau harganya, kamu bisa berkunjung ke Kawasan Monza (Monginsidi Plaza). Di sini banyak dijual barang-barang bekas dengan harga miring. Kamu juga bisa mengasah kemampuan tawar-menawarmu di sini.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Medan

Musim

Kamu bisa memilih bulan apapun untuk berkunjung ke Medan dan mendapatkan cuaca yang hangat ketika tiba. Medan umumnya hanya mengalami musim hujan pada akhir dan awal tahun. Sedangkan pada bulan-bulan lainnya, cuaca Medan cukup hangat dan tidak sering hujan.

Suhu Rata-Rata

Musim Kemarau (pertengahan tahun): 33 derajat Celsius (89.5 derajat Fahrenheit)

Musim Hujan (awal dan akhir tahun): 23 derajat Celsius (70 derajat Fahrenheit)

Festival

Pekan Raya Sumatra Utara bisa menjadi pilihan festival terbaik untuk kamu kunjungi jika ingin lebih memahami budaya lokal. Pada acara ini, akan ada pameran pariwisata, konser musik, perlombaan, pameran produk lokal, dan malam budaya. Umumnya acara ini diselenggarakan pada bulan Maret - April.

Ada juga Festival Danau Toba yang menampilkan kultur tradisional masyarakat Medan dan Sumatra Utara. Selain menyaksikan tarian festival, kamu juga menyaksikan perlombaan budaya dan olahraga.

Cara Berkeliling di Medan

Jika kamu baru pertama kali ke Medan atau tidak ada anggota rombonganmu yang pernah ke Medan, cara terbaik untuk berkeliling adalah menggunakan taksi atau becak. Dengan mode transportasi ini, kamu hanya perlu menyebutkan tujuanmu dan kamu akan diturunkan langsung di sana. Kamu juga bisa menyewa mobil di Medan melalui tiket.com agar perjalananmu lebih leluasa. Gedung-gedung dan restoran di Medan memiliki tempat parkir yang luas.

Jika kamu sudah lebih berpengalaman dengan kota ini, kamu bisa coba naik angkot. Pastikan kamu menyakan rute yang dilewatinya dengan bertanya dan tidak salah naik angkot.

Seberapa Luas Kota Medan

Luas kota Medan secara resmi adalah 265,1 kilometer persegi. Waktu ideal untuk dihabiskan di kota ini sebagai turis adalah sekitar 3 hari saja. Dalam 3 hari tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di Medan yang ikonik, seperti Rumah Tjong A Fie untuk melihat gaya hidup warga Medan di tahun 1900an, lalu ke Istana Maimun, yaitu Istana Kesultanan Deli, dan ke Museum Sumatra Utara untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya provinsi ini.

Kemudian, kamu juga bisa menyisakan satu hari untuk berkunjung ke Danau Toba yang terkenal.

Selanjutnya, kamu bisa menghabiskan sisa waktumu berwisata kuliner. Medan adalah rumah dari sejumlah restoran terkenal yang wajib kamu kunjungi, seperti Restoran Garuda dan Restoran Tip Top. Selain itu, Medan adalah surga durian. Bagi kamu yang menyukai buah ini, tentu sudah tidak sabar mencicipi Duren Medan yang terkenal di kotanya langsung. Dan bagi kamu yang belum pernah mencoba durian, Medan adalah kota paling tepat untuk mencoba buah ini di Indonesia.

Mata Uang di Medan

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Medan

Sebagai bagian dari Indonesia, bahasa nasional di kota ini adalah Bahasa Indonesia. Namun, karena penduduk lokal kebanyakan adalah dari etnis chinese-indonesian, Bahasa Hokkian sering digunakan sehari-hari di Medan.

Warga Medan umumnya cukup fasih untuk melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris.

Zona Waktu di Medan

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Medan

Jenis stop kontak di Medan dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Medan

  1. Cuaca di Medan umumnya panas, oleh karena itu, pakaian yang cocok untuk dibawa adalah kaus lengan pendek atau atasan dengan bahan yang tidak terlalu tebal, celana pendek dan tidak berwarna hitam, serta sepatu jalan yang nyaman. Disarankan juga untuk membawa tabir surya, kacamata hitam, dan topi.
  2. Medan terkenal dengan makanannya yang pedas, jadi jika kamu tidak kuat atau tidak suka makan pedas, pastikan kamu menanyakan mana saja makanan yang pedas dan yang tidak.
LIHAT AKTIVITAS LAINNYA