Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEAN

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Malang

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Malang

Informasi mengenai tempat wisata di Malang.

Apa itu tiket CLEAN di Malang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Malang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Malang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Malang

Malang adalah salah satu kota wisata paling terkenal di daerah Jawa Timur. Selain karena udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang, Malang juga memiliki banyak tempat wisata seru untuk semua kalangan. Tepatnya di daerah Batu, kamu bisa menemukan tempat-tempat wisata tersebut. Ada yang buka pada siang hari dan ada baru buka pada malam hari. Jadi, sangat ideal untuk menghabiskan seharian penuh untuk menjelajahi tempat-tempat tersebut.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang mencari tempat relaksasi dan ingin berkunjung ke tempat wisata alam, Malang juga bisa jadi lokasi wisata yang tepat. Kota ini adalah rumah bagi berbagai tempat wisata alam yang mencengangkan, mulai dari gunung, air terjun, hutan, pemandian alami, hingga pantai.

Tempat wisata di Malang sangat cocok untuk wisata keluarga ada trip bersama teman-teman dan rombongan dalam jumlah besar. Selain itu, karena suasananya yang tenang dan kotanya yang aman, Malang juga cocok untuk solo traveling.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang

Malang adalah salah satu kota wisata favorit di Jawa Timur. Selain karena udaranya yang sejuk, ada banyak tempat wisata alam yang mudah dijangkau dari Malang. Kota ini juga memiliki sejumlah tempat wisata modern yang cocok untuk berkumpul, bermain bersama, dan berfoto-foto.

1. Gunung Bromo

Bromo adalah salah satu gunung yang terkenal di Indonesia. Secara geografis, gunung ini memang letaknya tidak sepenuhnya di Malang, namun banyak wisatawan yang memilih untuk melakukan perjalanan ke gunung ini dari Kota Surabaya atau Malang. Ada banyak paket tur yang menyediakan fasilitas lengkap dari pusat kota sampai ke kaki gunung supaya kamu tidak perlu ribet-ribet lagi. Setibanya di sana, kamu bisa menikmati udara dingin yang menyegarkan sambil berfoto-foto dengan latar belakang yang luar biasa, atau menunggang kuda (dengan arahan pemandu, tentunya).

2. Kampung Warna-Warni Jodipan

Seperti namanya, kampung ini merupakan salah satu kampung warna-warni yang ada di Indonesia. Tembok dan atap rumah-rumah yang ada di sini telah dicat dengan warna terang dan warna-warni sehingga memberikan keindahan dan keunikan tersendiri. Meski dari jauh saja sudah terlihat keindahannya, kamu sebaiknya tetap masuk ke dalam tempat wisata di Malang ini dan mengeksplorasinya.

3. Kampung Biru Arema

Mengikuti jejak kesuksesan Kampung Jodipan, kini hadir juga Kampung Biru Arema, tepat di seberang Kampung Jodipan. Sesuai namanya, kampung yang satu ini telah dicat tembok dan atapnya dengan warna biru secara keseluruhan. Meski begitu, tetap ada lukisan warna-warna lain di temboknya. Kamu juga akan banyak menemukan logo klub sepak bola asal Malang, Arema. Jangan sampai lupa bawa kameramu ke tempat instagramable ini ya!

4. Jatim Park 1, 2, dan 3

Dalam hal destinasi wisata anak dan wisata keluarga, Jatim Park 1, 2, dan 3 wajib masuk ke daftar objek wisata di Malang yang wajib dikunjungi! Jatim Park 1 berisi wahana-wahana permainan yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga. Jatim Park 2 juga memiliki wahana permainan, tapi ditambah lagi dengan Batu Secret Zoo, Museum Satwa, serta hotel berbentuk pohon raksasa, Pohon Inn. Sedangkan Jatim Park 3, yang terbaru, mengusung tema zaman dinosaurus dan sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto-foto dengan replikasi makhluk purba ini.

5. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark terletak di daerah Batu jadi bisa sekaligus kamu kunjungi saat jalan-jalan di daerah ini. Ada berbagai wahana permainan untuk anak-anak yang menyenangkan dan aman. Selain itu, ada juga tempat makan dan fasilitas outbond, loh!

6. Museum Brawijaya

Museum sejarah yang satu ini menyimpan segudang koleksi barang-barang bersejarah dari zaman kolonial Belanda. Di antaranya ada tank yang digunakan pada peristiwa 10 November 1945.

7. Lumbung Stroberi Batu

Seperti namanya, tempat ini merupakan taman stroberi di mana kamu bisa memetiknya langsung. Stroberi yang sudah kamu petik nantinya bisa kamu bawa pulang dengan biaya tambahan. Jadi, daripada membeli di toko suvenir, sekalian saja petik sendiri!

8. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular adalah outdoor theme park yang memiliki banyak wahana untuk segala usia, mulai dari yang santai hingga yang memacu adrenalin. Beberapa yang paling terkenal adalah Sepeda Udara, Flying Swinger, dan Gravitron. Sesuai namanya, tempat ini buka dari sore hingga tengah malam. Selain bermain, kamu juga bisa jalan-jalan di Lampion Garden, sebuah taman dengan lampion-lampion dengan bentuk yang unik, misalnya mobil, balon udara, dan lain-lain. Ada juga Night Market untuk kamu yang ingin jajan camilan dan suvenir.

9. Rafting Sungai Bango

Ingin mencoba aktivits yang lebih menantang dan cocok untuk rombongan? Coba arung jeram di Sungai Bango! Lokasi dan aliran airnya bahkan termasuk aman dan cocok untuk kamu yang masih pemula, jadi tidak perlu khawatir! Perlengkapan yang dibutuhkan serta keamanannya pun sudah dipastikan. Kamu dan rombonganmu bisa berpacu bersama dan menikmati momen yang menyenangkan serta menyegarkan di sini!

10. Selecta

Selecta adalah sebuah taman bunga yang luas dengan kecantikan bunga warna-warni. Kamu bisa berfoto-foto sampai puas di lokasi yang cantik ini. Selain itu, ada juga beberapa wahanan permainan sederhana untuk segala usia.

11. Omah Kayu

Omah Kayu adalah sebuah rumah kayu yang terletak di atas bukit dan menawarkan pemandangan alam yang cantik. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan pohon-pohon hijau serta sejumlah pemukiman warga dari ketinggian.

12. Kawasan Kusuma Agrowisata

Selain menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk di sini, kamu bisa juga petik apel langsung dari pohonnya. Karena Malang memang terkenal akan apelnya, kamu bisa langsung memetik sendiri apel yang kamu mau untuk oleh-oleh.

13. Toko Oen

Untuk wisata kuliner, terutama soal dessert, kamu bisa ke Toko Oen yang legendaris. Toko es krim ini telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan kelezatannya tidak pernah berubah. Ada berbagai menu es krim klasik, seperti banana split, yang bisa kamu pesan di sini. Desain interior dan eksterior tempat ini pun masih sangat klasik.

14. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark adalah waterpark terbesar dan pertama di Kota Malang. Sesuai namanya, konsep desain tempat ini adalah menyerupai Hawaii. Saat ini, ada total 10 wahana yang kamu dan keluarga bisa coba. Mulai dari yang menantang dan menyenangkan, hingga yang santai.

15. Museum Tubuh

Seperti namanya, museum yang juga sering disebut The Bagong Adventure ini adalah museum anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia. Namun, jangan membayangkan tempat yang membosankan atau sudah mainstream, ya! Karena, di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai jenis organ tubuh ukuran raksasa dan telah dibuat sedemikian rupa agar para pengunjung bisa dengan mudah mempelajarinya dan tanpa perlu merasa jijik.

16. Air Terjun Sumber Pitu

Air terjun yang satu ini terkenal karena ada 7 aliran air terjun sekaligus di satu tempat. Selain itu, pohon-pohon serta tanaman yang mengelilinginya juga menambah kecantikan alam tempat ini.

17. Pemandian Air Panas Cangar

Malang memang terkenal akan udaranya yang dingin. Oleh karena itu, tidak sedikit warga lokal maupun turis yang ingin menghangatkan diri di pemandian air panas ini. Selain menyegarkan dan menghangatkan, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

18. Pemandian Kalireco

Pemandian dengan sumber mata air alami ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari kesegaran. Airnya yang bersih dan alami serta pemandangan rindang di sekelilingnya dijamin ampuh dalam membantumu melepas penat.

19. Alun-Alun Malang

Alun-alun Kota Malang ini merupakan ruang terbuka yang sangat luas dengan fasilitas yang lengkap untuk semua anggota keluarga. Si kecil bisa bermain perosotan dan wahana lainnya di area bermain anak. Kamu dan pasangan bisa jalan-jalan santai di area terbuka yang hijau dan rindang.

20. Masjid Agung Malang

Tepat di seberang Alun-Alun Malang, kamu akan menemukan Masjid Agung Malang. Bangunan yang menggunakan desain gaya Jawa dan Arab ini merupakan salah satu wisata religi utama di Malang. Untuk kamu yang non-Muslim atau tidak akan beribadah di masjid ini, kamu bisa berfoto-foto (dengan sopan dan tidak mengganggu, ya!) di depannya.

21. Air Terjun Tumpak Sewu

Terletak di antara dua kabupaten, yaitu Lumajang dan Malang, air terjun ini merupakan salah satu yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Dari atas lembah, air terjun ini tingginya sekitar 50 sampai 70 meter. Pohon-pohon rimbun yang mengelilinginya pun menambah kecantikan tempat ini. Pasti sudah terbayang kemegahannya, kan? Sedikit tips, kamu bisa juga berangkat dari Kabupaten Lumajang untuk mencapai tempat ini.

22. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa wisata ini memiliki banyak tempat makan yang menawarkan kuliner lokal yang lezat. Selain itu, ada juga spot-spot foto yang keren dan indah di area ini. Karena berlokasi di dataran tinggi, hawanya juga sejuk di sini.

23. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu lokasi wisata alam yang terkenal di kalangan turis domestik maupun internasional. Hal ini karena pemandangan dan lokasinya yang sering dibilang mirip dengan pantai di Bali. Kamu bisa jalan-jalan santai di sekitar pantai sambil menyegarkan diri dengan percikan air laut dari ombak yang datang.

24. Pantai Ngliyep

Meskipun terletak agak jauh dari pusat kota, perjalananmu akan sepadan begitu kamu tiba di sini. Pasir putih dan laut birunya masih bersih, menawarkan pemandangan alam yang tiada duanya. Kamu dan rombonganmu bisa menikmati momen santai sambil berfoto-foto di sini.

25. Alun-Alun Batu

Alun-alun yang ada di Kota Batu ini merupakan salah satu ruang publik favorit wisatawan. Di siang hari, kamu bisa jalan-jalan di area terbuka yang rindang atau duduk-duduk santai sambil mengobrol dan menyantap camilan. Di malam hari, lampu-lampu di taman akan menyala, termasuk lampu di bianglala cantik yang ada di taman ini.

26. Florawisata San Terra de Lafonte

Berkunjung ke Florawisata San Terra de Lafonte, kamu pasti merasa seperti sedang jalan-jalan ke luar negeri, ke banyak negara dalam sekali jalan malahan. Taman ini dipenuhi ratusan bunga-bunga cantik yang warna-warni dan replika berbagai bangunan ikonik dari banyak negara, seperti Korea Selatan, Jepang, Belanda, dan lain-lain.

27. Museum Angkut

Terletak di area Batu, museum ini, seperti namanya, adalah museum yang memamerkan berbagai macam angkutan dari seluruh dunia, terutama mobil-mobil klasik. Tempat ini jadi salah satu spot instagramable favorit turis karena desain interiornya serta pameran mobil-mobilnya yang keren serta terlihat mewah.

28. Boon Pring Malang

Yang mengerti Bahasa Jawa, mungkin sudah bisa menebak soal tempat ini. Ya, ‘pring’ dalam Bahasa Jawa berarti ‘bambu’, sedangkan kata ‘boon’ dalam Bahasa Inggris adalah ‘anugerah’. Tempat ini adalah taman ekowisata yang dipenuhi bambu-bambu cantik sehingga sering dijadikan lokasi foto. Jika kamu tidak hobi berfoto-foto, kamu bisa sekedar jalan-jalan santai ditemani pemandangan yang hijau dan rindang.

29. Kebun Teh Wonosari

Terletak di sekitar Kota Malang, tempat ini sering dijadikan area piknik untuk short weekend getaway. Layaknya kebun teh yang asri, tempat ini menawarkan udara sejuk disertai pemandangan yang rindang. Selain itu, ada juga area berkemah, outbond, kolam air panas, dan banyak lagi.

30. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura ini merupakan pura dan juga tempat ibadah umat Hindu. Aristekturnya megah dan indah. Lokasinya juga strategis karena dikelilingi perkebunan apel dan udara yang sejuk. Meskipun kamu tidak akan beribadah, kamu tetap bisa berkunjung asal mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup, ya.

Cara Menuju ke Malang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Malang adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu akan berangkat dari kota yang cukup jauh, terutama jika di luar Pulau Jawa, cara terbaik untuk mencapai kota ini adalah menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan taksi.

Bus

Perjalanan darat menggunakan bus menjadi salah satu mode transportasi favorit pengunjung. Hal ini karena tarif bus ke Malang umumnya cukup terjangkau, terutama jika kamu berangkat dari kota-kota yang berdekatan. Ada banyak terminal besar di kota Malang yang bisa menjadi pilihan tujuanmu.

Kereta

Kereta menuju Malang juga adalah salah satu mode transportasi paling populer bagi para pengunjung dari Pulau Jawa. Hal ini karena harganya yang cukup terjangkau dengan tempat duduk yang nyaman dan bersih. Stasiun antarkota utama adalah Stasiun Malang. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot atau taksi argo.

Akomodasi di Malang

Untuk kamu yang pergi dalam rombongan, kamu bisa menemukan banyak villa atau homestay yang bersih dan nyaman untuk kamu menginap. Selain itu, tidak sulit juga untuk menemukan hotel berbintang 4 dan 5 di Malang. Akomodasi-akomodasi ini tersebar di berbagai area di Malang. Meski begitu, lebih mudah untuk menemukan lebih banyak jenis akomodasi di daerah Batu karena daerah tersebut memang pusat wisata.

Spot Instagram-able di Malang

Yang menyenangkan dari Malang adalah ada begitu banyak spot Instagram-able gratis di sini. Kamu bisa berkunjung ke Kampung Jodipan, atau yang sering disebut Kampung Warna-Warni. Jodipan memiliki sebuah kampung yang tembok dan atap rumah-rumahnya telah dicat warna-warni hingga menjadi spot Instagram-able yang terkenal. Kamu benar-benar bisa berfoto di semua sudut kampung ini dan mendapat hasil foto yang bagus. Kamu juga bisa berkunjung ke Alun-Alun Kota Malang dan Alun-Alun Batu untuk hasil foto yang bagus dengan latar belakang taman yang indah.

Wisata-wisata alam di Malang adalah salah satu spot Instagram-able yang terkenal. Sebut saja Omah Kayu, Teluk Bidadari, Pantai Tiga Warna, dan Pantai Goa Cina.

Jika kamu berkunjung ke Bromo, jangan lupa untuk mengoleksi foto-foto wisata sebanyak mungkin, ya!

Kuliner di Malang

Ada banyak makanan khas Malang yang wajib kamu coba saat berwisata ke sini. Semuanya bisa kamu temukan di sudut-sudut Kota Malang, tidak hanya di restoran besar. Beberapa makanan khas Malang yang terkenal karena kelezatannya adalah bakso kuah Malang, cwimie (mie tipis dengan kuah, pangsit goreng serta daging ayam), rawon (nasi dengan daging sapi, kuah rawon, dan tauge), dan ronde (kuah dengan tepung ketan berbentuk bulat berisi kacang merah). Untuk mencicipi yang terbaik, kami sarankan untuk berkunjung ke restoran-restoran yang sudah berdiri lama dan tetap mempertahankan resepnya yang terkenal. Kamu bisa berkunjung ke Depot Hok Lay, Ronde Titoni, Depot Rawon Nguling, Rawon Brintik, dan Toko Oen (toko es krim).

Makanan Vegan / Vegetarian

Restoran atau warung vegetarian di Malang bisa kamu temukan di pusat kota, meski belum terlalu banyak tersebar sebagai street food. Kamu bisa coba berkunjung ke Mie Panjang Umur, Gardenia Resto, Javanine Resto, dan Melati Restaurant. Menu yang disajikan biasanya adalah campuran antara makanan Indonesia, masakan khas Malang, dan western food.

Belanja di Malang

Malang memang tidak terkenal sebagai kota belanja, namun bukan berarti kamu tidak bisa belanja barang-barang yang unik di sini. Kamu bisa berburu buku di Pasar Buku Wilis atau berkunjung ke Roma, pasar malam yang menjual barang bermerek dengan harga miring. Tapi kamu harus pandai tawar menawar di pasar ini, ya. Jika kamu mencari oleh-oleh, kamu bisa berkunjung ke Sentra Oleh-Oleh Sanan untuk belanja makanan dan camilan khas Malang, seperti keripik buah, keripik tempe, dan lain-lain. Terakhir, kamu juga bisa berkunjung ke Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo untuk membeli kerajinan keramik seperti cangkir, teko, hiasan meja, hingga vas.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Malang

Musim

Cuaca di Malang umumnya sangat sejuk bahkan bisa dianggap dingin bagi sejumlah pengunjung dari daerah yang lebih tropis dan panas. Jika kamu ingin berkunjung ke Malang saat cuacanya lebih hangat, bulan-bulan terbaik adalah Juni hingga September. Pada saat ini, cuaca di Malang lebih hangat, cerah, dan lebih jarang hujan. Namun, perlu diingat, pertengahan tahun adalah waktu libur sekolah di Indonesia, sehingga mungkin Malang cukup ramai dengan turis lokal.

Suhu Rata-Rata

Sepanjang tahun, suhu rata-rata di Malang adalah 23-24 derajat Celsius (73.4-75.2 derajat Fahrenheit).

Festival

Ada sejumlah festival seru di Malang yang bisa kamu saksikan untuk memahami budaya lokal lebih dalam. Salah satunya adalah festival Satu Suro Gunung Kawi, tepatnya di Desa Wonosari. Seperti namanya, festival ini biasa diadakan pada 1 Suro atau 1 Maharram setiap tahun. Pada festival ini, kamu bisa melihat ogoh-ogoh yang didesain dengan tema yang menarik. Sebagai puncak acara, akan ada ogoh-ogoh dengan bentuk Buto menunggangi singa yang dibakar di area makam Eyang Djugo dan RM Imam Soedjono.

Cara Berkeliling di Malang

Malang adalah kota yang cukup aman dan nyaman untuk pejalan kaki. Selain itu, udaranya yang sejuk cocok untuk kamu yang ingin berpergian di siang hari. Untuk itu, jika kamu hanya akan berkunjung ke tempat-tempat yang berdekatan, berjalan kaki bisa menjadi opsi terbaik.

Kamu juga bisa sewa mobil atau motor untuk berkeliling Malang, terutama ke tempat-tempat wisata alam seperti air terjun yang tidak bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Biaya sewa kendaraan tentu berbeda-beda dan bisa dipengaruhi waktu kunjunganmu. Untuk sewa mobil di Malang yang terjangkau, kamu bisa cek halaman Sewa Mobil di tiket.com!

Malang memiliki banyak angkot dan becak sebagai transportasi umum yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba bus Malang City Tour untuk berkeliling ke lokasi-lokasi ikonik Malang.

Seberapa Luas Malang

Kota Malang secara resmi memiliki luas 145.3 kilometer persegi. Untuk jalan-jalan sampai puas di Malang, tiga sampai empat hari saja sudah cukup. Kamu bisa menghabiskan sehari penuh untuk mengunjungi tempat wisata di Malang yang lebih modern seperti, Jawa Timur Park, (1, 2, dan 3), Batu Night Spectacular, dan Museum Angkut. Di sela-sela jalan-jalan ini, kamu juga bisa menyempatkan berwisata kuliner untuk mencoba makanan-makanan khas Malang, seperti bakso, rawon, nasi pecel, dan sate.

Kemudian untuk 1-2 hari berikutnya, kamu bisa menjelajahi wisata alam di Malang, seperti Wisata Agro Wonosari, Coban Rais, Goa Pinus, tubing di Wringinanom, dan Pemandian Kalireco.

Jika kamu berencana ke Gunung Bromo dari Malang, kamu harus menghabiskan satu sampai dua hari lagi.

Mata Uang Malang

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Malang

Seperti kota lainnya di Indonesia, bahasa nasional di sini adalah Bahasa Indonesia. Jika kamu bisa berbicara Bahasa Indonesia, kamu tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan warga lokal. Meski begitu, masih ada bahasa daerah yang lazim digunakan sehari-hari oleh penduduk lokal, yaitu Bahasa Jawa.

Zona Waktu Malang

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Malang

  1. Jenis stop kontak di Malang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Malang

  1. Karena udaranya yang cukup sejuk, kami sarankan untuk membawa baju-baju berlengan panjang, atau lengan pendek dengan jaket, dan celana panjang atau rok panjang. Bawa juga sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Air keran di Malang bukan untuk diminum.
  3. Jika kamu pergi ke Malang pada pertengahan tahun, mohon diingat bahwa itu adalah waktu libur sekolah di Indonesia sehingga mungkin banyak turis lokal.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya

LIHAT AKTIVITAS LAINNYA