Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Magelang
Tentang

Sobat tiket, kamu ingin menghabiskan liburan di tempat wisata di Magelang? Sangat tepat kalau kamu pesan tiket tempat wisata di Magelang di tiket.com. Magelang merupakan sebuah kota yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah. Selain kota Magelang, kamu juga bisa berkunjung ke Kabupaten Magelang. Kamu bisa menemukan tiket masuk tempat wisata di Magelang dengan melakukan pemesanan secara online di tiket.com.


Menyebut nama kota Magelang tak bisa dilepaskan dari keberadaan Candi Borobodur. Salah satu bangunan sejarah kebanggaan Indonesia ini memang berada di Magelang. Selain ada Candi Borobudur, kota Magelang juga masih memiliki banyak kekayaan wisata sejarah dan alam yang sayang untuk kamu lewatkan.


Jika kamu ingin menghabiskan momen liburanmu di Magelang, cukup mudah untuk mencapai kota ini. Ada 2 (dua) bandara yang relatif dekat dengan kota Magelang jika kamu ingin menggunakan transportasi pesawat terbang. Dua bandara tersebut adalah Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan Bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk keliling Magelang, kamu bisa sewa mobil di Magelang yang bisa dipesan di tiket.com.


Selama berada di Magelang, pastikan kamu sudah menyusun itinerary yang tepat agar liburanmu semakin berkesan. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata alam, budaya, atau kulineran di Magelang. Instal aplikasi tiket.com karena selalu ada inspirasi tempat wisata baru yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburanmu.


Pesan tiket tempat wisata di Magelang hanya di tiket.com. Nikmati kemudahan transaksi untuk beragam tiket dan hotel langsung dari genggamanmu. Instal aplikasi tiket.com di gadget kesayangan kamu agar lebih mudah untuk pesan tiket masuk tempat wisata di Magelang yang kamu inginkan. Jadi, kamu ingin berkunjung ke mana selama berada di Magelang, sobat tiket? Ayo liburan seru di Magelang bersama tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Magelang

Informasi mengenai tempat wisata di Magelang.

Apa itu tiket CLEAN di Magelang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Magelang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Magelang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Magelang

Magelang adalah kota destinasi wisata impian bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke kota penuh pesona alam dan tempat wisata alam yang masih tersembunyi. Ada banyak tempat wisata di Magelang yang sudah cukup terkenal, seperti Candi Borobudur. Namun, ada banyak juga tempat wisata yang masih tergolong tersembunyi sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan keramaian.

Karena wisata alamnya yang indah, ada cukup banyak akomodasi nyaman yang menawarkan pemandangan langsung dari balkon kamarmu serta tidak berlokasi jauh dari tempat-tempat wisata terkenal.

Magelang adalah kota yang cocok untuk semua jenis traveler. Mulai dari wisata bersama keluarga, bulan madu ke tempat yang romantis dan indah, berwisata bersama sekelompok besar teman, hingga solo traveling untuk relaksasi.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang

Magelang adalah salah satu kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Kota Magelang juga dekat dengan Kabupaten Sleman dan Yogyakarta yang bisa kamu eksplor.

1. Candi Borobudur

Berlokasi di Magelang, Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Tengah. Dengan arsitektur yang megah dan unik serta pemandangan yang indah dari puncaknya, tempat wisata ini tentu menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat ini menjelang matahari terbit atau terbenam untuk pemandangan yang lebih spektakuler lagi.

2. Gunung Merbabu

Satu lagi pilihan tempat wisata alam yang menantang dan indah: Gunung Merbabu. Secara geografis, gunung ini masuk ke empat area sekaligus, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Boyolali. Karena kesulitan pendakiannya hanya termasuk level sedang, tak heran jika gunung ini populer di kalangan pendaki handal dan pemula. Dalam perjalanan menuju puncak, kamu juga bisa mampir ke kawah-kawah cantik di gunung ini.

3. Nepal van Java

Tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Nepal van Java. Destinasi wisata hits ini memang serupa tapi tak sama dengan negara Nepal yang ada di Gunung Everest. Kamu akan dibuat tercengang oleh keindahan Nepal van Java yang memiliki keindahan akan alamnya. Selain pemandangan alamnya yang terkenal, di sini kamu juga bisa memetik sayuran atau berburu spot foto instagrammable.

4. Silancur Highland

Tempat yang berada di ketinggian sekitar 1.300 meter ini menyuguhkan panorama alam Gunung Sumbing dan Gunung Merapi yang instagrammable. Banyak juga loh pelancong yang berkemah di destinasi wisata hits ini untuk menyaksikan pemandangan dan suasana matahari terbit.

5. Curug Silawe

Buat kamu yang suka mencari tempat wisata yang memberikan ketenangan, cocok banget datang ke Curug Silawe. Air terjun ini memiliki suasana yang sejuk dan asri sehingga membuatmu menjadi rileks. Dengan harga tiket yang murah, kamu bisa merasakan air yang berasal dari Gunung Sumbing.

6. Gunung Sumbing

Tempat wisata di Magelang ini cocok untuk kamu yang ingin memacu adrenalin. Kamu bisa mendaki ke puncak gunung dengan melewati hutan pinus yang sejuk. Ketika sampai di puncak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan awan, matahari terbit, atau matahari terbenam yang instagrammable.

7. Taman Ramadanu

Ingin merasakan jalan-jalan dikelilingi bunga yang cantik? Kamu bisa datang ke Taman Ramadanu yang merupakan taman bunga dengan konsep ala negara Belanda. Destinasi wisata hits dihiasi oleh lebih dari 15.000 bunga celosia yang menawan. Kamu akan menemukan banyak spot foto di taman bunga yang instagrammable ini. Kincir angin di tengah taman membuat suasana Belanda semakin terasa.

8. Svargabumi

Tidak jauh dari Candi Borobudur, kamu bisa melipir ke destinasi wisata hits di Magelang, yakni Svargabumi. Tempat wisata ini berada di tengah hamparan sawah hijau yang apik. Kamu bisa foto-foto instagrammable dengan fasilitas pendukung, seperti bean bag, ayunan, kursi gantung, dan lainnya.

9. Gereja Ayam Bukit Rhema

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang terkenal ini. Bukit Rhema terkenal dengan bentuk gerejanya yang menyerupai ayam. Dengan harga tiket yang murah, kamu bisa melihat pemandangan gunung yang indah dan instagrammable. Destinasi wisata hits ini juga menjadi spot pelancong yang hendak menikmati keindahan matahari terbit.

10. Grenjengan Kembar

Air terjun ini dinamakan kembar karena memiliki dua air terjun yang bersebelahan. Sumber air Grenjengan Kembar berasal dari Sungai Cebong yang mata airnya langsung turun dari Gunung Merbabu.Untuk sampai ke Grenjengan Kembar, kamu harus berjalan selama 10 – 15 menit dari tempat parkir kendaraan. Namun, ketika sampai di sana, kamu akan disuguhkan gemuruh suara air terjun yang menenangkan.

11. Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko atau Candi Ratu Boko merupakan keraton dengan corak Hindu yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Hindu di Indonesia pada abad ke-8. Lokasi dengan seluas 250.000 meter persegi ini dulunya merupakan sebuah kompleks keraton yang runtuh sehingga hanya terlihat beberapa bagian bangunan yang masih ada. Keraton Ratu Boko merupakan salah satu tempat wisata hits di Jogja yang instagrammable, lho! Para pengunjung akan beramai-ramai untuk berfoto dengan latar bangunan keraton dan langit yang biru. Berfoto di hamparan rumput juga menjadi spot favorit! Kalau kamu punya banyak waktu hingga matahari terbenam, kamu bisa berfoto dengan latar langit yang berwarna ungu bercampur orange. Keren banget! Dijamin, foto-foto kamu instagrammable.

12. Jogja Bay Waterpark

Tempat wisata di Jogja tidak hanya wisata budaya dan sejarah, lho! Ada juga taman bermain air Jogja Bay Waterpark buat kamu yang mau seru-seruan bermain air. Banyak pilihan wahana berselancar yang bisa kamu pilih adrenalin kamu. Wahana air ekstrem yang kamu bisa mainkan ada Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Timo-Timo Rider, dan masih banyak lagi!

13. Candi Prambanan

Selain Borobudur, Jogja masih punya satu candi lagi yang terkenal yakni Candi Prambanan. Candi Prambanan memiliki total 240 candi dan menjadi bagian dari UNESCO World Heritage Site. Banyak spot-spot foto instagrammable yang wajib dikunjungi di sini! Menurut legenda, Candi Prambanan ini dibangun oleh Bandung Bondowoso, seorang pemuda yang jatuh cinta kepada Roro Jonggrang.

14. Merapi Kaliadem

Untuk kamu ingin merasakan naik mobil jeep ala film petualangan? Merapi Kaliadem tempatnya! Di sini, kamu bisa melakukan tur ke Gunung Merapi menggunakan mobil jeep. Bunker Kaliadem dulunya merupakan tempat pengamatan aktivitas Gunung Merapi dan juga tempat berlindung para pengamat. Kini, tempat tersebut sudah tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sejak meletusnya Gunung Merapi 10 tahun lalu, kawasan sekitarnya menjadi gersang akibat erupsi.

15. Sindu Kusuma Park

Sindu Kusuma Edupark merupakan tempat wisata keluarga atau wisata anak. Selain kamu bisa bermain air di waterparknya, kamu juga bisa mendapatkan wawasan dengan cara yang asyik banget. Tempat wisata hits ini memiliki berbagai wahana yang bisa kamu coba dan nikmati. Mulai dari Kolam Arus, Giant Slider, Kora-Kora, bahkan Rumah Hantu. Kamu juga bisa melipir ke Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe di mana kamu bisa mengetahui sejarah batik dan koleksi mainan jadul.

16. Sendratari Roro Jonggrang

Kalau kamu bosan berkeliling Candi Prambanan, kamu bisa banget melipir ke Sendratari Roro Jonggrang untuk melihat pertunjukan tari yang terkenal. Pertunjukan ini biasa diselenggarakan di depan Candi Prambanan yang membuatnya semakin spektakuler. Pertunjukan Sendratari Roro Jonggrang akan menyajikannya dalam bentuk tarian modern tanpa meninggalkan ciri khas yang ada dalam tariannya, ditambah dengan musik, drama, kostum sebagai pendukung. Jadi kamu nggak akan merasa bosan.

17. Museum Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali memiliki bentuk yang terbilang cukup unik karena menyerupai bentuk gunung. Bentuk itu dipilih sebagai sebuah lambang yang menandakan kesuburan dan pelestarian sejarah dari nenek moyang. Pemilihan nama museum ini juga punya cerita menarik. Nama tersebut dipilih karena museum ini dibuat sebagai tempat untuk mengenang sejarah perjuangan seluruh rakyat Indonesia atas mundurnya pasukan Belanda dari Yogyakarta yang saat itu merupakan ibukota Indonesia.

18. Museum Ullen Sentalu

Museum satu ini memiliki nama yang unik banget. Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu “Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku” yang berarti “terang adalah penuntun jalan kehidupan”. Wah, filosofis banget ya namanya. Tempat wisata di Jogja ini banyak memberikan cerita tentang sejarah peradaban Kerajaan Mataram. Kamu akan menemukan banyak arca, lukisan, foto, kain batik, serta beberapa peninggalan sejarah lainnya. Kamu juga tidak bisa sembarangan mengambil gambar di museum ini. Tenang saja, akan ada tempat yang memang diperbolehkan untuk mengambil gambar. Salah satunya adalah relief Candi Borobudur yang sengaja dibuat miring. Unik banget, ya?

19. Ramayana Ballet di Prambanan

Berkunjung ke Jogja rasanya kurang lengkap bila tidak menyaksikan pertunjukkan sendratari Ramayana yang ada di Prambanan ini. Bila kamu ingin melihat betapa indahnya budaya Jogja maka menonton sendratari Ramayana merupakan pilihan yang tepat untuk kamu dan pasangan nih. Keunikan dalam sendratari Ramayana ini adalah kamu akan melihat pertunjukkan gabungan antara seni drama dan juga tari tanpa adanya dialog. Sendratari Ramayana sendiri menceritakan kisah cinta tentang perjalanan Rawa Wijaya untuk menyelamatkan sang istri Dewi Shinta yang diculik oleh Rahwana Raja Alengka. Pastinya ketika menonton pertunjukan ini bersama pasangan akan memberikan kesan yang lebih spesial deh.

20. Candi Ijo

Tempat wisata di Jogja selanjutnya yang harus kamu kunjungi bersama pasangan adalah Candi Ijo. Candi Ijo merupakan salah satu tempat yang spesial di Jogja untuk menyaksikan matahari terbenam. Dikarenakan pemandangan terbuka di sisi barat candi tertinggi di Jogja ini menyajikan panorama alam yang menawan dari ketinggian. Kamu dan pasangan akan dibuat terpesona saat melihat indahnya matahari terbenam dengan latar belakang Candi Ijo. Dijamin melihat matahari terbenam di Candi Ijo bersama pasangan akan membuat momen berlibur bersama pasangan akan semakin romantis.

21. Stonehenge Cangkringan

Ada yang tahu sebuah tempat bernama Stonehenge yang terletak di Wiltshire, Inggris? Merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, kamu bisa melihat barisan batu yang berdiri tegak di atas tanah. Stonehenge memiliki arti berupa stone berarti batu dan henge berarti lingkaran.

22. The Lost World Castle

Tempat wisata di Sleman selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah The Lost World Castle. Berada di lereng Gunung Merapi, destinasi wisata hits ini serupa dengan Benteng Takeshi karena bangunan yang dibentuk dengan batu sisa erupsi Gunung Merapi. Tempat ini cocok banget untuk berburu spot foto instagrammable di arena Paradise Gate, spot foto 3D, dan ikon dunia. Dengan biaya masuk yang murah, sebesar IDR 30.000, kamu bisa senang-senang loh!

23. Blue Lagoon

Ingin berendam dan berenang sambil menikmati pemandangan sejuk dan asri? Kamu bisa ke Blue Lagoon yang merupakan kolam pemandian alami yang bersumber dari air dalam tanah. Kamu dapat berendam dan berenang di kolam yang akan membuat tubuh terasa segar.

24. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan tempat wisata di Sleman yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu bisa menyewa mobil jeep untuk mengunjungi beberapa spot yang terkenal, seperti Batu Alien, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, Rumah Almarhum Mbah Maridjan, Tebing Gendol, dan sebagainya.

25. Green Kayen

Green Kayen merupakan destinasi wisata hits yang berupa sungai dan airnya berasal dari arus Kali Boyong. Tempat yang terkenal ini memiliki tebing setinggi 5 meter yang menerjunkan air dari ketinggian sehingga bisa dijadikan tempat berenang. Obyek wisata ini cocok untuk wisata anak dan wisata keluarga.

26. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah obyek wisata hits yang wajib dikunjungi selanjutnya. Tebing ini berupa tebing batu kapur nan cantik dengan pahatan memukau berbentuk naga. Buat kamu yang mencari spot foto instagrammable, Tebing Breksi jadi spot yang menarik dengan harga tiket masuk yang murah.

27. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park berupa taman dengan menyuguhkan miniatur landmark dari berbagai belahan dunia. Dengan menghadirkan miniatur landmarks, tempat wisata di Sleman ini menjadi incaran untuk berburu foto yang lucu dan instagrammable, seperti Patung Liberty, Burj Al Arab Dubai, Menara Eiffel, Big Ben, hingga patung Masha and The Bear. Tidak hanya miniatur landmark, The World Landmark Merapi Park juga menyediakan wahana seperti, Kids Waterpark, Jemparingan, dan Tunggang Kuda. Destinasi wisata yang terkenal ini pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

28. Kerajaan Mataram Kotagede

Peninggalan kerajaan-kerajaan terdahulu selalu saja menjadi tempat wisata yang menarik di Jogja. Kerajaan Mataram Kuno meninggalkan banyak jejak candi. Sedangkan Kerajaan Mataram Islam meninggalkan dua komplek makam kerajaan, di Imogiri dan Kotagede.

29. Keraton Yogyakarta

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta atau juga dikenal sebagai Keraton Jogja merupakan sebuah istana tempat tinggal sultan bersama keluarganya. Terdapat sebuah museum yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Jogja yang bagus jika kamu ingin mempelajari lebih jauh mengenai kebudayaan jawa. Ada banyak barang peninggalan sultan-sultan pendahulu beserta keluarganya yang bisa kamu lihat di sini.

30. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman menjadi wisata religi sekaligus tempat wisata di Jogja. Masjid Gedhe Kauman atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Jogja, dibangun di kawasan yang masih merupakan milik Keraton Yogyakarta. Masjid Gedhe Kauman merupakan tempat untuk beribadah, namun masjid ini juga menjadi tempat wisata yang terkenal. Meskipun demikian, fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah masih terjaga dengan sangat baik lengkap dengan semua fasilitas yang diperlukan.

Cara Menuju ke Magelang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Magelang adalah dengan:

Pesawat

Bandara terdekat ke Kota Magelang adalah bandara yang berada di Yogyakarta, yaitu Bandara Internasional Adisutjipto. Karena Yogyakarta adalah kota besar, ada banyak penerbangan yang melayani rute menuju dan dari Yogyakarta setiap harinya, baik domestik maupun internasional. Setelah mendarat di bandara tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan sejauh 36km menggunakan taksi atau bus ke Magelang.

Kereta

Stasiun kereta api antar kota terdekat berlokasi di Yogyakarta juga. Kamu bisa memesan tiket kereta api di tiket.com dengan tujuan Yogyakarta kemudian melanjutkan perjalanan ke Magelang menggunakan taksi atau bus.

Bus

Jika kamu ingin tiba langsung di Magelang dengan perjalanan darat, kamu bisa menggunakan bus. Ada cukup banyak bus yang melayani rute ke Magelang dari kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Tarifnya berbeda-beda, disesuaikan dengan jarak serta kelas bus yang kamu pilih.

Akomodasi di Magelang

Karena banyaknya lokasi wisata alam yang indah, ada sejumlah villa dan resort bintang 4 dan 5 di sekitar lokasi-lokasi tersebut yang menawarkan pemandangan cantik serta kamar dan fasilitas yang nyaman dan lengkap. Jika kamu akan menginap di pusat kota, ada lebih banyak hotel bintang 2 hingga 4 untuk kamu pilih. Penginapan-penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap, bahkan banyak yang memiliki kolam renang outdoor.

Spot Instagram-able di Magelang

Hampir semua tempat wisata alam di Magelang bisa menjadi spot Instagram-able yang wajib dikunjungi. Gunung Merbabu, Merapi, Andong, dan Sumbing serta Candi Borobudur seluruhnya menawarkan pemandangan yang indah dan tidak bisa kamu temukan di mana-mana lagi. Namun, untuk mendapatkan foto-foto keren, kamu harus mendaki di tempat-tempat tersebut. Bagi kamu yang tidak suka mendaki, ada banyak spot Instagram-able lain di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Seperti Bukit Grenden Pakis yang menawarkan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Kamu juga bisa berkunjung ke Hutan Pinus Kragilan yang memiliki Top Selfie Pinus Kragilan, sebuah sudut khusus untuk berfoto.

Di pusat kota, kamu juga bisa mampir ke Alun-Alun Magelang dan berkeliling untuk mendapatkan foto-foto terbaik di sini.

Kuliner di Magelang

Makanan khas Magelang kurang lebih memiliki cita rasa yang sama dengan makanan khas kota lain di Jawa Tengah. Yang pertama yang wajib kamu coba adalah Kupat Tahu. Seperti namanya, hidangan ini terdiri dari kupat dan tahu serta dicampur dengan bawang goreng, bakwan, daun seledri, kubis, dan tauge kemudian disiram bumbu kacang dan kecap manis.

Kedua, kamu juga wajib mencoba Sego Gedog (Nasi Rebus). Makanan ini berisi nasi yang dicampur dengan mie, ayam suwir, dan telur kemudian direbus. Lalu, kamu juga bisa mencicipi Sop Senerek. Sebenarnya makanan ini kurang lebih sama dengan hidangan sup lainnya, hanya saja lauknya berbeda. Di sup ini ada wortel, seledri, daun bawang, kacang merah, dan daging sapi.

Untuk makanan penutup, kamu bisa mencicipi Es Krim Mahkota. Yang menjadikan es krim ini berbeda adalah keberadaannya sejak tahun 1945-an. Es krim ini biasanya dibungkus dengan semacam kertas dengan bentuk kotak.

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan khas Magelang memang lebih banyak mengandung daging, namun Magelang juga memiliki cukup banyak restoran yang menawarkan makanan vegan dan vegetarian. Namun, makanan yang disajikan tidak selalu makanan khas Magelang tanpa daging. Beberapa restoran yang bisa kamu kunjungi adalah Montong Vegetarian Resto & Cafe dan Resto Vegan Serba Jamur.

Belanja di Magelang

Magelang memiliki sejumlah pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja dan mencari oleh-oleh. Kamu bisa mampir ke kawasan Pecinan Magelang yang di sepanjang jalannya ada banyak toko yang menjual berbagai jenis barang. Mulai dari baju, jam tangan, kacamata, hingga emas. Ada juga Armada Times Square atau Artos Mall yang berlokasi di pintu masuk utama kota. Di sini, kamu bisa berbelanja berbagai produk lokal serta mampir ke sejumlah restoran ternama.

Untuk oleh-oleh, kamu bisa berkunjung ke Endang Jaya Istana. Di sini, ada berbagai macam produk oleh-oleh khas Magelang yang umumnya adalah makanan.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Magelang

Musim

Magelang hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Untuk wisata yang maksimal, kamu perlu menghindari musim hujan. Bulan-bulan terbaik untuk mendapatkan cuaca cerah dan sejuk adalah sekitar bulan April hingga Oktober.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di sini sepanjang tahun adalah sekitar 29-30 derajat Celsius (84.2 - 86 derajat Fahrenheit).

Festival

Magelang mengadakan Festival Lima Gunung setiap pertengahan tahun untuk mempersatukan orang-orang dari berbagai latar belakang dalam seni dan budaya. Nama festival tersebut didapat dari lima gunung yang berada di dalam dan sekitar Magelang, yaitu Merbabu, Andong, Merapi, Sindoro, dan Sumbing. Pada festival ini, akan ada penampilan musik dan tari tradisional, peluncuran buku, karnaval budaya, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin mendalami budaya warga lokal, kamu wajib hadir pada acara seru ini.

Cara Berkeliling di Magelang

Magelang memiliki sejumlah transportasi umum yang bisa kamu gunakan seperti bus kota dan angkot. Namun, jika kamu baru pertama kali berwisata di kota ini, kamu perlu menanyakan rute yang akan dilewati transportasi umum yang akan kamu tumpangi.

Kamu juga bisa mengelilingi Magelang dengan aman dan nyaman menggunakan mobil. Jika kamu tidak memiliki mobil pribadi, kamu bisa sewa mobil di Magelang di tiket.com. Selain harganya yang terjangkau dan pilihan mobil yang lengkap, ada banyak promo yang menantimu.

Jika kamu ingin mencoba kendaraan lain yang lebih tradisional, kamu bisa berkeliling menggunakan delman, kereta kuda tradisional.

Seberapa Luas Magelang

Magelang memiliki luas 18,12 kilometer persegi saja. Untuk berwisata sampai puas di sini, kamu memerlukan waktu kurang lebih 3 hingga 5 hari. Setelah itu, kamu juga bisa melanjutkan perjalananmu ke kota-kota wisata lain di sekitar Magelang, seperti Yogyakarta.

Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Magelang, mulai dari yang historis hingga yang menawarkan pemandangan luar biasa. Candi Borobudur adalah tempat wisata historis yang wajib kamu kunjungi. Tidak hanya melihat keajaiban dunia, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam atau matahari terbit dari puncak candi. Kemudian, kamu bisa berwisata ke Air Terjun Kedung Kayang untuk menikmati kesejukan di sekitar air terjun dan untuk mengoleksi foto wisata yang keren. Melanjutkan aktivitas mengoleksi foto wisata, kamu bisa mampir ke Gereja Ayam, yaitu gereja dengan bangunan yang berbentuk seperti ayam.

Magelang memiliki banyak gunung yang seru untuk yang hobi mendaki gunung sekaligus menyaksikan pemandangan yang cantik. Untuk pemula, kamu bisa mendaki Gunung Andong dan Gunung Telomoyo (di antara Magelang dan Semarang). Sedangkan untuk kamu yang sudah lebih berpengalaman, kamu bisa mencoba Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Sumbing.

Mata Uang Magelang

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Magelang

Bahasa nasional di sini adalah Bahasa Indonesia, sama seperti kota lainnya di Indonesia. Meski begitu, warga lokal masih menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari mereka, yaitu Bahasa Jawa Kedu. Ini adalah Bahasa Jawa yang umumnya digunakan di daerah Kedu.

Zona Waktu Magelang

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Magelang

Jenis stop kontak di Magelang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Magelang

  1. Cuaca di Magelang umumnya hangat hingga panas jika kamu berada di pusat kota. Untuk itu, kamu bisa mengenakan kaus lengan pendek, celana selutu atau celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Namun, jika kamu berencana tinggal di dekat kaki gunung yang cuacanya lebih dingin, maka kamu perlu membawa jaket atau mengenakan kaus lengan panjang dan celana panjang yang tebal.
  2. Air keran di Magelang bukan untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya