Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Lombok
Tentang

Ayo liburan asyik bersama tiket.com di tempat wisata di Lombok, sobat tiket! Pulau Lombok merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sering dipilih sebagai tujuan liburan terbaik di Indonesia. Kamu pasti tahu, Pulau Lombok memang sudah menjadi tujuan wisata favorit yang dituju oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun, sobat tiket takkan pernah kehabisan spot baru untuk dikunjungi di Pulau Lombok. Banyak aktivitas seru di Lombok yang tiketnya bisa kamu pesan dengan to do dari tiket.com.

Pulau Lombok juga dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, karena di pulau ini kamu bisa menemukan banyak masjid yang indah dan unik, diantaranya adalah Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre di Kota Mataram, dan Masjid Kuno Bayan Beleq yang merupakan masjid tertua di Mataram.

Selain memiliki banyak bangunan masjid, keberagaman tempat wisata di Lombok pasti juga bikin sobat tiket betah untuk liburan di pulau ini. Ada banyak tempat wisata di Lombok berupa pantai, seperti Pantai Tanjung Aan, Pantai Senggigi Pantai Selong Belanak, Gili Trawangan, Gili, Meno, Gili Air, juga Pantai Tangsi atau Pantai Pink yang terkenal.

Jika belum tahu mau ke mana saat berkunjung ke Lombok, kamu bisa mencari inspirasi wisata dan pesan tiket masuk tempat wisata di Lombok di tiket.com untuk membuat liburan kamu semakin mudah.

Kalau sudah berada di Lombok, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Lombok seperti ayam taliwang, bebalung, sate bulayak, sate rembiga, dan plecing kangkung ya, sobat tiket. Sebelum berangkat ke Lombok, jangan lupa menyusun itinerary liburan agar kamu bisa mengeksplorasi Lombok dengan lebih maksimal. Dengan to do dari tiket.com, kamu bisa membuat itinerary yang lengkap karena banyak aktivitas asyik yang bisa kamu coba.

Pesan tiket tempat wisata di Lombok dengan to do dari tiket.com untuk memulai liburan seru bersama teman dan keluarga. Instal aplikasi tiket.com untuk lebih mudah pesan tiket tempat wisata di Lombok kapan pun kamu mau.

Ayo mengeksplorasi Lombok dan jalan-jalan bersama tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Lombok

Informasi mengenai tempat wisata di Lombok.

Apa itu tiket CLEAN di Lombok Tengah?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Lombok Tengah tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Lombok Tengah yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Seru di Lombok

Lombok Tengah adalah pulau yang terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan tak tertandingi. Di sini, ada banyak objek wisata favorit turis, seperti Pantai Tanjung Aan yang yang ada di bawah Bukit Merese. Ada juga Air Terjun Tiu Kelep di daerah Lombok Utara. Kemudian, mendaki Gunung Rinjani juga menjadi salah satu bucket list banyak wisatawan. Dan tentu saja kamu tidak bisa melewatkan 3 pulau tropis yang paling banyak dikunjungi yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Karena kenyamanan dan pemandangannya, Pulau Lombok Tengah  cocok dijadikan destinasi wisata keluarga atau solo traveling.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Lombok adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Bali, kabupaten ini menyimpan berbagai tempat wisata alam yang indah dan menarik. Sebut saja gili atau pulau-pulau cantik hingga pantai dan bukit yang menawarkan pemandangan indah. Ada banyak juga lokasi-lokasi wisata yang masih tergolong hidden gem sehingga tidak ramai pengunjung dan masih bersih.

1. Pantai Pink Lombok / Pantai Tangsi

Pantai Pink adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling menarik perhatian. Sesuai dengan namanya, pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Tangsi ini memiliki pasir berwarna pink. Hal ini tentu akan memberikan pemandangan serta spot foto yang unik dan lain dari yang lain. Selain jalan-jalan dan berfoto-foto, kamu juga bisa diving, snorkeling, atau berenang di sini.

2. Gunung Rinjani

Merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani di Lombok menjadi salah satu tujuan yang digemari anak-anak gunung. Objek wisata di Lombok ini memiliki jalur pendakikan yang menantang dengan pemandangan sepanjang jalan serta di puncaknya yang menakjubkan. Salah satu pemandangan cantik selama perjalanan itu adalah Danau Segara Anak yang terkenal.

3. Pantai Bangko-Bangko

Untuk kamu yang ingin berselancar, kamu bisa langsung ke Pantai Bangko-Bangko di Sekotong. Ombaknya termasuk kencang dan tinggi sehingga menantang dan cocok untuk kamu yang sudah berpengalaman dalam berselancar. Untuk ombak terbaik, kamu bisa berkunjung ke sini pada bulan Mei hingga Oktober.

4. Gili Tongkang

Jika kamu ingin jalan-jalan ke gili di daerah Lombok yang masih sepi dan bersih, Gili Tongkang bisa jadi pilihan utamamu! Gili ini lebih tenang jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya yang lebih terkenal. Meski begitu, bukan berarti gili ini lebih membosankan. Kamu tetap bisa melakukan hal-hal menyenangkan seperti snorkeling, diving, dan tentu saja, berfoto-foto dengan pemandangan indah!

5. Pantai Senggigi

Pantai ini adalah salah satu yang paling terkenal di Lombok. Selain karena air lautnya yang masih jernih serta pemandangannya yang indah, tempat ini juga cocok untuk snorkeling dan diving. Ombaknya pun cukup kencang untuk peselancar pemula.

6. Gili Asahan

Gili Asahan adalah satu lagi gili yang masih termasuk sepi dan tenang. Bisa dibilang gili ini adalah hidden gem yang masih jarang didengar. Meski begitu, gili ini dilengkapi dengan berbagai resor mewah dan juga masih menjadi tempat tinggal penduduk lokal. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan para nelayan sembari menikmati pemandangan pantai yang cantik tanpa kebisingan atau keramaian.

7. Pantai Tanjung Aan

Pantai yang terletak tidak jauh dari Bandara Lombok ini memiliki area yang masih asri dan bersih. Fasilitas di sekitar pantai memang belum lengkap, tapi inilah yang menjadikan pantai ini masih bersih dan indah. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa berenang atau snorkeling di sini.

8. Bukit Merese

Bukit Merese adalah bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan dan bisa kamu kunjungi setelah bermain di pantai tersebut. Tempat wisata hits ini menawarkan pemandangan pantai dan laut indah dari titik yang paling pas. Kamu dan pasanganmu bisa berfoto di spot instagramable yang romantis ini tanpa membayar biaya tiket masuk.

9. Gili Air

Gili Air adalah salah satu dari tiga gili yang paling terkenal di Lombok: Gili Air, Meno, dan Trawangan. Fasilitas di Gili Air sudah sangat lengkap. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling, menyantap kuliner lokal di tempat makan di sekitar pantai, menyaksikan sunset yang indah, dan menutup hari dengan menginap di resor mewah yang ada.

10. Gili Trawangan

Gili Trawangan termasuk salah satu dari tiga gili yang populer di Lombok. Gili yang satu ini menawarkan keindahan bawah laut yang masih terpelihara dengan baik sehingga cocok untuk snorkeling atau bahkan underwater photoshoot. Selain itu, gili ini juga mudah dijangkau dari Bali, sehingga tidak jarang wisatawan melanjutkan perjalanan ke sini saat sedang berwisata di Bali. Di sini, kamu jusa bisa menyaksikan matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Agung di Pantai Barat Gili Trawangan.

11. Gili Meno

Gili terakhir yang melengkapi trio gili terkenal di Lombok adalah Gili Meno. Sama seperti kedua gili lainnya, tempat ini menawarkan pemandangan indah dan kegiatan seperti snorkeling dan diving. Ada juga resor mewah untuk menginap yang menawarkan pemandangan indah dari kamar. Selain itu, di Gili Meno Wall, kamu bisa melihat penyu-penyu berenang dari pagi sampai sore.

12. Air Terjun Benang Kelambu, Lombok Tengah

Seperti namanya, air terjun yang mengalir di sini terbilang tipis sehingga mirip dengan tirai atau kelambu. Saat tiba di sini, kamu bisa langsung melihat bahwa aliran airnya memang lebih halus dan berbeda dengan air terjun lainnya. Kesan dan suasananya pun lebih tenang dibanding air terjun lain.

13. Pantai Semeti

Pantai Semeti adalah salah satu hidden gem di Lombok yang wajib dikunjungi! Untuk masuk ke pantai ini pun, kamu harus melalui jalur yang cukup menantang. Meski begitu, pemandangan dan suasananya yang tenang sangat sepadan! Kamu akan melihat hamparan pasir yang masih bersih dan cantik dan juga tebing dengan formasi unik. Kamu bisa berkunjung saat hari masih cerah untuk berfoto-foto sambil menanti matahari terbenam yang tak kalah cantik di sini.

14. Pantai Selong Belanak

Pantai yang satu ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai setengah lingkaran. Meski begitu, salah satu daya tarik utamanya adalah lokasinya yang cocok untuk berselancar. Ombaknya tidak terlalu kencang atau tinggi, sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali belajar berselancar.

15. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Di puncaknya, kamu bisa menyaksikan pemandangan tersebut dengan latar belakang Gunung Agung, Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Di sekitar sana, ada banyak penjual makanan lokal. Setelah dari sini, kamu bisa juga melanjutkan perjalanan ke Pantai Malimbu yang tidak terlalu jauh untuk melengkapi perjalananmu.

16. Tanjung Ringgit

Jika kamu mencari tempat wisata alam yang indah dan yang murah, Tanjung Ringgit bisa jadi pilihan utamamu! Jalan untuk mencapai tempat ini telah diaspal dengan rapi sehingga kamu bisa dengan mudah mencapainya menggunakan kendaraan bermotor. Tempat ini terutama cocok untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dengan santai dan tenang. Beberapa lokasi yang bisa kamu eksplorasi adalah lokasi meriam dan gua peninggalan zaman kolonial Jepang dan mercusuar di ujung tanjung. Dan tentu saja, kamu tidak boleh melewatkan pemandangan laut dari atas tebing yang populer.

17. Taman Narmada

Untuk destinasi wisata sejarah dan budaya, kamu bisa memilih Taman Narmada sebagai destinasi utama. Taman ini adalah lokasi peristirahatan terakhir raja-raja yang berkuasa zaman dulu. Namun, selain itu, tempat ini juga merupakan replika Gunung Rinjani. Warga Lombok asli zaman dulu harus mendaki Gunung Rinjani yang termasuk sulit untuk didaki guna memberi sesajen kepada dewa. Karena telah bertambah tua dan pendakian menjadi semakin sulit, akhirnya didirikanlah replika ini sebagai lokasi pemberian sesajen. Saat berkunjung ke tempat suci dengan arsitektur yang indah indah, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan mematuhi peraturan yang berlaku, ya!

18. Rumah Adat Sade

Rumah Adat Sade juga merupakan salah satu destinasi utama dalam hal wisata budaya. Rumah adat ini adalah rumah adat asli milik Suku Sasak. Masing-masing bangunan rumah yang ada mewakili simbol atau makna tertentu. Bagi kamu yang tertarik akan budaya suku asli yang masih mempertahankan tradisinya, tempat ini sangat cocok untukmu!

19. Kebun Kopi Senaru

Jika kamu pecinta kopi dan juga hobi foto-foto di tempat yang cantik, kamu pasti mudah jatuh cinta dengan Kebun Kopi Senaru. Terletak di kaki Gunung Rinjani, di tempat ini, ada spot untuk menikmati pemandangan hijau serta air terjun. Tempat ini juga menjadi spot instagramable yang paling diburu. Selain menikmati pemandangan dan berfoto, kamu juga bisa menyantap kopi atau susu jahe di warung Coffee Plantation.

20. Gili Sulat

Di Gili Sulat, kamu akan menemukan pemandangan yang agak berbeda dibanding gili lainnya di Lombok. Hal ini karena gili yang satu ini terkenal akan hutan bakaunya. Selain memberikan pemandangan yang indah dan unik, hutan bakau ini juga menjadi rumah bagi berbagai satwa. Ada jalan setapak untuk jalan-jalan santai dan menikmati pemandangan. Atau, kamu bisa juga snorkeling untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya.

21. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan memiliki ketinggian 1670 mdpl dan bisa dibilang cocok untuk latihan mendaki sebelum kamu menaklukan Gunung Rinjani. Untuk mencapai puncaknya, kamu perlu mendaki selama 2 sampai 2.5 jam. Dari puncaknya, saat menengok ke bawah, kamu akan melihat bentangan sawah yang terbagi-bagi dengan rapi. Dan jika menengok ke depan, kamu bahkan bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani.

22. Pantai Ampenan

Pantai yang terletak di Kota Mataram ini cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai dan menikmati pemandangan saja. Kamu dan keluarga atau teman-teman bisa berkumpul di sini untuk menikmati pemandangan matahari terbenam sambil mengobrol atau menyantap camilan lokal. Di dekat pantai pun ada area makan yang sudah memiliki fasilitas lengkap dan memadai.

23. Gili Sudak

Gili Sudak adalah salah satu gili yang masih asri dan sepi pengunjung. Kamu dan rombonganmu bisa menikmati pemandangan pantai yang indah atau snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Ada juga berbagai tempat makan lokal untuk menyantap hidangan laut di sini. Para pengunjung biasanya berangkat dari Pelabuhan Tawun untuk mencapai gili ini dan perjalanannya sudah mencakup mampir ke Gili Nanggu dan Kedis.

24. Gili Nanggu

Gili Nanggu di Sekotong menawarkan tempat yang privat, cantik, dan romantis. Tempat ini terutama cocok untuk kamu yang ingin bulan madu bersama pasangan di tempat yang tenang. Hal ini karena pulau ini sudah dilengkapi dengan resor mewah dan akses ke pantai. Kamu bisa berenang, bersantai, berfoto-foto, dan menikmati pemandangan di sini.

25. Gili Kedis

Gili Kedis memang lebih kecil dibanding gili lainnya, namun tempat ini cocok untuk kamu yang ingin wisata singkat. Tempat ini tetap menawarkan keindahan pemandangan yang tidak jauh berbeda dengan gili lainnya. Sama-sama cantik dan bisa menjadi spot snorkeling. Dan karena masih termasuk hidden gem, pulau ini juga masih bersih dan cantik.

26. Taman Wisata Sesaot

Taman wisata ini berlokasi di sebuah kawasan hutan dengan sungai yang jernih dan juga pemandangan alam yang rindang. Tempat ini sudah difasilitasi dengan baik. Tersedia gazebo, mushola, kamar mandi, dan area parkir modern di sini. Selain untuk bersantai dan piknik bersama, kamu juga bisa berfoto-foto di sini.

27. Air Terjun Tiu Kelep

Berlokasi di kaki Gunung Rinjani, air terjun ini sering dijuluki sebagai salah satu air terjun paling romantis di Lombok. Tidak heran jika tempat ini sering direkomendasikan untuk pasangan yang sedang berbulan madu. Selain untuk berfoto-foto, kamu juga akan menikmati kesegaran dan suasana tenang di area yang masih asri dan rindang ini.

28. Pura Meru

Pura Meru adalah pura terbesar yang ada di Lombok dan juga merupakan salah satu yang tertua. Telah berdiri sejak 1720, pura ini masih berdiri kokoh hingga hari ini dan menjadi salah satu destinasi wisata religi dan budaya terbaik di Lombok.

29. Pantai Tebing

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama tempat ini adalah deretan tebing setinggi 22 meter di pinggir pantainya. Para pengunjung biasa berhenti dulu di deretan tebing ini untuk berfoto-foto sampai puas sebelum bermain, berenang, atau berjemur di pantai.

30. Taman Mayura

Taman Mayura adalah salah satu detinasi wisata budaya dan sejarah utama di Lombok yang juga menawarkan banyak spot foto. Daya tarik utama tempat ini adalah Bale Kembang atau bangunan terapung yang ada di tengah kolam. Selain itu, kompleks taman ini dikelilingi oleh pohon manggis dan rerumputan hijau yang memberikannya suasana asri.

Cara Menuju ke Lombok

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Lombok Tengah adalah dengan:

Pesawat

Biasanya wisatawan internasional menggunakan pesawat dan mendarat di Bandar Udara Internasional Lombok Tengah. Untuk melanjutkan ke tempat wisata atau hotel kamu bisa menggunakan taxi atau Bus Damri. Tarif Bus Damri mulai dari Rp15.000,-.

Bus

Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa menggunakan bus yang biayanya jauh lebih murah dengan waktu tempuh jauh lebih lama.

Kapal

Wisatawan yang berangkat dari Bali bisa lewat jalur laut untuk mencapai Lombok Tengah . Di Bali, ada dua pelabuhan yang biasa digunakan untuk menyeberang ke Lombok Tengah yaitu pelabuhan Padang Bai dan Tanjung Benoa Bali. Kamu bisa menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok Tengah atau ke Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno.

Akomodasi di Lombok

Karena keindahan tempat-tempat wisatanya, ada banyak villa, hotel, dan resort mewah yang menawarkan kamar dengan fasilitas lengkap dan pemandangan alam yang indah. Kamu bisa dengan mudah memesannya dengan harga terjangkau di tiket.com.

Selain itu, ada banyak juga hotel budget di Lombok Tengah yang menawarkan kamar yang lebih sederhana dengan fasilitas yang juga lengkap namun kadang terletak tidak terlalu dekat dengan tempat wisata. Pesan hotel budget Lombok Tengah di tiket.com sekarang.

Spot Instagramable di Lombok

Lombok Tengah memiliki sejumlah lokasi wisata outdoor yang patut kamu kunjungi untuk mengoleksi foto-foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Lingkoq Datu di Pantai Penyisok, Taman Wisata Pusuk Sembalun, Pantai Semeti, Tanjung Poki, Pink Beach / Pantai Tangsi, Air Terjun Mangku Sakti, Air Terjun Benang Kelambu, Gua Bangkang, dan Pantai Mawun.

Kuliner Lombok

Beberapa kuliner khas Lombok Tengah yang bisa kamu coba adalah Nasi Balap Puyung (berisi suwiran daging ayam yang di olah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng), Bebalung (terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit serta ditambah jahe agar rasa pedasnya memilik ciri khas tersendiri), Sate Bulayak (sejenis lontong atau tupat yang di bungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar), Ayam Taliwang (daging ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan semacam saus yang bahannya antara lain cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam), Sate Rembiga (terbuat daging sapi yang empuk dan dengan cita rasa yang khas), Plecing Kangkung (kangkung yang dicampur dengan kecambah / tauge yang telah direbus setengah matang, kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan sambal terasi yang telah diulek), Beberuk Terong (lalapan khas Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang bahan dasarnya adalah irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat), dan Sate Tanjung (sate khas Lombok Tengah  yang terbuat dari daging ikan).

Makanan Vegan / Vegetarian

Di Lombok Tengah, kamu bisa dengan sangat mudah menemukan makanan vegan dan vegetarian. Restoran-restoran ini bisa kamu temukan di daerah Lombok Tengah dan juga di pusat objek wisata Lombok Tengah  yaitu Gili.

Belanja di Lombok

Kamu bisa berbelanja produk-produk lokal dan juga oleh-oleh di berbagai pusat perbelanjaan di Lombok Tengah, mulai dari mal hingga pasar tradisional. Jika kamu ingin berbelanja di tempat indoor, kamu bisa berkunjung ke Lombok Epicentrum Mall, Mataram Mall (pusat perbelanjaan terbesar yang didirikan pada tahun 2005 dan terdiri dari 3 lantai), dan Lombok Tengah  City Center (kawasan superblok pertama, terbesar dan terlengkap).

Untuk berbelanja kerajinan tangan, kamu bisa berkunjung ke Pasar Seni Sayang-Sayang (menjual kain tenun, anyaman rotan, kerajinan dari kayu, dan masih banyak lagi) dan Desa Adat Sade.

Untuk pasar tradisional, kamu bisa berkunjung ke Pasar Tradisional Cakranegara yang berlokasi di Mataram dan menjual berbagai kebutuhan bahan baku makanan, pakaian, dan oleh-oleh.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung ke Lombok

Musim

Lombok Tengah seperti area lainnya di Indonesia, hanya mengalami dua musim, yaitu musim hujan (awal dan akhir tahun) dan musim kemarau (pertengahan tahun). Pada musim hujan, kamu mungkin akan kesulitan mengakses sejumlah tempat wisata outdoor sehingga sebaiknya berkunjung pada musim kemarau.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata pada musim hujan adalah sekitar 22 derajat celsius (71.6 derajat fahrenheit. Sedangkan di musim kemarau, suhu rata-rata naik menjadi 30 derajat celsius (86 derajat fahrenheit).

Festival

Lombok Tengah  menghadirkan sejumlah festival seru setiap tahunnya yang bisa kamu hadiri untuk menambah pengalaman wisatamu di sini. Seperti misalnya, Festival Bau Nyaleka yang diselenggarakan setiap tanggal 20 Oktober.  Dalam festival ini, ribuan orang menangkap cacing laut di sepanjang pantai Pulau Lombok Tengah . Cacing-cacing laut ini dikenal dengan sebutan Nyale yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Kemudian ada juga Festival Gili Indah yang biasa digelar pada bulan November di Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara. Beberapa jenis kesenian tradisional dan event berskala internasional akan memeriahkan festival ini.

Di bulan Juni, ada acara Rinjani 100. Acara ini ditujukan untuk menguatkan kedudukan Rinjani sebagai Geopark dunia.

Bagi kamu pecinta musik, hadirilah Mataram Jazz Festival yang dilaksanakan di antara bulan Agustus dan Desember. Acara ini menyuguhkan pagelaran jazz dari musisi lokal dan nasional.

Cara Berkeliling di Lombok

Transportasi umum yang bisa kamu andalkan di sini adalah bemo, ojek, ojek online, dan taksi. Bemo melayani beberapa tujuan wisata seperti Mataram, Ampenan, Cakranegara, dan Senggigi dengan tarif yang murah. Sedangkan ojek biasa lebih banyak digunakan pada malam hari karena bemo hanya beroperasi dari pagi sampai sore hari.

Sebaiknya gunakan taksi jika kamu berpergian dalam rombongan dan memang tidak memiliki pilihan transportasi lain karena tarifnya yang lebih mahal.

Mode transportasi favorit turis di sini adalah mobil dan motor sewa. Kamu bisa menyewa mobil dengan kisaran harga Rp250.000,- hingga Rp300.000,- untuk penggunaan sehari penuh. Sedangkan untuk sewa sepeda motor dikenakan biaya Rp35.000,- hingga Rp50.000,-.

Seberapa Luas Lombok

Luas Pulau Lombok Tengah secara keseluruhan adalah 4.725 km persegi dan untuk mengeksplorasinya sampai puas, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 4 hingga 7 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Lombok Tengah  yang terkenal dan mencoba berbagai aktivitas seru di Lombok Tengah. Beberapa di antaranya adalah mengunjungi 3 pulau Gili yang sudah terkenal di kalangan wisatawan yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan, menjelajahi pantai tersembunyi di Lombok Tengah seperti Pantai Setangi, Pantai Semati, Pantai Nambung, dan Pantai Tebing, menaklukkan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yaitu Gunung Rinjani, mengunjungi Desa Bayan Sasak yang aktivitas kehidupannya masih sama seperti 5000 tahun sebelum Masehi, dan belajar tenun tradisional di Desa Sukarara.

Mata Uang Lombok

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa Lombok

Bahasa nasional dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia, namun warga lokal umumnya masih menggunakan bahasa daerah mereka sehari-hari, yaitu Bahasa Sasak.

Zona Waktu Lombok

WITA / GMT+8.

Jenis Stop Kontak Lombok

Jenis stop kontak di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Lombok

  1. Saat berkunjung ke Lombok Tengah, pakaian yang sebaiknya kamu kenakan adalah pakaian yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tertutup karena cuacanya yang cukup panas. Namun, saat akan berkunjung ke tempat suci, kamu harus mengenakan pakaian yang tertutup dan sopan.
  2. Lombok Tengah banyak memiliki objek wisata seperti savana, pulau, pantai serta gunung yang bisa kamu kunjungi setelah musim hujan karena padang savana dan beberapa bukitnya terlihat lebih hijau.
  3. Air keran di Lombok Tengah bukan untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya