Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Jaga kesehatanmu pasca-COVID-19

Lakukan tes untuk memastikan tubuh kembali sehat.

Wajib datang ke sini!

Ajak teman atau keluarga buat nikmatin serunya liburan di tempat pilihan tiket.com.

Labuan Bajo
Tentang

Impian para pelancong ketika berada di Indonesia adalah pelesiran ke Labuan Bajo. Desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini pun memiliki destinasi wisata yang apik dan ciamik, mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga panorama alam. Kalau kamu belum menentukan tempat di mana kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu selanjutnya, gimana kalau ke Labuan Bajo aja? Ada banyak banget alasan yang bisa bikin kamu tertarik untuk jalan-jalan ke kota ini.

Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satu daya tarik Labuan Bajo adalah kawasan habitat hewan endemik, yakni Komodo yang berada di Taman Nasional Komodo. Tak pelak, banyak pelancong berlomba-lomba berkunjung melihat indahnya NTT. Soalnya, Pulau Komodo merupakan habitat asli binatang purba komodo bernaung.

Tidak hanya di Pulau Komodo, kamu juga bisa melihat hewan kadal raksasa ini di Pulau Rinca. Ada lebih dari 1.000 komodo liar di pulau ini, para pemandu wisata akan menuntunmu lokasi di mana saja komodo biasa berkumpul.

Selain melihat komodo, kamu juga bisa menikmati suasana matahari terbit atau terbenam bersama pasangan maupun teman-teman travelling-mu di Bukit Cinta. Di sini, kamu bisa menikmati panorama alam Labuan Bajo yang berada di kepulauan di bukit ini. Kamu juga bisa melihat beberapa bukit yang nampak seolah-olah mengambang di laut, indahnya pulau-pulau kecil, dan kapal pesiar yang seakan berhenti di lautan luas.

Enggak ketinggalan, Labuan Bajo juga kaya akan wisata budaya. Kamu bisa mengunjungi Kampung Melo untuk melihat Tari Caci yang merupakan tarian khas Manggarai. Tarian dimainkan oleh para lelaki Kampung Melo yang mengenakan topi dan membawa pecut.

Di Desa Melo juga memiliki rumah adat percontohan masyarakat Manggarai yang disebut Mbaru Gendang. Rumah ini bergaya rumah panggung, beratapkan ijuk, serta berlantai papan kayu. Masyarakat Manggarai biasanya menggunakan rumah ini untuk melakukan acara-acara adat.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Labuan Bajo

Informasi mengenai tempat wisata di Labuan Bajo.

Apa itu tiket CLEAN di Labuan Bajo?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Labuan Bajo tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Labuan Bajo yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah sebuah desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan panoramanya yang indah dan tiada duanya. Ada banyak sekali tempat wisata di Labuan Bajo yang akan membuatmu terkagum-kagum dengan kecantikannya. Sebut saja Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Kelimutu, dan Pantai Nihiwatu. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan melihat pemandangan alam yang super cantik. Jadi, jangan lupa membawa kamera juga ya!

Liburan ke Labuan Bajo pun cocok untuk Sang Petualang, Nostalgia Asyik, dan Kuliner Asyik.

Cara Menuju ke Labuan Bajo

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Labuan Bajo adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar desa Labuan Bajo, kamu bisa menggunakan pesawat menuju desa ini dan mendarat di Bandar Udara Internasional Labuan Bajo.

Cara paling mudah untuk mencapai pusat desa Labuan Bajo adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Labuan Bajo melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Akomodasi di Labuan Bajo

Labuan Bajo menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Labuan Bajo melalui tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Labuan Bajo

Seperti yang sudah disebutkan, tempat wisata di Labuan Bajo bisa membuatmu begitu terkagum. Jangan lupa abadikan pemandangan di lokasi-lokasi ini dalam bingkai fotomu, ya!

  • Taman Nasional Komodo
  • Goa Rangko
  • Gili Laba
  • Pulau Bidadari
  • Pulau Rinca
  • Long Pink Beach
  • Pulau Padar
  • Goa Batu Cermin
  • Bukit Sylvia

Kuliner di Labuan Bajo

Makanan khas Labuan Bajo sudah terkenal kelezatannya dan saat berkunjung ke sini, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan-makanan terbaiknya, seperti:

  • Se’i: daging asap khas Kupang (daging babi atau sapi).
  • Jagung Bose: jagung dan kacang-kacangan yang direbus dan ditumbuk dengan lesung hingga lembut seperti bubur.
  • Kopi Flores: kopi yang dibuat dari biji kopi Flores (aroma dan rasanya berbeda dari kopi biasa).
  • Sambal Ikan Teri: ikan teri yang dimasak bersama sambal khas NTT. Bagi kamu pecinta makanan pedas, yang satu ini wajib kamu coba!
  • Lawar Ikan: ikan mentah yang direndam dalam campuran cuka dan jeruk nipis sebelum disajikan tanpa dimasak lagi.
  • Ikan Kuah Belimbing: terbuat dari ikan tongkol yang dimasak seperti sup dan ditambah bumbu halus spesial dan buah belimbing yang sudah diiris tipis.
  • Rumpu Rampe: daun pepaya dan bunga pepaya yang ditumis bersamaan.

Makanan Vegan / Vegetarian

Meski tidak terlalu banyak, ada beberapa restoran dan kafe di Labuan Bajo yang menyajikan makanan vegan dan vegetarian saja. Makanan yang disajikan berbeda-beda, mulai dari makanan Indonesia hingga western.

Belanja di Labuan Bajo

Lokasi perbelanjaan yang akan banyak kamu temui di sini adalah pasar-pasar tradisional yang menjual bahan makanan segar, seperti sayur, buah, dan daging. Beberapa di antaranya adalah

Pasar Baru Wae Kesambi, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo, dan lainnya.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Labuan Bajo

Musim

Labuan Bajo hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di desa ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Salah satu festival kebudayaan yang keren dan paling dinanti-nanti adalah Festival Komodo yang digelar di Kabupaten Manggarai Barat. Festival ini digelar setiap Maret dan sudah dikenal oleh para pelancong karena daya tarik binatang Komodo yang langka di dunia. Acara ini juga memperlihatkan Tari Caci yang merupakan tarian khas Manggarai. Tarian dimainkan oleh para lelaki Kampung Melo yang mengenakan topi dan membawa pecut.

Cara Berkeliling di Labuan Bajo

Cara terbaik untuk berkeliling di Labuan Bajo adalah dengan mengandalkan sejumlah transportasi umum yang tersedia, misalnya ada bemo dengan variasi rute yang cukup banyak.

Kamu bisa juga menyetir mobil sendiri atau mobil sewa untuk berkeliling sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah selama perjalanan. Beberapa area yang lebih terpencil mungkin tidak memiliki akses jalan yang sudah bagus. Namun, kota-kota yang lebih banyak dikunjungi turis, seperti Sumbawa, Flores, Kupang, dan Timor biasanya sudah memiliki banyak jalan besar yang sudah diaspal rapi dan juga memiliki layanan bus kota.

Cara paling mudah untuk menjelajahi desa Labuan Bajo adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Labuan Bajo melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Labuan Bajo

Dengan luas total 9.450 kilometer persegi dan banyaknya kegiatan menyenangkan di Labuan Bajo yang bisa kamu coba, sebaiknya kamu menghabiskan sekitar 1-3 hari di setiap desa. Beberapa tempat wisata di Labuan Bajo secara keseluruhan yang wajib kamu kunjungi adalah:

  • Taman Nasional Komodo
  • Goa Rangko
  • Gili Laba
  • Pulau Bidadari
  • Pulau Rinca
  • Long Pink Beach
  • Pulau Padar
  • Goa Batu Cermin

Mata Uang di Labuan Bajo

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Labuan Bajo

Bahasa utama di desa ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Bahasa ini digunakan secara profesional dan formal di Labuan Bajo.

Zona Waktu di Labuan Bajo

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Labuan Bajo

Jenis stop kontak di Labuan Bajo dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Labuan Bajo

  1. Menggunakan tabir surya karena Labuan Bajo memiliki kondisi iklim yang panas.
  2. Menggunakan pakaian berwarna terang dan mudah menyerap keringat.
  3. Membawa obat, terutama yang alergi terhadap makanan laut.
  4. Makanan Labuan Bajo lebih banyak menggunakan bahan daging dan santan kelapa.
  5. Beberapa makanan kuliner yang dijajakan adalah non-halal. Jangan sungkan bertanya tentang kehalalan makanan.