Kupang
Tentang

Sebagai salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tidak heran jika Kupang juga terkenal akan pantai-pantainya yang cantik. Karena itu, Kupang sering menjadi destinasi wisata favorit para pecinta pantai. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah Pantai Tedis, Pantai Tablolong, dan Pantai Lasiana. Selain menikmati pemandangan laut dan hamparan pasir yang cantik (terutama pada saat matahari terbenam), kamu juga kana menemukan suasana kota yang ramah dan menyenangkan saat tiba di Kupang.

Kamu sangat bisa menjadikan Kupang destinasi wisata utamamu ketika kamu ingin jalan-jalan sendiri. Hal ini karena ada banyak tempat wisata di Kupang yang cocok untuk bersantai, berelaksasi, menikmati pemandangan, dan tentu saja, memotret pemandangan untuk mengabadikan momen-momen terbaik. Namun, bagi kamu yang ingin berbulan madu ke area yang tidak terlalu ramai turis tapi tetap penuh dengan tempat wisata yang romantis dan menyenangkan, Kupang juga cocok untukmu!

Selain mengeksplorasi kota ini selama sekitar 2 sampai 4 hari, kamu juga wajib mencicipi kuliner lokalnya. Mulai dari Ubi Nuabosi (lebih banyak seratnya dari ubi biasa sehingga lebih lembut), hingga kopi Flores yang terkenal. Pecinta makanan pedas juga wajib mencoba sambal ikan teri khas NTT yang dijamin akan menambah kenikmatan makananmu!

Untuk memulai rencana perjalananmu ke Kupang, segera unduh aplikasi gratis tiket.com sekarang! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, tiket masuk tempat wisata atau tiket acara, dan sewa mobil dengan harga yang bersahabat melalui proses yang mudah dan tanpa ribet!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Kupang

Informasi mengenai tempat wisata di Kupang.

Apa itu tiket CLEAN di Kupang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Kupang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Kupang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Kupang

Kupang adalah sebuah kota di Nusa Tenggara Timur, Indonesia, yang terkenal akan pantai-pantainya yang cantik dan suasana kota yang menyenangkan. Saat berwisata di Kupang, kamu akan melihat berbagai pemandangan pantai dan laut yang cantik, terutama pada saat matahari terbenam. Dijamin kamu akan pulang dengan koleksi foto wisata yang keren!

Beberapa tempat wisata di Kupang yang paling terkenal adalah Pantai Tedis, Pantai Tablolong, dan Pantai Lasiana.

Kota ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga, pasangan, atau solo trip.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Kupang

Kupang adalah salah satu kota di NTT yang memiliki keindahan alam tak terbatas. Mulai dari pantai hingga air terjun, semuanya ada di sini! Selain itu, ada juga sejumlah tempat wisata modern yang tak kalah kerena seperti taman bermain air dan museum di sini.

1. Pulau Kera

Jika kamu suka tempat wisata alam yang cantik, indah, dan damai, Pulau Kera bisa jadi destinasi di Kupang yang sempurna! Hanya dihuni oleh sekitar 100 kepala keluarga, pulau ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan bersih serta langit cerah yang menyegarkan. Kamu bisa bersantai sambil berinteraksi dengan warga lokal. Tapi, bawa makanan dan minuman sendiri, ya, karena di sini tidak ada warung.

2. Air Terjun Tesbatan

Terdiri dari tiga tingkatan, air terjun di tengah hutan ini sudah sering menjadi salah satu tempat wisata di Kupang yang paling digemari wisatawan. Selain karena kesegaran dan keindahannya, jalurnya juga cukup menantang sehingga cocok untuk yang berjiwa petualang.

3. Bukit Cinta

Mendengar nama tempat ini, kamu mungkin sudah bisa menebak seperti apa tempatnya. Yup, Bukit Cinta adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal akan suasana romantisnya. Tak heran jika objek wisata di Kupang ini terkenal di kalangan pasangan. Kamu bisa bersantai di gazebo atau area bebatuan untuk menikmati keindahan pemandangan dan berfoto-foto.

4. Pantai Pasir Panjang

Satu lagi tempat wisata yang sesuai dengan namanya: Pantai Pasir Panjang. Hamparan pasir putih di pantai ini memang sungguh panjang. Tak heran jika tempat ini cocok untuk aktivitas rombongan yang senang keramaian. Kamu bisa jalan-jalan santai, berjemur, atau bahkan berfoto-foto di spot-spot foto yang keren.

5. Pantai Nunsui / Pantai Batu Nona

Ingin jalan-jalan ke pantai yang unik? Ke Pantai Batu Nona saja! Menurut cerita, dulu, ada seorang nona yang bunuh diri dengan melompat dari tebing di sini karena patah hati. Meski tak ditemukan lagi, tiba-tiba terbentuk bebatuan di pinggir pantai ini yang bentuknya menyerupai seorang nona. Meski begitu, batu tersebut memang telah berubah bentuknya sekarang karena tergerus air laut terus-menerus. Sebagai penerus, kini telah dibangun sebuah patung yang memiliki bentuk mirip dengan batu sebelumnya.

6. Pantai Namosain

Berbeda dengan pantai yang pada umumnya memamerkan keindahan laut dan hamparan pasir, daya tarik utama di sini adalah padang savananya. Savana di pantai? Yup, kamu pasti sudah bisa membayangkan keunikan dan kecantikannya! Jadi, jangan lupa bawa kamera, ya!

7. Ecowisata Mangrove Kupang

Saat jalan-jalan di kota yang katanya cukup panas, kamu tentu perlu mengunjungi tempat wisata yang adem dan indah. Salah satunya adalah Ecowisata Mangrove Kupang! Di sini, kamu bisa jalan-jalan santai di jembatan kayu sambil menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat!

8. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu adalah salah satu destinasi yang masih terbilang tersembunyi. Bahkan, jika kamu datang lebih awal, tempat ini kemungkinan lebih tidak ramai dan sangat pas untuk berfoto-foto. Di sini, ada empat tingkatan air terjun yang sama-sama cantik dan menyegarkan!

9. Pantai Oesapa

Pantai Oesapa adalah salah satu pantai yang lebih ramai karena sudah lebih terkenal. Kecantikannya tak berbeda jauh dari pantai-pantai lain di Kupang. Namun, pantai ini sudah difasilitasi dengan lengkap, termasuk dengan kursi-kursi di pinggir pantai dan restoran di sekitar pantai.

10. Taman Rekreasi Goa Monyet

Bukan hanya Ubud (Bali), Kupang juga punya tempat wisata berupa sebuah goa monyet. Di sini, kamu bisa mengobservasi atau berinteraksi langsung dengan monyet-monyet jinak. Sayangnya, jumlah monyet di sini sudah semakin berkurang dibanding dulu yang jumlahnya 300 ekor dari empat kelompok. Karena itu, selalu jaga kebersihan, taati peraturan, dan jangan menyakiti atau mengganggu hewan-hewan di sini, ya!

11. Pantai Lasiana

Salah satu trademark Kupang adalah Pantai Lasiana. Terumbu karang di sini masih cantik dan terawat dengan baik dengan air laut yang jernih dan hamparan pasir putih yang bersih. Jika kamu suka berwisata di pantai yang indah dan masih asri, pantai yang satu ini adalah pilihan yang sempurna!

12. Pantai Kelapa Tinggi

Jika kamu ingin bersantai dan relaksasi, Pantai Kelapa Tinggi bisa jadi destinasi selanjutnya. Pantai ini masih belum ramai pengunjung karena termasuk tersembunyi. Meski, tentu saja, fasilitas di sini belum sebagus pantai-pantai yang lebih populer, kamu bisa menikmati momen yang damai dan menyenangkan di sini. Terutama dengan pemandangannya yang cantik dan area pantai yang masih bersih!

13. Gua Kristal

Kalau hanya melihat dari luar, kamu mungkin tidak akan tertarik untuk menjelajahinya. Memang kelihatannya hanya mulut gua biasa dengan semak-semak di sekelilingnya. Namun, di dalamnya, pemandangannya benar-benar beda. Ada kolam air yang masih jernih dan indah, seperti sebuah kristal. Kamu tentu bisa menyegarkan mata dan mengabadikan momen ini dengan berotot-foto sepuasnya.

14. Pasar Inpres

Ingin belanja barang-barang lokal, terutama bahan makanan segar? Langsung saja ke Pasar Inpres dan belanjalah layaknya warga lokal di sini!

15. Pantai Oetune

Daya tarik utama pantai ini adalah padang pasir di dekatnya yang unik dan indah. Kamu akan merasa seperti bukan sedang jalan-jalan di pantai karena keunikannya ini. Namun, semuanya tetap dikelilingi pemandangan laut biru yang indah dan tak terlupakan!

16. Pantai Tedis

Karena keindahannya dan kemudahan aksesnya, Pantai Tedis menjadi salah satu destinasi pantai favorit para muda-mudi yang ingin nongkrong bersama. Baik itu untuk sekedar berkumpul dan mengobrol, atau jalan-jalan dan berfoto-foto. Tak heran jika ada banyak pedagang camilan di sekitar pantai.

17. Pantai Kolbano

Untuk mencapai pantai yang satu ini, kamu harus berkendara sekitar 3-4 jam dari pusat Kota Kupang. Memang bukan perjalanan singkat, tapi semuanya akan sepadan begitu kamu tiba di sini! Bukannya pasir, pantai di sini justru dipenuhi kerikil-kerikil halus, memberikannya pemandangan yang unik dan berbeda. Selain itu, warna air laut di sini bukan biru jernih, tapi biru susu, loh! Menarik, bukan?

18. Pantai Neam

Berjarak sekitar 3 jam berkendara dari pusat kota, pantai yang satu ini memang bukan yang paling mudah untuk dicapai. Kamu bahkan perlu melalui jalan yang berliku dan juga hutan untuk sampai ke sini. Tapi, karena itulah pantai ini masih tersembunyi dan tidak ramai pengunjung. Kamu bisa menikmati panoramanya tanpa gangguan!

19. Gunung Fatule’u

Hobi mendaki santai? Langsung saja ke Gunung Fatule’u! Dipandu oleh pemandu warga setempat, kamu bisa menikmati pendakian santai sambil ditemani pemandangan rindang di sekitarmu yang tiada duanya! Tempat ini juga masih tergolong tersembunyi, loh!

20. Pantai Koepan

Untuk kamu yang ingin menikmati kesegaran laut dengan berenang, pantai ini pasti cocok untukmu! Ombak di pantai ini sangat tenang sehingga pas sekali untuk berenang di pinggir pantai. Karena sudah terfasilitasi dengan tempat makan di sekitarnya, kamu pun tak perlu khawatir soal makanan dan minuman setelah berenang! Selain itu, nikmati juga pemandangan unik tiang-tiang pelabuhan lama yang dulu dibangun oleh orang-orang Portugis pada tahun 1645.

21. Museum Negeri Kupang

Bagi kamu yang suka tempat wisata sejarah dan edukatif, kamu pasti suka Museum Negeri Kupang! Di sini, kamu bisa mempelajari lebih banyak tentang sejarah dan budaya Nusa Tenggara Timur yang beragam dan menarik.

22. Pantai Tablolong

Untuk sampai ke Pantai Tablolong, kamu harus melakukan perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam dari pusat kota. Jalanan yang akan kamu lewati sudah diaspal sehingga tak perlu khawatir soal perjalanan yang penuh tantangan. Begitu tiba, kamu bisa menikmati pantai yang masih indah dan bersih serta asri. Lalu, kamu juga bisa mencoba aktivitas snorkeling untuk menjelajahi kecantikan bawah lautnya.

23. Subasuka Waterpark

Ingin jalan-jalan ke tempat wisata keluarga yang menyenangkan sekaligus menyegarkan? Kamu bisa ke Subasuka Waterpark! Ada pilihan wahana yang lengkap di sini untuk kamu dan si kecil. Mengusung konsep alam, wisatamu di sini pasti akan lebih menyegarkan lagi!

24. Taman Nostalgia

Taman Nostalgia adalah sebuah taman di alun-alun kota yang sudah sering menjadi destinasi wisata akhir pekan bagi warga lokal Kupang. Taman ini sudah dilengkapi dengan fasiltias yang memadai, seperti kursi, area bermain anak, jalur lari atau jalan, dan monumen Gong Perdamaian Nusantara.

25. Pantai Manikin

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai yang cantik, kamu bisa langsung ke Pantai Manikin! Selain itu, saat air laut surut, kamu juga bisa melihat langsung batu koral dan terumbu karang pantai yang sangat indah. Tak heran jika pantai ini adalah salah satu yang paling populer di Kupang!

26. Pulau Semau

Terletak di sebelah barat Pulau Kupang, Pulau Semau adalah salah satu destinasi pulau eksotis yang tak boleh kamu lewatkan! Tempat wisata alam ini benar-benar sebuah paket all-in-one! Ada pemandangan hijau sejauh mata memandang serta pemandangan laut biru di sisinya.

27. Kupang Waterpark

Merupakan waterpark pertama di Kupang, kamu tak boleh melewatkan tempat wisata ini saat ingin jalan-jalan dengan si kecil! Ada 22 wahana menyenangkan yang bisa dinikmati oleh pengunjung dewasa maupun anak-anak. Selain itu, ada juga fasilitas sewa ATV, loh!

28. Pantai Batu Kepala

Pantai Batu Kepala tak hanya menawarkan pemandangan laut yang indah, tapi juga beberapa spot foto yang strategis. Spot-spot foto ini juga cocok untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam, yang merupakan waktu di mana pantai paling ramai pengunjung.

29. Pantai Ketapang Satu

Pantai Ketapang Satu berhadapan langsung dengan Teluk Kupang dan paling cantik pemandangannya pada saat matahari terbenam. Selain menjadi salah sapot favorit para fotografer, tempat ini juga cocok untuk bersantai bersama orang-orang tersayang.

30. Air Terjun Oehala

Untuk mencapai tempat wisata alam yang berlokasi di Timor Barat ini, kamu memang harus berkendara sekitar 2,5 jam. Namun, kesegarannya dan keindahan pemandangannya pasti sepadan! Air di sini mengalir langsung dari Gunung Mutis, jadi kamu pasti sudah bisa membayangkan kesegarannya, kan?

Cara Menuju ke Kupang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Kupang adalah dengan:

Pesawat

Bandara utama di sini adalah Bandara El Tari yang melayani penerbangan dari dan ke kota-kota di seluruh Indonesia. Meski begitu, biasanya kamu harus melakukan transit dulu di Bandara Labuan Bajo atau Bandara Fransiskus Xaverius Seda.

Bus

Kamu bisa menggunakan bus jika kamu berangkat dari Dili, Timor Timur. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 12 jam.

Kapal

Ada pelabuhan utama untuk mengakses Kupang dengan layanan ASDP dan Pelni.

Akomodasi di Kupang

Sebagian besar akomodasi di Kupang adalah hotel bintang 2 dan 3 dengan kamar minimalis dan fasilitas yang cukup. Kamu juga bisa mendapatkan pemandangan kota yang indah. Segera pesan hotel pilihanmu di tiket.com untuk melengkapi rencana perjalananmu.

Spot Instagram-able di Kupang

Nusa Tenggara Timur terkenal akan panoramanya yang sangat cantik dan juga sebagai salah satu area di Indonesia yang belum banyak dipenuhi turis seperti Bali. Dan Kupang, sebagai bagian dari Nusa Tenggara Timur juga sama. Ada banyak spot foto dengan pemandangan alam yang indah di sini, seperti:

  • Crystal Cave / Gua Kristal
  • Pantai Tablolong
  • Pantai Tedis
  • Pantai Nunsui
  • Pantai Lasiana
  • Pantai Manikin
  • Oenusu Waterfall
  • Gunung Fatuleu

Kuliner di Kupang

Seperti kota lainnya di Indonesia, ada banyak kelezatan lokal di sini yang wajib kamu coba saat berwisata di Kupang, seperti:

  • Se’i: daging asap khas Kupang (daging babi atau sapi).
  • Jagung Titi: keripik / emping jagung yang renyah dan dimakan sebagai cemilan.
  • Jawada / Kue Rambut: dibuat dari tepung yang dicampur gula merah atau gula jawa, air nira, dan santan yang kemudian digoreng.
  • Ubi Nuabosi: jenis ubi yang lebih banyak seratnya sehingga teksturnya lebih lembut.
  • Jagung Bose: jagung dan kacang-kacangan yang direbus dan ditumbuk dengan lesung hingga lembut seperti bubur.
  • Kopi Flores: kopi yang dibuat dari biji kopi Flores (aroma dan rasanya berbeda dari kopi biasa).
  • Kue cucur: mirip kue serabi yang terkenal di Jawa.
  • Sambal Ikan Teri: ikan teri yang dimasak bersama sambal khas NTT. Bagi kamu pecinta makanan pedas, yang satu ini wajib kamu coba!

Makanan Vegan / Vegetarian

Ada beberapa restoran di Kupang yang khusus menyajikan makanan vegan atau vegetarian saja. Namun, selain itu, sebenarnya ada cukup banyak makanan khas Kupang yang cocok untuk vegetarian, seperti jagung bose, jagung titi, dan ubi nuabosi.

Belanja di Kupang

Ada banyak pasar tradisional dan pasar malam di Kupang yang bisa jadi destinasimu saat mencari produk lokal, seperti Pasar Inpres, Pasar Malam, dan Ina Ndao (rumah tenun). Selain Ina Ndao, kedua pasar tadi menjual berbagai bahan makanan segar, seperti sayur, buah, dan daging.

Selain itu, kamu bisa juga berkunjung ke pusat perbelanjaan yang lebih modern untuk membeli produk-produk lain. Beberapa di antaranya adalah Lippo Plaza Kupang dan Transmart Carrefour Kupang.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kupang

Musim

Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk berwisata di Kupang, yang biasanya jatuh di pertengahan tahun Lebih spesifik lagi, cuaca terbaik biasanya ada di bulan Juni hingga September.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Kupang sepanjang tahun adalah sekitar 26 derajat Celsius (78.8 derajat Fahrenheit).

Festival

Festival Koepan adalah salah satu festival di Kupang yang diadakan untuk melestarikan budaya lokal yang sudah lama ada. Acara yang biasanya digelar pada akhir tahun ini akan dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni dan budaya.

Cara Berkeliling di Kupang

Karena Kupang terlalu luas dan banyak tempat wisatanya yang terpisah jauh, kamu harus mengandalkan kendaraan bermotor untuk berkeliling di sini. Transportasi umum utama di sini adalah bemo (bentuknya sama dengan angkot di kota lain). Angkutan umum yang sudah lama beroperasi di banyak kota di Indonesia tersedia dalam jumlah banyak di Kupang. Kamu tidak akan sulit menemukannya di berbagai sudut kota. Selain itu, ada banyak rute juga yang tersedia. Jika kamu belum familiar, sebaiknya tanyakan dulu rutenya sebelum berangkat.

Masing-masing bemo ini biasanya juga memiliki tempelan stiker dan tulisan-tulisan sebagai dekorasi yang unik.

Selain bemo, kamu bisa juga menyewa mobil atau motor untuk berkeliling sendiri di Kupang.

Seberapa Luas Kupang

Luas Kupang adalah 180.3 kilometer persegi dan untuk mengeksplorasinya sampai puas, kamu bisa menghabiskan 2 sampai 4 hari di sini. Selama waktu tersebut, ada beberapa kegiatan menyenangkan di Kupang yang bisa kamu coba di sini, seperti menikmati keindahan alam di Oenesu Waterfall dan Camplong Natural Park, berbelanja di Pasar Inpres, berenang di Gua Kristal, menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Tablolong atau Pantai Lasiana, dan mendaki Gunung Fatuleu.

Mata Uang Kupang

Rp / IDR (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Kupang

Bahasa resmi di sini adalah Bahasa Indonesia, namun, warga lokal biasanya masih menggunakan bahasa daerah mereka untuk berkomunikasi sehari-hari, yaitu Bahasa Kupang.

Zona Waktu Kupang

WITA / GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Kupang

Jenis stop kontak di Kupang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Kupang

  1. Kupang terkenal akan cuaca panasnya. Namun, jangan mengenakan pakaian yang terlalu terbuka karena kamu bisa dianggap tidak sopan. Sebaiknya, kenakanlah pakaian yang masih tertutup tapi tidak berbahan tebal, seperti kaus lengan pendek, celana selutut atau celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Hindari menggunakan pakaian hitam agar tidak semakin panas.
  2. Air keran di sini bukan untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya