Kuching
Tentang

Kuching adalah ibu kota Sarawak, Malaysia. Kota Ini merupakan salah satu kota terpadat dengan banyak kafe dan restoran Instagramable di dalamnya. Banyak orang percaya bahwa asal-usul nama "Kuching" berasal dari kata "Kucing" secara harfiah atau kata Melayu untuk kucing. Namun, ada banyak versi cerita di balik nama kota.


Masih berhubungan dengan nama dari kota ini. Kamu yang mengaku pecinta kucing, bisa menemukan banyak tempat menarik yang khas dengan binatang kucing, lho. Misalnya saja seperti Museum Kucing. Di tempat ini, kamu dapat melihat lebih dari 2.000 pameran terkait kucing. Seperti patung-patung, karya seni, dan mainan yang berbentuk dan berhubungan dengan kucing. Jika kamu menyukai kucing, tur di museum ini tentunya akan menarik sekali, sobat tiket.


Selain itu, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Kuching adalah mengunjungi Desa Budaya Sarawak. Tempat ini adalah tempat di mana kamu dapat belajar lebih banyak tentang berbagai kelompok masyarakat adat yang tinggal di Malaysia. Ada juga kerajinan lokal dan desa unik yang bisa kamu lihat di desa ini.


Ingin mengunjungi tempat lainnya? Kamu bisa pergi ke Kuching Waterfront. Ada banyak kafe-kafe kecil yang asik untuk hangout. Tempat ini menjadi favoritnya para pasangan mudah untuk menikmati jalan-jalan romantis. Tujuan menarik lainnya di Kuching adalah Gedung Pengadilan Lama, Cagar Alam Semenggoh, Katedral St. Thomas, Sungai Sarawak dan masih banyak lagi. Kamu dapat membeli tiket ke tempat-tempat wisata terkenal di Kuching melalui tiket.com.


Instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu, dan temukan kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat, kereta api, sewa mobil, tempat wisata, dan lain sebagainya. Ayo rencanakan liburan kamu sekarang juga!


Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Kuching

Informasi mengenai tempat wisata di Kuching.

Apa itu tiket CLEAN di Kuching?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Kuching tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.


Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Kuching yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Kuching

Kuching adalah kota terbesar di negara bagian Sarawak, Malaysia Timur dan juga kota terbesar di Pulau Kalimantan. Meski merupakan kota terbesar, Kuching adalah salah satu kota di Malaysia yang cukup kecil untuk kamu eksplorasi dengan berjalan kaki. Selain itu, kota ini juga merupakan kota terbersih di Malaysia serta penuh dengan budaya yang bervariasi.

Karena kotanya yang damai, aman dan tertata rapi, Kuching cocok bagi kamu yang ingin solo traveling atau backpacking.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuching

Kuching adalah salah satu kota di Sarawak yang menawarkan banyak tempat wisata alam, sejarah, religi, dan kuliner. Kamu bisa mengeksplorasi sejarah kota, berkunjung ke tempat-tempat ibadah yang bersejarah, atau bahkan melihat langsung flora dan fauna menakjubkan dari Kalimantan. Semuanya hanya di satu kota!

1. Hutan Simpan Semenggoh

Pulau Kalimantan memang terkenal akan flora dan faunanya yang luar biasa. Hutan Simpan Semenggoh adalah rumah bagi berbagai macam flora dan fauna, terutama yang dilindungi, seperti orang utan. Ada kurang lebih 1.000 ekor hewan di lokasi yang sudah berdiri sejak 1920 ini. Kamu dan keluarga bisa mengeksplorasi indahnya flora dan fauna Kalimantan di tempat ini.

2. Masjid Agung Kuching

Seperti setiap negara bagian lainnya di Malaysia, Kuching juga punya Masjid Agung yang terletak di pusat kota dan menjadi ikon penting kota ini. Kubah-kubah emasnya serta nisan-nisan kuno yang ada di sini termasuk daya tarik utamanya. Telah berdiri sejak 1852, masjid ini hingga kini masih menjadi salah satu tempat ibadah utama di Kuching.

3. Gua Pari-Pari

Gua Pari-Pari atau yang kadang lebih dikenal sebagai Gua Peri memiliki stalagtit dan stalagmit dengan bentuk yang indah sehingga menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata alam terbaik di Kuching. Telah tersedia juga jembata kayu di mana pengunjung bisa berdiri di spot terbaik untuk berfoto.

4. Sarawak Old Museum

Museum ini tidak hanya termasuk salah satu museum dengan koleksi terbaik di Malaysia, tapi juga di Asia Tenggara. Ada koleksi barang-barang seni dan bersejarah serta etnografi yang lengkap. Selain itu, ada banyak juga koleksi serta informasi mengenai sejarah Sarawak sendiri, termasuk mengenai kondisi alam, flora, dan fauna di sini. Tidak heran jika museum ini menjadi salah satu destinasi wisata edukatif terbaik di kota.

5. Rumah Panjang Annah Rais Bidayuh

Rumah ini merupakan sebuah ramah adat yang terpanjang dari suku Bidayuh. Karena bentuknya yang unik serta merupakan salah satu tempat wisata budaya yang menarik di Kuching, tempat ini juga sering disebut instagramable. Kamu juga bisa berinteraksi dengan warga lokal, bahkan ikut berkegiatan bersama mereka.

6. Main Bazaar

Sudah siap belanja sampai puas? Langsung saja ke Main Bazaar! Tempat ini berisi berbagai toko yang menjual barang-barang fesyen hingga suvenir dengan harga terjangkau. Lalu, setelah selesai belanja, kamu bisa lanjut wisata kuliner! Di sini juga ada banyak tempat makan yang menawarkan jajanan-jajanan lokal yang lezat dan tak boleh kamu lewatkan.

7. The Astana Kuching

The Astana Kuching adalah sebuah istana yang menjadi kediaman Gubernur Sarawak. Terletak di sebelah utara Sungai Sarawak, tempat wisata di Kuching ini menawarkan pemandangan alam terbuka yang cantik. Selain itu, gedungnya sendiri memamerkan arsitektur yang megah serta unik. Gedung yang dibangun pada tahun 1870 ini sebenarnya dulu merupakan hadiah Charles Brooke (Raja Putih kedua) untuk istrinya, Margaret Alice Lili de Windt.

8. Taman Nasional Rawa Kuching

Taman nasional sebesar lebih dari 6.000 hektar ini adalah salah satu taman nasional terbaik di Kuching. Selain adanya hutan bakau dan flora dan fauna yang hidup di sini, daya tarik utama lainnya adalah kamu bisa menyusuri sungai di sini dengan perahu.

9. Museum Warisan Islam

Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak tentang Islam, museum ini tentu harus masuk ke dalam daftar tempat yang akan dikunjungi di Kuching. Sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi barang serta informasi mengenai sejarah dan perkembangan Islam. Koleksi ini juga mencakup perkembangan Islam di Sarawak sendiri. Dengan lengkapnya koleksi serta arsitektur dan desain interiornya yang menarik, kamu bisa mengeksplorasi dengan mudah.

10. Gunung Mulu

Gunung Mulu adalah salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin berwisata alam dan trekking. Selain pemandangan alam yang indah selama trekking, daya tarik utama lainnya adalah formasi batu kapur yang menarik dan instagramable. Spot ini adalah tujuan favorit para wisatawan karena menawarkan keindahan alam yang unik.

11. Cat Museum

Kota Kuching memang sudah sering diasosiasikan dengan hewan kucing karena namanya yang mirip. Hewan ini bahkan menjadi lambang kota. Jadi, tak heran jika ada sebuah museum tentang kucing di sini. Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak koleksi yang ada di dalamnya. Ya, museum ini menyimpan berbagai koleksi dan informasi yang berkaitan dengan hewan lucu tersebut. Mulai dari perangko dan kartu pos dengan gambar kucing, patung-patung kucing, hingga karakter-karakter fiksi kucing seperti Hello Kitty dan Garfield.

12. Gua Angin

Kamu yang menyukai tempat wisata alam yang menarik tentu tak boleh melewatkan yang satu ini!  Gua Angin adalah salah satu gua menarik di Kuching dengan koleksi stalagtit dan stalagmit yang lengkap. Gua ini pun masih minim pencahayaan dan menjadi tempat tinggal banyak kelelawar. Oleh karena itu, kamu disarankan membawa senter dan juga topi untuk bersiap-siap mengeksplorasi gua ini.

13. Gunung Gading National Park

Taman nasional yang satu ini didirikan pada 1994 untuk melindungi Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia yang tumbuh di area ini. Biasanya wisatawan memang mengunjungi tempat ini khusus untuk melihat bunga-bunga tersebut bermekaran. Namun, taman nasional ini juga mencakup sebuah air terjun dan jalur pendakian ke puncak Gunung Gading yang cocok untuk kamu yang berjiwa petualang!

14. Kuching Waterfront

Kuching Waterfront adalah salah satu pusat destinasi wisata terbaik di Kuching. Ada pusat wisata kuliner yang lengkap dan menawarkan berbagai macam pilihan kuliner lokal. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sungai karena Kuching Waterfront terletak di tepi selatan Sungai Sarawak. Di siang hari, kamu juga bisa melihat berbagai bangunan-bangunan bersejarah yang ada di area ini. Di malam hari, area ini bahkan lebih meriah lagi dengan musik dan lampu warna-warni.

15. Fort Margherita

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, tempat ini adalah salah satu yang wajib dikunjungi! Sesuai namanya, Fort Margherita dulunya adalah sebuah benteng yang penting dalam pertahanan kota. Benteng ini dibangun oleh Charles Brooker (Raja Putih kedua di Sarawak) pada 1870. Kini, objek wisata di Kuching ini adalah salah satu destinasi wisata sejarah terbaik di kota. Tidak hanya menawarkan arsitektur yang megah dan menarik, lokasinya pun memberikan akses pemandangan yang cantik.

16. Kompleks Kubah Ria

Kompleks ini meruapakan salah satu pusat perbelanjaan terlengkap di Kuching. Ada 5 area terpisah di tempat ini, yaitu pasar kering, kafeteria, pasar tani, plaza, dan pasar basah. Dengan 1.400 pedagang yang masing-masing menjual barang yang berbeda-beda, kamu tidak akan kehabisan pilihan belanja di sini.

17. Kuching Orchid Garden

Sesuai namanya, taman yang satu ini menyimpan berbagai koleksi bunga-bunga anggrek yang cantik. Lebih tepatnya ada 112 spesies dan lebih dari 70.000 tanaman di sini. Kamu dan keluarga bisa jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan bunga yang cantik sekaligus mempelajari lebih banyak tentang tanaman-tanaman ini.

18. Pantai Damai Kuching

Pantai ini bisa jadi tujuan utamamu jika kamu ingin berelaksasi bersama keluarga di tempat terbuka yang cantik. Kamu bisa jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan, terutama saat matahari terbenam. Dari pantai ini juga kamu bisa melihat Gunung Santubong di kejauhan yang menambah daya tarik Pantai Damai.

19. Reservoir Park Kuching

Untuk kamu yang ingin menyegarkan diri namun tidak ingin pergi jauh-jauh dari pusat kota, kamu bisa ke Reservoir Park Kuching. Ada jalur pejalan kaki untuk kamu jalan-jalan santai, ada gazebo untuk beristirahat, dan ada waduk yang menambah kecantikan pemandangan serta kesegaran di area ini.

20. Tua Pek Kong Temple

Kuil ini merupakan salah satu tempat wisata religi terbaik di Kuching. Dengan arsitektur yang megah dan menarik serta lokasi di perbukitan yang memberikan akses pemandangan alam yang cantik, tak heran jika tempat ini populer di kalangan wisatawan.

21. Tasik Biru Bau

Tasik Biru Bau sebelumnya merupakan lokasi penambangan emas kualitas tinggi. Tempat ini kini sudah tidak menjadi lokasi tambang lagi, namun berubah fungis menjadi taman rekreasi. Wisatawan menyukai tempat ini karena menawarkan pemandangan yang menyegarkan serta cocok untuk berfoto-foto.

22. Boulevard Shopping Mall

Boulevard Shopping Mall adalah salah satu destinasi wisata belanja modern di Kuching yang wajib kamu kunjungi. Ada lebih dari 200 toko di dalamnya, mulai dari yang menjual barang-barang fesyen, buku, hingga supermarket. Ada juga banyak pilihan restoran serta tempat bermain untuk anak-anak di sini.

23. Kampung Boyan

Kampung Boyan merupakan sebuah Kampung Melayu di Kuching. Kamu bisa menjadikan tempat ini destinasi utamamu jika kamu ingin ke sebuah tempat wisata budaya yang otentik. Selain nilai budanya, kampung ini juga menawarkan pemandangan indah karena berlokasi di sekitar Sungai Melaka. Kamu juga bisa menikmati kuliner lokal yang lezat di sini.

24. Kampung Budaya Sarawak

Kampung budaya ini adalah sebuah museum hidup yang telah memenangkan berbagai macam penghargaan. Kamu bisa melihat langsung rumah-rumah tradisional yang berbeda dan memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Selain itu, ada juga pertunjukan budaya menarik yang terjadwal di sini. Eksplorasi juga koleksi pahatan di Sculpture Park untuk momen wisata yang lengkap.

25. Sarawak River Cruise

Untuk mengeksplorasi kota ini dengan cara yang lebih unik, kamu bisa pesan Sarawak River Cruise. Kamu akan dibawa menyusuri Sungai Sarawak di kapal dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Selama cruise, kamu bisa menikmati pemandangan kota dan juga matahari terbenam yang menakjubkan.

26. Pasar Malam Metro City

Pasar Malam Metro City adalah salah satu destinasi terbaik untuk menikmati nightlife di Kuching. Toko-toko serta penjual makanan lokal di sini buka ketika matahari sudah terbenam dan menghiasi area ini dengan lampu-lampu terang. Kamu bisa menemukan barang-barang fesyen, suvenir, hingga jajanan lokal dengan harga terjangkau di sini.

27. Kampung Skuduk

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke area yang jauh dari pusat kota sejenak, kamu bisa ke Kampung Skuduk. Tempat ini dijamin akan memanjakan matamu dengan hamparan sawah padinya yang cantik. Kamu bisa jalan-jalan santai, menikmati pemandangan dan udara segar, serta berfoto-foto.

28. Chinatown

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan di area dengan suasana Tiongkok di tengah kota, kamu tentu tidak boleh melewatkan yang satu ini.  Chinatown di Kuching memiliki banyak kuil, restoran masakan Tiongkok, toko-toko suvenir, dan juga pilihan akomodasi yang lengkap.

29. Square Tower

Jika kamu ingin wisata kuliner sekaligus wisata sejarah, kamu bisa ke Square Tower. Bangunan ini dulunya merupakan bangunan kuno di zaman kolonial pada abad ke-19. Kini, tempat tersebut masih memiliki interior serta eksterior era kolonial yang khas namun sudah berubah fungsi menjadi kedai makan (khusus makan malam). Kamu bisa menyantap kuliner lezat dengan suasana yang unik!

30. Pasar Serikin

Pasar Serikin cocok untuk kamu yang ingin belanja suvenir serta kerajinan tangan lokal yang otentik. Barang-barang yang akan kamu temui di sini adalah tikar yang dianyam, hasil kerajinan tangan dari rotan, dan banyak lagi. Selain itu, ada juga sejumlah penjual makanan lokal di sini.

Cara Menuju ke Kuching

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Kuching adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu akan berangkat dari luar pulau atau luar negeri, sebaiknya kamu menggunakan pesawat untuk mencapai kota ini, mendarat di Kuching International Airport. Meski begitu, jika kamu berangkat dari kota-kota di luar Indonesia, Singapura, dan Malaysia, kamu mungkin perlu melakukan transit. Dari bandara, kamu bisa mengandalkan taksi argo atau taksi online untuk mencapai pusat kota.

Bus

Kamu hanya bisa menggunakan bus jika kamu berangkat dari kota-kota yang berdekatan dengan Kuching, seperti Sibu, Bintulu, Miri, dan Pontianak (Indonesia). Kamu harus mengecek jadwal bus setiap harinya karena dalam satu hari hanya ada kurang lebih 4 keberangkatan.

Kapal

Tersedia express boat untuk perjalanan dari Sibu ke Kuching. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 5 setengah jam.

Akomodasi di Kuching

Akomodasi di Kuching umumnya adalah hotel gedung berbintang 2 atau 3. Biasanya hotel ini menawarkan kamar yang nyaman, bersih, sederhana, dan letaknya dekat dengan pusat kota. Jika kamu ingin memesan kamar hotel dengan pemandangan yang indah dan lebih jauh dari pusat kota, kamu akan lebih mudah menemukan akomodasi berbintang 4 dan 5.

Spot Instagramable di Kuching

Kuching memiliki cukup banyak tempat wisata yang menjadi destinasi favorit turis yang memburu spot Instagram-able. Mulai dari Mulu Pinaccles, Mulu Caves, Damai Beach, hingga Chinatown. Semuanya menawarkan latar belakang pesona alam yang indah dan budaya lokal.

Kuliner Kuching

Kuching memiliki banyak makanan khas Malaysia dengan cita rasa unik yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebut saja ayam percik (ayam dengan berbagai bumbu rempah), nasi lemak (nasi yang direndam krim kelapa dan dikukus serta disajikan dengan berbagai lauk pauk), dan kek lapis Sarawak (kue lapis warna-warni).

Makanan Vegan / Vegetarian

Kamu tidak akan kesulitan mencari restoran yang khusus menyajikan makanan vegetarian dan vegan di sini karena banyaknya komunitas vegetarian dan vegan di sini. Selain makanan Malaysia, kamu juga akan menemukan banyak hidangan chinese, western, dan indian.

Belanja di Kuching

Kuching memiliki banyak pasar, street market, dan mal yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja. Beberapa di antaranya adalah Main Bazaar, Boulevard Shopping Mall, Pasar Serikin, dan Sunday Market Kuching.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kuching

Musim

Untuk pengalaman berwisata yang terbaik, sebaiknya kamu menghindari musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan paling panas dan kering, yaitu antara bulan April dan Oktober. Meski begitu, hujan turun di Kuching selama rata-rata 247 hari dalam setahun. Jadi, selalu bawa payung dan jas hujan untuk berjaga-jaga.

Suhu Rata-Rata

Pada setengah tahun pertama, suhu rata-rata di Kuching adalah 30 derajat celsius (86 derajat Fahrenheit). Sedangkan pada setengah tahun terakhir, suhu rata-rata di sini adalah 32 derajat celsius (89.6 derajat Fahrenheit).

Festival

Bagi kamu yang suka menonton konser musik, kamu wajib menghadiri acara tahunan Rainforest World Music Festival di Kuching. Festival yang menghadirkan workshop musik, penampilan musisi live, dan bazaar makanan ini biasanya diadakan bulan Juli.

Cara Berkeliling di Kuching

Karena ukurannya yang tidak terlalu luas dan jalanannya yang aman, Kuching nyama dieksplorasi dengan berjalan kaki. Namun, kamu harus selalu membawa payung dan jas hujan karena di sini termasuk sering hujan. Untuk transportasi umum, kamu bisa mengandalkan taksi dan bus. Bus-bus ini memiliki rute yang cukup lengkap dan menjangkau banyak area yang cukup jauh. Selain itu, kamu juga bisa menyewa mobil, motor, dan sepeda untuk mengeksplorasi kota.

Seberapa Luas Kuching

Luas Kota Kuching secara resmi adalah 431 km persegi. Untuk mengeksplorasi kota ini sepenuhnya, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 3 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Kuching, seperti mengeksplorasi Bako National Park, berkunjung ke Malay Fishing Village, berkunjung ke Semenggoh Wildlife Reserve Centre untuk melihat orang utan, mencoba hidangan laut Kuching, menikmati pemandangan di Kuching Waterfront, dan berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan Kuching.

Mata Uang Kuching

RM (Ringgit Malaysia).

Bahasa di Kuching

Bahasa utama di sini adalah Bahasa Sarawak, yaitu Bahasa Melayu dengan dialek Kuching.

Zona Waktu Kuching

GMT+8.

Jenis Stop Kontak Kuching

Jenis steker di Malaysia adalah tipe G yang memiliki tiga pin berbentuk persegi panjang dalam pola segitiga. Stop kontak untuk tipe G ini biasanya memiliki saklar pengaman. Tipe ini biasa digunakan juga di Hong Kong, Singapura, Tiongkok, Britania Raya, dan Irlandia.

Informasi Penting Tentang Kuching

  1. Pakaian yang cocok untuk berwisata di Kuching adalah kaus lengan pendek, celana pendek, dan sandal yang nyaman. Namun, sebaiknya kamu membawa payung dan jas hujan karena di Kuching sering turun hujan, bahkan pada musim kemarau.
  2. Air keran di Kuching bukan untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya