Ko Samui
Tentang

Sobat tiket, ayo liburan ke Koh Samui di Thailand bersama tiket.com! Ko Samui adalah pulau dengan resort mewah yang menjadi bagian dari Provinsi Surat Thani di Thailand. Ko Samui memiliki banyak destinasi wisata yang indah, di antaranya adalah deretan pantai eksotis, air terjun, dan Taman Nasional Laut Angthong.


Banyak turis mancanegara datang ke Ko Samui untuk menikmati keindahan alam, budaya, serta sejarahnya. Jika kamu suka menyelam, kamu bisa berkunjung ke Raja Ampat-nya Thailand, yaitu Taman Nasional Laut Angthong di Ko Samui. Di taman nasional laut ini, ada 42 pulau yang membentuk gugusan. Di antara gugusan pulau ini, sobat tiket bisa menyelam untuk melihat terumbu karang yang mengagumkan. Kamu juga bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan pasir pantai yang putih dan bersih. 


Tempat wisata di Ko Samui lainnya yang terkenal adalah Lamai Beach, Easykart Chaweng Lake, Pantai Chaweng, Pantai Choeng Mon, Lad Koh View Point, dan Maenam Beach.


Selain tempat wisata alam, masih banyak tempat destinasi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi ketika kamu berada di Koh Samui. Jika sobat tiket ingin menikmati destinasi budaya dan sejarah, maka kamu bisa datang ke Secret Buddha Garden, Samui Cultural Centre, Wat Khunaram, dan Wat Phra Yai.


Banyak persiapan yang perlu kamu lakukan ketika liburan. Salah satunya adalah pesan tiket tempat wisata di Ko Samui. Beli tiket masuk tempat wisata di Koh Samui di tiket.com untuk menikmati segala kemudahan liburan bersama teman atau keluarga.


Jangan lupa, instal aplikasi tiket.com di gadget kesayangan kamu untuk menikmati liburan seru di mana pun dan kapan pun. Dengan to do dari tiket.com, kamu bisa mendapatkan tiket aktivitas asyik di Ko Samui. Ayo jalan-jalan dan menikmati indahnya Ko Samui di Thailand, sobat tiket!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Ko Samui

Informasi mengenai tempat wisata di Ko Samui.

Apa itu tiket CLEAN di Koh Samui?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Koh Samui tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Koh Samui yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Koh Samui

Ko Samui adalah sebuah pulau di Thailand yang terkenal akan dengan keindahan dan keanekaragaman alamnya. Terdapat Taman Laut Nasional Ang Thong yaitu surga bagi pecinta snorkeling dan kayak. Ada banyak pantai yang sering dikunjungi wisatawan seperti Chaweng Beach dan Lamai Beach. Ada juga Grandmother and Grandfather Rocks, Big Buddha Temple, dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya tempat wisata di Ko Samui yang indah dan cocok untuk segala usia, pulau ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Ko Samui

Jika kamu ingin berwisata ke tempat yang eksotis di Thailand, kamu bisa ke Ko Samui. Area ini memiliki banyak tempat wisata alam, seperti pantai dan air terjun yang cantik. Kamu bisa menikmati pemandangan dan suasananya di tengah hari cerah yang menyegarkan. Namun, selain itu, ada juga banyak tempat wisata budaya, sejarah, dan religi di sini, terutama kuil-kuil Buddha.

1. Na Muang Waterfall

Air Terjun Na Muang adalah salah satu spot wisata alam terbaik di Ko Samui. Selain air terjunnya sendiri yang indah dan menyegarkan, kamu juga bisa menikmati pemandangan saat kamu mendaki untuk mencapai air terjun ini. Tidak heran jika suasana tenang dan damai adalah salah satu daya tarik utamanya.

2. Chaweng Beach

Tempat wisata di Ko Samui yang satu ini paling cocok untuk kamu yang ingin berelaksasi sambil menikmati hari yang cerah di pantai. Hamparan pasir yang luas serta air laut yang masih jernih menjadi daya tarik tersendiri. Selain bersantai di pantai, kamu juga bisa berenang atau menikmati nightlife yang asyik di pinggir pantai.

3. Wat Khunaram

Di kuil ini, kamu akan menemukan tubuh mumi Luong Pordaeng, seorang biksu Buddha yang meninggal dalam posisi meditasi di tahun 1973. Kini, tubuhnya disimpan dalam sebuah kotak kaca di dalam kuil ini.

4. Lamai Sunday Night Market

Sesuai namanya, pasar ini hanya buka di hari Minggu malam. Kamu bisa ke sini untuk belanja berbagai produk dan kuliner lokal dengan harga terjangkau. Salah satu keunggulannya adalah tempat ini tidak terlalu ramai turis, jadi kamu bisa belanja dengan lebih tenang.

5. Khun Si Waterfall

Nikmati pemandangan dan kesegaran air terjun jernih di antara bebatuan yang jatuh dan mengalir ke kolam di bawahnya. Untuk mencapai tempat ini, kamu juga harus mendaki, namun tentu saja ditemani pemandangan yang tak kalah cantik.

6. Lipa Noi Beach

Meski kamu harus berkendara beberapa jam dari pusat kota untuk mencapai pantai ini, pemandangan dan suasananya sangat sepadan dengan perjalananmu! Hamparan pasir putih serta pemandangan laut yang indah menjelang matahari terbenam adalah salah satu faktor yang menjadikan tempat ini favorit para turis. Tempat ini juga cocok untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi. Baik kamu bersama anak-anak atau pasangan, tempat ini bisa jadi destinasi wisata utama.

7. Silver Beach

Pantai sepanjang 250 meter ini letaknya berdekatan dengan Chaweng Beach dan Lamai Beach yang lebih terkenal. Karena itu, tempat ini masih termasuk yang jarang diketahui dan lebih sepi. Sama-sama memiliki air laut dan pasir pantai yang bersih dan indah, kamu bisa ke pantai ini untuk menikmati keindahannya tanpa keramaian turis.

8. Ang Thong Marine Park

Ang Thong adalah salah satu marine park terbaik yang ada di Thailand. Ada banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa kamu coba di sini, mulai dari kayaking, mendaki, snorkeling, makan siang di perahu sambil menikmati pemandangan pulau, hingga bermain voli pantai. Karena luasnya, kamu bisa menghabiskan berhari-hari di sini dan mungkin masih saja ada area yang belum kamu eksplorasi.

9. Bang Kao Beach

Dikelilingi pohon palem dan juga air laut biru jernih, tak heran jika tempat ini terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kamu dan anak-anak bisa berenang di pinggir pantai atau piknik di sini sambil menikmati udara segar di hari yang cerah.

10. Pink Elephant, Samui Water Park

Pink Elephant adalah sebuah waterpark di area Maenam Beach yang cocok untuk wisatawan keluarga dan anak-anak. Ada banyak perosotan menyenangkan dan menantang di sini. Dengan pohon-pohon palem di sekelilingnya, kamu tidak hanya akan menyegarkan diri dengan bermain air tapi juga dengan pemandangan dan suasana yang rindang.

11. Wat Plai Laem

Wat Plai Laem, seperti banyaknya kuil Buddha di Ko Samui dan Thailand, adalah sebuah kuil dengan patung Buddha. Namun, bedanya dengan yang lain adalah ada patung Guanyin bertangan 18 di sini. Guanyin sendiri adalah Dewi Belas Kasihan dan Kasih Sayang (The Goddess of Mercy and Compassion) dalam budaya Thailand.

12. Wat Samret

Dibanding kuil-kuil bersejarah lainnya di Thailand, Wat Samret bisa dibilang masih baru, yaitu hanya berusia kurang lebih 100 tahun. Di dalamnya ada sekitar 80 patung Buddha dengan satu yang paling besar diletakkan di tengah depan. Selain patung-patung tersebut, arsitektur luarnya pun juga menarik perhatian karena keindahannya.

13. Lat Wanorn Waterfall

Air Terjun Lat Wanorn memang tidak seperti air terjun lainnya yang tinggi atau besar. Namun, karena hal itulah banyak wisatawan yang suka berkunjung ke sini. Susananya tenang, udaranya segar, dan perjalanan menuju air terjunnya pun dengan pemandangan alam yang indah.

14. Maenam Beach

Maenam Beach dikenal sebagai salah satu pantai yang lebih murah dibandingkan banyak pantai populer lainnya. Meski begitu, pantai sepanjang 7 km ini sama-sama menawarkan pemandangan laut yang cantik serta udara yang segar. Dibanding pantai lain yang biasanya sudah lebih komersil, Maenam Beach lebih tenang dan sederhana. Kamu tidak akan terlalu banyak menemukan toko-toko atau fasilitas lainnya di sekitar pantai.

15. The Wharf Samui

Dengan luas kurang lebih 5.000 hektar, tempat ini adalah salah satu surga belanja yang wajib dikunjungi di Ko Samui. Kamu benar-benar bisa belanja sampai puas di sini. Meskipun merupakan mal perbelanjaan yang lengkap dan besar, tempat ini tetap menghadirkan suasana yang damai dan kasual sehingga kamu bisa belanja tanpa keramaian atau kebisingan.

16. Big Buddha Temple / Wat Phra Yai

Kuil yang satu ini adalah sebuah kompleks besar yang berisi banyak patung-patung Buddha. Patung-patung tersebut berbeda-beda ukuran dan posisinya. Yang terbesar di sini adalah sebuah patung Buddha dengan postur Mara, merepresentasikan ketenangan.

17. Samui Elephant Sanctuary

Seperti namanya, tempat ini adalah sebuah suaka margasatwa untuk gajah. Di sini, kamu bisa melihat langsung sekaligus berinteraksi dengan makhluk-makhluk menakjubkan ini. Ada juga kolam di mana gajah-gajah di sini menyegarkan diri.

18. Fisherman’s Village

Tempat yang satu ini adalah destinasi utama wisatawan yang ingin belanja produk-produk lokal yang murah sampai puas. Ada banyak toko-toko yang menjual barang-barang fesyen dan suvenir lainnya. Kamu pun bisa tawar-menawar dengan para penjual di sini. Jadi, latihan Bahasa Thailand dasar dulu jika ingin ke sini, ya!

19. Lamai Beach

Meski berdekatan dengan Chaweng Beach, pantai yang satu ini bisa dibilang lebih tenang dan tidak terlalu ramai. Air laut sekitar pantainya pun lebih dalam sehingga cocok untuk berenang. Meski termasuk lebih sepi, fasilitas di sekitar pantai tetap lengkap dan memadai. Kamu tidak perlu pergi jauh-jauh dari pantai untuk menyantap kuliner lokal atau sekedar menyegarkan diri dengan minuman pilihan.

20. Dusit Dheva Cultural Center

Meskipun merupakan sebuah pusat kebudayaan, letaknya sebenarnya agak jauh dari pusat kota. Tapi karena itulah, tempat ini wajib dikunjungi. Suasananya damai sehingga kamu bisa mengeksplorasi dan mengagumi koleksi patung, pahatan, dan barang-barang kebudayaan lainnya dengan lebih tenang. Desain tempat ini menyerupai rumah Thailand zaman dulu sehingga menambah keunikannya.

21. Secret Buddha Garden

Terletak di Pom Mountain Hill, tempat ini berisi berbagai macam patung dengan kesan megah di sebuah lokasi yang rindang. Begitu sampai di sini, kamu tidak hanya akan terpesona dengan koleksi patungnya tapi juga akan pemandangan alam di sekitarnya yang indah.

22. Lad Koh Viewpoint

Jika kamu mencari lokasi terbuka yang instagramable, kamu bisa langsung ke Lad Koh Viewpoint! Tempat ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang hobi fotografi beberapa tahun belakangan ini. Dari sini, kamu bisa melihat langsung pemandangan pantai dan laut yang tiada duanya. Jembatan di lokasi ini memang dibuat sebagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan tersebut.

23. Paradise Park Farm

Paradise Park Farm adalah sebuah tempat rekreasi yang cocok untuk destinasi wisata keluarga dan wisata anak. Taman terbuka ini menyediakan banyak fasilitas untuk aktivitas menyenangkan, mulai dari kolam renang hingga interaksi dengan hewan-hewan jinak.

24. Samui Crocodile Farm

Sesuai namanya, tempat ini merupakan rumah bagi berbagai spesies buaya dan aligator yang terkenal, seperti buaya air asin dan buaya Siam. Selain itu, ada juga beragam ular, kadal, dan monyet di sini. Namun, daya tarik utamanya adalah pertunjukan langsung yang melibatkan para buaya dan staf profesional yang keren sekaligus menegangkan.

25. Wat Jee Kong

Dulu, saat imigran Tiongkok pertama kali datang ke sini, mereka memilih lokasi Chaweng Beach. Dan di area ini juga mereka membangun sebuah kuil yang kini disebut Wat Jee Kong. Kuil ini memiliki ukiran serta arsitektur yang megah dan cantik, menjadikannya sebuah daya tarik yang wajib dikunjungi.

26. Wat Sila Ngu Temple

Wat Sila Ngu Temple adalah salah satu kuil paling ternama di Ko Samui. Bangunannya memiliki karakteristik yang bisa dibilang berbeda dengan kuil-kuil lain, yaitu berwarna merah. Selain warnanya, kuil ini memiliki fungsi yang sama dengan kuil-kuil lainnya sebagai tempat ibadah yang juga menarik untuk turis.

27. Laem Sor Pagoda

Terletak di pantai berbatu Bang Kao, pagoda ini menghadirkan pemandangan yang berbeda dan unik. Ukuran dan tingginya yang besar serta warnanya yang kuning terang terlihat kontras dengan latar belakang lautan biru yang jernih. Tidak heran jika banyak yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata di Ko Samui ini.

28. Choeng Mon Beach

Jika kamu ingin berwisata ke pantai yang cantik tapi juga mewah dengan fasilitas lengkap, kamu bisa ke Choeng Mon Beach. Di sini, ada resor mewah yang memberikan akses ke pantai Choeng Mon. Kamu juga bisa mencoba berbagai macam watersport yang menyenangkan di sini atau sekedar berjemur sambil menikmati pemandangan laut yang cantik.

29. Hin Lad Waterfall

Air terjun Hin Lad masih tergolong tersebunyi dengan pepohonan yang lebat di sekitarnya. Selain memberikan kesegaran dan pemandangan yang indah, ada juga area kolam di bawah air terjun di mana kamu bisa berenang.

30. Sky Fox Cable Ride

Zip line untuk flying fox ini adalah salah satu cara paling menyenangkan untuk menikmati pemandangan Ko Samui. Di sini, kamu akan melintas dari ketinggian menggunakan zip line untuk flying fox di tengah hutan. Selama meluncur, kamu bisa menikmati keindahan alam di bawahnya sambil juga menikmati udara segar dan angin sepoi-sepoi.

Cara Menuju ke Koh Samui

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Ko Samui adalah dengan:

Pesawat

Ini adalah cara paling praktis untuk mencapai Ko Samui. Kamu bisa mendarat di Bandara Ko Samui (USM) dengan menggunakan maskapai Bangkok Airways yang masih merupakan operator utama dan telah lama menjadi satu-satunya maskapai penerbangan dengan layanan ke Ko Samui.

Alternatif lain adalah kamu bisa mendarat di Bandara Surat Thani atau Bandara Chumphon. Lalu melanjutkan perjalanan dengan feri. Cara ini lebih murah dibandingkan langsung terbang ke Bandara Ko Samui.

Bus

Bus yang bisa digunakan dari Bangkok ke Ko Samui yang membutuhkan waktu sekitar 11 jam dengan biaya sekitar 1.250 Baht. Pemberhentiannya di Chumphon.

Kapal

Kamu bisa menggunakan feri dari Chumphon via Ko Tao dan Ko Phangan.

Akoodasi di Koh Samui

Karena Ko Samui adalah sebuah pulau wisata yang terkenal akan keindahannya, ada cukup banyak resor mewah dengan pemandangan indah dan fasilitas yang lengkap. Namun, karena Ko Samui dikunjungi sangat banyak turis setiap tahunnya, ada cukup banyak juga pilihan akomodasi budget yang nyaman di sini.

Segera pesan hotel di Ko Samui di tiket.com sekarang.

Spot Instagramable di Koh Samui

Lokasi wisata outdoor di Ko Samui sangat indah dan wajib kamu kunjungi saat sedang berburu foto wisata yang cantik dan keren. Beberapa lokasi tersebut di antaranya adalah Chaweng Beach, Lamai Beach, Mae Nam Beach, Bophut Beach, Namtok Hin Lat, Namtok Na Mueang, Old House, dan Secret Buddha Garden.

Kuliner Koh Samui

Ada berbagai kuliner Thailand lezat yang bisa kamu coba di Ko Samui dengan harga terjangkau. Beberapa di antaranya adalah Sai Oua / Chiang Mai Sausage (sosis daging babi yang dibuat dengan berbagai  campuran rempah termasuk serai, kecap ikan, cabai, bawang putih, lengkuas, bawang merah, dan daun jeruk), Stewed Pork Leg / Kaki Babi Rebus yang disajikan dengan nasi hangat, telur, dan sayuran, dan Pad Thai (kwetiauw goreng khas Thailand).

Untuk berwisata kuliner, kamu bisa berkunjung ke berbagai pasar malam atau street market. Tempat-tempat ini biasanya menjual berbagai macam makanan lokal, seperti kaki ayam (ceker) Thailand, sosis babi, ikan bakar, dan juga serangga goreng.

Makanan Vegan / Vegetarian

Ada sangat banyak pilihan makanan vegan dan vegetarian di sini. Kamu bisa menemukan makanan lokal Thailand yang sudah diganti bahan makanannya agar menjadi vegan-friendly, burger vegan, dan smoothies.

Belanja di Koh Samui

Tempat-tempat belanja di Ko Samui umumnya adalah pasar outdoor yang menjual bahan makanan dan juga makanan lokal. Seperti Pasar Minggu Malam Lamai di Lamai Beach yang menjual produk kuliner dan oleh-oleh serta Pasar Laem Din di Soi Reggae yang berisi penjual  sayuran, buah, ikan, daging, dan bahan baku.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Koh Samui

Musim

Waktu terbaik untuk berwisata di Ko Samui adalah bulan Februari dan Maret yaitu saat cuaca paling cerah sepanjang tahun.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Ko Samui pada musim hujan adalah 24 derajat celsius (75.2 derajat fahrenheit). Sedangkan di musim kemarau, suhu rata-rata di sini adalah 30 derajat celsius (86 derajat fahrenheit).

Festival

Ko Samui memiliki sejumlah festival seru yang bisa kamu hadiri untuk mempelajari budaya lokal lebih baik lagi dengan cara yang lebih seru. Seperti misalnya Buffalo Fighting Festival yang diadakan pada acara-acara khusus seperti Hari Tahun Baru dan Songkran Festival. Tidak seperti adu banteng di Spanyol, pertempuran di Ko Samui cukup aman.

Cara Berkeliling di Koh Samui

Transportasi umum yang bisa kamu gunakan di sini adalah bus. Ada sejumlah rute yang tersedia untuk berkeliling di pulau. Jika kamu berangkat dari Nathon Pier menuju Bophut / Chaweng, pilihlah bus yang berwarna coklat dengan biaya 50 Baht. Selain itu, kamu bisa juga mengandalkan taksi walaupun tentu harganya lebih mahal.

Selain transportasi umum, turis umumnya lebih senang menggunakan kendaraan sewa. Beberapa mode transportasi sewa yang tersedia adalah mobil (800-1500 Baht), motor (12-700 Baht per hari), sepeda (200 Baht per hari), dan sepeda listrik.

Seberapa Luas Koh Samui

Luas daerah Ko Samui adalah 228,7 km persegi dan untuk mengelilinginya sampai puas, kamu perlu menghabiskan sekitar 2 sampai 3 hari di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Ko Samui, menyelam di Taman Laut Nasional Ang Thong atau Ko Tau, berkunjung ke Ang Tong Marine National Park untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan, dan menyewa speedboat untuk berkeliling di Pulau Ko Samui. Dalam sehari, kamu bisa hiking, jalan-jalan, bermain kayak, dan bersantai di pantai.

Mata Uang Koh Samui

THB (Thai Baht).

Bahasa Koh Samui

Bahasa utama dan resmi yang digunakan di sini adalah Bahasa Thailand.

Zona Waktu Koh Samui

GMT+7.

Jenis Stop Kontak Koh Samui

Jenis steker yang umum digunakan di Thailand adalah tipe A, B, dan C. Tipe A memiliki 2 pin rata yang paralel dan tipe B memiliki pin yang sama namun dengan tambahan grounding pin. Sedangkan tipe C memiliki 2 pin bulat. Tegangan listrik di Thailand adalah 230V dan frekuensi aliran listriknya adalah 50Hz.

Informasi Penting Tentang Koh Samui

  1. Air keran di Ko Samui bukan untuk diminum atau digunakan untuk sikat gigi, kecuali jika air keran tersebut dilabeli 'Aman'.
  2. Saat kamu mengendarai motor di Ko Samui (baik miliki pribadi atau sewa), kamu harus menggunakan helm dan jangan pernah mengemudi dalam keadaan mabuk. Jalanan di Ko Samui cukup berbahaya karena banyak lubang besar.
  3. Hati-hati pada saat kamu jalan-jalan di pantai di malam hari, karena sering terjadi kejahatan di sana. Sebaiknya jangan pergi sendirian ketika hari sudah gelap.
  4. Saat sedang menggunakan bus, jangan membawa barang berharga karena banyak terjadi pencurian.
  5. Karena cuaca di Ko Samui yang secara umum cerah dan hangat, sebaiknya kamu jangan memakai pakaian yang terlalu tertutup. Kenakanlah pakaian berlengan atau tanpa lengan, celana pendek, dan sepatu berjalan yang nyaman. Bawa juga topi dan tabir surya untuk melindungi diri dari terik matahari.
  6. Bawa baju ganti lebih saat kamu berkunjung pada musim hujan.
  7. Kamu harus berpakaian sopan dan tertutup (lutut dan pundak wajib tertutup) saat berkunjung ke kuil atau tempat suci lainnya.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya