Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

Karawang
Tentang

Karawang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang lebih dikenal sebagai kota industri. Meski begitu, Karawang sebenarnya memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan patut dikunjungi. Banyak dari tempat wisata tersebut adalah tempat wisata alam, seperti curug dan pantai. Selain itu, ada juga beberapa tempat wisata modern dan budaya yang tak kalah keren, seperti waterpark dan candi.


Kabupaten ini cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga atau teman-teman. Hal ini karena banyak dari tempat wisata di Karawang cocok untuk aktivitas bersama rombongan serta ramah anak.


Fasilitas serta akomodasi di Karawang juga sudah lengkap dan memadai. Kamu tidak akan kesulitan menemukan hotel, apartemen, atau penginapan lainnya yang sesuai dengan budget-mu. Masalah transportasi umum untuk berkeliling di area Karawang juga tidak perlu kamu khawatirkan. Ada banyak armada yang tersedia dengan rute yang lengkap.


Jika kamu ingin mengeksplorasi Karawang sampai puas, sebaiknya habiskan sekitar dua sampai tiga hari di tempat ini. Dalam kurun waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata favorit yang paling direkomendasikan. Namun, jika kamu ingin mengeksplorasi hidden gem-nya juga, kamu bisa menghabiskan sekitar empat sampai lima hari di Karawang.


Mulai rencana perjalananmu ke Karawang dengan mengunduh aplikasi gratis tiket.com! Di sini, kamu bisa dengan mudah pesan tiket pesawat, hotel, tiket kereta api, tiket masuk tempat wisata, dan sewa mobil tanpa membuat kantong bolong!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Karawang

Informasi mengenai tempat wisata di Karawang.

Apa itu tiket CLEAN di Karawang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Karawang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Karawang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Karawang

Tak perlu bingung jika kamu ingin liburan singkat di destinasi wisata yang tidak jauh dari Kota Jakarta. Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bisa jadi pilihannya. Tempat wisata di Karawang menyimpan sejuta pesona, mulai dari wisata sejarah di Monumen Rengasdengklok hingga wisata alam di Curug Cigentis.

Di Monumen Rengasdengklok, tempat ini merupakan saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaannya. Museum ini menjadi tempat Sang Proklamator, Soekarno dan Hatta yang menciptakan teks kemerdekaan yang dikenal dengan Teks Proklamasi.

Kemudian berpindah ke Curug Cigentis yang berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Meskipun untuk mencapai ke air terjun tersebut harus berjalan kaki sejauh dua kilometer, namun lelah perjalanan akan terbayar dengan air terjun yang alami dan suasana yang asri.

Tak hanya dua tempat wisata itu saja, tetapi masih banyak hal yang harus dilakukan di Karawang dan cocok untuk Keluarga Asyik, Sang Petualang, dan Pecinta Ketenangan.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Karawang

Karawang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Tak jauh juga dari Karawang, kamu bisa ke Bekasi atau Cikarang yang juga punya banyak tempat wisata hits.

1. Funworld Festive Walk Karawang

Ingin bermain bersama keluarga di tempat bermain indoor yang cocok untuk semua usia? Datang saja ke Funworld! Tempat wisata di Karawang ini menghadirkan arena rekreasi dan hiburan keluarga yang lengkap dan menyenangkan, suasana yang aman dan nyaman, dan pelayanan yang ramah serta profesional sehingga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

2. Curug Cigentis

Tempat wisata di Karawang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Curug Cigentis. Berlokasi di bawah kaki Gunung Sanggabuana, objek wisata hits ini menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler.

3. Funworld Karawang TechnoMart

Masih dari wahana bermain, kali ini ada Funworld Karawang TechnoMart yang cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak. Tempat wisata di Karawang ini menghadirkan arena rekreasi dan hiburan keluarga yang lengkap dan menyenangkan, suasana yang aman dan nyaman, dan pelayanan yang ramah serta profesional.

4. Candi Jiwa

Berlokasi di kompleks percandian Batujaya, Candi Jiwa adalah salah satu candi peninggalan kebudayaan agama Buddha yang jarang diketahui pelancong. Bahkan, tempat wisata di Karawang ini diprediksi lebih tua dari Candi Borobudur. Dalam kompleks ini, terdapat juga 46 titik candi lainnya yang bisa kamu jumpai.

5. Karnival Karawang

Mau uji kepiawaian dan adrenaline balapmu? Yuk main gokart dan berputar melintasi trek

berliku yang penuh sensasi serta tantangan di Karnival Karawang. Cocok untuk kamu pemula dan juga semi profesional.

Selain menjajal permainan Gokart, kamu juga bisa mencoba lima permainan wahana asyik dari

7 yang tersedia, yakni Merry Go Round, Rio Grande, Fire Brigade, 360° Bike, Family Swinger,

African Thunder Coaster, atau bermain Bumper Car. Tempat wisata hits ini cocok untuk wisata anak atau wisata keluarga.

6. Curug Cikoleangkak

Selain Curug Cigentis, Karawang juga memiliki tempat wisata air terjun lainnya yang jarang diketahui, yakni Curug Cikoleangkak. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan menyuguhkan pemandangan alam yang begitu asri. Meski terbilang sebagai objek wisata terbaru di Karawang, namun Curug Cikoleangkak sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti kamar mandi, loket, dan jalan setapak.

7. Funworld Toserba Yogya Karawang

Tempat wisata di Karawang ini menghadirkan arena rekreasi dan hiburan keluarga yang lengkap dan seru, suasana yang aman dan nyaman, dan pelayanan yang ramah serta profesional untuk segala usia. Untuk melengkapi keseruanmu, kamu bisa beli saldo kartu Funcard Funworld dengan penawaran harga terbaik di tiket.com! Funworld Toserba Yogya Karawang pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

8. Green Canyon

Mencari tempat wisata di Karawang yang banyak spot foto instagrammable? Kamu bisa datang ke Green Canyon. Keindahan dan keasriannya sangat akan mengejutkanmu karena situs alam ini adalah sebuah ngarai yang diapit bukit bebatuan serta pohon hijau. Untuk masuk ke objek wisata hits ini, kamu akan dikenai tarif yang murah sekitar Rp 5.000.

9. Vihara Shia Jin Ku Po

Vihara yang menjadi tempat beribadah umat Buddha ini jadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Karawang. Arsitektur vihara ini didominasi warna merah dan kerap dikunjungi para pelancong maupun umat Buddha.

10. Pantai Tanjung Baru

Mencari objek wisata yang murah di Karawang? Kamu bisa melipir ke Pantai Tanjung Baru. Pantai ini cukup ramai akan tempat makan, panggung hiburan, dan pasar tradisional. Jika kamu ingin menginap, terdapat juga penginapan di pantai ini.

11. Danau Cipule

Tempat wisata di Karawang ini merupakan bekas lahan tambang pasir yang berada di tepi Sungai Citarum. Terbentuknya danau ini karena proses tambang yang dilakukan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah cekungan besar seluas kira-kira 90 hektar dengan kedalaman 2 meter. Hal yang terkenal dari Danau Cipule ini adalah terdapatnya sebuah pulau yang dinamai Pulau Cinta dengan seluas 2 kilometer di tengahnya. Untuk menikmati keindahan destinasi wisata hits ini, kamu dapat menggunakan transportasi perahu.

12. Puncak Sempur

Karawang ternyata punya satu destinasi wisata hits, yang pemandangannya juara. Puncak Sempur, jadi lokasi yang pantang dilewatkan bila berkunjung ke Karawang. Lokasi ini sering dijadikan tempat camping ataupun acara gathering dan tentunya bagi kamu yang suka berburu foto instagrammable di atas puncak.

13. Danau Kalimati

Tempat wisata di Karawang selanjutnya yang wajib dikunjungi yakni Danau Kalimati. Danau ini terbentuk dari aliran Kali Citarum yang mengalami perubahan arah, sehingga terjadi semacam bendungan yang kemudian menjadi danau. Selain menikmati panorama Danau Kalimati, kamu juga bisa duduk-duduk sambil mengisi perut di tempat makan sederhana yang menawarkan menu kuliner Sate Maranggi, bakso dan jenis-jenis makanan lainnya.

14. Alam Sari Deltamas

Tempat makan selanjutnya di Cikarang yang terkenal adalah Alam Sari Deltamas. Di sini, kamu bisa makan dengan santai sambil menikmati pemandangan yang asri. Konsepnya saung dengan pepohonan hijau. Ada juga suasana sawah dan danau kecil.

Pilihan kuliner di sini sangat beragam, seperti olahan ayam hingga seafood, cumi goreng tepung, udang goreng, tumis kangkung, dan lainnya.

15. Lippo Cikarang Citywalk

Meskipun letaknya di kota, Lippo Cikarang Citywalk bisa jadi alternatif jalan-jalanmu karena tempat wisata hits ini menyuguhkan pemandangan hijau. Tak hanya itu, kamu juga bisa belanja dan berburu barang-barang dengan harga yang murah. Terdapat juga berbagai tempat makan sehingga kamu bisa wisata kuliner juga loh!

16. Curug Parigi

Untuk tempat wisata alam yang menyegarkan dan juga menawarkan pemandangan indah, kamu bisa ke Curug Parigi! Tempat ini bisa dibilang adalah salah satu spot instagrammable wisata alam utama di Bekasi. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun alirannya cukup deras. Saat matahari terbenam, pemandangannya bahkan lebih cantik lagi!

17. Rainbow Garden

Dengan tema “eat and play”, kamu dan keluarga bisa mencoba berbagai wahana permainan yang menyenangkan, berfoto di berbagai spot foto yang instagrammable, dan juga menyantap kuliner lokal di tempat makan yang tersedia.

18. Hutan Mangrove Muara Gembong

Meski merupakan area perkotaan modern, Bekasi masih memiliki tempat wisata alam hutan bakau. Selain menikmati pemandangan dan juga udara segar di sini, kamu bisa jogging atau jalan-jalan santai sambil berfoto-foto instagrammable di sini.

19. Waterboom Lippo Cikarang

Tempat wisata di Cikarang yang wajib dikunjungi pertama adalah Waterboom Lippo Cikarang. Tiket Waterboom Cikarang memberikanmu akses ke berbagai wahana asyik yang cocok untuk segala usia, mulai dari yang memacu adrenalin, menyenangkan untuk anak-anak, hingga yang cocok untuk berelaksasi. Dengan tema "Bali", tempat wisata hits ini dipenuhi dengan pemandangan yang hijau dan rindang, membantumu menikmati waktu liburan lebih baik lagi. Waterboom Lippo Cikarang pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

20. Kampung Djamoe

Tempat wisata di Cikarang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kampung Djamoe. Di sini, anak-anak bisa menambah ilmu pengetahuan tentang jamu atau obat-obatan alami. Destinasi wisata hits ini juga menyuguhkan pemandangan danau buatan dan sawah. Kampung Djamoe cocok banget untuk wisata keluarga atau wisata anak.

21. Kota Deltamas

Tempat wisata di Cikarang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kota Deltamas. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti menikmati keindahan danau buatan dan wisata kuliner. Kota Deltamas pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

22. Taman Sehati

Destinasi wisata keluarga atau wisata anak yang wajib dikunjungi di Cikarang adalah Taman Sehati. Objek wisata ini selalu ramai karena pemandangan dan udara sejuk yang memikat. Tak hanya itu, taman ini pun dilengkapi dengan pemandangan dome flower seperti yang ada di Singapura.

23. Puri Nirwana Waterpark

Wahana bermain selanjutnya yang wajib dikunjungi yaitu Puri Nirwana. Tempat wisata di Cikarang ini cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak yang ingin menikmati berbagai kuliner khas Jawa Barat.

24. Dapur Coet

Tempat makan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Dapur Coet. Di sini kamu bisa melahap kuliner khas Jawa Barat sembari melihat pemandangan hijau dari tanaman gantung. Kuliner yang wajib dicoba tentunya ayam goreng serundeng, telur dadar cabai hijau, dan aneka sajian jengkol.

25. Masjid Jami Al Hidayah

Telah berdiri sejak 1935, tempat ibadah ini telah melalui banyak peristiwa sejarah, termasuk pada zaman kolonial Belanda, Jepang, dan juga masa Orde Baru. Dulunya, masjid ini memiliki bangunan yang sederhana. Namun, di tahun 1991, masjid ini direnovasi sehingga menjadi lebih luas dan mampu menampung 2000 umat.

26. Danau Cibeureum Bekasi

Danau yang terbentuk secara alami dulunya memiliki luas hingga 38 hektar, namun kini telah menyusut menjadi 2 hektar saja. Meski begitu, tetap saja danau ini terlihat indah dan menjadi salah satu destinasi favorit turis maupun warga lokal. Sambil jalan-jalan santai dan menikmati pemandangan matahari terbenam, kamu juga bisa jajan camilan lokal atau belanja suvenir di sekitar danau.

27. Pantai Mekar

Untuk beristirahat sejenak dari pusat kota, kamu bisa ke Pantai Mekar yang masih asri. Air laut dan pantainya cenderung masih cukup bersih. Karena mayoritas penduduk sekitarnya adalah nelayan, kamu bisa juga menyewa perahu nelayan untuk berkeliling.

28. Venetian Water Carnaval

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan taman bermain air dengan konsep dan tema Venice, kota di Italia. Selain dekorasi dan desainnya yang menarik mata, ada sejumlah wahana menyenangkan, seperti perosotan dan ember air jumbo.

29. Bumi Perkemahan Karang Kitri

Untuk kamu yang berjiwa petualang, kamu bisa mencoba camping di Bumi Perkemahan Karang Kitri. Area dengan pemandangan alam yang indah dan asri ini memang sering dijadikan area camping siswa maupun mahasiswa.

30. Sirkus Waterplay

Seperti namanya, taman bermain air ini mengusung konsep sirkus yang cocok untuk anak-anak. Karena berlokasi indoor, kamu tidak perlu khawatir soal halangan cuaca. Ada kolam renang besar dan beberapa perosotan yang menambah kesenangan anak-anak saat berenang.

Cara Menuju ke Karawang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Karawang adalah dengan:

Kereta

Jika kamu berangkat dari Jakarta, Tangerang, Depok, atau Bogor, kamu bisa menggunakan kereta dari Stasiun Jakarta Kota dengan rute akhir Stasiun Purwakarta atau Cikampek. Kereta akan berhenti di Stasiun Karawang.

Bus

Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa menggunakan bis tujuan Karawang yang tersedia di Terminal Kampung Rambutan atau Kalideres.

Mobil Pribadi

Cara paling praktis dan mudah menuju Karawang adalah dengan menggunakan mobil pribadi. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Karawang melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Akomodasi di Karawang

Karawang menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel ke Karawang di tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagrammable di Karawang

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Curug Cigentis, Candi Jiwa, Curug Cikoleangkak, Monumen Rengasdengklok, Green Canyon, Vihara Shia Jin Ku Po, Pantai Tanjung Baru, Danau Cipule, Puncak Sempur, dan Danau Kalimati.

Kuliner di Karawang

Meskipun dikenal dengan Kota Industri, Karawang juga menyimpan berbagai kuliner legendaris. Kuliner yang cocok untuk dicicipi saat liburan ke Karawang, yakni pepes walahar (makanan berbahan utama ikan jambal), soto tangkar (soto dengan iga sapi dan kuah berwarna kuning), ikan gabus gabus bumbu pucung (ikan gabus yang dimasak dengan bumbu pucung), serabi hijau (serabi alami dari sari daun suji dan kuah santan atau gula), dan tahu bumbu (berbahan utama tahu goreng dengan tambahan bumbu kacang dan disajikan dengan lontong atau nasi).

Makanan Vegan/Vegetarian

Makanan khas Karawang memang sebagian besar non-vegetarian. Namun, kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran atau kafe yang menyajikan khusus makanan vegan dan vegetarian. Menunya tidak selalu makanan khas Karawang tanpa daging atau yang dagingnya diganti, tapi bisa juga makanan Indonesia lain atau makanan chinese dan western.

Belanja di Karawang

Selain tempat wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan tempat berbelanja di Karawang. Pusat perbelanjaan yang menjadi tempat favorit para pelancong, yakni Mal Karawang, Super Mal Karawang, dan Ciplaz Karawang.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Karawang

Musim

Karawang hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Selain tempat wisata di Karawang yang menarik, kota ini juga punya berbagai festival yang bisa melengkapi liburanmu di kota ini. Sejumlah festival yang bisa kamu kunjungi, seperti Festival Goyang Karawang yang dihelat setiap September di kawasan wisata Situs Candi Jiwa. Di acara ini, kamu akan disuguhkan dengan penampilan para penari berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mulai dari Jawa Tengah hingga Papua.

Cara Berkeliling di Karawang

Karawang mempunyai tujuh rute angkutan kota dengan ciri mobil berwarna dasar kuning. Berbagai rute yang beroperasi, seperti dari Terminal Klari - Johar - Ahmad Yani dan rute Badami - Jalan Interchange - Ahmad Yani - Cinangoh - Pasar Johar.

Kendati demikian, cara paling mudah untuk menjelajahi Karawang adalah dengan menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Karawang melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Karawang

Dengan luas 1.652 kilometer persegi, kamu membutuhkan waktu dua hingga tiga hari untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Karawang. Sejumlah destinasi wisata yang patut kamu singgahi, yakni Curug Cigentis, Candi Jiwa, Curug Cikoleangkak, Monumen Rengasdengklok, Green Canyon, Vihara Shia Jin Ku Po, Pantai Tanjung Baru, Danau Cipule, Puncak Sempur, dan Danau Kalimati.

Mata Uang Karawang

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Karawang

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Sunda.

Zona Waktu Karawang

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Karawang

  1. Jenis stop kontak di Karawang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Karawang

  1. Karena udaranya yang cukup panas, kami sarankan untuk membawa baju-baju berlengan pendek, atau lengan pendek dengan jaket, dan celana panjang atau rok panjang. Bawa juga sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Air keran di Karawang bukan untuk diminum.
  3. Jika kamu pergi ke Karawang pada pertengahan tahun, mohon diingat bahwa itu adalah waktu libur sekolah di Indonesia sehingga mungkin banyak turis lokal.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya