Jember
Tentang

Karena terletak di posisi paling timur Pulau Jawa (tepat sebelum Banyuwangi), Kota Jember bisa dibilang merupakan paket lengkap yang cocok untuk kamu yang berjiwa petualang. Di kota ini, kamu bisa menemukan pantai-pantai cantik di area selatan. Sedangkan di area lainnya, kamu bisa menemukan banyak air terjun cantik yang menyegarkan namun juga masih tersembunyi. Banyak dari tempat-tempat wisata alam ini masih jarang diketahui sehingga biasanya tidak ramai turis. Kelebihan yang tidak selalu kamu temui di banyak tempat wisata yang indah, bukan?

Baik kamu berwisata bersama keluarga atau teman-teman, Jember bisa jadi destinasi yang sempurna. Asalkan kamu dan rombonganmu sama-sama berjiwa petualang dan suka tempat-tempat wisata alam keren yang cantik, wisatamu pasti akan menyenangkan dan tak terlupakan di sini!

Untuk benar-benar mengeksplorasi tempat wisata di Jember yang paling terkenal, kamu bisa menghabiskan sekitar tiga sampai empat hari saja di sini. Selama waktu tersebut, kamu bisa mengajak rombonganmu berkunjung ke tempat wisata alam yang cantik di sini, seperti pantai dan air terjun.

Setelah jalan-jalan seharian, tentu kamu mau beristirahat di akomodasi yang nyaman. Kota ini punya banyak pilihan penginapan yang memadai untuk rombongan. Mulai dari villa, apartemen, hingga hotel, ada semuanya di sini. Kamu juga bisa dengan mudah memilih hotel yang mewah maupuna hotel budget. Pilih dan pesan hotel yang paling sesuai sekarang dengan harga terjangkau di tiket.com!

Setelah itu, lanjutkan perencanaan perjalananmu dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket tempat wisata, dan sewa mobil di tiket.com. Kamu hanya perlu unduh aplikasi gratis kami lalu pesan semuanya dengan proses yang mudah!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Jember

Informasi mengenai tempat wisata di Jember.

Apa itu tiket CLEAN di Jember?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Jember tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Jember yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Jember

Terletak di Jawa Timur bagian timur, Kabupaten Jember memiliki banyak obyek wisata yang patut dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya, Jember banyak menyimpan potongan surga kecil yang masih belum banyak diketahui khalayak luas.

Secara geografis, bagian selatan Jember memang berbatasan dengan Samudera Hindia. Maka dari itu, tidak heran jika kota suwar-suwir ini memiliki banyak gugusan pantai, terutama di sisi barat dan selatan. Namun, pantai bukan satu-satunya tempat wisata di Jember yang bisa dikunjungi. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan di Jember dan sayang untuk dilewatkan.

Liburan ke Jember pun cocok untuk Sang Petualang, Nostalgia Asyik, dan Geng Asyik.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jember

Jember adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Kabupaten Jember juga dekat dengan Banyuwangi dan Malang.

1. Puncak Rembangan

Tempat wisata di Jember pertama yang wajib dikunjungi adalah Puncak Rembangan. Destinasi wisata hits ini menyuguhkan udara sejuk dan pemandangan hamparan perkebunan hijau. Yang jarang diketahui, terdapat juga air terjun dekat Puncak Rembangan yang bisa kamu datangi.

2. Air Terjun Manggisan

Tempat wisata di Jember selanjutnya yang wajib dikunjungi yakni Air Terjun Manggisan. Keindahan obyek wisata hits ini memang belum diketahui banyak pelancong. Selama perjalanan ke sini, mata kamu akan dimanjakan oleh panorama alam yang instagrammable.

3. Teluk Love

Mencari spot yang romantis di Jember? Kamu bisa melipir ke Teluk Love yang menyuguhkan pemandangan yang cantik. Uniknya, teluk ini berbentuk seperti hati. Waktu terbaik untuk mengunjungi Teluk Love adalah saat cuaca sedang cerah untuk menikmati keindahan alamnya yang terkenal.

4. Pantai Papuma

Pantai Papuma merupakan tempat wisata di Jember yang wajib dikunjungi. Nama papuma merupakan kepanjangan dari Pasir Putih Malikan. Sesuai namanya, pantai ini punya pasir putih yang menawan, lalu disempurnakan juga dengan air laut yang jernih serta hamparan langit biru yang seakan tiada batas.

5. Pantai Payangan

Salah satu pantai yang instagrammable di Jember yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Payangan. Lokasi dari pantai ini memang sangat dekat dengan teluk cinta. Enggak ada salahnya kamu mampir sekalian ke sini, menikmati surga dunia berupa pantai yang dikelilingi oleh perbukitan hijau nan indah.

6. Pulau Nusa Barong

Pulau yang hampir tak berpenghuni ini menyuguhkan air laut yang begitu jernih dengan perpaduan warna biru tua dan hijau muda. Untuk menuju ke Pulau Nusa Barong, kamu memang diharuskan untuk menyeberang laut menggunakan perahu. Sesampainya di pulau, kamu tak akan berhenti dibuat takjub dengan yang ada di sini.

7. Masjid Cheng Hoo

Kalau kamu cari tempat wisata di Jember selain pantai, kamu bisa mampir dan menikmati kemegahan tempat bersejarah Masjid Cheng Hoo. Masjid ini punya desain arsitektur yang unik serta warna merah cerah yang berbeda dari masjid lainnya.

8. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Dengan tinggi sekitar 50 hingga 70 jika diukur dari atas lembah, kemegahannya tiada duanya. Pohon-pohon yang rimbun mengelilingi area ini sehingga pemandangannya pun semakin spektakuler. Karena terletak di antara dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, kamu bisa berangkat dari dari Malang maupun Lumajang untuk mencapai tempat ini.

9. Gunung Bromo

Di Indonesia, bisa dibilang Gunung Bromo adalah salah satu favorit wisatawan maupun warga domestik. Untuk kamu yang hobi mendaki, kamu bisa mendaki hingga ke puncak dan menikmati pemandangan indahnya dari atas. Tapi, jika kamu tidak ingin mendaki pun, kamu bisa sewa jip untuk ke area di sekitar gunung. Di sana, kamu bisa menunggang kuda, atau sekedar berfoto-foto dengan latar belakang yang keindahannya tiada duanya. Kenakan jaket saat ke sini karena udaranya cukup dingin.

10. Kawah Ijen

Tak jauh dari Jember, kamu bisa berkunjung ke Kawah Ijen. Tempat wisata di Banyuwangi ini menjadi salah satu destinasi yang terkenal para wisatawan domestik dan mancanegara. Soalnya, dengan harga yang murah, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang disuguhkan Gunung Ijen.

Panorama alam yang bisa kamu lihat adalah fenomena blue fire atau api biru di Kawah Ijen. Fenomena ini terletak di sebuah danau kawah yang sangat masam dan berada di kedalaman sekitar 200 meter.

11. Funworld Sun East Mall Genteng

Tempat wisata di Banyuwangi ini menghadirkan arena rekreasi dan hiburan keluarga yang lengkap dan seru, suasana yang aman dan nyaman, dan pelayanan yang ramah serta profesional untuk segala usia. Untuk melengkapi keseruanmu, kamu bisa beli saldo kartu Funcard Funworld dengan penawaran harga yang murah di tiket.com! Tempat wisata ini pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

12. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan juga merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal. Pulau tersebut terletak kira-kira 20 kilometer dari kota Banyuwangi. Kamu bisa datang ke sana dengan cara menaiki perahu yang disewakan untuk menyebrang ke Pulau Tabuhan. Di pulau yang luasnya sekitar lima kilometer persegi ini, kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir putih dan terumbu karang lepas pantai.

13. Bangsring Underwater

Setelah ke Pulau Tabuhan, kamu bisa melipir ke Pantai Bangsring dan menyusuri indahnya bawah laut Banyuwangi di Bangsring Underwater yang merupakan area konservasi biota laut. Tempat wisata hits dibangun oleh para nelayan yang prihatin dengan terumbu karang yang rusak akibat penggunaan bom dan potasium. Terdapat delapan buah keramba yang berisi berbagai macam hewan laut, seperti sergeant major, lion fish, nemo, penyu, serta ikan hiu yang sudah dijinakkan.

14. Teluk Hijau

Kota Banyuwangi seperti tiada habisnya menyimpan jutaan pesona wisata yang sangat cantik. Salah satu kecantikan alam yang bisa kamu lihat langsung di kota ini adalah Teluk Hijau, sebuah tempat wisata di Banyuwangi berupa pantai dengan air laut berwarna hijau.

Menariknya, air laut yang berwarna hijau tersebut berada di tepian pantai yang kemudian semakin ke tengah warnanya berubah menjadi biru cerah. Ditambah dengan pasir putih, kamu pasti bisa dengan mudah mendapatkan foto yang instagrammable di sini.

15. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang penuh dengan pepohonan dan belakangan ini menjadi semakin populer dikunjungi oleh wisatawan. Bagaimana tidak, di sini kamu bisa merasakan seolah sedang berada di dalam film The Lord of The Rings. Pohon trembesi yang sangat banyak dan besar di sini tadinya dimanfaatkan untuk menjadi area resapan yang dikelola oleh perhutani Banyuwangi. Namun nyatanya, pohon-pohon tersebut malah membuat tempat ini menjadi sangat eksotis untuk dijadikan tempat berburu spot foto instagrammable.

16. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah tempat wisata di Banyuwangi selain pantai berupa padang savana yang sangat luas di mana kamu juga bisa melihat banyak satwa liar. Tempat wisata hits ini juga sangat dikenal dengan sebutan Africa van Java. Di tempat ini kamu bisa melihat sekitar 26 jenis hewan mamalia dan 155 jenis burung, yang beberapa di antaranya merupakan satwa langka.

17. Taman Srijantung

Beralih ke tempat wisata di Banyuwangi yang dekat kota, ada sebuah taman yang terkenal bernama Sritanjung. Taman ini juga menjadi ikon Kota Banyuwangi yang terkenal. Di sini kamu bisa bersantai bareng teman-teman atau keluarga sambil menikmati sore. Tempatnya yang sangat terjaga kebersihannya serta banyak tanaman hijau membuat tempat ini cocok untuk berburu foto instagrammable.

18. Pantai Boom

Nah, ini dia tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal dengan pemandangan apiknya. Sebelumnya pantai ini adalah sebuah pelabuhan. Kemudian kini tempat ini menjadi semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga turis asing. Di sini kamu bisa mendapatkan foto siluet menghadap ke arah matahari yang terbenam di ujung laut yang ada di barat. Tak hanya itu, kamu bisa juga berpose di ayunan yang tersedia di pantai. Dijamin, kamu pasti bisa dapat foto instagrammable.

19. Pulau Merah

Tak kalah dengan Bali, Kota Banyuwangi juga memiliki banyak koleksi wisata pantai yang terkenal. Bahkan ada pantai yang menjadi incaran banyak wisatawan asing karena ombaknya yang bisa digunakan untuk olahraga selancar. Tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini juga menawarkan aktivitas seru lain selain berselancar. Beberapa di antaranya adalah memancing, snorkeling, mendaki bukit, bermain pasir, dan tentu saja foto-foto instagrammable.

20. Gudeg Lumintu

Enggak hanya Yogyakarta aja loh yang punya gudeg, ternyata Jember juga punya gudeg yang spesial. Adalah Gudeg Lumintu yang merupakan kuliner legendaris sejak 1968 yang wajib kamu coba. Gudeg ini dipadukan dengan pecel khas Jawa Timur yang pastinya bikin ngiler.

21. Mie Pangsit Rama

Tempat makan legendaris lainnya yang wajib dikunjungi adalah Mie Pangsit Rama. Berdiri sejak tahun 1969, kuliner ini jadi favorit para pecinta mie. Tekstur mie yang kenyal, gurih, dan daging ayam cincang yang melimpah dijamin bikin kamu ketagihan.

22. Bebek Mbeling

Bebek Mbeling bisa jadi referensi tepat saat cari tempat makan keluarga yang punya banyak pilihan menu. Selain olahan bebek yang jadi menu andalannya, cobalah memesan kuliner lainnya tak kalah enak, seperti puyuh kuah kuning pedas, kangkung teri, tempe dan tahu bakar, serta aneka macam sambalnya.

23. Mie Gacon Jember

Buat kamu pecinta kuliner pedas wajib mampir nih! Mie Gacoan punya olahan mie dengan beberapa level pedas. Yang jadi pembeda, tempat makannya nyaman dan unik banget karena dibuat mirip taman lengkap dengan rumput sintetisnya. Jadi berasa lagi piknik, deh.

24. Roti Bakar Tjiliwoeng

Roti Bakar Tjiliwoeng cocok untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati sajian kuliner khas Jember. Tempat makan ini menyuguhkan aneka roti, seperti roti bakar green tea, roti bakar keju, tunamayo, dan lainnya.

25. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok merupakan salah satu wisata kuliner Jember yang sudah melegenda. Soto ini tetap ramai dicari walaupun sudah berdiri begitu lama. Berlokasi di Jalan Fatahilah, tempat makan Soto Ayam Dahlok buka dari pagi hingga malam.

26. Depot Jawa Timur

Tempat makan ini menyuguhkan kuliner khas nasi langgi yang lengkap. Satu porsi kuliner ini terdapat nasi, daging sampi bumbu bali, sambal goreng tempe, telur asin, petis, sambal goreng kentang, mentimun, dan abon sapi.

27. Resto Legian

Salah satu restoran yang terkenal di Jember adalah Resto Legian. Restoran yang awalnya khusus menghidangkan pilihan menu seafood ini sekarang juga menawarkan kuliner lain seperti cap cay, mie, dan yang paling spesial adalah iga bakarnya. Resto Legian ini adalah salah satu tempat makan yang populer di Jember dengan banyak varian menu kuliner yang ditawarkan dengan harga yang murah.

28. Jatim Park 1, 2, dan 3

Tidak jauh juga dari Jember, kamu bisa eksplor tempat wisata hits di Malang. Jatim Park adalah salah satu tempat wisata di Malang yang menjadi destinasi utama saat baru tiba di Malang. Terletak di Kota Batu, taman wisata ini terbagi menjadi 3. Jatim Park 1 cocok untuk wisata anak atau wisata keluarga karena ada banyak wahana permainan untuk si kecil. Jatim Park 2 lebih besar dengan tambahan Museum Satwa, kebun binatang, dan juga hotel besar berbentuk pohon. Dan yang terbaru, Jatim Park 3, mengambil tema dinosaurus dan zaman purba, sehingga cocok untuk edukasi sejarah dan juga foto-foto.

29. Alun-Alun Malang

Untuk bersantai di tengah kota, kamu bisa ke ruang publik outdoor yaitu Alun-Alun Malang. Areanya termasuk sangat luas dengan fasilitas yang lengkap, seperti jalur pejalan kaki untuk kamu yang ingin jalan atau jogging santai, dan juga area bermain anak-anak. Tempat ini juga rindang dan cocok untuk foto-foto instagrammable.

30. Museum Angkut

Sesuai dengan namanya, museum ini memamerkan berbagai koleksi angkutan yang keren, terutama mobil-mobil klasik yang masih dalam keadaan sangat bagus. Karenanya, tempat ini sering dianggap salah satu spot instagrammable terbaik di Malang.

Cara Menuju ke Jember

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Jember adalah dengan:

Kereta

Jika kamu berangkat dari kota-kota di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, dan Solo, kamu bisa menggunakan moda transportasi kereta api dan turun di Stasiun Gubeng, Surabaya. Dari Stasiun Gubeng, lanjutkan perjalanan kereta Mutiara Timur Siang atau Mutiara Timur Malam untuk mencapai Kota Jember. Tarif yang dipatok dari Surabaya ke Jember pun mulai dari Rp 120.000.

Bus

Jika kamu berangkat dari Pulau Jawa atau Sumatera, kamu bisa menggunakan moda transportasi bis yang tersedia dengan tujuan akhir Terminal Tawang Alun, Jember. Meskipun durasi mencapai Jember lebih lama, namun soal tarif lebih murah.

Akomodasi di Jember

Jember menyediakan banyak jenis akomodasi, mulai dari yang mewah hingga yang lebih terjangkau harganya. Selain hotel, kamu bisa dengan mudah menemukan villa, apartemen, dan homestay. Pesan hotel di Jember melalui tiket.com sekarang untuk harga terbaik!

Spot Instagram-able di Jember

Buat kamu para pecinta foto instagramable, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini, yaitu Pantai Payangan, Air Terjun Tancak Tulis, Pantai Puger, Air Terjun Antrokan, Pantai Papuma, Air Terjun Maelang, Pantai Rowo Cangak, Wana Wisata Simbat, Pantai Paseban, dan Bukit Sucopangepok atau yang dikenal Bukit SJ88.

Kuliner di Jember

Mengunjungi tempat wisata di Jember kurang lengkap kalau kamu belum mencicipi kuliner khasnya yang unik. Sejumlah kuliner yang patut kamu cicipi, yakni Ketan Jompo (ketan yang disajikan di atas daun pisang), tahu telur bangka (tahu telur yang disajikan dengan nasi dan disiram saus kacang), ayam rempah (ayam rempah yang disajikan dengan sambal bawang dan menciptakan cita rasa pedas), dan pecel lumintu (nasi campur yang menggabungkan nasi gudeg dan nasi pecel).

Makanan Vegan/Vegetarian

Makanan khas Jember memang kebanyakan mengandung daging. Namun, kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran atau kafe yang menyajikan khusus makanan vegan dan vegetarian. Menunya tidak selalu makanan khas Jember tanpa daging atau yang dagingnya diganti, tapi bisa juga makanan Indonesia lain atau makanan chinese dan western.

Belanja di Jember

Selain obyek wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan tempat berbelanja di Jember. Pusat perbelanjaan yang menjadi tempat favorit para pelancong, yakni Roxy Square Jember, Lippo Plaza Jember, Transmart Jember, Pasar Jeruk, Pasar Mangli, dan Pasar Tanjung.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Jember

Musim

Jember hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Festival

Selain obyek wisatanya yang menarik, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan di Jember. Salah satunya adalah mengunjungi festival-festival yang asyik. Sejumlah festival yang digelar rutin setiap tahun di Jember, yakni Jember Fashion Festival dan Festival Egrang Tanoker.

Jember Fashion Festival diadakan setiap Juli hingga Agustus. Festival ini dihelat dengan tema yang berbeda-beda. Kamu akan disuguhkan dengan karnaval busana tingkat internasional yang pusat acaranya berada di jalan utama Kota Jember. Sejumlah tema yang pernah diangkat di Jember Fashion Festival, di antaranya anxiety and spirit of the word tahun 2006 dan world unity tahun 2009.

Selain Jember Fashion Festival, ada juga Festival Egrang Tanoker yang diselenggarakan setiap September. Dalam acara ini, kamu akan melihat bagaimana peserta karnaval berjalan bukan dengan sandal atau sepatu, melainkan egrang. Egrang merupakan permainan tradisional khas Jember yang masih dilestarikan hingga kini.

Cara Berkeliling di Jember

Angkutan kota maupun bis mudah ditemukan dan menjadi transportasi andalan untuk kamu berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jember. Sejumlah angkutan kota yang beroperasi memiliki beberapa rute, seperti Terminal Tawangalun menuju Arjasa; Pakusari; dan Gladak Pakem.

Kendati demikian, cara paling mudah untuk menjelajahi tempat wisata di Jember adalah menggunakan mobil. Jika tidak membawa mobil pribadi, kamu bisa memanfaatkan sewa mobil di Jember melalui tiket.com. Selain pilihan mobilnya yang lengkap, harganya juga terjangkau.

Seberapa Luas Jember

Dengan luas 3.293 kilometer persegi, kamu membutuhkan waktu tiga hingga empat hari untuk mengeksplorasi tempat wisata di Jember. Sejumlah destinasi yang wajib kamu kunjungi, yakni Pantai Pasir Putih Malikan, Pantai Watu Ulo, Teluk Love, Taman Edukasi Botani, Perkebunan Teh Gunung Gambir, Kawasan Puncak Rembangan, Taman Nasional Meru Betiri, dan Wisata Agro Glantangan.

Mata Uang Jember

Rp (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Jember

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Jawa.

Zona Waktu Jember

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Jember

Jenis stop kontak di Jember dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Jember

  1. Gunakan tabir surya dan pakaian ganti jika ingin menikmati wisata pantai di Jember.
  2. Lebih hemat jika menggunakan moda transportasi bis dari Surabaya menuju Jember.
  3. Memastikan agenda wisata Kota Jember untuk diselaraskan dengan agenda liburanmu.
  4. Jangan minum air keran di Jember karena umumnya tidak bersih untuk diminum.
  5. Jangan membuang sampah dan puntung rokok sembarangan.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya