Gianyar
Tentang

Sobat tiket sudah rindu liburan, dan ingin menghabiskan waktu liburan di Bali? Tentunya Bali bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan dan mengesankan bagi siapapun. Banyak sekali tempat-tempat indah di Bali yang bisa kamu eksplor dengan pengalaman yang berbeda-beda.

Kamu bisa pergi ke pantai-pantai yang ada di Bali untuk bersantai, berenang, berselancar, ataupun untuk berjemur. Pantai di Bali memang menjadi favorit destinasi oleh wisatawan asing yang ingin berjemur. Namun, keindahan pantainya pun tidak menutup kemungkinan untuk bisa dinikmati dan diabadikan dalam sebuah foto dan video,

Salah satu kabupaten di Bali yang patut untuk kamu kunjungi adalah Gianyar. Gianyar sendiri dikenal sebagai pusat budaya ukiran di Bali. Sehingga kamu bisa menemukan banyak sekali pengrajin seni ukir di Bali yang menjajakan hasil karyanya.

Berbicara soal Bali dan Gianyar, tentu tidak terlepas dari tempat wisata instagramable. Gianyar memiliki sederet tempat wisata instagramable yang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja. Misalnya seperti Bukit Campuhan, Desa Wisata Ubud, Taman Nusa, Pura Taman Saraswati, Hidden Canyon Beji Guwang, Air Terjun Tegenungan, dan masih banyak lagi.

Sekarang, kamu nggak perlu bingung untuk menentukan tempat menginap saat di Gianyar. Karena dengan tiket.com, kamu bisa menemukan berbagai pilihan kamar hotel di hotel berbintang yang bisa menjadi akomodasi kamu selama di Gianyar.

Kamu juga bisa pesan tiket pesawat dan juga tiket masuk tempat wisata di tiket.com. Hanya perlu instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu untuk menemukan penawaran terbaik dari tiket yang kamu inginkan.

Ke mana pun di Gianyar akan lebih mudah jika kamu bisa sewa mobil di Gianyar di tiket.com. Selain lebih efisien dalam soal waktu, tentu kamu bisa hemat dalam soal bujet wisata. Jadi, perjalanan liburan kamu di Gianyar akan terasa semakin berkesan dan menyenangkan.

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Gianyar

Informasi mengenai tempat wisata di Gianyar.

Apa itu tiket CLEAN di Gianyar?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Gianyar tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Gianyar yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Gianyar

Gianyar adalah sebuah kabupaten di Bali yang merupakan pusat budaya ukiran di Bali. Selain itu, kabupaten ini juga terkenal akan aktivitas-aktivitas serunya, seperti arung jeram di Sungai Ayung, menyaksikan margasatwa dari dekat di Bali Safari & Marine Park, besantai dan foto-foto di Tampaksiring Journey, dan berwisata kuliner di malam hari di Pasar Senggol Night Market.

Karena keindahannya, kamu dan pasanganmu bisa memilih tempat ini sebagai destinasi wisata bulan madu. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan tempat ini destinasi wisata keluarga atau solo traveling karena banyaknya tempat wisata untuk segala usia, akses jalan yang mudah, serta warga lokal yang ramah.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Gianyar

Gianyar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini!

1. Hidden Canyon Beji Guwang

Tempat wisata yang jarang diketahui di Gianyar adalah Hidden Canyon Beji Guwang. Sesuai namanya, tempat ini cukup terpencil dan butuh usaha untuk mencapainya. Tapi tenang saja, begitu kamu sampai di tempat ini, semua usahamu akan terbayar lunas dengan keindahan yang disuguhkan.

2. Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng adalah tempat wisata terbaru di Bali. Dikarenakan lokasinya yang jarang diketahui dan cukup tersembunyi oleh banyak orang. Yang menarik dari air terjun ini adalah aliran airnya yang tidak langsung jatuh dari atas ke bawah seperti air terjun pada umumnya, tetapi mengalir melalui bebatuan yang tak curam. Kenapa dinamakan Air Terjun Goa Rang Reng? Karena di bagian atas dari air terjun ini terdapat gua bernama Goa Rang Reng.

3. Air Terjun Kanto Lampo

Selain Air Terjun Goa Rang Reng, ada juga Air Terjun Kanto Lampo yang nggak kalah keren. Tempat wisata di Gianyar ini lokasinya juga cukup tersembunyi sehingga belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Pas banget buat kamu yang pengen dapetin foto instagramable. Bentuk air terjun ini juga nggak terlalu berbeda jauh dengan Goa Rang Reng, dengan undakan bebatuan, namun di sini lebih curam.

4. Bukit Campuhan

Mungkin kamu pernah menemukan satu foto di media sosial di mana orang berpose di hamparan ladang hijau yang sangat luas. Lalu kamu bertanya, “ini di mana, ya?” Jawabannya adalah Bukit Campuhan. Tempat wisata di Gianyar ini sangat terkenal sebagai salah satu spot yang instagrammable banget di Bali. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di pagi atau sore hari, di mana kamu bisa dapetin golden hour buat foto-foto. Pastinya, jangan sampai kamera kamu ketinggalan, ya!

5. Pura Taman Saraswati

Selanjutnya, ada kolam bunga teratai cantik berwarna merah muda yang dapat kamu nikmati di Pura Taman Saraswati. Enggak hanya itu, masih banyak spot menarik dari tempat peribadatan ini. Salah satunya jembatan penghubung area luar dan area utama pura. Deretan patung yang berdiri kokoh di pinggir jembatan, serta bunga kamboja yang menghiasi kolam dapat kamu temukan di jembatan ini. Setelah itu matamu juga akan dimanjakan dengan kemewahan arsitektur gerbang utama pura yang dihiasi dengan ornamen emas yang instagrammable.

6. Goa Gajah

Mau jalan-jalan kamu terasa berbeda dan lebih berkesan saat di Bali? Wisata yang satu ini juga menjadi tempat wisata yang terkenal di Bali loh. Goa Gajah merupakan goa menjadi tempat ibadah yang masih aktif untuk umah Hindu di Bali. Begitu memasuki Goa Gajah ini, kamu akan melihat artefak-artefak peninggalan Hindu dan Budha yang begitu menarik. Kamu yang mau datang ke tempat wisata di Gianyar ini wajib banget menggunakan busana yang sopan dan menjaga tata krama ya.

7. Sacred Monkey Forest Ubud

Tempat wisata di Ubud ini cocok banget untuk wisata keluarga dan wisata anak. Di sini, kamu bisa melihat banyak kera dan berinteraksi maupun foto-foto. Suasana destinasi wisata hits ini juga nyaman karena dikelilingi hutan serta tiga pura, yakni Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Beji, dan Pura Prajapati.

8. Tegalalang Rice Terrace

Ingin menikmati udara segar sekaligus melihat pemandangan persawahan? Wajib banget datang ke Tegalalang Rice Terrace yang menyita perhatian karena undakan yang bentuknya unik.

9. Sungai Ayung

Jalan-jalan di Bali belum lengkap rasanya kalau belum coba arung jeram di Sungai Ayung! Merupakan sungai terpanjang di Bali, Sungai Ayung cocok untuk kamu yang masih pemula atau level medium. Sungai kelas I-III ini punya kedalaman rata-rata 1-2 meter.

Untuk kamu yang berjiwa petualangan dan sedang mencari aktivitas asyik bersama teman-teman, langsung saja ke Sungai Ayung yuk!

10. Ubud Tradisional Spa

Kadang, untuk berelaksasi, tidak cukup hanya sekedar memesan layanan spa dan pijat, tapi juga perlu pemandangan dan suasana yang rindang. Di Ubud Tradisional Spa, selain tersedia pilihan paket yang lengkap dengan harga terjangkau, kamu juga akan dimanjakan dengan lokasi yang cantik. Lokasinya adalah sekitar 4 km dari arah Barat Ubud, tepatnya di desa tradisional kecil Payogan. Tempat wisata di Ubud ini juga terkenal sebagai rute trekking Campuhan Ridge, loh! Signature massage di sini adalah Rice Farmer Massage yang cocok untuk kamu yang menyukai pijat dengan tekanan kuat.

11. Alas Harum Agro Tourism

Jika di Tegalalang Rice Terrace kamu hanya bisa memandang indahnya sawah dari daratan, di Alas Harum Agro Tourism kamu bisa lihat pemandangan sawah khas Tegallalang dari ketinggian. Sebab, kamu bisa berkunjung ke salah satu spot foto instagrammable, yakni Dancing Bridge untuk melihat persawahan indah yang dibelah oleh aliran sungai. Ada juga spot instagrammable Glass Flooring yang membuatmu melihat sawah Tegalalang di atas lantai kaca yang terbilang cukup tinggi.

12. Air Terjun Tegenungan

Tempat wisata di Ubud ini merupakan air terjun setinggi 40 meter yang sumber mata airnya berasal dari Sungai Tukad Petanu. Di sini, spot yang terkenal adalah ayunan dan jembatan kecil yang suka dijadikan pelancong untuk foto-foto instagrammable. Selama perjalanan menuju area air terjun, kamu akan menemui sebuah bangunan yang menjorok ke arah tebing. Kamu bisa menuju bangunan yang merupakan gardu pandang untuk melihat Air Terjun Tegenungan dari jauh.

13. Munduk Asri

Buat kamu yang ingin melihat susunan akar yang unik, kamu bisa berkunjung ke Munduk Asri. Tempat wisata di Gianyar ini memiliki susunan akar yang berasal dari pohon tua dan dikelilingi lumut serta rerumputan hijau. Setiap akar raksasa yang ada di sana sudah ditata sedemikian rupa. Suasana yang tercipta mungkin membuatmu ingat akan film fantasi. Selain menawarkan pemandangan lingkungan yang asri dan udara sejuk, kamu bisa memanfaatkan beberapa spot foto instagrammable seperti rumah-rumah kecil berbentuk unik.

14. Ubud Palace

Saat malam hari, Ubud Palace akan menjadi sebuah panggung megah untuk pagelaran tarian tradisional. Tempat wisata di Gianyar yang terkenal sebagai Puri Saren Agung ini terletak di pusat Ubud. Gerbangnya megah khas Bali, enggak heran kalau Ubud Palace selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Terdapat pula taman dan ukiran hias yang menambah keindahannya.

15. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul jadi objek wisata yang wajib dikunjungi jika ingin mencari kedamaian dan ketenangan selama liburan. Tirta Empul yang berarti mata air suci memiliki legendanya sendiri. Mata air yang ada di pura ini dipercaya menjadi sumber penyembuhan dan pembersihan.

16. Agung Rai Museum of Art

Mencari tempat wisata keluarga atau wisata anak? Wajib banget nih datang ke Agung Rai Museum of Art. Museum ini kerap menjadi lokasi pagelarang acara budaya, seperti tarian dan musik tradisional. Kamu pun bisa melihat beragam hasil karya seniman yang terkenal asal Indonesia.

17. Pasar Seni Ubud

Saatnya berburu oleh-oleh di Pasar Seni Ubud! Kamu bisa berbelanja kaos-kaos unik, patung, ukiran, atau kerajinan tangan lainnya dengan harga yang murah.

18. Nasi Tahu

Berencana ke Pasar Seni Sukawati? Jangan lewatkan wisata kuliner dengan menyantap nasi tahu di sebelah pasar ini. Satu porsi kuliner ini terdiri dari nasi, tahu goreng, sayur urap kacang panjang yang dicampur kelapa parut, kerupuk tahu, serta sambal terasi. Sekalinya nyoba, yakin deh kamu bakal ketagihan!

19. Nasi Campur Bali

Seusai keliling berbagai tempat wisata di Gianyar, pastinya kamu butuh asupan energi nih. Jika kamu berada di kawasan Ubud, mampirlah ke tempat makan Warung Tegas. Di sini, terdapat nasi campur yang terdiri dari dua varian, yaitu tanpa atau dengan tambahan daging babi. Cita rasa yang unik dari menu ini adalah sambal pedasnya. Ada campuran daun kecicang yang merupakan tumbuhan khas Pulau Dewata.

20. Nasi Tepeng

Menu berikutnya yang merupakan kuliner khas Gianyar adalah Nasi Tepeng. Makanan ini terbilang cukup susah ditemukan karena tidak banyak penjualnya. Nasi Tepeng sendiri merupakan kuliner pedas yang kaya akan rempah. Teksturnya sedikit mirip dengan bubur. Sementara lauknya terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, hingga kelapa parut dan disajikan di atas daun pisang. Penasaran dengan rasanya? Mampirlah ke Pasar Umum Gianyar saat malam hari. Jika beruntung, kamu dapat menemukannya di pasar tersebut.

21. Topot

Kuliner lainnya di Ubud yang akan bikin kamu ketagihan adalah Topot. Makanan ini terbuat dari beras, garam, dan minyak kelapa asli yang dibungkus dengan daun bambu. Topot biasanya disuguhkan dengan serundeng kelapa dan rasanya nendang banget.

22. Desa Wisata Ubud

Tempat wisata di Gianyar yang terkenal adalah Desa Wisata Ubud. Kawasan Ubud merupakan pusat seni dan budaya di Bali. Ada banyak sekali seniman berbakat dari sini. Di Desa Wisata Ubud ini kamu juga akan disuguhkan pesona alam yang sangat indah. Hamparan sawah dan hutan sangat asri bisa kamu temui di sini. Desa Wisata Ubud merupakan tempat wisata di Gianyar yang lengkap, perpaduan alam dan penampilan seni bisa kamu nikmati sekaligus sehingga cocok untuk wisata anak atau wisata keluarga.

23. Taman Nusa

Tempat wisata di Gianyar yang terkenal selanjutnya adalah Taman Nusa. Destinasi wisata hits ini merupakan sebuah taman yang memiliki konsep wisata tentang budaya yang ada di Indonesia. Kamu dapat menemukan beragam informasi mengenai kebudayaan dan suku dari Sabang hingga Merauke. Tata ruang di Taman Nusa berlatar belakangkan alam dan pegunungan.Taman Nusa cocok untuk wisata keluarga dan wisata anak karena memiliki informasi yang sangat atraktif sehingga anak-anak mudah memahami informasi yang dijelaskan.

24. Bali Bird & Reptile Park

Buat kamu dan keluarga yang suka dengan burung dan reptil, kamu bisa mengunjungi Bali Bird & Reptile Park. Di sini kamu akan menemukan sekitar 1.000 ekor unggas dan 250 spesies reptil. Selain menyaksikan beraneka ragam burung dan reptil, ada juga edukasi tentang pengetahuan seputar perkembangbiakan. Kamu juga bisa lebih dekat dengan burung-burung cantik yang eksotis.

25. Bali Zoo

Objek wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Bali Zoo. Di sini kamu dan keluarga dapat bermain dengan binatang. Kamu juga akan dimanjakan dengan fasilitas lain yang sudah disediakan, seperti Miniapolis Jungle Waterplay.

26. Sekar Bumi Farm

Sekar Bumi Farm merupakan mascot agrowisata di Gianyar. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, ,ulai dari outbond, berkemah, jungle, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan daerah Payangan ini memiliki potensi alam yang sangat baik. Maka dari itu, tumbuhan yang ditanam selalu tumbuh dengan baik di sini. Tempat wisata di Gianyar ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas penat. Pemandangan dan udara sejuk sangat mendukung kamu untuk refreshing dan menikmati liburan bersama teman dan keluarga.

27. Pasar Seni Sukawati

Ketika berkunjung ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya apabila tidak berbelanja buah tangan atau oleh-oleh khas daerah tersebut. Untuk membeli oleh-oleh di Gianyar, kamu bisa mengunjungi Pasar Seni Sukawati. Di sini kamu dapat belanja aneka kerajinan khas Bali, camilan, hingga baju-baju.

28. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park yang wajib dikunjungi bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan sambil menambah pengetahuan. Ada cukup banyak binatang yang ada di sini. Di sini kamu akan bertemu dengan binatang dari penjuru dunia. Ada sekitar 80 spesies dan 400 ekor binatang yang terdiri dari tiga negara seperti Indonesia, India, dan Afrika.

29. Pantai Lebih Gianyar

Wisata Pantai Lebih Gianyar berada di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Lebih, Kecamatan Gianyar. Pantai ini memiliki ombak besar dan pasir hitam. Sambil menikmati Sunset, kamu dapat menikmati aneka kuliner yang dijajakan pedagang.

30. Kemenuh Butterfly Park

Objek wisata keluarga yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Kemenuh Butterfly Park. Keindahan berbagai miniatur kupu-kupu menjadi ciri khas dari objek wisata ini, anak-anak pasti sangat senang jika diajak kesana.

Cara Menuju ke Gianyar

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Gianyar adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Pulau Bali, kamu bisa menggunkan pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju Gianyar selama 1.5 - 2 jam menggunakan kendaraan sewa atau bus jurusan Gianyar.

Bus

Jika kamu berangkat dari area lain di Bali, cara termudah untuk ke Gianyar adalah menggunakan shuttle bus, seperti Kura-Kura Bus. Bus ini umumnya berhenti di obyek wisata, mal, restoran, atau toko terkenal di Bali.

Akomodasi di Gianyar

Karena lokasinya yang strategis, kamu bisa dengan mudah menemukan hotel dan resor mewah bintang 5 di Gianyar. Pesan sekarang di tiket.com mulai dari Rp680.000,-.

Namun, karena Gianyar sangat populer di semua kalangan turis, kamu juga bisa dengan mudah menemukan akomodasi jenis lain, seperti apartemen, villa, atau hotel budget. Umumnya, hotel-hotel ini terletak lebih jauh dari lokasi wisata atau menawarkan kamar yang lebih sederhana.

Spot Instagram-able di Gianyar

Gianyar memiliki banyak lokasi wisata outdoor yang bisa menjadi destinasimu saat berburu foto-foto wisata yang keren. Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Tegenungan, Bukit Campuhan, Desa Wisata Ubud, Taman Nusa, Pura Taman Saraswati, Air Terjun Goa Reng Reng, Pura Tirta Empul, dan Candi Gunung Kawi.

Kuliner di Gianyar

Gianyar memiliki sejumlah makanan lokal lezat yang wajib kamu coba. Beberapa di antaranya adalah Nasi Tepeng (kuliner pedas yang kaya akan rempah ditambah kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut), Topot (terbuat dari beras, garam, dan minyak kelapa asli yang dibungkus dengan daun bambu kemudian dikukus hingga 4 jam dengan cara tradisional), Ayam Betutu Gianyar (ayam betutu yang dibungkus dalam upih atau pelepah pinang kemudian dibakar dalam bara sekam selama 12 jam), Nasi Tahu (terdiri dari nasi, tahu goreng, sayur urap kacang panjang yang dicampur kelapa parut, kerupuk tahu, serta sambal terasi), dan Nasi Campur Bali (terkenal karena sambal pedasnya serta bisa ditambah daging babi atau tidak).

Untuk lokasi wisata kuliner, kamu bisa berkunjung ke Gianyar Night Market. Pasar malam ini telah berkembang menjadi tujuan utama bagi penduduk lokal dan wisatawan yang ingin berwisata kuliner. Favorit para pengunjung adalah adalah babi guling, ayam panggang, sate ayam, sate domba, makanan ringan, dan makanan penutup tradisional Bali.

Makanan Vegan / Vegetarian

Menjadi destinasi wisata utama turis internasional dari latar belakang yang bervariasi, Gianyar memiliki banyak restoran dan kafe vegetarian dan vegan. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan hidangan vegan dan vegetarian di restoran-restoran biasa.

Belanja di Gianyar

Gianyar memiliki berbagai jenis pasar yang menjual produk-prouduk lokal. Di antaranya adalah Pasar Seni, Pasar Sukawati, dan Arta Sedana Gianyar.

Pasar Seni yang berlokasi di daerah Ubud menjual beraneka ragam kerajinan lokal, mulai dari pernak-pernik, lukisan, anyaman, serta pakaian ciri khas Bali. Sedangkan Pasar Sukawati merupakan tempat ideal untuk berbelanja oleh-oleh khas Bali seperti pernak-pernik, lukisan, tas, sandal, anyaman, patung, selimut, cangkir, pakaian, dan banyak lagi. Di Arta Sedana Gianyar, kamu bisa menemukan banyak produk lokal dengan harga terjangkau.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Gianyar

Musim

Gianyar hanya mengalami 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Untuk momen wisata terbaik, sebaiknya kamu berkunjung pada bulan September (cuaca masih hangat dan belum masuk musim hujan) atau bulan November (untuk menghindari keramaian turis).

Suhu Rata-Rata

Di musim hujan (akhir dan awal tahun), suhu rata-rata di sini adalah 23°C (73.4°F). Sedangkan di musim panas (pertengahan tahun), suhu rata-rata di sini adalah 28°C (82.4°F).

Festival

Gianyar menghadirkan berbagai festival seru setiap tahunnya. Salah satunya adalah Festival Tepi Sawah. Diadakan setiap tanggal 6-7 Juli, acara ini menampilkan berbagai pertunjukan seni yang dikemas dengan konsep ramah lingkungan. Festival ini juga menghadirkan seniman-seniman dari berbagai cabang seni untuk berkolaborasi dan berkarya dalam kebersamaan.

Kemudian, bagi kamu yang berniat berwisata kuliner, Gianyar menawarkan Gianyar Culinary Festival, yang merupakan sebagian rangkaian dari perayaan HUT Kota Gianyar. Acara ini bertujuan mengembalikan orientasi warga ke alam di mana kaki berpijak. Semuanya dimulai dari masing-masing individu dengan menghargai buah lokal, menghijaukan lingkungan, dan mengenali potensi alam sekitar.

Cara Berkeliling di Gianyar

Kamu tidak akan banyak menemukan transportasi umum di Gianyar dan Bali. Mode transportasi favorit para wisatawan adalah sewa motor. Hal ini karena biayanya lebih terjangkau serta ukurannya yang lebih kecil dari mobil sehingga mudah menyalip di kemacetan. Namun, untuk kamu yang pergi bersama rombongan besar, sewa mobil bisa menjadi pilihan yang tepat. Biasanya tempat wisata di Gianyar yang terkenal memiliki lahan parkir yang luas.

Taksi tentu bisa kamu andalkan meskipun sebaiknya tidak kamu jadikan pilihan utama karena lebih mahal. Selain itu, transportasi online juga sudah tersedia banyak di Gianyar dan Bali.

Ada satu lagi transportasi yang bisa kamu andalkan, yaitu Kura-Kura Bus. Jika kamu sedang berada di Kawasan Ubud, Gianyar, kamu bisa menggunakan bus ini untuk berangkat ke wisata tujuan kamu, baik di area yang sama maupun lebih jauh. Kamu bisa membeli tiket Kura-Kura Bus lebih awal di tiket.com.

Seberapa Luas Gianyar

Gianyar memiliki luas 368 km², dan untuk mengeksplorasinya, kamu perlu menghabiskan sekitar 2 sampai 3 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru di Gianyar, seperti arung jeram di Sungai Ayung, berkunjung ke kebun binatang terbesar di Gianyar, Bali, yaitu Taman Bali Safari and Marine Park, dan mengeksplorasi bangunan sejarah kuno yang merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Bali di Goa Gajah.

Mata Uang Gianyar

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Gianyar

Bahasa utama dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, penduduk lokal masih menggunakan bahasa daerah mereka untuk berkomunikasi sehari-hari, yaitu Bahasa Bali. Karena banyaknya turis internasional, warga lokal cukup fasih berbahasa Inggris.

Zona Waktu Gianyar

WITA / GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Gianyar

Jenis stop kontak di Bali adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Gianyar

  1. Saat berkunjung ke Gianyar, pakaian yang tepat untuk dikenakan adalah celana pendek, rok, kemeja lengan pendek, sepatu jalan yang nyaman, dan kacamata hitam. Kamu juga perlu membawa baju renang, tabir surya, dan ransel. Namun, jangan berkeliling dengan celana renang atau bikini saja, karena ini dianggap kasar.
  2. Untuk tempat wisata pura, turis tidak boleh mengunjungi sampai bagian dalam pura, tapi hanya sampai bagian terluar saja. Bagian dalam pura dikhususkan untuk orang-orang yang akan berdoa.
  3. Jika kamu akan berkunjung ke pura atau tempat suci lainnya, berpakaianlah yang rapi dan sopan serta tertutup. Jika perlu, kamu bisa mengikat rambutmu agar terlihat tidak berantakan.
  4. Jangan mengotori tempat suci dan jagalah sikap dan omongan saat berada di sini.
  5. Untuk menjaga kesucian tempat ibadah, wisatawan wanita yang sedang mengalami menstruasi tidak boleh masuk.
  6. Jangan melangkahi Canang Sari, yaitu sebuah persembahan kepada dewa.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya