Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Pilih jenis tes sesuai kebutuhan

Tes COVID-19 dengan hasil akurat dan direkomendasikan oleh WHO.

Cikarang
Tentang

Cikarang yang berada di Bekasi memang lebih sering dikenal sebagai kota industri dan juga pabrik. Tapi, Cikarang juga punya banyak tempat wisata menyenangkan yang cocok untuk keluarga, loh! Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata modern, seperti Waterboom Lippo Cikarang dan Situ Rawa Binong, kamu bisa menemukan semuanya di sini!


Kota ini bisa jadi pilihan utama untuk kamu yang ingin berwisata singkat di akhir pekan. Hal ini karena lokasinya yang masih di dalam area Jabodetabek, mudah dijangkau menggunakan KRL Commuter Line, dan luas areanya serta jumlah tempat wisatanya yang cukup untuk dieksplorasi selama dua sampai tiga hari. Namun, jika kamu punya waktu lebih, kamu bisa juga melanjutkan perjalanan ke area Bekasi lainnya atau bahkan kota lain di sekitar Bekasi, seperti Bogor, Jakarta, atau Tangerang.


Cikarang sangat cocok untuk kamu yang berwisata bersama keluarga. Ada banyak tempat wisata yang ramah anak di sini. Beberapa bahkan termasuk edukatif sekaligus menyenangkan.


Sebagai kota industri, infrastruktur serta fasilitas umum di sini juga sudah memadai. Kamu tidak akan kesulitan menemukan penginapan yang sesuai dengan budget-mu. Transportasi umum juga tersedia dalam jumlah banyak dengan akses yang mudah serta rute yang lengkap.


Lengkapi rencana perjalananmu ke Cikarang bersama tiket.com! Unduh aplikasi gratis kami dan nikmati proses mudah untuk pesan tiket kereta api, tiket pesawat, tiket masuk tempat wisata, hotel, dan sewa mobil dengan harga terjangkau!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Cikarang

Informasi mengenai tempat wisata di Cikarang.

Apa itu tiket CLEAN di Cikarang?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Cikarang tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Cikarang yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Cikarang

Cikarang yang terletak di area Bekasi memang lebih dikenal sebagai kota industri dan pabrik. Meski begitu, tidak berarti Cikarang tidak patutu dikunjungi! Terutama bagi kamu yang sedang mencari lokasi wisata untuk short weekend getaway dari Jakarta atau area Bodetabek, Cikarang bisa jadi pilihan utama! Ada banyak tempat wisata budaya dan modern yang cocok untuk wisata keluarga bersama anak-anak. Sebut saja Waterboom Lippo Cikarang, Taman Buaya Indonesia Jaya, dan Kampoeng Djamoe Organik.

Karena merupakan kota industri, Cikarang juga memiliki fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal kualitas jalan raya, fasilitas umum, serta transportasi umum di sini!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikarang

Cikarang adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Tak jauh juga dari Cikarang, kamu bisa ke Bekasi yang juga punya banyak tempat wisata hits.

1. Waterboom Lippo Cikarang

Tempat wisata di Cikarang yang wajib dikunjungi pertama adalah Waterboom Lippo Cikarang. Tiket Waterboom Cikarang memberikanmu akses ke berbagai wahana asyik yang cocok untuk segala usia, mulai dari yang memacu adrenalin, menyenangkan untuk anak-anak, hingga yang cocok untuk berelaksasi. Dengan tema "Bali", tempat wisata hits ini dipenuhi dengan pemandangan yang hijau dan rindang, membantumu menikmati waktu liburan lebih baik lagi. Waterboom Lippo Cikarang pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

2. Kampung Djamoe

Tempat wisata di Cikarang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kampung Djamoe. Di sini, anak-anak bisa menambah ilmu pengetahuan tentang jamu atau obat-obatan alami. Destinasi wisata hits ini juga menyuguhkan pemandangan danau buatan dan sawah. Kampung Djamoe cocok banget untuk wisata keluarga atau wisata anak.

3. Saung Ranggon

Ingin melepas penat dari kesibukanmu sehari-hari? Bisa banget nih melipir ke Saung Ranggon. Tempat wisata di Cikarang ini cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak lantaran bisa menambah pengetahuan sejarah yang didirikan abad 16 masehi oleh Pangeran Rangga.

4. Taman Buaya Indonesia

Objek wisata hits ini adalah spot yang cocok untuk mengenal alam dan binatang. Taman Buaya Indonesia memiliki berbagai jenis buaya seperti buaya Irian, buaya sumatra, albino dan masih banyak lagi yang dimana, jumlahnya sekitar 500 ekor buaya.

5. Kota Deltamas

Tempat wisata di Cikarang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kota Deltamas. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti menikmati keindahan danau buatan dan wisata kuliner. Kota Deltamas pun cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

6. Lippo Cikarang Citywalk

Meskipun letaknya di kota, Lippo Cikarang Citywalk bisa jadi alternatif jalan-jalanmu karena tempat wisata hits ini menyuguhkan pemandangan hijau. Tak hanya itu, kamu juga bisa belanja dan berburu barang-barang dengan harga yang murah. Terdapat juga berbagai tempat makan sehingga kamu bisa wisata kuliner juga loh!

7. Taman Sehati

Destinasi wisata keluarga atau wisata anak yang wajib dikunjungi di Cikarang adalah Taman Sehati. Objek wisata ini selalu ramai karena pemandangan dan udara sejuk yang memikat. Tak hanya itu, taman ini pun dilengkapi dengan pemandangan dome flower seperti yang ada di Singapura.

8. Megati Waterpark

Megati Waterpark merupakan salah satu tempat wisata di Cikarang yang bernuansa alam. Waterpark ini mengusung tema alam pedesaan dengan konsep alam terbuka. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga atau wisata anak karena memiliki suasana alam yang sejuk yang dapat menyegarkan tubuh dan otak.

9. Puri Nirwana Waterpark

Wahana bermain selanjutnya yang wajib dikunjungi yaitu Puri Nirwana. Tempat wisata di Cikarang ini cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak yang ingin menikmati berbagai kuliner khas Jawa Barat.

10. Riung Pasundan

Tempat makan ini menyuguhkan konsep kuliner dengan lingkungan yang asri. Bahkan ada pemandangan hamparan sawah yang menyejukkan mata. Riung Pasundan biasanya dijadikan tempat wisata keluarga atau kerabat sambil makan. Kuliner yang disajikan di sini sudah tentu bergaya Sunda. Ada nasi liwet, ayam goreng, ayam bakar, tempe tahu, sayur asem, ikan pecak, hingga gecok ayam.

11. Dapur Coet

Tempat makan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Dapur Coet. Di sini kamu bisa melahap kuliner khas Jawa Barat sembari melihat pemandangan hijau dari tanaman gantung. Kuliner yang wajib dicoba tentunya ayam goreng serundeng, telur dadar cabai hijau, dan aneka sajian jengkol.

12. Raja Cobek

Kuliner khas Sunda yang bisa kamu jumpai di Cikarang juga ada di Raja Cobek. Kuliner yang disajikan pun beragam, seperti ayam goreng, jengkol goreng, tempe goreng, dan sebagainya. Tempat makan ini juga sejuk lantaran di setiap sisinya terdapat tanaman hijau.

13. Alam Sari Deltamas

Tempat makan selanjutnya di Cikarang yang terkenal adalah Alam Sari Deltamas. Di sini, kamu bisa makan dengan santai sambil menikmati pemandangan yang asri. Konsepnya saung dengan pepohonan hijau. Ada juga suasana sawah dan danau kecil.

Pilihan kuliner di sini sangat beragam, seperti olahan ayam hingga seafood, cumi goreng tepung, udang goreng, tumis kangkung, dan lainnya.

14. Rumah makan Mety Putri

Tempat makan satu ini juga tak kalah enaknya. Terdapat banyak saung yang berdiri di danau kecil untuk pemancingan. Di sini kamu juga bisa sekaligus mancing ikan loh!

Kuliner yang disajikan juga khas Sunda. Banyak pilihan menu sajian seafood yang lezat, seperti ikan bakar, ikan gurame asam manis, dan lainnya.

15. Curug Parigi

Untuk tempat wisata alam yang menyegarkan dan juga menawarkan pemandangan indah, kamu bisa ke Curug Parigi! Tempat ini bisa dibilang adalah salah satu spot instagrammable wisata alam utama di Bekasi. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun alirannya cukup deras. Saat matahari terbenam, pemandangannya bahkan lebih cantik lagi!

16. Taman Rusa Kemang Pratama

Taman ini, seperti namanya adalah taman yang menjadi rumah sejumlah ekor rusa tutul. Tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga dan wisata anak karena kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan jinak ini dengan memberinya makan.

17. Taman Buaya Indonesia Jaya

Salah satu tempat wisata hits di Bekasi adalah Taman Buaya Indonesia Jaya. Ada sekitar 500 ekor buaya di sini. Dan kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada pagar besi pembatas antara buaya dan juga pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di gazebo atau bermain di wahana permainan.

18. Rainbow Garden

Dengan tema “eat and play”, kamu dan keluarga bisa mencoba berbagai wahana permainan yang menyenangkan, berfoto di berbagai spot foto yang instagrammable, dan juga menyantap kuliner lokal di tempat makan yang tersedia.

19. Saung Wulan

Saung Wulan adalah restoran yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati kuliner Sunda dengan pemandangan dan lokasi yang cantik. Ada gazebo-gazebo untuk kamu dan rombonganmu bersantap tanpa digabung dengan orang lain. Ada juga persawahan kecil yang menambah keindahan pemandangan. Soal makanannya, tidak perlu diragukan lagi kelezatannya!

20. Trans Snow World Juanda Bekasi

Menikmati wisata salju kini tidak perlu lagi sampai ke luar negeri. Kamu cukup ke Trans Snow World! Tempat wisata di Bekasi ini adalah taman salju indoor yang sudah dilengkapi fasilitas chairlift, area ski, dan juga area untuk membuat boneka salju. Cek harga tiketnya dan pesan sekarang di halaman To Do tiket.com!

21. Hutan Mangrove Muara Gembong

Meski merupakan area perkotaan modern, Bekasi masih memiliki tempat wisata alam hutan bakau. Selain menikmati pemandangan dan juga udara segar di sini, kamu bisa jogging atau jalan-jalan santai sambil berfoto-foto instagrammable di sini.

22. Danau Marakas

Danau buatan yang satu ini merupakan salah satu destinasi utama di malam hari. Meski juga cantik pada pagi hingga sore hari, area ini bertambah indah saat lampu warna-warni menyala di malam hari dan terpantul di danau. Sambil jalan-jalan santai, kamu bisa juga menikmati camilan lokal yang dijual di sekitar danau.

23. Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi

Pura yang satu ini adalah pura Hindu yang berlokasi di Bekasi. Seperti pura-pura Hindu pada umumnya, yang mungkin sering kamu temukan di Bali, arsitekturnya megah dan unik. Merupakan tempat suci dan juga tempat ibadah umat Hindu di Bekasi, kamu wajib berpakaian sopan dan tertutup saat berkunjung, baik untuk beribadah ataupun tidak.

24. Desa Pantai Makmur

Saat tiba di sini, kamu mungkin akan langsung menemukan kemiripan dengan Sumba. Aslinya, tempat ini merupakan daerah persawahan. Namun, setelah tanahnya diuruk, akan terlihat seperti padang rumput yang luas. Ada banyak juga kerbau ternak di sini.

25. Klenteng Hok Lay Kiong

Telah berdiri sejak abad ke-18, klenteng ini merupakan tempat ibadah untuk umat Budha, Kong Hu Chu, maupun Tao yang hingga kini masih berdiri megah. Meski begitu, kamu yang tidak datang untuk beribadah pun diperbolehkan berkunjung. Sebaiknya, gunakan pakaian yang sopan dan tertutup saat ke sini.

26. Go! Wet Waterpark

Go! Wet Waterpark memiliki berbagai macam wahana air yang menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Ingin bersantai? Langsung saja ke kolam Go! Lazy. Ingin memacu adrenalin namun tetap dengan aman, kamu bisa coba persotoran spiral Go! Fast. Selain wahana air, ada juga teater 5D di sini.

27. Pantai Mekar

Pantai yang satu ini menawarkan area terbuka yang luas dengan hamparan pasir dan pemandangan laut yang indah. Kamu bisa jalan-jalan santai, bermain air di pantai, atau membangun istana pasir bersama si kecil di sini.

28. Gedung Juang 45

Bekasi merupakan salah satu lokasi bersejarah dalam masa perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Gedung Juang 45 ini dulunya merupakan kantor pemerintahan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Kemudian, akhirnya gedung ini berhasil diambil alih oleh pihak Indonesia. Kini, gedung yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini telah diubah fungsinya menjadi perpustakaan dan terbuka untuk umum.

29. Bumi Perkemahan Karang Kitri

Untuk kamu yang berjiwa petualang, kamu bisa mencoba camping di Bumi Perkemahan Karang Kitri. Area dengan pemandangan alam yang indah dan asri ini memang sering dijadikan area camping siswa maupun mahasiswa.

30. Pantai Muara Gembong

Pantai yang satu ini sering dijadikan destinasi wisata utama karena pemandangan lautnya yang indah, Hamparan pasirnya yang luas cocok untuk kamu yang ingin bersantai di pantai. Ada juga sejumlah satwa liar yang mungkin kamu temui di sini, seperti burung cantik dan lutung hitam.

Cara Menuju ke Cikarang

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Cikarang adalah dengan:

Pesawat

Cikarang ataupun Bekasi tidak memiliki bandara, namun kamu bisa memesan tiket pesawat dengan tujuan Kota Jakarta. Ada Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan juga Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Karena merupakan ibu kota, kamu tidak akan sulit menemukan penerbangan domestik maupun internasional dari berbagai maskapai dengan tujuan Jakarta. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Cikarang menggunakan bus, mobil, atau kereta.

Bus

Bus sering menjadi pilihan utama wisatawan yang akan menuju Cikarang jika mereka berangkat dari kota-kota lain yang masih berada di Pulau Jawa. Selain harganya yang terjangkau, pilihan rute serta armadanya juga banyak. Meski begitu, kamu harus mempersiapkan diri untuk waktu perjalanan yang lebih lama, ya!

Kereta

Jika kamu berangkat dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, atau area lainnya di Bekasi, kamu bisa langsung menuju Cikarang menggunakan KRL Commuter Line. Kereta ini beroperasi setiap hari, jadwal keberangkatannya banyak, harganya terjangkau, dan tiketnya bisa langsung kamu beli di loket. Perjalannya tidak memakan waktu terlalu lama, namun tergantung lokasi keberangkatanmu. Jika kamu berangkat dari kota lain yang ada di Jawa, kamu bisa pesan tiket kereta antar kota dengan tujuan Bekasi.

Akomodasi di Cikarang

Ada banyak pilihan hotel berkelas dan modern di Cikarang. Meski ada banyak hotel bintang 1 hingga 5 di sini, yang akan paling banyak dan mudah kamu temui adalah yang bintang 3. Selain hotel di gedung bertingkat, jenis akomodasi lain yang akan banyak kamu temui di sini adalah apartemen.

Spot Instagram-able di Cikarang

Cikarang memiliki cukup banyak spot keren untuk berfoto-foto, seperti:

  • Taman Sehati
  • Jembatan Magnetica
  • Jembatan Tua Greenland
  • Jadabeka Botanical Garden
  • Danau Elysium
  • Sabana Deltamas
  • Situ Rawa Binong

Kuliner di Cikarang

Karena merupakan bagian dari Bekasi, tidak heran jika kamu akan banyak menemukan kuliner lokal Bekasi di Cikarang, seperti:

  • Sayur Gabus Pucung: ikan gabus goreng dengan kuah yang kental dan pekat.
  • Bandeng Rorod: ikan bandeng tanpa tulang.
  • Kue Rangi: camilan yang terbuat dari tepung dan parutan kelapa serta taburan gula merah di atasnya.
  • Kue Telur Gabus: camilan yang seperti biskuit campur kerupuk dengan rasa gurih.
  • Kue Dongkal: terbuat dari tepung beras, gula merah, daun pandan, kelapa parut, dan gula pasir.

Makanan Vegan / Vegetarian

Ada cukup banyak restoran yang khusus menyajikan makanan vegetarian di Cikarang sehingga kamu tidak akan terlalu sulit menemukannya. Dan jika tidak ada di Cikarang, kamu bisa berkendara ke area lainnya di Bekasi untuk menemukan restoran-restoran ini. Namun, restoran khusus makanan vegan belum terlalu banyak meski bukan tidak ada sama sekali.

Belanja di Cikarang

Sebagai kota industri yang modern, tentu saja Cikarang menyediakan banyak pusat perbelanjaan lengkap dan modern untuk para pengunjung, seperti:

  • Mall Lippo Cikarang
  • Sentra Grosir Cikarang
  • Citywalk Lippo Cikarang
  • Cikarang Trade Centre

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Cikarang

Musim

Cikarang, sama seperti kota lainnya di Indonesia, hanya mengalami musim hujan dan musim kemarau. Meski cuaca di Cikarang cukup panas sepanjang tahun, sebaiknya tetap hindari musim hujan, yaitu akhir dan awal tahun.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di Cikarang sepanjang tahun adalah sekitar 30-32 derajat Celsius (86-89.6 derajat Fahrenheit).

Festival

Salah satu festival tahunan yang digelar di Cikarang dan menjadi daya tarik tersendiri adalah Tanabata Matsuri, sebuah festival kebudayaan Jepang. Tanabata sendiri juga dirayakan secara besar-besaran di Jepang. Karena Cikarang tercatat sebagai salah satu lokasi komunitas Jepang terbesar, tidak heran jika festival tersebut digelar di kota ini. Selain menghadirkan berbagai penampilan budaya Jepang, ada juga sejumlah penampilan budaya Indonesia, loh!

Cara Berkeliling di Cikarang

Cara termudah dan paling praktis untuk berkeliling di Cikarang dan Bekasi adalah menggunakan angkutan umum. Armada yang tersedia banyak dan rutenya juga lengkap, termasuk ke area yang tergolong terpencil. Jika kamu belum familiar dengan angkutan umum di sini, kamu bisa bertanya lebih dulu ke supir angkutan, ya!

Selain angkutan umum, kamu bisa juga menggunakan KRL Commuter Line. Selain untuk ke area lain di Bekasi, kamu juga bisa menggunakannya untuk sekaligus berkunjung ke area Jakarta, Depok, Tangerang, atau Bogor.

Seberapa Luas Cikarang

Cikarang termasuk dalam Bekasi yang memiliki luas 210,5 kilometer persegi. Untuk mengeksplorasi tempat wisata di Cikarang sampai puas, kamu bisa menghabiskan sekitar 2 sampai 3 hari di sini. Jadi, kota ini cocok untuk kamu yang butuh istirahat singkat di akhir pekan. Beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi adalah:

  • Taman Sehati
  • Taman Buaya Indonesia Jaya
  • Waterboom Lippo Cikarang
  • Jadabeka Botanical Garden
  • Danau Elysium
  • Kampoeng Djamoe Organik
  • Situ Rawa Binong

Mata Uang Cikarang

Rp / IDR (Rupiah Indonesia)

Bahasa di Cikarang

Bahasa nasional dan resmi di sini adalah Bahasa Indonesia. Warga Bekasi umumnya juga cukup fasih berbahasa Inggris, terutama yang bekerja di bidang pariwisata.

Zona Waktu Cikarang

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Cikarang

Jenis stop kontak di Cikarang dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Cikarang

  1. Jangan minum air keran di sini.
  2. Sebaiknya kenakana pakaian yang tertutup, seperti kaos berlengan, celana atau rok selutut atau panjang. Hal ini terutama jika kamu akan berkunjung ke tempat ibadah atau suci.
  3. Saat berkunjung ke tempat tinggal warga lokal, lepaskan sepatu di teras atau depan rumah.
  4. Selalu gunakan tangan kanan untuk berjabat tangan dan menerima atau memberikan barang. Menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
  5. Jaga selalu barang bawaanmu dan pastikan seleting tas selalu tertutup.
  6. Jangan tunjukan public display affection yang berlebihan, seperti berciuman atau berpelukan di tempat umum. Berpegangan tangan masih dianggap biasa saja.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya