Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEAN

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Bogor

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Bogor

Informasi mengenai tempat wisata di Bogor.

Apa itu tiket CLEAN di Bogor?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Bogor tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Bogor yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Bogor

Bogor adalah salah satu kota besar dari provinsi Jawa Barat yang menyimpang segudang tempat wisata seru. Lokasi wisata di sini bervariasi, dari tempat wisata outdoor yang penuh petualangan, hingga tempat wisata yang menenangkan serta dikelilingi pemandangan alam yang indah.

Bogor juga menjadi salah satu kota wisata favorit warga Jakarta karena jaraknya yang dekat. Kamu hanya perlu berkendara selama kurang lebih 2 jam. Tidak berhenti di situ, Bogor juga mudah dijangkau dengan kereta dari Jakarta tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Kamu bisa berkunjung ke Kebun Raya Bogor untuk melihat koleksi tanaman-tanaman indah di taman terbuka. Kamu juga bisa berkunjung ke Istana Bogor untuk mendalami nilai-nilai budaya serta historis di sini serta memberi makan rusa-rusa jinak di tamannya.

Bogor sangat cocok untuk liburan keluarga, terutama untuk si kecil. Bogor juga sangat cocok untuk short weekend getaway untuk sekedar melepas penat.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor

Bogor adalah sebuah kota di Jawa Barat yang sering menjadi destinasi favorit short weekend getaway. Kota ini terkenal akan udaranya yang cukup sejuk dan banyak tempat wisata, baik alam maupun modern, yang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

1. Kebun Raya Bogor

Jika bicara soal tempat wisata di Bogor yang terkenal, kamu jelas tidak bisa melewatkan Kebun Raya Bogor. Kebun yang sudah berdiri sejak zaman kolonial ini memiliki koleksi pohon-pohon besar serta tanaman lainnya yang ditata sedemikian rupa agar terlihat cantik dan rindang. Kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan hijau yang asri sambil jalan-jalan santai di sini. Ada juga tempat makan untuk mencicipi kuliner lokal, loh!

2. Sindang Barang

Untuk wisata budaya, kamu bisa ke Sindang Barang. Objek wisata di Bogor ini lebih fokus ke alat musik serta kesenian tradisional lainnya. Selain itu, area dan pemandangan sekitar lokasi juga rindang serta dengan suasana sejuk.

3. Pura Parahyangan

Pura Hindu ini merupakan yang terbesar yang ada di Jawa sehingga tidak heran jika masuk ke daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Arsitekturnya unik dan megah, dan bangunannya pun masih berdiri kokoh serta terawat dengan baik. Karena merupakan sebuah tempat suci, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup serta menaati peraturan yang berlaku di lokasi, ya!

4. JungleLand Adventure Theme Park

Jika kamu sedang mencari lokasi wisata anak dan wisata keluarga yang menyenangkan, JungleLand bisa jadi jawabanmu! Ada 37 wahana yang bisa kamu coba, mulai dari yang ramah anak hingga yang menegangkan dan memacu adrenalin!

5. Taman Mekarsari

Taman seluas 265 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata hits di Bogor. Taman ini merupakan pusat budidaya berbagai macam buah-buahan, terutama buah yang berasal dari Indonesia. Selain melihat-lihat dan belajar langsung secara menyenangkan, kamu dan keluarga juga bisa menikmati pemandangan rindang di sini.

6. Gunung Batu Jonggol

Dengan tinggi 875 mdpl, gunung ini bisa kamu jadikan destinasi utama, terutama jika kamu hobi mendaki bersama teman-teman. Di puncaknya, kamu akan melihat hamparan pemandangan alam yang rindang dan indah. Kamu juga bisa berkemah di sini.

7. Istana Bogor

Istana ini merupakan salah satu dari total enam istana Presiden RI. Yang menjadi daya tarik di sini adalah arsitekturnya yang megah, koleksi barang-barang sejarah yang bernilai, dan juga rusa-rusa jinak yang berkeliaran di area ini. Jika kamu sedang mencari destinasi wisata yang murah, tempat ini juga pas karena tidak ada biaya masuk.

8. Museum PETA

Sebagai informasi, PETA adalah satuan pasukan Indonesia yang dilatih oleh prajurit Jepang saat mereka masih menjajah Negara Indonesia. Tujuannya adalah untuk melawan tentara sekutu. Namun, pasukan ini kemudian membelot untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Museum ini kini dibangun untuk mengabadikan perjuangan mereka dengan memajang koleksi berbagai benda, terutama senjata dan seragam yang berhubungan dengan perjuangan tersebut.

9. Taman Safari Bogor

Salah satu kebun binatang yang paling populer di Jawa adalah Taman Safari Bogor. Perbedaannya dengan kebun binatang biasa adalah hewan-hewan di sini dibiarkan berkeliaran secara lepas tanpa kandang. Pengunjung bisa mengendarai mobil untuk mengeksplorasi area dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada dengan cara memberi makan mereka. Namun, saat memasuki area hewan karnivora, pastikan jendela mobil selalu ditutup, ya.

10. Taman Wisata Gunung Pancar

Untuk kamu yang ingin berwisata ke tempat wisata alam yang tenang, damai, dan sejuk, Taman Wisata Gunung Pancar bisa jadi pilihanmu. Dengan deretan pohon pinus dan udara yang sejuk, kamu dan keluarga bisa bersantai sambil menikmati momen. Selain itu, ada juga tempat pemandian air panas di sini.

11. Pemandian Gunung Peyek

Seperti namanya, tempat ini adalah pemandian air panas yang menyegarkan dengan pemandangan gunung yang sangat indah. Lokasi wisata ini cocok untuk kamu yang ingin berelaksasi sejenak dari kebisingan dan kesibukan kota.

12. Rumah Pohon Jonggol

Rumah pohon ini bukan sekedar rumah pohon kecil, namun besar ukurannya dan dikelilingi pohon-pohon yang juga menjulang tinggi. Kamu dan rombonganmu bisa menikmati pemandangan alam yang cantik dari atas sekaligus berfoto-foto.

13. Little Venice

Jalan-jalan ke Venice kini tidak perlu lagi jauh-jauh ke Eropa, cukup ke Little Venice di Bogor. Tempat ini merupakan replika yang mirip dengan Venice yang asli, termasuk gondolanya yang terkenal. Dengan berbagai bangunan yang menggunakan gaya arsitektur Eropa, tidak heran jika ini merupakan salah satu spot instagramable favorit wisatawan.

14. Taman Bunga Nusantara

Seperti namanya, taman ini merupakan taman yang berisi berbagai macam bunga yang cantik dan sudah ditata sedimikian rupa agar bertambah unik. Kamu dan keluarga bisa menikmati kesegaran yang berbeda di taman bunga terbuka. Ada juga beberapa wahana untuk si kecil di sini.

15. Taman Sakura Cibodas

Bunga sakura pink yang terkenal di Jepang juga ada di Kebun Raya Cibodas, loh! Area ini dipenuhi pohon-pohon dengan bunga pink yang bisa kamu jadikan lokasi foto. Meski begitu, pastikan kamu berkunjung saat bunganya mekar, yaitu antara Maret dan Juni.

16. Kampoeng Air Katulampa

Untuk kamu yang ingin mencoba kegiatan outbond bersama rombonganmu, tempat ini bisa jadi pilihanmu! Ada berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan di sini, mulai dari arung jeram, camping, hingga memancing.

17. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi adalah salah satu destinasi wisata edukasi di Bogor. Tempat ini menyimpan koleksi berbagai fosil satwa, termasuk hewan terbesar paus biru. Si kecil bisa belajar secara interaktif dan menyenangkan di sini.

18. The Jungle Water Adventure

Butuh kesegaran yang asyik? Langsung ke The Jungle Water Adventure saja! Taman bermain air ini memiliki segudang wahana untuk setiap pengunjung. Mulai dari Kolam Ombak hingga Kiddy Pool yang ramah anak. Selain wahana air, ada juga beberapa area yang wajib kamu kunjungi, seperti Bird Park dan The Jungle 4D Cinema.

19. Museum Balai Kirti

Museum yang juga sering disebut Museum Kepresidenan ini yang membahas tentang semua pemimpinin RI. Mulai dari presiden pertama, Ir. Soekarno, hingga presiden saat ini. Pengunjung dapat melihat langsung dan mempelajari sejarah masing-masing presiden RI dari dulu hingga sekarang.

20. Highland Park Resort

Salah satu daya tarik utama penginapan ini adalah tenda-tenda Indian yang akan menjadi lokasi menginapmu. Tema tersebut merupakan tema unik dan masih jarang ditemukan di sini. Selain itu, ada juga berbagai area bermain, seperti flying fox dan kolam renang untuk seluruh anggota keluarga.

21. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji adalah salah satu tempat wisata alam di Bogor yang patut dikunjungi Tempat ini menawarkan keindahan dan ketenangan alam terutama untuk kamu yang ingin berelaksasi di tempat terbuka. Pemandangannya menjadikan tempat ini instagramable. Selain itu, kamu bahkan bisa mendengar merdunya kicauan burung di sini.

22. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Untuk kamu yang menyukai aktivitas yang menantang, kamu bisa mencoba paralayang di Bukit Gantole. Sensasi terbang selama di udara sambil menikmati pemandangan cantik di bawahnya tentu tiada duanya. Selama 10 menit, kamu bisa melihat pemandangan rindang dari atas sambil ber-selfie sepuasnya!

23. Situ Gede

Situ Gede adalah sebuah danau yang cantik yang tidak terletak terlalu jauh dari pusat kota. Warga lokal sering mengunjungi tempat ini untuk sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan indah. Pemandangan di sini semakin indah pada saat matahari terbenam.

24. Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor, seperti namanya, adalah tempat penangkaran rusa di mana para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan jinak ini. Rusa-rusa di sini sudah terbiasa dengan manusia sehingga kamu bisa memberi makannya dengan mudah. Nikmati juga suasana sejuk serta pemandangan alam yang indah di area ini.

25. Warso Farm

Para pecinta durian, tempat ini sangat wajib kamu kunjungi! Di sini, kamu bisa memetik langsung durian segar dari pohonnya lalu menyantapnya. Staf di lokasi juga akan membantumu memilih buah yang sudah matang dan siap disantap.

26. Taman Wisata Matahari

Taman wisata ini adlah pusat rekreasi yang sangat lengkap untuk kamu dan si kecil. Ada banyak wahana yang ramah anak dan menyenangkan. Ada wahana air juga untuk kamu yang ingin bermain sembari menyegarkan diri. Dan ada juga beberapa fasilitas edukatif untuk si kecil.

27. Gunung Kapur Klapanunggal

Untuk kamu yang berjiwa petualang, kamu bisa berkunjung ke Gunung Kapur Klapanunggal. Seperti namanya, di tempat ini, kamu akan melihat gunung kapur yang menjulang tinggi dan memberikan pemandangan eksotis. Kamu bisa juga berfoto-foto dengan latar belakang cantik ini.

28. Museum Tanah

Museum ini adalah salah satu objek wisata di Bogor yang jarang diketahui, cocok untuk kamu yang tidak ingin berwisata ke tempat yang ramai. Seperti namanya, museum ini memamerkan koleksi berbagai jenis tanah yang ada di Indonesia, termasuk alat-alat yang berhubungan dengan tanah. Tempat ini termasuk salah satu wisata edukatif yang menarik di Bogor.

29. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Sebagai negeri yang kaya, tentu Indonesia memiliki banyak sekali jenis hewan, tumbuhan, karya seni, dan lain-lain. Di museum ini, kamu bisa melihat langsung berbagai koleksi kekayaan Indonesia. Semuanya dalam keadaan terawat denga informasi penjelas yang lengkap.

30. The Illusion Bogor

Ingin berfoto di tempat yang unik dan lain dari yang lain? Langsung saja ke The Illusion Bogor! Tempat ini merupakan tempat wisata selfie di mana ada berbagai spot foto dengan desain 3D atau bahkan terbalik. Foto-fotomu akan terlihat ‘hidup’ dan unik karena setting lokasinya yang menarik. Pastikan kamu mengenakan pakaian terbaikmu untuk berfoto, ya!

Cara Menuju ke Bogor

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Bogor adalah dengan:

Pesawat

Kota Bogor tidak memiliki bandara. Jika kamu ingin mencapai Bogor menggunakan pesawat, kamu bisa memesan tiket pesawat ke kota Jakarta, mendarat di Bandara Interasional Soekarno-Hatta. Dari ini, kamu bisa menuju Bogor menggunakan bus.

Bus

Bus adalah salah satu mode transportasi yang paling mudah digunakan untuk mencapai Bogor, terutama jika kamu berangkat dari kota lain yang juga berada di Jawa Barat.

Harga tiket bus tentu berbeda-beda, tergantung dari kota keberangkatan serta jenis bus yang kamu pilih. Jika kamu berangkat dari kota-kota yang cukup dekat seperti Bandung atau Jakarta, harga tiket bus berkisar Rp100.000,- hingga Rp150.000,-.

Kereta

Bogor bisa dicapai menggunakan kereta api antarkota atau dengan KRL Commuter Line yang juga mencapai Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Harga tiket kereta KRL Commuter Line hanya Rp3.000 - Rp4.000 saja. Jika kamu akan berangkat menggunakan kereta antarkota, harganya akan berbeda, tergantung kota keberangkatanmu dan kelas penumpang yang kamu pilih.

Akomodasi di Bogor

Pilihan akomodasi di Bogor sangat bervariasi, mulai hostel, apartemen, hotel budget, hingga hotel mewah. Akomodasi yang paling umum di sini adalah hotel-hotel berbintang 3 dan 4. Selain nyaman dan bersih, hotel-hotel ini juga terletak di daerah-daerah wisata sehingga memudahkanmu untuk berpergian.

Spot Instagram-able di Bogor

Spot-spot Instagram-able di Bogor umumnya berada di tempat-tempat outdoor dengan pemandangan alam yang indah. Sebut saja The Ranch, Gunung Pancar, Gunung Batu Jonggol, Kampung Sindangbarang, dan Bukit Alesano. Kebanyakan dari tempat-tempat ini bisa dicapai menggunakan mobil dan kamu tidak perlu perlengkapan mendaki untuk berfoto di sini.

Kuliner Bogor

Beberapa makanan khas Bogor yang sudah terkenal di daerah-daerah lain dan wajib kamu coba adalah asinan Bogor, gemblong, cungkring, dan soto mie Bogor. Asinan di sini cukup unik karena ada beberapa yang menyajikannya dengan dicampur jagung bakar. Selain itu, soto mie di Bogor juga berbeda karena umumnya ada potongan risol yang menjadikannya lebih gurih.

Karena penduduk Bogor didominasi orang-orang Sunda, tidak heran jika makanan-makanan yang terkenal di sini adalah makanan Sunda. Dengan begini, kamu juga akan banyak menemukan restoran Sunda, yang bukan hanya terkenal karena kelezatan makanannya, tapi juga tema dekorasi serta suasananya yang lekat dengan pemandangan alam dan tempat duduk lesehan.

Untuk makanan penutup, Bogor terkenal dengan kue lapis talasnya. Kamu bisa menyantapnya selama perjalanan atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Umumnya makanan di Bogor hanya berkisar Rp20.000 - Rp50.000 saja per porsi, bahkan bisa lebih rendah. Namun, jika kamu mencoba restoran yang lebih besar dan lebih mewah, umumnya satu porsi berharga Rp50.000 - Rp100.000.

Makanan Vegan / Vegetarian

Bogor sudah mulai menambah jumlah restoran dan cafe vegetarian / vegannya selama beberapa tahun terakhir ini. Meski begitu, kebanyakan dari restoran ini menyajikan makanan western, seperti Foresthree, Warkop Villa Kuda, dan Organeed. Makanan-makanan ini juga Instagram-able, loh! Harga makanannya berkisar antara Rp30.000 - Rp90.000 per porsi.

Belanja di Bogor

Bogor memiliki sejumlah mal dan pusat perbelanjaan jika kamu ingin belanja cindera mata. Beberapa tempat yang kami rekomendasikan adalah Botani Square, SKI Tajur, Metropolitan Mall Cileungsi, Cibinong City Mall, dan Dewi Sartika Plaza.

Untuk oleh-oleh, umumnya oleh-oleh khas Bogor adalah makanan dan cemilan lezat. Misalnya saja Roti Unyil, kue lapis talas Bogor, asinan Bogor, ubi bakar Cilembu, talas Bogor, dan Klappertaart. Batik Bogor juga cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas daerah ini.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Bogor

Musim

Waktu terbaik untuk jalan-jalan di Bogor adalah antara bulan Juni hingga Agustus. Umumnya, pada bulan-bulan ini, udara di Bogor lebih sejuk, tidak terlalu panas, dan belum memasuki musim hujan. Jika kamu ingin udara yang lebih dingin, kamu bisa berkunjung antara bulan September hingga Desember. Namun, perlu diingat bahwa pada akhir tahun, Bogor sudah memasuki musim hujan. Dan pada bulan-bulan tersebut, banyak turis yang berkunjung ke kota indah ini.

Suhu Rata-Rata

Dari Januari hingga Maret, suhu rata-rata adalah 29 derajat Celsius (84.2 derajat Fahrenheit). Dan mulai dari bulan April hingga akhir tahun, suhu rata-rata adalah 31 derajat Celsius (87,8 derajat Fahrenheit).

Cara Berkeliling di Bogor

Umumnya turis mengelilingi kota Bogor dengan mobil pribadi atau mobil sewa. Jika kamu lebih nyaman berpergian sendiri, maka ini adalah cara terbaik untuk mengelilingi kota Bogor. Namun, perlu diingat bahwa pada musim liburan, Bogor cukup macet.

Untuk transportasi umum, kamu bisa mengandalkan bus umum, becak, atau angkot yang banyak tersebar di kota ini. Pastikan kamu menanyakan rute yang kamu ambil sebelum menggunakan bus atau angkot.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kereta KRL Commuter Line. Kereta ini memang lebih banyak berhenti di stasiun-stasiun di Jakarta, namun ada beberapa stasiun di Bogor yang juga menjadi perhentiannya. Stasiun-stasiun itu adalah Cilebut, Bojonggede, dan Nambo.

Seberapa Luas Bogor

Kota Bogor berukuran 118,5 kilometer persegi secara resmi. Untuk berwisata di sini secara maksimal, kamu hanya membutuhkan kurang lebih 3 hari 2 malam saja. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di Bogor yang ikonik seperti Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Kamu juga bisa menghabiskan hari-harimu di theme park modern seperti Jungleland Adventure Theme Park dan The Jungle Water Adventure. Kemudian, lanjutkanlah harimu dengan berwisata kuliner di sini.

Mata Uang Bogor

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Bogor

Seperti kota lainnya di Indonesia, bahasa utama di Bogor adalah Bahasa Indonesia. Meski begitu, mayoritas penduduk lokal fasih berbahasa Sunda. Bagi turis internasional, Bahasa Inggris juga umum digunakan sehari-hari di sini.

Zona Waktu Bogor

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Bogor

Jenis stop kontak di Bogor adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Bogor

  1. Pakaian yang cocok untuk berkunjung ke Bogor di musim yang sejuk adalah kaus lengan panjang, celana panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Jika kamu datang pada bulan-bulan kemarau, maka kami sarankan untuk mengenakan kaus lengan pendek, topi, celana pendek atau rok, dan sepatu berjalan yang nyaman.
  2. Jangan minum air keran di Bogor karena tidak bersih untuk diminum.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya

LIHAT AKTIVITAS LAINNYA