Bersiap Sambut #NewNormal

tiket FLEXItiket CLEANInstant Pass

Pesan sekarang buat nanti! Fleksibel tentukan jadwal aktivitasmu.

Selengkapnya

Aktivitas Baru Di Bandung

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Bandung

Informasi mengenai tempat wisata di Bandung.

Apa itu tiket CLEAN di Bandung?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Bandung tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Bandung yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-sama!

Yang Asyik di Bandung

Bandung adalah kota wisata serba ada. Kamu ingin shopping? Bandung punya segudang tempat shopping. Kamu ingin bersantai dan berelaksasi sambil menikmati pemandangan kota yang indah? Bandung bisa menyediakannya.

Jika kamu ingin jalan-jalan di pusat kota, tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi adalah Braga Street, Gedung Sate, atau berkunjung ke berbagai factory outlet dan mall serta theme park di sini. Jika kamu lebih suka berpetualang di alam terbuka, kamu bisa berkunjung ke area Ciwidey atau Lembang. Tempat wisata yang tersedia bervariasi, mulai dari air terjun, danau, floating market, taman bunga, hingga forest park, dan masih banyak lagi.

Karena variasi tempat wisatanya yang banyak, Bandung cocok untuk jalan-jalan keluarga, terutama dengan si kecil. Tempat wisata outdoor-nya juga cocok untuk wisata bulan madu. Hanya ingin berelaksasi sendiri? Solo traveler pun bisa melakukan berbagai kegiatan sendiri yang menyenangkan dan aman di sini!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Bandung adalah sebuah kota di Jawa Barat yang sudah terkenal sebagai kota wisata. Banyak wisatawan domestik, terutama yang dari daerah Jawa Barat juga atau Jakarta, yang memilih Bandung sebagai destinasi wisata singkat. Beberapa area dengan tempat wisata terbanyak adalah Lembang (masuk ke area Bandung Barat), Dago, dan Ciwidey.

1. Kawah Putih

Berlokasi di Ciwidey, kawah ini adalah salah satu objek wisata di Bandung yang menjadi favorit turis. Kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha dan memiliki warna air yang putih kehijauan. Selain melihat langsung keindahannya, tempat ini juga termasuk tempat yang instagramable.

2. Glamping Lakeside Ciwidey

Kalau kamu mencari yang all in one, Glamping Lakeside Ciwidey tempatnya! Di sini ada restoran dengan bentuk perahu besar, tempat bermain anak, pemandangan alam yang indah, bahkan lokasi untuk menginap di Glamping. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata anak dan wisata keluarga!

3. Farmhouse Lembang

Untuk urusan tempat wisata hits yang terkenal di Bandung, Farmhouse Lembang ahlinya. Tempat ini hampir selalu masuk dalam rencana wisata semua wisatawan yang ke Bandung. Hal ini karena ada banyak spot foto yang keren dengan tema dan gaya Eropa di sini. Kamu dan rombonganmu bisa berpose dan berfoto sepuasnya untuk mengabadikan momen-momen terbaik di Bandung.

4. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung yang terletak 20 kilometer dari Bandung adalah salah satu situs wisata alam yang paling terkenal di Indonesia. Bentuknya menyerupai perahu terbaik dan lokasi ini sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. Kamu juga bisa melihat langsung dua kawah yang juga terkenal, yaitu Kawah Domas dan Ratu.

5. Grafika Cikole

Tidak jauh dari Tangkuban Perahu, tepatnya di Hutan Pinus Cikole, ada Grafika Cikole yang menawarkan spot foto dan kegiatan menarik untuk keluarga. Selain itu, ada juga tempat makan di mana kamu bisa menyantap kuliner lokal dengan pemandangan alam mengelilingimu. Tersedia juga tempat penginapan di sini.

6. Factory Outlet

Wisatawan domestik biasanya sudah hafal letak Factory Outlets (FO) terbaik dan favorit di Bandung. Toko-toko ini menjual berbagai barang fesyen dengan harga yang terjangkau. Selain itu, FO-FO yang ada di Bandung juga biasanya besar ukuran gedungnya sehingga kamu benar-benar bisa belanja banyak sampai puas tanpa membuat kantong jebol.

7. Paris van Java

Paris van Java adalah salah satu mal paling terkenal di Bandung. Selain bisa belanja, kamu juga bisa nonton bioskop, mengajak di kecil ke playground indoor, atau makan di restoran-restoran yang tersedia.

8. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Terletak di area Dago, taman hutan ini bisa kamu jadikan destinasi utama jika kamu ingin jalan-jalan ke area terbuka yang rindang dan sejuk. Ada kurang lebih 2500 spesies tanaman di sini. Selain itu, ada juga sejumlah air terjun, museum, dan prasasti di dalam taman hutan ini.

9. Tebing Keraton Bandung

Bukit ini menyambung dengan bukit terjal yang menghadap ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini menjadi semakin terkenal karena pemandangan dari puncaknya yang menakjubkan dan sudah sering terpampang di media sosial. Dari atas, kamu bisa melihat barisan pohon-pohon yang berdiri kokoh. Bahkan di pagi hari, pohon-pohon ini bisa juga masih tertutup kabut, memberikan pemandangan yang lebih magis lagi.

10. Dago Dream Park

Satu lagi lokasi wisata keluarga yang all in one, namun kali ini berada di area Dago, Dago Dream Park. Ada spot-spot foto yang unik dan lucu, wahana permainan untuk anak, dan fasilitas umum yang memadai di sini. Dijamin kamu dan keluarga akan menikmati momen-momen terbaik, terutama ketika cuaca cerah dan sejuk.

11. Curug Cimahi

Tidak jauh dari Lembang, ada Curug Cimahi. Kamu akan merasakan kesegaran begitu tiba di sini karena cuacanya yang sejuk. Air terjun setinggi 1050 mdpl ini masih sangat asri dan alami meskipun telah dibangun sejumlah fasilitas pendukung agar pengunjung bisa mengakses dan berfoto-foto di tempat ini dengan lebih baik.

12. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah taman bermain indoor yang menawarkan segudang wahana-wahana keren dan menyenangkan! Kamu bisa mencoba wahana yang menantang, seperti Kong Climb, Dunia Lain The Ride, dan Giant Swing. Atau saksikan pertunjukan langsung yang keren, seperti Amphitheater. Ada juga banyak wahana yang ramah anak dan edukatif, seperti Si Bolang Adventure, Science Center, dan Dunia Anak. Pesan tiketnya sekarang di halaman To Do tiket.com!

13. Puncak Bintang

Ingin menikmati pemandangan kota yang asri dari ketinggian? Kamu bisa ke Puncak Bintang. Puncak bukitnya ada di ketinggian 1442 mdpl, jadi bisa kamu bayangkan, udara di puncaknya sejuk. Meski begitu, telah dibangung fasilitas lengkap dan jalur pendakian yang aman sehingga kamu tidak akan kesulitan mendaki. Pemandangan kota semakin indah di malam hari karena lampu-lampu gedung dan mobil menyala terang.

14. De Ranch Lembang

Untuk wisata yang lebih unik, kamu bisa ke De Ranch Lembang. Seperti yang mungkin sudah bisa kamu tebak dari namanya, tempat wisata di Bandung ini mengusung tema koboi. Jadi, kamu bisa mencoba menunggang kuda dan berfoto-foto di berbagai spot foto yang mengusung tema Western.

15. Rabbit Town Bandung

Ingin mengumpulkan foto-foto keren bersama teman-teman tanpa perlu ke terlalu banyak tempat? Kamu bisa ke Rabbit Town Bandung. Tempat ini merupakan wisata selfie indoor di mana sudah disediakan berbagai spot foto keren. Spot fotonya unik-unik dengan properti dan desain untuk menjadikan hasil fotomu keren dan berbeda. Pastikan kamu menggunakan pakaian terbaikmu untuk hasil foto maksimal, ya!

16. Fairy Garden Lembang

Seperti namanya, tempat ini akan membuatmu merasa sedang berada di dalam cerita dongeng. Ada berbagai spot foto outdoor yang sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat seperti istana putri dan lokasi lainnya yang menyerupai negeri dongeng. Dijamin si kecil akan menikmati waktunya saat berwisata di sini!

17. Jendela Alam Lembang

Untuk kamu yang berwisata bersama si kecil, tempat wisata edukatif yang satu ini sangat pas untukmu. Anak-anak bisa berinteraksi dan melihat langsung kumpulan flora dan fauna yang ada di sini. Ada juga beberapa wahana permainan anak-anak yang menyenangkan.

18. Ranca Upas Ciwidey

Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata outdoor yang cocok untuk kamu yang berjiwa petualang. Ada penangkaran rusa di mana kamu bisa berinteraksi dengan hewan cantik ini, camping ground, hingga pemandian air panas. Udaranya pun sejuk karena memiliki suasana pegunungan.

19. Dusun Bambu Lembang

Untuk wisata keluarga, jadikan Dusun Bambu Lembang pilihanmu! Kamu akan menemukan restoran dan kafe yang cocok untuk keluarga, area permainan yang menyenangkan untuk si kecil, taman bunga, dan penginapan seperti vila dan glamping. Semuanya tentu saja dibalut pemandangan yang sangat cantik.

20. Orchid Forest Cikole Lembang

Seperti namanya, area ini merupakan taman budidaya anggrek. Namun, area ini juga terkenal sebagai tempat wisata yang instagramable karena ada banyak spot foto outdoor keren di sini. Mulai dari jembatan gantung yang menyala di malam hari hingga deretan kursi yang simetris. Semuanya dengan latar belakang hutan yang cantik.

21. Kebun Teh Sukawana

Kebun teh ini bisa dianggap sebagai tempat wisata yang jarang diketahui karena memang agak tersembunyi. Namun, kamu jadi bisa menikmati pemandangan hamparan kebun teh hijau yang cantik tanpa perlu mengkhawatirkan keramaian. Urusan berfoto pun jadi mudah.

22. Museum Geologi Bandung

Seperti namanya, museum ini menyimpang berbagai koleksi bebatuan, peta, mineral, dan fosil. Fosil-fosil replika dinosaurus mungkin adalah yang paling menarik perhatian di sini. Kamu dan si kecil bisa mencoba wisata edukatif yang menyenangkan!

23. Observatorium Bosscha

Satu lagi tempat wisata edukatif untukmu dan keluarga, Observatorium Bosscha. Tempat pengamatan bintang ini terletak di daerah Lembang dan kamu perlu mendaftar lebih dulu sebelum berkunjung. Sebelum masuk ke observatorium, matamu akan dimanja dengan pemandangan rindang di sekitarnya.

24. The Lodge Maribaya Bandung

The Lodge Maribaya bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata hits di Lembang saat ini. Berlokasi di area hutan pinus, soal pemandangan dan suasana alamnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Kamu bisa menikmati berbagai aktivitas menyenangkan di sini. Mulai dari berfoto-foto di berbagai spot foto, mencoba camping bersama rombonganmu, naik sepeda gantung yang menantang, atau berkumpul sambil menyantap kuliner lokal di restorannya yang keren.

25. Upside Down World Bandung

Ingin berfoto-foto di tempat yang unik dan berbeda? Ke Upside Down World Bandung saja! Seperti namanya, tempat ini berisi berbagai set foto yang dibuat seakan-akan terbalik. Hasil fotomu akan terlihat seperti kamu sedang berdiri di atap, bukan di lantai. Staf yang ramah juga siap membantu mengarahkan posemu dan mengambil fotomu.

26. Curug Cinulang Cicalengka

Berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedan, Curug Cinulang Cicalengka adalah destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang ingin mencari kesegaran alam. Dengan ketinggian 30 meter serta air yang berala dari pengunungan, air yang mengalir terkenal akan dinginnya. Jadi, untuk kamu yang tidak tahan dingin, tidak perlu nyemplung, ya! Cukup berdiri di dekatnya saja untuk menikmati kesejukannya.

27. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata budaya yang menggelar pertunjukan seni secara rutin. Tidak hanya menyaksikan penampilan orkestra angklung, kamu juga bisa melihat pertunjukan tari topeng hingga wayang golek.

28. Danau Situ Patenggang

Danau yang terletak sekitar 7 kilometer dari  Kawah Putih ini sering dijadikan tempat berkumpul dan bersantai. Suasananya yang tenang dan sejuk menjadi salah satu daya tarik utama. Kamu juga bisa mengeksplorasi danau menggunakan perahu.

29. Floating Market Lembang

Seperti namanya, kamu akan menemukan banyak tempat jual makanan di dalam perahu yang terapung di atas air. Namun, selain pasar terapung, tempat ini juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Misalnya area Kota Mini, Taman Kelinci, Wahana Air, Rainbow Garden, dan lain-lain.

30. Taman Balai Kota Bandung

Di pusat Kota Bandung, kamu bisa jalan-jalan santai dan berkumpul bersama keluarga di Taman Balai Kota Bandung. Taman ini merupakan ruang publik yang sudah lengkap dan memadai fasilitas umumnya serta memiliki suasan sejuk. Selain itu, ada juga labirin mini di tengah taman untuk kamu yang ingin bermain.

Cara Menuju ke Bandung

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Bandung adalah dengan:

Pesawat

Jika kamu berangkat dari luar Indonesia atau dari luar pulau Jawa, salah satu cara untuk mencapai Bandung adalah menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Untuk mencapai pusat kota, cara tercepat adalah menggunakan taksi. Pastikan kamu memilih taksi argo, ya. Jika kamu ingin lebih hemat, maka kamu bisa coba menggunakan angkot (Rp3.000 - Rp5.000), becak (Rp15.000 - Rp25.000), bus kota atau Trans Metro Bandung (mulai dari Rp5.000).

Bus

Bandung juga dapat dicapai menggunakan bus jika kamu berangkat dari kota-kota yang cukup dekat, seperti Jakarta. Terminal, harga, dan rute masing-masing bus akan berbeda, tergantung merk bus dan kota keberangkatanmu. Umumnya, harga tiket bus ini di bawah Rp100.000,- jika kamu berangkat dari kota yang tidak terlalu jauh, seperti Jakarta, Cirebon, dan Bekasi.

Kereta

Perjalanan ke Bandung menggunakan kereta adalah salah satu mode transportasi paling populer. Selain terjangkau, ada banyak pilihan kereta, jam keberangkatan, serta kelas penumpang. Stasiun antar kota utama di Bandung adalah Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Cimahi. Stasiun Bandung adalah stasiun utama di kota ini, namun kamu bisa menyesuaikan stasiun tujuanmu berdasarkan lokasi hotelmu atau tempat wisata tujuanmu. Dari stasiun, kamu bisa mencapai pusat kota dengan taksi argo, angkot, atau bus.

Mulai rencanakan perjalananmu dan pesan tiket kereta api ke Bandung di tiket.com sekarang!

Mobil

Jika kamu berangkat dari kota lain di pulau Jawa, terutama Jawa Barat, kamu bisa mencapai Bandung menggunakan mobil. Kamu hanya perlu menggunakan jalur tol agar perjalananmu menjadi jauh lebih cepat. Namun, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah uang untuk pembayaran di pintu tol, ya. Harganya bervariasi, tergantung dari mana kamu berangkat dan jenis kendaraan yang kamu kendarai (mulai dari Rp3.500,-  sampai Rp39.500,-).

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu juga bisa sewa mobil di Bandung atau sewa mobil di Jakarta di tiket.com!

Akomodasi di Bandung

Tidak perlu khawatir jika kamu ingin memesan kamar budget di Bandung. Ada banyak pilihan akomodasi yang terjangkau namun tetap nyaman di kota ini. Mulai dari hostel, apartemen, hingga homestay.

Jika kamu ingin menginap di akomodasi yang lebih mewah, Bandung juga memiliki banyak pilihan. Hotel-hotel seperti ini bisa kamu temui di pusat kota, sehingga cocok jika kamu ingin mengeksplorasi daerah tersebut.

Selain dua pilihan tersebut, Bandung juga terkenal dengan pemandangan alaminya yang indah. Untuk menikmati pemandangan seperti ini saat kamu menginap, kami menyarankan pemesanan villa di pinggir kota.

Spot Instagramable di Bandung

Berburu tempat-tempat Instagram-able di Bandung tidak akan sulit. Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak dibangun spot-spot Instagram-able di kota ini. Bahkan ada banyak studio foto lucu di berbagai sudut kota.

Untuk spot-spot foto yang lebih modern, kamu bisa berkunjung ke Little Seoul Bandung, Rabbit Town, One Eighty Coffee, dan Orofi Cafe. Jika kamu mencari spot yang dikelilingi pemandangan hijau, kami merekomendasikan Lereng Anteng, Orchid Forest Cikole, Rainbow Garden Lembang, dan Vila Air Natural Resort.

Kuliner Bandung

Bandung terkenal akan banyak makanan lokal yang lezat. Beberapa makanan yang wajib kamu coba adalah batagor, iga bakar, bakmi, dan es duren. Namun, jika kamu mencari makanan dan restoran atau cafe yang lebih modern, Bandung juga punya segudang lokasi untukmu. Mulai dari cafe yang kekinian hingga dog cafe yang cukup terkenal.

Jika kamu ingin mencoba banyak makanan sekaligus di satu tempat, kamu bisa berkunjung ke Paskal Food Market. Berlokasi di Jalan Pasir Kaliki Nomor 25-27, kamu bisa mencoba berwisata kuliner dengan hanya berkunjung ke satu tempat ini. Tidak hanya menyajikan kuliner Bandung, tempat ini juga menyediakan chinese food, japanese food, dan lain-lain. Untuk menemani malammu, di sini juga diadakan live music setiap malam.

Harga makanan-makanan di Bandung bervariasi, namun umumnya hanya sekitar kurang dari Rp50.000 per porsi.

Makanan Vegan/Vegetarian

Di Bandung, kamu bisa menemukan banyak restoran dan cafe vegetarian dengan cukup mudah. Restoran-restoran tidak hanya menyajikan makanan lokal tapi juga makanan-makanan luar kota atau luar negeri. Salah satu yang paling terkenal adalah Mom?s Bakery di Jalan Progo No. 18, Citarum yang tidak hanya menyajikan makanan lezat tapi juga makanan yang Instagram-able.

Untuk makanan vegetarian dengan lokasi di tengah kota dan tempat yang lebih luas, biasanya berkisar Rp50.000 - Rp100.000 per porsi. Sedangkan untuk cafe yang lebih kecil dan sederhana, satu porsi kurang lebih seharga Rp50.000,-

Belanja di Bandung

Salah satu hal yang membuat Bandung terkenal adalah pusat-pusat belanjanya. Tidak hanya di malnya saja, kamu bisa menemukan banyak factory outlet di berbagai sudut kota Bandung. Dan tentu saja, kamu bisa menemukan banyak outfit bagus dan terjangkau. Sebut saja Heritage, Blossom, dan Rumah Mode.

Untuk oleh-oleh, yang paling terkenal dari Bandung adalah makanan dan camilannya. Beberapa toko suvenir yang wajib kamu kunjungi adalah Kartika Sari, Brownies Amanda, Rumah Sosis, dan Gepuk Ny. Ong. Toko-toko ini memiliki banyak cabang di kota Bandung ini, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Bandung

Musim

Bandung hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Umumnya, di saat musim kemarau pun, udara di kota ini masih termasuk sejuk, terutama setelah matahari terbenam. Untuk menghindari musim hujan, bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Juni dan September.

Suhu Rata-Rata

Pada bulan-bulan pertama, suhu rata-rata adalah 26,7 derajat celsius (80,6 derajat fahrenheit). Pada setengah akhir tahun, suhu rata-rata adalah 27,7 derajat celsius (81,86 derajat fahrenheit).

Festival

Bandung menjadi tuan rumah berbagai festival seru setiap tahun. Salah satunya adalah Asian-African Carnival yang diadakan setiap bulan Mei. Pada festival ini, akan ada seniman, musisi, dan penari dari negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika yang turun ke jalan untuk memeriahkan acara. Selain itu, ada juga Bandung Light Festival yang biasanya digelar di antara bulan Agustus - Oktober. Kamu bisa menyaksikan berbagai kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan tambahan lampu warna-warni dan karya seni berkeliling di jalanan Bandung.

Bandung juga merupakan kota yang cocok untuk menghabiskan malam tahun baru karena kemeriahannya.

Cara Berkeliling di Bandung

Bandung memiliki banyak pilihan transportasi umum untuk berbagai jenis traveler. Angkot adalah salah satu transportasi yang paling umum dan mudah ditemukan di kota ini. Tarifnya tentu berbeda-beda, tergantung rute yang kamu ambil dan seberapa jauh kamu berpergian. Namun, umumnya tarif angkot di Bandung mulai dari Rp1.800,-.

Selain itu, ada juga Bus DAMRI yang bisa kamu andalkan. Transportasi ini juga bisa kamu gunakan jika ingin ke area lain di luar pusat kota Bandung, seperti Lembang. Tarifnya mulai dari Rp3.000 - Rp5.000.

Jika kamu ingin mencoba mode transportasi yang lebih unik, kamu bisa coba delman. Ini adalah kereta penumpang yang ditarik oleh seekor kuda. Tarifnya pun tidak mahal, umumnya dikenakan Rp5.000,- per orang.

Bandung juga merupakan kota yang aman jika kamu ingin berjalan kaki untuk berkeliling. Dan tentu saja, taksi argo ataupun taksi online tidak sulit ditemukan di sini.

Seberapa Luas Bandung

Secara resmi, ukuran kota Bandung adalah 167,7 km persegi. Untuk menikmati liburan secara maksimal di Bandung, kamu tidak perlu waktu terlalu lama. Sekitar 3 hari sudah cukup untuk mengeksplorasi pusat kota Bandung. Jika kamu ingin melanjutkan perjalanan ini dengan berkunjung ke area yang lebih jauh seperti Lembang, maka kamu bisa menambah sekitar 2 hari. Selain itu, jika kamu memang hanya ingin mengunjungi daerah Lembang dan tidak ingin ke pusat kota, maka 3 hari juga sudah cukup.

Mata Uang Bandung

Rupiah Indonesia (Rp.)

Bahasa Bandung

Bahasa utama di kota ini tentu adalah Bahasa Indonesia. Namun, warga lokal juga sering menggunakan bahasa daerahnya dengan Bahasa Sunda yang paling banyak dan sering.

Warga Bandung juga cukup fasih dalam berbahasa Inggris.

Zona Waktu Bandung

WIB / GMT+7

Jenis Stop Kontak di Bandung

Jenis stop kontak di Bandung dan kota lain di Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe C / F umumnya digunakan juga di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Informasi Penting Tentang Bandung

  1. Pakaian yang cocok untuk berpergian ke Bandung adalah celana panjang, kaus lengan pendek dengan jaket, kaus lengan panjang, dan sepatu berjalan yang nyaman. Udara di Bandung umumnya sejuk dan lebih dingin pada malam hari. Jika kamu tidak terbiasa dengan udara dingin, ada baiknya kamu memakai pakaian berlapis. Namun, jika kamu terbiasa dengan udara dingin, kemungkinan cuaca di Bandung tidak terlalu dingin untukmu.
  2. Jangan minum air keran di Bandung karena tidak bersih untuk diminum.
LIHAT AKTIVITAS LAINNYA