Tes COVID-19 Terdekat

Nggak perlu ribet, pesan berbagai jenis tes COVID-19 terdekat dari lokasimu dengan mudah.

Balikpapan
Tentang

Ayo liburan ke tempat wisata di Balikpapan! Kota di Kalimantan Timur ini bisa jadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin liburan seru bersama keluarga. Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Timur setelah kota Samarinda. Kota ini memiliki banyak spot wisata alam, termasuk spot wisata bahari yang menjadi andalan destinasi untuk para turis saat berkunjung ke kota Balikpapan.


Kota Balikpapan memiliki Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang bisa kamu manfaatkan sebagai gerbang masuk untuk mulai mengeksplorasi kota ini. Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Balikpapan melalui tiket.com dan mendarat di bandara ini saat liburan ke Balikpapan.


Kota yang juga sering disebut sebagai kota minyak ini akan memanjakan kamu dengan kekayaan wisata yang mengagumkan. Sebutkan saja beberapa pantai dengan pemandangan yang menawan seperti Pantai Melawai, Pantai Kemala, Pantai Lamaru, dan lainnya. Selain pantai, ada juga tempat wisata di Balikpapan yang keren untuk dikunjungi bersama keluarga, seperti waterpark dan taman Bekapai.


Untuk sobat tiket yang gemar berwisata kuliner, kota Balikpapan punya sederet menu lezat yang harus kamu cicipi. Beberapa makanan khas Balikpapan yang nggak boleh kamu lewatkan adalah roti mantau, onde-onde ubi ungu, peyek kepiting, dan lainnya. Untuk sobat tiket yang suka wisata belanja, Balikpapan juga punya sederet shopping center yang bisa kamu kunjungi.


Pesan tiket masuk tempat wisata di Balikpapan di tiket.com untuk memulai liburan seru di kota terbesar kedua di Kalimantan Timur ini. Dengan aplikasi tiket.com, tiket tempat wisata di Balikpapan bisa kamu pesan dengan mudah hanya dengan sentuhan jari. Jadikan tiket.com sebagai andalan kamu untuk liburan asyik kapan pun dan ke mana pun, sobat tiket. Pesan tiket tempat wisata di Balikpapan sekarang hanya di tiket.com!

Pertanyaan tentang Tempat Wisata di Balikpapan

Informasi mengenai tempat wisata di Balikpapan.

Apa itu tiket CLEAN di Balikpapan?

Sudah kangen jalan-jalan tapi masih khawatir dengan penyebaran COVID-19? Tenang, kami mengerti. Kini, kamu bisa berwisata bersama orang tersayang ke tempat-tempat favoritmu di Balikpapan tanpa perlu khawatir! Beradaptasi dengan situasi saat ini, berbagai lokasi wisata kini menetapkan peraturan dan kebijakan baru mengenai kebersihan dan social distancing di lokasi. Kami tentu ingin semua sobat tiket menikmati waktu yang menyenangkan namun tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan bersama.

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja di Balikpapan yang sudah menjalankan kebijakan baru ini, tiket.com menghadirkan “tiket CLEAN”!

Tempat wisata yang sudah bertanda “tiket CLEAN” di halaman To Do tiket.com artinya sudah memberlakukan peraturan dan protokol standar untuk mencegah dan mengurangi penularan COVID-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh untuk seluruh staf dan pengunjung, kewajiban memakai masker dan sarung tangan, pembersihan menggunakan desinfektan yang lebih sering, persediaan healthcare and hygiene supplies, hingga peraturan social distancing, seperti pembatasan kapasitas atau jarak minimum saat mengantre.

untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek bagian Highlight masing-masing halaman produk yang bertanda “tiket CLEAN”. Di sana, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai peraturan baru di masing-masing lokasi.

Pastikan kamu dan orang-orang tersayang memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku, ya! Dengan begini, kamu, wisatawan lain, dan juga staf yang bertugas bisa sama-sama menikmati hari yang menyenangkan tanpa rasa khawatir.

Tetap Semangat! Kita Bisa Melalui Semua Ini Bersama-Sama!

Yang Asyik di Balikpapan

Balikpapan adalah sebuah kota modern di Kalimantan Timur. Kota ini memang lebih terkenal sebagai kota bisnis industri, namun Balikpapan juga terkenal karena kebersihannya, ketenangannya, dan keramahan warga lokalnya. Untuk itu, kota ini sangat cocok jika kamu jalan-jalan untuk berelaksasi atau menghabiskan waktu berkualitas dengan orang tersayang.

Kebanyakan tempat wisata di Balikpapan yang seru dan indah untuk dikunjungi adalah pantai-pantainya yang cantik dan kadang tergolong sepi.

Karena keamanannya, Balikpapan cocok untuk kamu yang ingin solo traveling untuk berelaksasi dan melepaskan penat.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota modern di Kalimantan Timur yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini!

1. Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah tempat wisata di Balikpapan yang juga ikon kebanggaan masyarakat. Destinasi wisata hits ini merupakan monumen perunggu berbentuk abstrak yang mengeluarkan air mancur dari dalam. Buat kamu yang ingin foto-foto instagramable, datanglah pada malam hari karena terdapat air mancur yang dilengkapi cahaya-cahaya.

2. Pantai Lamaru

Salah satu pantai yang terkenal di Balikpapan adalah Pantai Lamaru. Pantai ini memiliki ombak tidak terlalu besar sehingga cocok banget untuk wisata keluarga. Pantai ini juga dikelilingi pohon cemara dan banyak yang menawarkan penyewaan kapal bebek, banana boat, dan sebagainya.

3. Danau Cermin Lamaru

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Danau Cermin Lamaru. Danau ini menyuguhkan air yang jernih dengan pepohonan di sekitarnya. Destinasi wisata ini jadi spot instagramable yang cocok untukmu.

4. Pantai Melawai

Pantai yang terkenal ini kerap menjadi tempat berkumpulnya anak muda. Pantai Melawai dibatasi batu karang dan tembok beton. Batas ini memisahkan perairan dan kehidupan kota yang dihiasi gedung perkantoran, hotel, kafe, bank, dan arena olahraga. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sore hari untuk melihat panorama matahari terbenam. Selain instagramable, kamu juga bisa wisata kuliner di kafe-kafe dekat pantai.

5. Pantai Serumpun

Tempat wisata di Balikpapan ini menyuguhkan keindahan pohon-pohon yang tumbuh di sekitar pantai. Buat kamu yang suka berkemah, Pantai Serumpun bisa jadi salah spot menarik.

6. Pantai Manggar Segarasari

Ingin mencari tempat wisata keluarga di Balikpapan? Kamu bisa ke Pantai Manggar Segarasari. Pantai ini memiliki ombak yang kecil sehingga cocok untuk berenang, jet ski, atau banana boat. Buat kamu yang datang bersama teman-teman, bisa loh main voli di pantai ini.

7. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai jadi destinasi yang wajib dikunjungi karena merupakan tempat konservasi hutan sejak tahun 1988. Tempat wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara ini memiliki sekitar 2.800 flora dan fauna serta pepohonan. Di sini juga terdapat canopy bridge, jembatan yang menghubungkan lima pohon bangkirai dengan ketinggian 30 meter.

8. Bukit Batu Dinding

Destinasi wisata yang jarang diketahui pelancong ini adalah batuan karst sepanjang 150 meter dengan tinggi 125 meter. Kamu akan disuguhkan pemandangan hutan yang asri dan sejuk di atas bukit. Untuk kamu pecinta foto instagramable, jangan sampai terlewatkan ya momen matahari terbenam di Bukit Batu Dinding.

9. Kampung Atas Air

Kampung Atas Air, seluas 6,7 hektar ini berada di atas permukaan air laut, tepatnya di Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat. Di kampung ini, pengunjung dapat melihat bakau atau keindahan kampung dari jembatan beton belakang kampung, berenang, atau sekadar berkeliling kampung sambil menyaksikan matahari terbenam.

10. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra berada di pusat kota dekat Gelora Patra tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota. Pantai yang memiliki tumpukan batu alami di sekitar pantai yang berfungsi untuk menahan abrasi. Tempat wisata yang terkenal ini mudah dijangkau dan fasilitas seperti hotel dan rumah makan disekitar pantai.

11. Pantai Kemala

Berbicara tentang liburan, pasti objek wisata pantai selalu menjadi pilihan selalu ada di suatu daerah. Tempat wisata di Balikpapan ini merupakan salah satu pantai yang terkenal. Jika ingin datang, pantai ini terletak di pusat Kota Balikpapan yakni di Jalan Sudirman. Waktu yang tepat untuk menyaksikan keindahan tempat wisata ini adalah saat sore hari, kenapa? Kamu bisa melihat pemandangan matahari tenggelam sambil mendengar suara ombak yang menenangkan hati. Tersedia juga beberapa kedai makanan yang menjual berbagai kuliner khas Balikpapan wajib kamu coba.

12. Penangkaran Buaya Teritip

Mau mencoba tempat wisata di Balikpapan yang nggak biasa? Mungkin objek wisata yang satu ini cocok buat kamu penggila adrenalin. Siapa yang tidak kenal dengan hewan reptil buas yang satu ini? Kamu bisa mendatangi penangkaran buaya yang berlokasi di Jalan Mulawarman No. 66, Kelurahan Teritip, Balikpapan. Penangkaran yang sudah ada sejak 15 tahun lalu ini menarik banyak minat wisatawan dalam dan luar negeri. Dengan luas sekitar 5 hektar, pengunjung bisa melihat 1400 ekor buaya yang memiliki beragam jenisnya. Selain Buaya, pada penangkaran ini kamu juga bisa melihat Gajah Lampung.

13. Kebun Raya Balikpapan

Jika kamu menginap di sekitar kota dan ingin mencoba mencari ruang hijau, kamu bisa datang ke sini. Berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta, KM 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan, tidak ada tiket masuk alias gratis untuk bisa masuk ke sini. Wisata asyik apalagi gratis, siapa yang nggak mau, kan? Di sini, kamu bisa menemukan berbagai hal menarik untuk dijelajahi, loh! Terdapat konservasi tumbuhan kayu yang memiliki berbagai koleksi tanaman obat hingga koleksi herbarium. Mau melihat bunga anggrek cantik? Ada rumah anggrek yang membudidayakan hingga 200 jenis bunga anggrek.

14. Konservasi Beruang Madu

Jika tadi ada tempat wisata di Balikpapan yang bisa melihat buaya, kini ada lagi tempat menarik untuk melihat satwa. Termasuk hewan yang terancam punah, Beruang Madu di sini dilindungi oleh pemerintah dalam sebuah area konservasi. Bagi kamu yang ingin melihat, tempat ini berada di Jl.Soekarno Hatta no. 23, Karang Joang, Balikpapan. Selain bisa melihat lebih dekat, pengunjung juga bisa belajar lebih dalam mengenai satwa lucu yang satu ini. Kawasan wisata pun dibuat sesuai dengan habitat asli Beruang Madu yaitu di hutan tropis. Tempat ini cocok untuk wisata anak atau wisata keluarga.

15. Pantai Sepinggan

Satu lagi tempat wisata di Balikpapan jika kamu ingin mencari pantai keren untuk dikunjungi. Asyiknya, lokasi pantai ini tidak jauh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yakni sekitar 4 km. Pantai ini mudah diakses karena masih di area tengah kota Balikpapan. Di pantai ini kamu bisa melihat adanya gazebo-gazebo yang bisa berfungsi sebagai tempat istirahat. Nikmati suasana pantai hingga sore hari saat matahari terbenam untuk melihat langit yang indah. Kamu bisa menyusuri jembatan kayu dan mengambil foto-foto instagramable di pantai ini.

16. Hutan Mangrove Margomulyo

Pulau Kalimantan memang terkenal sebagai paru-paru dunia karena ekosistem hutan dan alamnya yang melimpah. Salah satu tempat wisata di Balikpapan ini memiliki tumbuhan yang berfungsi sebagai intrusi air laut yakni, Bakau. Wisata alam ini terletak di Jl. AMD Gg. 4, Margo Mulyo, Balikpapan. Memiliki luas lahan mencapai 16 hektar, kamu akan melihat kumpulan tumbuhan bakau mengelilingi tempat ini. Sejak dibangun pada tahun 2002, tempat wisata di Balikpapan ini berfungsi sebagai konservasi hingga pengembangan habitat flora dan fauna. Karena cantiknya suasana di sini, beberapa wisatawan datang juga untuk mengambil foto-foto instagramable di sekitar hutan bakau.

17. Carribean Island Water Park

Mau asyik bermain air dan seluncuran memacu adrenalin? Nah, tempat wisata keluarga di Balikpapan ini berarti jawabannya! Berlokasi di sebuah kawasan perumahan, Perumahan Balikpapan Regency Kol. Syarifuddin Yoes II, kamu bisa asyik berenang dan bermain air bersama keluarga. Selain berenang, para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana air yang seru dan menegangkan untuk dicoba bersama keluarga. Carribean Castle, Spillet Bucket, Dry Pool, Monkey Slide adalah beberapa wahana yang ada di sini. Habiskan waktu liburan kamu bersama keluarga, berenang di sini pasti asyik banget!

18. Aquaboom Waterpark

Satu lagi tempat main air di Balikpapan yang seru untuk liburan bareng keluarga, yaitu Aquaboom Waterpark Balikpapan. Uniknya, taman bermain air ini letaknya di lantai tujuh sebuah mall, yaitu Pentacity Mall. Ada 10 wahana yang bisa kamu coba, mulai dari yang ekstrem hingga yang ramah anak. Kalau suka yang memacu adrenalin, kamu bisa coba Hurricane Slider, Race Buster, dan Thunder Bolt. Untuk anak-anak, bisa coba wahana Bucket Boom dan Mushroom Fountain. Dijamin, satu keluarga senang bermain di sini!

19. Waduk Manggar

Satu lagi tempat wisata menarik untuk keluarga yang terletak di Balikpapan Utara. Waduk ini ternyata telah mengalami pembangunan beberapa kali pada tahun 1985,1991 dan 2006. Memiliki luas hingga 500 hektar, waduk ini berfungsi sebagai penyuplai air untuk PDAM. Kamu bisa menemukan spot instagramable untuk foto-foto di Waduk Manggar ini. Terdapat jembatan kayu panjang yang sering dilewati masyarakat sekitar. Dari sini, kamu bisa mengambil foto pemandangan waduk hijau indah. Apalagi. jika sedang matahari terbenam di sore hari.

20. Depot Miki

Berada di pinggir jalan arteri utama di Balikpapan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman seberang Balikpapan Plaza, kamu bisa mencicipi kuliner ala orang kota minyak di Depot Miki. Menawarkan menu sarapan berat dari Nasi Kuning, Soto Banjar, Lontong Sayur, Bakmi Ayam hingga Bubur Ayam tersedia di tempat makan ini.

21. Kedai Kopi Mantaw

Kalau kamu lagi ke tempat makan ini, rasanya semua makanan pengin ditelan. Kamu mau kuliner apa saja, di Kedai Kopi Mantaw semua tersedia. Lokasinya bersebelahan dengan Depot Miki. Ada menu kuliner seperti nasi kuning, lontong Banjar, bubur dan masih banyak pilihan menu lainnya. Bedanya, tempat makan ini ini dengan kedai lainnya adalah kamu bisa mencicipi mantaw canton yang enak banget. Mantaw itu seperti roti yang digoreng cuma lebih bantet.

22. Bubur Ayam Samarinda

Dari penampilannya saja, kamu bisa tahu kalau Bubur Ayam Samarinda terlihat beda sama bubur-bubur yang kamu pernah makan. Isiannya adalah bubur, suwiran ayam, ati ampela, irisan telur rebus, irisan tomat dan yang bikin bubur ini beda, kuahnya yang berlimpah.

23. Dahor Heritage

Objek wisata di Balikpapan ini tak lepas dari sejarah Balikpapan sebagai Kota Minyak. Pada era 1920-an, para pekerja kilang minyak di Balikpapan kerap mengakhiri harinya dengan bersantai dan beristirahat di sebuah kompleks perumahan dinas. Kini, kompleks yang masih berdiri kokoh tersebut disulap jadi cagar budaya bernama Dahor Heritage.

24. Kebun Sayur

Mendengar nama Pasar Inpres Kebun Sayur, jangan dulu kira kamu akan berbelanja sayur-mayur. Di dalam pasar yang diresmikan tahun 1983 ini, kamu dapat menemukan camilan, perhiasan, tas, serta pernak-pernik bermotif khas Dayak dengan harga yang murah. Karena produk yang bervariasi, Pasar Inpres Kebun Sayur menjadi destinasi wisata belanja di Balikpapan yang pas untuk mencari oleh-oleh untuk kawan dan kerabat.

25. Sungai Somber

Di tepi Sungai Somber, Balikpapan, sulit dipercaya bahwa sebuah Mangrove Center seluas 150 hektar dibina sebatang kara oleh seorang pria bernama Agus Bei. Walaupun sempat dipandang sebelah mata oleh warga sekitar, kini ratusan turis berdatangan ke tempat wisata di Balikpapan ini setiap bulannya untuk menyusuri sungai dengan perahu kelotok dan menyejukkan diri di hutan yang telah ia bangun. Bila kamu berencana mampir, jangan lupa perhatikan sekitar untuk ragam flora serta satwa bekantan!

26. Ruko Bandar

Untuk kamu penggemar wisata kuliner, khususnya kuliner seafood, tujuan wisata di Balikpapan selanjutnya ini wajib kamu singgahi. Tak hanya menawarkan beragam pilihan kuliner lezat, Ruko Bandar juga memberikanmu pengalaman menyantap kuliner dengan panorama pesisir yang sangat indah dan romantis.

27. Depot Cendrawasih

Berlokasi di Gunung Malang, tempat makan yang terletak di pinggir jalan raya ini selalu dipadati pengunjung. Depot Cendrawasih memang selalu menjadi pilihan saat makan siang tiba. Soto Banjar dan Es Kacang Merahnya jadi kuliner andalan tempat makan ini. Yang paling sering diburu para konsumen adalah Pia Cendrawasih. Dengan berbagai pilihan isian seperti kacang ijo, kumbu hitam, keju dan sebagainya. Dijamin belinya gak cukup satu.

28. Kopi Nam Min

Kedai Kopi Nam Min Pandan Sari memiliki interior klasik layaknya kedai kopi pecinan. Di sini biasanya diminati para konsumen yang sudah menjadi pelanggan lama. Kedai ini terkenal karena menyajikan roti produksi sendiri. Kamu bisa menikmati hidangan aneka roti di sini ditemani secangkir kopi hangat. Roti bakar andalan mereka adalah roti bakar dengan selai sarikaya buatan sendiri juga.

29. Warung Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu adalah kuliner khas Balikpapan yang terkenal. Menyediakan kuliner populer, Soto Banjar Kuin Abdhu terkenal karena menggunakan ayam kampung dan telur bebek sesuai Soto Banjar yang asli. Kamu bisa memilih pakai nasi atau ketupat untuk dimakan bersama sotonya. Hidangan lain yang patut dicoba disini, Sate Ayamnya yang maknyuss. Enak juga dimakan berbarengan bersama Soto Banjar.

30. Kampung Pinisi

Jika di Malang kamu bisa mengunjungi kawasan Jodipan yang disulap menjadi kampung warna-warni, di Balikpapan juga terdapat perkampungan serupa, yakni kampung Pinisi. Berhiaskan warna-warni yang cerah dan kontras di pusat kota, tempat wisata di kota Balikpapan ini takkan gagal berikanmu pemandangan instagramable yang artistik.

Cara Menuju ke Balikpapan

Cara termudah dan tercepat untuk menuju ke Balikpapan adalah dengan:

Pesawat

Penggunaan pesawat adalah cara paling umum untuk mencapai Balikpapan, mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan atau sering disebut Bandara Internasional Sepinggan saja. Karena Balikpapan adalah kota bisnis dan wisata, ada banyak pesawat komersil yang melayani rute ke Balikpapan dari berbagai kota besar di dan luar Indonesia. Setelah mendarat, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota dengan taksi argo.

Kapal

Balikpapan memiliki Pelabuhan Semayang yang menjadi tempat berlabuhnya sejumlah kapal dari Makassar, Surabaya, Tarakan, Pare Pare, dan kota-kota lain di bagian timur Indonesia.

Akomodasi di Balikpapan

Balikpapan memiliki cukup banyak akomodasi dari bintang 1 hingga 5 di pusat kota. Kebanyakan penginapan di sini adalah yang berbintang 2 dan 3. Meski begitu, fasilitas, pelayanan, serta kamar yang tersedia dengan harga terjangkau ini umumnya bersih, nyaman, dan lengkap. Kamu bisa pesan hotel di Balikpapan di tiket.com sekarang dan nikmati keuntungan berbagai promo yang sedang berlangsung.

Spot Instagram-able di Balikpapan

Spot Instagram-able di Balikpapan umumnya adalah tempat wisata alamnya yang memang cantik. Sebut saja Pantai Melawai, Pantai Lamaru, dan Hutan Bakau Margomulyo. Di tempat-tempat ini, selain bisa mengoleksi foto-foto wisata yang keren, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus berelaksasi.

Kuliner di Balikpapan

Makanan Balikpapan yang paling terkenal dan digemari turis adalah hidangan lautnya serta camilan atau manisan yang juga cocok menjadi oleh-oleh. Beberapa yang wajib kamu coba adalah nasi bakar seafood, abon kepiting, amplang (kerupuk dengan bahan dasar ikan belida), onde-onde ubi ungu, dan pisang gapit (pisang yang dijepit kayu dan dibakar hingga matang).

Makanan Vegan / Vegetarian

Makanan pencuci mulut atau camilan khas Balikpapan umumnya cocok untuk disantap kamu yang vegetarian karena tidak mengandung daging, dan sebagian lagi juga cocok untuk kamu yang vegan. Untuk makanan asin dan lebih berat, umumnya mengandung daging. Meski begitu, tidak sulit menemukan restoran vegan dan vegetarian di Balikpapan walaupun menu yang disajikan tidak selalu makanan khas Balikpapan.

Belanja di Balikpapan

Untuk berbelanja, kamu bisa berkunjung ke sejumlah mal dan pusat perbelanjaan di kota ini. Sebut saja Plaza Balikpapan, E-Walk BSB, Balcony City, dan Plaza Rapak. Di sini, kamu tidak hanya bisa berbelanja berbagai produk lokal dan internasional, tapi juga makan di berbagai restoran dan mencari oleh-oleh.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Balikpapan

Musim

Musim di Balikpapan hanya ada dua, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Jika kamu ingin berwisata dengan cuaca yang lebih cerah dan hangat, sebaiknya kamu berkunjung pada bulan Mei atau September hingga Oktober.

Suhu Rata-Rata

Suhu rata-rata di kota ini sepanjang tahun adalah sekitar 29-30 derajat Celsius (84.2 - 86 derajat Fahrenheit).

Cara Berkeliling di Balikpapan

Balikpapan memiliki beberapa transportasi umum yang bisa kamu andalkan, yaitu taksi argo, angkot, dan ojek online. Jika kamu ingin menggunakan angkot, sebaiknya bertanya lebih dulu tentang rute yang akan dilewati.

Selain itu, karena lalu lintas di Balikpapan umumnya tidak terlalu macet, kamu bisa mengendarai mobil dengan nyaman dan aman di sini. Jika kamu tidak memiliki mobil pribadi di sini, kamu bisa sewa mobil di Balikpapan di tiket.com. Selain harganya yang terjangkau serta pilihan mobil yang lengkap, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang sedang berlangsung.

Seberapa Luas Balikpapan

Luas Kota Balikpapan secara resmi adalah 503,3 kilometer persegi. Untuk berkeliling di kota ini sepuasnya, kamu memerlukan waktu sekitar 3-4 hari. Selama waktu tersebut, kamu bisa berkeliling ke tempat wisata di Balikpapan yang menarik dan mencicipi makanan lokal yang lezat. Untuk wisata alam, kamu bisa berkunjung ke Bukit Bangkirai Balikpapan, Penangkaran Buaya Teritip, Pantai Melawai, Liang Mangkulangit, dan Pulau Segajah. Untuk taman rekreasi, kamu bisa berkunjung ke Caribbean Island Waterpark dan Taman Tiga Generasi.

Mata Uang Balikpapan

Rp (Rupiah Indonesia).

Bahasa di Balikpapan

Bahasa utama dan nasional di sini adalah Bahasa Indonesia dan warga lokalnya menggunakannya sehari-hari. Meski begitu, karena Balikpapan adalah kota yang heterogen dan ada banyak pendatang dari pulau lain tinggal di sini, ada cukup banyak bahasa daerah yang digunakan di sini. Sebut saja Bahasa Paser, Bahasa Jawa, Bahasa Kutai, dan Bahasa Bugis.

Zona Waktu Balikpapan

WITA / GMT+8.

Jenis Stop Kontak di Balikpapan

Jenis stop kontak di Balikpapan dan Indonesia adalah tipe C / F. Jenis ini memiliki 2 pin bulat. Tipe ini biasanya juga digunakan di Eropa. Jadi jika kamu dari Jepang, Malaysia, Singapura, Kanada, Australia, Inggris, atau salah satu negara di Afrika, kemungkinan besar kamu akan memerlukan adaptor.

Perlu Diketahui Tentang Balikpapan

  1. Untuk berpergian di Balikpapan, pakaian yang cocok adalah kaus lengan pendek atau tanpa lengan, celana pendek atau celana selutut, dan sepatu atau sandal yang nyaman. Pastikan kamu membawa payung, jas hujan, tabir surya, jaket, dan syal untuk mengantisipasi perubahan cuaca.
  2. Air keran di Balikpapan bukan untuk dikonsumsi.
  3. Jangan membuang sampah sembarangan, terutama di tempat-tempat wisata alam seperti pantai.

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik di Kota Lainnya

Kunjungi Destinasi Wisata Menarik Lainnya