Apa Itu PayLater?

PayLater adalah metode pembayaran baru yang tersedia di tiket.com. Dengan PayLater, kamu bisa membeli semua produk di tiket.com dan mengamankan pemesanan kamu tanpa perlu membayar penuh secara langsung.


Cukup login dan ajukan fitur tiket PayLater, kamu bisa mendapatkan pilihan paket cicilan yang kamu inginkan! Aktifkan fitur PayLater di tiket.com, agar kamu bisa merencanakan liburan kapan pun kamu mau!

Bagaimana Cara Registrasi tiket PayLater?

Untuk bisa mendaftar fitur tiket PayLater, pastikan aplikasi tiket.com kamu sudah versi 3.30.0 atau versi terbaru. Smartphone kamu juga harus menggunakan minimal versi Android lollipop atau iOS 11. Pihak tiket.com hanya akan memproses pengajuan tiket PayLater untuk kamu yang berusia antara 21- 50 tahun dan memiliki Kartu Identitas yang valid dan/atau Kartu Identifikasi Pajak.

 

Pastikan kamu sudah mendaftarkan Nomor Ponsel untuk proses verifikasi yang lebih mudah, serta pernah melakukan transaksi pembelian tiket di tiket.com. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk proses pengajuan tiket PayLater:

1. Buka aplikasi tiket.com, lalu klik menu "Akun". Tap menu "tiket PayLater" dan klik tombol “Ajukan PayLater” untuk mengajukan limit PayLater.

2. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk Verifikasi Nomor Ponsel untuk mengirim Kode OTP. Setelah mendapatkan Kode OTP melalui SMS, masukkan kode tersebut untuk menuju langkah selanjutnya.

3. Selanjutnya, kamu akan masuk ke menu “Detail Pribadi” yang berisi Nama Lengkap, Email terdaftar, Nomor Telepon, dan sebagainya.

4. Selanjutnya, isi "Detail Pekerjaan" secara detail dan benar. Jika salah satu data belum terisi, maka akan muncul warna merah pada bagian tersebut. Pastikan semua data terisi dengan informasi yang sesuai.

5. Langkah selanjutnya, isi "Detail Keluarga" untuk proses verifikasi limit PayLater kamu. Isi dengan benar Nama Lengkap dan Nomor Telepon yang bisa dihubungi.

6. Terakhir, kamu akan diminta untuk Upload Foto KTP asli dan Upload Foto Selfie dengan KTP.

7. Kamu akan menerima ringkasan data yang sudah terisi. Pastikan kamu mengisi seluruh data yang diperlukan dengan benar. Klik “Ajukan PayLater” untuk menuju proses berikutnya.

8. Kamu akan menerima pop up konfirmasi atas pengajuan PayLater kamu. Pastikan nomor ponsel kamu aktif selalu. Karena tim PayLater tiket.com akan menghubungi kamu sebagai proses verifikasi.

9. Jika pengajuan PayLater kamu disetujui pihak tiket.com, maka kamu akan mendapatkan pop up seperti berikut. Klik “Cek Limit PayLater” untuk mengetahui limit yang diberikan untuk kamu.

10. Jika pengajuan PayLater kamu ditolak, maka kamu akan mendapatkan notifikasi seperti berikut ini. Kamu tetap bisa mengajukan kembali setelah tanggal yang tertera di notifikasi tersebut.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa itu tiket PayLater?

tiket PayLater adalah metode pembayaran yang memungkinkan kamu membayar pemesanan di tiket.com dalam periode cicilan 1 hingga 12 bulan.

Untuk dapat menggunakan tiket PayLater, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini adalah persayaratan yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar:

  • Memiliki dokumen identitas yang valid (KTP)
  • Berusia 21 – 50 Tahun
  • Berada di wilayah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Utara, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Gresik, Kota Semarang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kota Malang, Kota Batam, Kota Cilegon, Kota Cimahi, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, Kota Medan, Kota Palembang, Kota Makassar, Kabupaten Sukabumi, Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Sumedang, Kota Pontianak, Kota Sukabumi.

Setelah pengajuan tiket PayLater kamu disetujui, kamu akan menerima limit kredit yang dapat digunakan untuk membeli semua produk di tiket.com. Setelah menyelesaikan pembayaran, jumlah yang kamu bayarkan akan dikembalikan ke total limit PayLater sehingga kamu dapat menggunakannya lagi.

 

2. Produk apa saja yang bisa menggunakan tiket PayLater?

Kamu bisa menggunakan tiket PayLater sebagai metode pembayaran untuk semua macam produk di tiket.com, kecuali pembayaran untuk transaksi Pay at Hotel.

 

3. Bagaimana cara kerja tiket PayLater?

tiket PayLater adalah salah satu metode pembayaran yang dapat memudahkan kamu untuk bertransaksi di tiket.com. Kamu bisa melakukan cicilan tanpa Kartu Kredit, dan bisa pilih periode cicilan sesuai yang kamu mau dari 1 hingga 12 bulan. 

Cara menggunakannya pun mudah, kamu harus mengajukan pendaftaran terlebih dahulu dan memenuhi Syarat & Ketentuan yang berlaku. Namun, untuk sekarang ini, hanya pengguna yang masuk dalam whitelist saja yang bisa melakukan pendaftaran. 

Setelah proses pengajuan kamu disetujui, lakukan langkah-langkah berikut ini: 

  • Pilih tiket PayLater sebagai metode pembayaran pemesananmu.
  • Pilih periode cicilan
  • Bayar tagihan tiket PayLater sebelum batas akhir pembayaran untuk menghindari denda keterlambatan

 

4. Apa keuntungan menggunakan tiket PayLater?

Keuntungan menggunakan tiket PayLater adalah kamu bisa pergi liburan tanpa harus bayar sekarang juga. Kamu bisa pilih cicilan 30 hari hingga 12 bulan sesuai keinginanmu tanpa menggunakan Kartu Kredit. Untuk menggunakan tiket PayLater, kamu perlu mengajukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk mendaftar, kamu hanya perlu menyertakan KTP, dan pastinya anti ribet. Kamu bisa mendapatkan Limit hingga 10 juta. Transaksi menggunakan tiket PayLater pun aman dan terpercaya, tidak ada biaya tersembunyi saat bayar tagihan, karena semua transparan di depan.

 

5. Berapa lama proses verifikasi pengajuan tiket PayLater?

15 menit hingga 1 hari kerja. Jika kamu mengajukan di tanggal merah, maka proses verifikasi bisa lebih lama.

 

6. Mengapa pengajuan tiket PayLater ditolak?

Kemungkinan kamu ditolak adalah karena adanya persyaratan yang tidak terpenuhi. Persayaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan tiket PayLater adalah sebagai berikut:

  • Berwarga negara Indonesia
  • Kamu harus berdomisili di wilayah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Utara, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Gresik, Kota Semarang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kota Malang, Kota Batam, Kota Cilegon, Kota Cimahi, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, Kota Medan, Kota Palembang, Kota Makassar, Kabupaten Sukabumi, Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Sumedang, Kota Pontianak, Kota Sukabumi.
  • Memiliki KTP dan berusia 21 – 50 tahun.

 

Jika ditolak, berikut ini adalah alasan yang mungkin terjadi saat proses verifikasi:

  • Detail aplikasi tidak cocok dengan detail dalam dokumen yang kamu ajukan.
  • Dokumen buram / tidak jelas, salah, atau kedaluwarsa. Sehingga tidak bisa diverifikasi.
  • Nomor kontak referensi tidak benar atau tidak dapat dijangkau.
  • Data yang digunakan registrasi tidak valid.
  • Lokasimu tidak memenuhi Syarat & Ketentuan PayLater
  • Masuk dalam Blacklist.
  • Riwayat Transaksi tidak memenuhi syarat dan ketentuan PayLater (kamu belum pernah bertransaksi di tiket.com).

 

7. Apakah penggunaan tiket PayLater dikenakan biaya?

Pengguna akan dikenakan biaya tergantung pada periode cicilan yang dipilih.

Ada dua biaya tambahan di tiket PayLater:

  • Biaya Cicilan/ Biaya PayLater
  • Biaya Keterlambatan

 

8. Bagaimana cara membayar tagihan tiket PayLater?

  1. Buka aplikasi tiket.com, lalu klik menu Akun.
  2. Pilih tiket PayLater, dan pilih cicilan yang harus dibayarkan pada “Tagihan Terdekat” dengan mencentang kotak yang tersedia.
  3. Klik tombol "Bayar Tagihan".
  4. Pilih salah satu Bank Virtual Account sebagai metode pembayaran.
  5. Bayar tagihan sesuai dengan yang tertera dalam instruksi pembayaran.

 

9. Jika pemesanan menggunakan tiket PayLater, apakah bisa di-refund?

Refund tersedia untuk pemesanan yang menggunakan tiket PayLater. Namun, refund hanya bisa dilakukan produk yang terdapat opsi refund (refundable item).

Jumlah dana yang di-refund akan tergantung pada peraturan produk yang kamu beli. Penting untuk kamu ketahui, bahwa kamu tidak akan menerima pengembalian uang secara penuh, karena biaya cicilan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan. Untuk mengajukan refund, kamu bisa menghubungi Customer Care tiket.com di nomor (021) 3973 0888 atau email: cs@tiket.com.

 

10. Apakah ada biaya tambahan jika pemesanan menggunakan tiket PayLater?

Ada dua biaya tambahan PayLater: 

1. Biaya Administrasi / Cicilan

Kamu hanya dikenakan 2% biaya administrasi untuk setiap transaksi yang dilakukan menggunakan PayLater. Untuk cicilan dengan periode 3 (tiga) sampai 12 (dua belas) bulan, kamu hanya akan dikenakan biaya cicilan sebesar 3% per bulan. 

 

2. Biaya Keterlambatan

Masa tenggang pembayaran tiket PayLater adalah sampai hari ke-3 setelah tanggal jatuh tempo. Pembayaran yang lewat dari masa tenggang akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 10% sejak hari ke-4 setelah tanggal jatuh tempo.

Jika tidak dilakukan pembayaran setelah satu bulan, maka perhitungan biaya keterlambatan akan diulangi setiap 30 hari, hingga total biaya keterlambatan mencapai 1x nilai total transaksi (dan provisi jika dikenakan).

 

11. Bagimana jika ada penipuan menggunakan PayLater mengatasnamakan tiket.com?

Tentang Gestun:

 
Gestun adalah usaha untuk mencairkan dana atas pembelian yang dilakukan dengan PayLater. Kami sarankan agar kamu tidak menggunakan jasa gestun, karena hal tersebut dapat menjadikan kamu rentan terhadap penipuan dan menyebabkan pemblokiran akun PayLater kamu.

 

Tentang Account Takeover (Pengambilalihan Akun): 


Account Takeover adalah perilaku penipuan yang terjadi ketika pengguna yang tidak memiliki hak menggunakan akun kamu untuk melakukan transaksi dengan PayLater. Untuk mencegah akun kamu diambil alih, pastikan kamu tidak pernah memberikan informasi pribadi dan kata sandi kepada orang lain, dan pastikan kamu mengubah kata sandi secara berkala.

Bagikan ke