Apa itu fitur Refund Tiket Pesawat?

Flight Refund merupakan fitur pengajuan pembatalan reservasi untuk penerbangan domestik dan internasional melalui desktop, mobile web, dan aplikasi tiket.com. Kini, batal berangkat ke destinasi yang kamu tuju nggak perlu galau uang hangus. Dengan fitur Flight Refund dari tiket.com, kamu bisa mendapatkan uangmu kembali jika harus membatalkan penerbangan.

 

Selama pandemi COVID-19, kebijakan refund tiket pesawat dari tiket.com dapat dilihat pada section kebijakan refund di bagian bawah.

Bagaimana cara mengajukan Flight Refund?

1. Buka website tiket.com melalui browser di smartphone dan login ke akun kamu. Pilih menu "My Order" di halaman utama, lalu klik pada tab "Pesawat" untuk memilih pesanan yang ingin dibatalkan.

 

 

2. Scroll ke bagian bawah pesanan kamu untuk menemukan tombol "Refund", lalu klik untuk mengajukan pengembalian dana. Jika kamu memesan dengan fitur Tiket Anti Galau, tombol akan bertuliskan “Refund Tiket Anti Galau.” Jika pesanan kamu tidak dapat di-refund, maka tombol akan dalam keadaan non-aktif.

 

 

3. Periksa kembali detail penerbangan, termasuk tanggal dan rute keberangkatan. Jika sudah benar, kamu bisa langsung memilih alasan refund. Lalu klik lanjutkan.

 

 

4. Pilih data penumpang yang ingin kamu refund tiketnya, serta berikan alasan dari refund yang kamu lakukan. Klik lanjutkan untuk masuk ke menu selanjutnya.

 

 

5. Kamu akan melihat detail estimasi refund untuk penerbangan yang terpiliih, termasuk perincian harga dan metode refund. Baca keterangan Syarat dan Ketentuan, klik centang untuk menyetujuinya, lalu klik "Ajukan Refund".

 

 

6. Pengajuan refund telah selesai! Kamu bisa klik “Lihat Daftar Refund” atau mengecek “My Order” untuk melihat status pemrosesan dari pengajuan refund kamu. Pengajuan pengembalian dana akan diproses dalam 14 hari sejak tanggal pengajuan diterima untuk penerbangan domestik (kecuali AirAsia) dan hingga 90 hari untuk penerbangan internasional atau ditentukan oleh kebijakan tiap-tiap maskapai.

 

 

7. Kamu bisa melacak status pengembalian dana yang sudah dikirim melalui menu “Pesanan Saya” dan akan muncul status seperti berikut: Diajukan, Sedang Diproses, atau Di-Refund. Kamu akan menerima email konfirmasi apabila permintaan refund kamu dikembalikan atau ditolak.

Kebijakan Refund Tiket Pesawat Selama Pandemi Virus Corona

Syarat dan Ketentuan

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Selama pandemi COVID-19, kebijakan refund tiket pesawat dari tiket.com sebagaimana tertulis di bawah ini namun dapat berubah sewaktu-waktu.

 

  • Jika jadwal keberangkatan di tiketmu kurang dari 72 jam, maka permohonan kamu akan diproses maksimal dalam 72 jam.
  • Jika jadwal keberangkatan di tiketmu masih lebih dari 72 jam, maka permohonan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan tersebut.
  • Bagi sobat tiket yang sudah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang sudah berlalu, sobat tiket akan dihubungi kembali melalui email dalam waktu maksimal 72 jam.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan refund dari tiap-tiap maskapai penerbangan, kamu bisa cek halaman Kebijakan Maskapai di tiket SAFE.

Bagikan ke