Cara Pesan Cek Pesanan
Tix Point
Anda belum memesan





Hotel di Gunung Kidul

Hotel Gunung Kidul

Hotel Gunung Kidul

Lihat peta hotel
Booking Hotel Riyadi Palace Hotel Solo

- - Jawa Tengah

3 Stars Hotel

From IDR 243.802

Promo Hotel Murah di Gunung Kidul

 

Tak ada habisnya Gunung Kidul menawarkan keindahan alamnya untuk dinikmati. Tak hanya puluhan pantai yang berjejer dan indah, Gunung Kidul juga menyajikan wisata kuliner yang unik. Wisatawan baik dari wilayah Yogyakarta, luar kota, hingga luar negeri berbondong-bongong mengunjungi Gunung Kidul. Anda yang berasal dari luar propinsi Yogyakarta dapat menghabiskan beberapa hari di Yogyakarta khususnya di Gunung Kidul. Banyak hotel berdiri mulai dari kelas melati, vila, resor, hingga hotel berbintang yang siap menyambut wisatawan. Promo-promo menarik pun ditawarkan untuk Anda. Anda dapat mengakses www.tiket.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang promo-promo yang sedang ditawarkan. Nikmati promo-promo istimewa hotel di Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul melalui tiket.com.

 

Hotel Berbintang di Gunung Kidul

 

Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta khususnya Gunung Kidul dimanjakan dengan lengkapnya fasilitas dan sarana penunjang kegiatan pariwisata. Hotel berbintang satu hingga lima tersedia di kota ini. Anda dapat memilih hotel sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda dapat mengakses www.tiket.com untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai hotel tujuan Anda. Hotel yang ditawarkan antara lain Alzara Hotel, Ros In Hotel, Cordela Kartika Dewi Jogjakarta, POP! Hotel Timoho Yogyakarta, Lodji Ketjil Bed & Breakfast, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Booking Hotel di Gunung Kidul melalui Tiket.com

 

www.tiket.com menyediakan informasi lengkap mengenai hotel yang Anda akan pesan. Anda bisa mendapatkan gambaran umum hotel, fasilitas dan sarana yang tersedia, akses menuju tempat-tempat wisata terdekat dari hotel, dan fasilitas umum apa saja yang bisa Anda temukan di sekitar hotel. Selain itu, terdapat pula ulasan-ulasan dari para tamu lain yang telah menginap di hotel yang Anda tuju. Dengan demikian, Anda akan lebih mantap menentuka hotel mana yang akan Anda tempati selama berlibur.

 

Tempat Wisata di Gunung Kidul

 

Berbeda dengan kota Jogja yang lebih mengandalkan wisata-wisata sejarah dan budaya, Gunung Kidul punya daya tarik utama berupa wisata alam, terutama pantai. Beberapa wisata populer di Gunung Kidul antara lain:

  • Goa Jomblang

Wisatawan yang masuk ke dasar gua akan menjumpai lorong alami yang menghubungkan Goa Jomblang dengan Goa Grubug. Stalagmit dan stalaktit yang ada di Goa Jomblang ini menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata ini. Stalagmit yang berwarna hijau kecokelatan apabila terkena sinar matahari yang menembus gua, akan kelihatan sangat cantik. Itulah sebabnya Goa Jomblang juga dikenal dengan sebutan Cahaya Surgawi. Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul.

  • Air Terjun Sri Gethuk

Anda bisa menemukan obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk ini di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY. Air terjun ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Aliran airnya tidak mengenal musim. Di musim kemarau panjang pun airnya tetap lancar mengalir. Bebatuan di bawah air terjun tertata rapi menyerupai undakan, banyak orang bilang bahwa Air Terjun Sri Gethuk mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

  • Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu goa yang memiliki aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter. Sensasi petualangan yang menarik ditawarkan kepada wisatawan. Wisatawan akan dipandu untuk menyusuri sungai bawah tanah di Goa Pindul dengan menggunakan ban pelampung selama 50-60 menit. Aliran airnya yang dingin dan tenang memberikan suasana tersendiri. Cave tubing di Goa Pindul ini bisa dilakukan oleh segala umur, anak-anak maupun orang dewasa..

  • Pantai Jogan

Pantai Jogan menyajikan sesuatu yang menarik dan beda dari pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Keunikan dari Pantai Jogan adalah keberadaan air terjun dari balik bukit karst yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut. Air terjun ini mirip dengan McWay Beach Waterfall di California. Ketinggian air terjun ini berkisar 10 m. Pantai Jogan berlokasi di sebelah barat Pantai Siung.

  • Pantai Lambor atau Nglambor

Lokasi Pantai Lambor berada diantara Pantai Jogan dan Pantai Siung. Pantai Lambor ini memiliki banyak cekungan-cekungan di bibir pantainya yang dijadikan habitat beberapa jenis ikan dan terumbu karang. Bahkan di siang hari saat air sedang surut, banyak ikan yang terperangkap di cekungan ini. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat snorkeling untuk menikmati ikan-ikan yang berwarna-warni.

  • Pantai Sundak

Pantai Sundak tidaklah terlalu luas, di kedua sisinya ditutupi oleh batu karang yang besar dan sekaligus pemisah dengan pantai Gunung Kidul yang lainnya. Pesona keindahan wisata Gunung Kidul yang satu ini tidak diragukan lagi terutama saat pagi hari. Wisatawan dapat menikmati matahari terbit yang indah. Di pantai ini juga terdapat sebuah goa dengan sumber air tawar yang menjadi tumpuan masyarakat sekitar. Asal muasal nama Sundak berasal dari mitos masyarakat sekitar yang menyebutkan bahwa dulunya di pantai ini terjadi perkelahian antara anjing dan landak. Dari situlah akhirnya muncul nama “Sundak” (Asu dan Landak).

  • Pantai Timang

Obyek wisata Gunung Kidul yang satu ini tersohor di telinga para wisatawan. Terdapat bongkahan batu besar di tengah pantai yang dinamakan Batu Panjang atau Pulau Timang. Jarak pulau ini dengan bibir pantai kurang lebih 100 meter. Jika ingin menuju kesana, pengunjung bisa menyewa kereta gantung tradisional yang diberdayakan oleh penduduk setempat. Kereta tersebut terbuat dari bambu dan kayu yang dikaitkan dengan dengan tali. Pengunjung bisa menaiki kereta ini untuk sampai ke Pulau Timang dengan cara ditarik oleh beberapa orang. Anda bisa merasakan sensasi menyebrang di atas deburan ombak dan hembusan angin pantai.

  • Pantai Pok Tunggal

Asal nama Pantai Pok Tunggal ini berasal dari sebuah pohon Duras yang tumbuh di pinggiran pantai. Pohon ini menjadi ikonik tersendiri di wisata pantai di Gunung Kidul yang satu ini. Pok Tunggal memiliki arti “Pohon Tunggal”. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing tinggi yang membentengi pantai dari area luar. Pantai ini sangat cantik dengan hamparan pasirnya yang bersih dan putih alami.

  • Pantai Baron

Pantai ini merupakan teluk yang kanan kirinya merupakan bukit pasir yang biasa digunakan tempat camping untuk menikmati suasana alam. Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, atau sekitar 40 km dari kota Jogjakarta. Di sepanjang Pantai Baron banyak ditemui perahu yang biasanya digunakan para nelayan untuk mencari ikan sehingga pantai ini terkenal dengan kuliner laut yang beraneka ragam. Di pantai ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pantai Baron merupakan tempat yang tepat bagi wisatawan yang ingin berbelanja hasil tangkapan laut.

  • Gunung Nglanggeran

Salah satu obyek wisata yang patut untuk dikunjungi ketika liburan di Gunung kidul adalah Gunung Nglanggeran. Anda yang ingin menikmati indahnya matahari terbit atau tenggelam sangat tepat memilih tempat ini sebagai tujuan wisata. Pemandangan sunset dan sunrise di gunung ini sangatlah indah. Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang mempunyai bentuk sebongkah batu raksasa. Anda juga bisa sekaligus mengunjungi Embung Nglanggeran di obyek wisata ini.

 

Berkunjung ke Gunung Kidul tak lengkap rasanya jika tak menikmati kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas dari Gunung Kidul. Beberapa wisata kuliner khas Gunung Kidul adalah:

  • Sego Abang Mbah Jirak/Lesehan Pari Gogo

Meski nama yang terpampang di depan adalah Lesehan Pari Gogo, warung yang terletak di samping Kali Jirak ini lebih dikenal dengan nama Sego Abang Mbah Jirak. Sudah banyak wisatawan yang mencoba kuliner di warung ini, mulai dari masyarakat biasa hingga Sultan Hamengku Buwono X dan mantan presiden Megawati Sukarnoputri. Menu utama di warung ini adalah sego abang atau nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo, dan trancam. Selain itu ada juga belalang goreng. Semuanya disajikan dalam piring-piring kecil yang bisa dimakan beramai-ramai. Nasinya empuk dan gurih karena masih mempertahankan proses tradisional mulai dari penanaman beras, panen, hingga dimasak menjadi nasi. Minuman yang ada di warung ini juga beragam mulai dari wedang poci gula batu, es jeruk, es kelapa muda, hingga soft drink. Warung Sego Abang Mbah Jirak terletak di Jl Wonosari – Semanu, Gunungkidul.

  • Thiwul Yu Tum

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Gunungkidul, maka Thiwul Yu Tum ini adalah jawabannya. Berbeda dengan thiwul yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok, Thiwul Yu Tum telah mengalami inovasi sehingga cocok dijadikan kudapan dan oleh-oleh. Thiwul Yu Tum memiliki tekstur yang pulen dan lembut serta disajikan dalam beragam rasa seperti original, keju, dan coklat. Penganan ini disajikan dengan parutan kelapa. Selain thiwul, di warung yang terletak di Jalan Pramuka no 36 (Sebelah Balai Desa Wonosari) juga menyediakan aneka olahan singkong seperti gatot yang manis, keripik, hingga gethuk goreng. Bagi wisatawan yang ingin memasak thiwul di rumah juga tersedia thiwul instan. Thiwul sendiri terbuat dari tepung gaplek, yaitu ketela yang dikeringkan. Dulunya Thiwul ini merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul atau Jogjakarta. Thiwul tidak hanya sekedar makanan pengganti nasi, namun sudah menjadi kuliner yang banyak dicari. Keistimewaan Thiwul terletak pada rasanya yang manis serta gurih karena di dalam adonan tiwul terdapat gula merah dan parutan kelapa yang ditabur diatasnya. Cara mengolah ketela menjadi thiwul cukup gampang yaitu ketela pohon dikupas, dijemur sampai kering sehingga menjadi gaplek. Kemudian gaplek tersebut dihaluskan hingga menjadi tepung dan diolah menjadi thiwul.

  • Walang (Belalang) Goreng

Belalang yang dimasak ini merupakan belalang kayu yang ternyata mengandung banyak protein dan gizi yang tinggi. Banyak masyarakat di Gunungkidul yang mengolah belalang ini untuk disantap, salah satunya dengan digoreng.

 

Cara Menuju Gunung Kidul

 

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Gunung Kidul dipermudah dengan lengkapnya sarana transportasi yang tersedia. Pelayanan angkutan kereta api pemberangkatan, dan kedatangan berpusat di Stasiun Kereta Api Tugu untuk kelas eksekutif, dan bisnis, sedangkan Stasiun Lempuyangan untuk melayani angkutan penumpang kelas ekonomi, dan barang. Saat ini untuk meningkatkan layanan jalur Timur-Barat sudah dibangun jalur ganda (double track) dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Kutoarjo.

Sedangkan Bandara Adisutjipto yang telah menjadi bandara internasional sejak 2004 menjadi pintu masuk wisatawan baik domestik maupun internasional menuju Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara ini melayani rute penerbangan dari dalam maupun luar negeri. Ada beragam maskapai penerbangan yang singgah di Bandara Adisucipto seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Air Asia, dan masih banyak lagi. Tiket.com melayani pemesanan tiket dari dan menuju ke Yogyakarta. Anda dapat memesan tiket kereta, pesawat dan hotel melalui situs ini. Bagi Anda yang ingin ke Gunung Kidul, Anda hanya perlu berkendara beberapa menit saja untuk menjangkau Gunung Kidul dari kota Yogyakarta.

 

Alat Transportasi di Gunung Kidul

 

Berada tak jauh dari kota Yogyakarta, Gunung Kidul memiliki sarana transportasi yang lengkap. Bus angkutan umum jurusan antar kota dan daerah melewati kabupaten ini. Mengunjungi puluhan pantai dan wisata menarik lainnya di Gunung Kidul dengan kendaraan pribadi akan terasa lebih menyenangkan. Anda akan lebih leluasa dan tentunya akan lebih efisien. Demi kepuasan Anda, www.tiket.com menyediakan layanan persewaan mobil yang aman dan terpercaya. Anda hanya perlu buka ponsel Anda dan pesan. Anda dapat menyewa mobil dan mengunjungi banyak tempat di Yogyakarta, khususnya di Gunung Kidul.