Hotel di Bantul

Hotel Bantul

Promo Hotel Murah di Bantul

Tips

Promo Hotel Murah di Bantul

 

Yogyakarta adalah daerah istimewa yang banyak menyimpan hal menarik, mulai dari kebudayaan, kuliner hingga sektor pariwisata. Bantul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta dan sering kali disebut-sebut memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Untuk menunjang kegiatan pariwisata di Bantul, banyak hotel di Bantul berdiri mulai dari kelas melati, vila, resor, hingga hotel berbintang yang siap menyambut wisatawan. Promo-promo menarik pun ditawarkan untuk Anda. Anda dapat mengakses Tiket.com untuk mendapatkan informasi lengkap tentang promo-promo yang sedang ditawarkan. Nikmati promo-promo istimewa hotel di Bantul melalui Tiket.com.

 

Hotel Berbintang di Bantul

 

Yogyakarta telah menyediakan deretan hotel berbintang demi kenyamanan wisatawan. Hotel berbintang satu hingga lima tersedia di kota ini. Anda dapat memilih hotel sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda dapat mengakses Tiket.com untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai hotel tujuan Anda. Hotel yang ditawarkan antara lain Hotel Winotosastro Garden, Airlangga Hotel, Hotel Grand Rosela, Hotel Indah Palace Yogyakarta, Makuta, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Booking Hotel di Bantul melalui Tiket.com

 

Tiket.com menyediakan informasi lengkap mengenai hotel di Bantul yang Anda akan pesan. Anda bisa mendapatkan gambaran umum hotel, fasilitas dan sarana yang tersedia, akses menuju tempat-tempat wisata terdekat dari hotel, dan fasilitas umum apa saja yang bisa Anda temukan di sekitar hotel. Selain itu, terdapat pula ulasan-ulasan dari para tamu lain yang telah menginap di hotel yang Anda tuju. Dengan demikian, Anda akan lebih mantap menentukan hotel di Bantul mana yang akan Anda tempati selama berlibur.

 

Tempat Wisata di Bantul

 

Bantul kaya akan obyek wisata alam, sejarah dan arena wisata keluarga. Selain booking hotel di Bantul, di sini kami juga menyediakan berbagai pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Beberapa wisata populer di Bantul antara lain:

1. Pantai Parangtritis

Pantai ini adalah pantai yang sangat populer di Bantul Yogyakarta. Pantai ini terdapat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai Parangtritis menawarkan keindahan wisata berupa hamparan pantai dengan pasir yang luas. Beberapa area di pantai ini terdapat gumuk pasir yang sangat indah. Pada malam satu Suro, di pantai ini diadakan ritual khusus menyambut tahun baru Islam yang diadakan Keraton Yogyakarta.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo adalah pantai yang berlokasi dekat dengan Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo juga merupakan obyek wisata yang menarik di Bantul. Tak hanya karena keindahan pemandangannya, Pantai Parangkusumo juga diminati karena faktor mistisnya. Terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri di pantai ini. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu Cinta. Konon katanya diatas batu ini pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama, dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa Ratu Kidul akan membantu Mataram untuk menjadikannya kerajaan yang disegani di Tanah jawa. Oleh karena itu banyak yang menjadikan Pantai Parangkusumo ini sebagai tempat untuk bermeditasi, bersemedi, atau melakukan ritual khusus untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat wisata di Bantul yang cukup unik adalah Pemandian Air Panas Parang Wedang. Pemandian air panas ini unik karena tidak terdapat di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas, namun lokasinya terbilang dekat dengan pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang berlokasi tak jauh dari Pantai Parangtritis. Di pemandian ini sudah dibangun kolam penampungan berukuran 9 x 8 m dan beberapa kamar mandi air hangat untuk para pengunjung.

4. Pantai Samas

Pantai ini terletak di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai Samas berjarak 25 km ke arah selatan dari Kota Yogyakarta. Terdapat mercusuar yang digunakan sebagai navigasi bagi para nelayan di pantai ini.

5. Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul)

Taman Wisata Tirta Tamansari di Bantul atau Waterbuur Bantul ini merupakan obyek wisata yang menyediakan kolam renang dan juga fasilitas outbound. Lokasi Taman Wisata Tirta Tamansari ini terletak di Jalan Wijaya Kusuma No. 180, Niten, Trirenggo Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata di Bantul ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

6. Goa Selarong

Goa Selarong merupakan tempat wisata religi di Bantul yang sangat bersejarah. Dahulu Goa Selarong ini sering digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyendiri, dan juga digunakan sebagai markas perang gerilya melawan Belanda. Goa Selarong berada di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Banyak orang yang berkunjung ke Goa Selarong ini, karena ingin napak tilas sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Belanda. Selain goa yang bersejarah, di tempat ini juga dibangun bumi perkemahan.

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah gumuk pasir satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Objek wisata ini populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Kini Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi lokasi favorit untuk sandboarding.

 

Berkunjung ke Bantul tak lengkap rasanya jika tak menikmati kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas dari Bantul. Beberapa wisata kuliner khas Bantul adalah:

1. Mie Lethek

Mie Lethek khas bantul ini berbahan dasar dari tepung tapioka dan campuran tepung singkong. Mie ini terlihat keruh dengan warna gelap dikarenakan pengolahannya yang menggunakan cara tradisional. Mie Lethek mempunyai rasa yang nikmat. Mie lethek diolah dengan cara direbus atau digoreng. Mie Lethek rebus semakin nikmat dengan bahan pelengkap seperti suwiran ayam, seledri, bawang goreng, dan telur rebus. Sedangkan Mie Lethek goreng memiliki rasa manis yang dihasilkan dari bahan-bahan seperti kecap dan kemiri.

2. Sate Klatak

Sate Klatak sama seperti sate kambing pada umumnya. Yang membedakan sate ini dengan sate lainnya adalah racikan bumbu klatak yang hanya menggunakan satu bumbu yaitu garam. Selain itu juga karena penggunaan tusuk Sate Klatak yang terbuat dari jeruji besi. Mengapa jeruji besi yang digunakan? karena besi merupakan penghantar panas yang baik sehingga irisan daging sate yang berukuran besar bisa matang dengan sempurna di bagian dalamnya.

3. Geplak

Geplak ini terbuat dari kelapa muda, gula jawa dan tepung beras atau tepung beras ketan dan menghasilkan rasa yang manis. Geplak mengandung nilai gizi tinggi. Rasanya yang manis menjadikan geplak banyak mengandung nilai gizi tinggi. Menurut penelitian makanan dan gizi oleh Universitas Gadjah Mada, dalam setiap 100 gram Geplak terdapat 74 gram karbohidrat, 14 gram lemak, 10 gram air, 10 gram protein dan 2 gram kalori.

4. Sayur Brongkos Khas Bantul

Sayur brongkos merupakan salah satu warisan masakan leluhur yang masih terjaga dan menjadi salah satu jenis kuliner yang sangat familiar. Makanan ini terbuat dari tahu dengan paduan kacang tolo dengan perpaduan kuah santan kental dan kaldu daging segar.

5. Sambel Welud Khas Bantul

Sambel welud ini diolah dengan cara menggoreng daging belut dengan bumbu bawang putih dan kunyit. Anda bisa memilih untuk digoreng kering atau setengah matang. Sambalnya terbuat dari bawang, kencur, cabai dan daun jeruk. Selain itu juga ada jenis sambal yang lain, baik sambal trasi maupun sambal bawang. Sambal belut ini juga dilengkapi dengan lalapan daun kemangi, kubis dan ketimun.

 

Cara Menuju Bantul

 

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Bantul dipermudah dengan lengkapnya sarana transportasi yang tersedia. Pelayanan angkutan kereta api pemberangkatan, dan kedatangan berpusat di Stasiun Kereta Api Tugu untuk kelas eksekutif, dan bisnis, sedangkan Stasiun Lempuyangan untuk melayani angkutan penumpang kelas ekonomi, dan barang. Saat ini untuk meningkatkan layanan jalur Timur-Barat sudah dibangun jalur ganda (double track) dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Kutoarjo.

Sedangkan Bandara Adisutjipto yang telah menjadi bandara internasional sejak 2004 menjadi pintu masuk wisatawan baik domestik maupun internasional menuju Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara ini melayani rute penerbangan dari dalam maupun luar negeri. Ada beragam maskapai penerbangan yang singgah di Bandara Adisucipto seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Air Asia, dan masih banyak lagi. Tiket.com melayani pemesanan tiket dari dan menuju ke Yogyakarta. Anda dapat memesan tiket kereta, pesawat dan hotel melalui situs ini. Bagi Anda yang ingin ke Bantul, Anda hanya perlu berkendara beberapa menit saja untuk menjangkau Bantul dari kota Yogyakarta. Booking hotel di Bantul bisa dilakukan sekaligus dengan memilih moda transportasi ke sini.

 

Alat Transportasi di Bantul

 

Berada tak jauh dari kota Yogyakarta, Bantul memiliki sarana transportasi yang lengkap. Bus angkutan umum jurusan antar kota dan daerah melewati kabupaten ini. Mengunjungi tempat wisata menarik di Bantul dengan kendaraan pribadi akan terasa lebih menyenangkan. Anda akan lebih leluasa dan tentunya akan lebih efisien. Demi kepuasan Anda, Tiket.com menyediakan layanan persewaan mobil yang aman dan terpercaya. Anda hanya perlu buka ponsel Anda dan pesan. Anda dapat menyewa mobil dan mengunjungi banyak tempat sekaligus booking hotel di Bantul.