Pusat Bantuan

Kebijakan Operasional Kereta Api Jarak Jauh dan Menengah

Informasi Penting

Syarat dan ketentuan perjalanan yang diinformasikan pada halaman ini bersifat fluktuatif dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

 

Mulai 18 Mei 2022 sampai pemberitahuan selanjutnya, penumpang KA antarkota di Pulau Jawa dan Sumatra wajib mengikuti peraturan berikut:

  • Penumpang yang telah divaksin Covid-19 dosis kedua(lengkap) dan dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.
  • Penumpang dengan vaksinasi Covid-19 dosis pertama surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam sebelum jadwal keberangkatan
  • Penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis selain membawa surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam sebelum jadwal keberangkatan juga membawa bukti kondisi kesehatan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.
  • Penumpang dengan usia di bawah 6 tahun tidak diwajibkan melakukan tes COVID-19 namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.
  • Penumpang dalam kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam; 
  • Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius; 
  • Penumpang wajib menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut; 
  • Wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan,yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M); 
  • Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung pada saat selama perjalanan; 
  • Tidak diperkenankan untuk makan dan minum pada saat selama perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

 

 

Informasi refund bagi calon penumpang yang tidak lolos skrining COVID-19 dapat membatalkan tiketnya paling lambat H+45 dari tanggal keberangkatan yang tertera di tiket. Berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  1. Pembatalan dapat dilakukan via WhatsApp Contact Centre 121 di nomor 0811-1211-1121. Isi format pembatalan tiket yang diberikan oleh contact centre. Sertakan kode booking, identitas, dan hasil positif tes rapid antigen atau RT-PCR.
  2. Pembatalan paling lambat H+45 dari tanggal keberangkatan di tiket.
  3. Pembatalan penuh 100% (di luar biaya pengiriman pesan).
  4. Pengembalian dana akan dilakukan dengan skema transfer dalam kurun waktu 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan. Pastikan nomor rekening yang diberikan sesuai dengan salah satu nama penumpang yang tertera pada tiket.

 

Apa isi artikel ini sudah membantumu?

like-icon

Ya, sudah membantu. Terima kasih!

dislike-icon

Tidak, belum membantu nih.

Bantuan lain akan ditampilkan untukmu.