Bus & Travel
Mau ke mana?

Bus & Travel

Yuk, cari tiket bus dan travel terbaik untuk kebutuhanmu.

banner icon

Partner Resmi dan Terpercaya. Tiket dijamin resmi, bebas khawatir!

Pilih lokasi keberangkatan
Mau ke mana?
Sel, 16 Apr
1 Kursi

Lebih Hemat dan Bebas Khawatir

Pasti Dapat Kursi

Pasti Dapat Kursi

Bisa langsung berangkat dengan nyaman, bebas khawatir.

Diskon Setiap Hari

Diskon Setiap Hari

Nikmati harga spesial biar budget perjalanan makin aman.

Fitur Bus & Travel di tiket.com

banner-0

Beli Hanya dengan Mata Uang IDR

banner-0

Promo Spesial Bus & Travel

Keuntungan Pesan Tiket Bus & Travel Online di tiket.com

Sebagai agen tiket bus online & travel terpercaya, tiket.com menyediakan tiket bus & travel tanpa perlu pergi ke agen bus terdekat. Jadi nggak perlu repot-repot beli tiket bus online & travel. Hanya dengan satu aplikasi, kamu dengan mudah pesan tiket bus & travel online. tiket.com juga bekerja sama dengan berbagai agen tiket bus & travel resmi yang siap memfasilitasi kebutuhan dalam pemesanan tiket bus online dan travel booking. Banyak banget kan benefit yang didapatkan dari beli tiket bus & travel melalui tiket.com? Nggak hanya sampai situ saja! Kamu juga dapat menikmati keuntungan lain dengan pesan tiket bus online & travel, seperti:

 

  1. Pesan Tiket Bus & Travel di Mana Saja dan Kapan Saja

Dengan halaman resmi atau aplikasi tiket.com, kamu dengan mudah beli tiket bus online & travel tanpa harus pergi ke agen bus terdekat dari lokasi saya. Proses pesannya cepat, tanpa harus antre, dan bisa pesan kapan saja. Bahkan kamu bisa beli tiket bus & travel dadakan atau hanya sekadar cek jadwal bus & travel, harga tiket bus hari ini, dan harga travel yang sesuai dengan kebutuhan. 

 

  1. Pilihan Rute dan Mitra Bus yang Lengkap

tiket.com telah bekerja sama dengan banyak agen atau operator bus yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, sobat tiket nggak perlu khawatir jika ingin pesan tiket bus online & travel karena tiket.com selalu menyediakan pilihan rute lengkap dari mitra bus terpercaya. Contoh mitra bus terpercaya yang sudah bekerja sama dengan tiket.com, antara lain Rosalia Indah, Sinar Jaya, Nusantara, Damri, Joglosemar, PO Haryanto, Gunung Harta, Efisiensi, Pahala Kencana, Agra Mas, Primajasa, ALS, Lorena, Budiman, Sempati Star, Big Bird, Bus Eka, Bus Mira, Bejeu, Kramat Djati. Nggak lupa, tiket.com juga bekerja sama dengan layanan travel seperti Cititrans, Xtrans, Baraya Travel, dan Daytrans yang melayani perjalanan di kota-kota besar. Seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Denpasar, Makassar, Medan, Malang, dan masih banyak lagi.

 

  1. Harga Tiket Bus & Travel Terjangkau 

Dengan menghadirkan Jaminan Harga Termurah, Bus Mudik Lebaran dan beragam promo bus & travel lainnya, kamu bisa menemukan beragam pilihan harga tiket bus, harga tiket bus paling murah & harga travel murah. Wujudkan perjalanan hemat dan nyaman bersama tiket.com. Cek juga informasi pendukung saat beli tiket bus & travel.  Seperti jadwal bus & travel, harga tiket bus hari ini, harga travel, titik turun, titik keberangkatan, fasilitas bus & travel, hingga kelas bus. Untuk fasilitas bus, tersedia sleeper bus, full AC, kursi recliner, toilet, snack, hingga air mineral. Sementara kelas, terdapat Eksekutif, Suite, President, dan VIP. 

 

  1. Berbagai Macam Metode Pembayaran Tiket Bus & Travel

Saat pesan tiket bus & travel, tiket.com turut menyediakan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Kamu bisa menggunakan ATM, e-wallet, transfer bank, Paylater/cicilan tanpa kartu, kartu kredit/kartu debit, pembayaran instan, dan masih banyak lagi. Sehingga kamu dapat dengan mudah booking tiket bus dan travel sekaligus melakukan transaksi pembayaran.

 

  1. Didukung Layanan Customer Service 24 Jam

Kamu menemukan kesulitan saat pesan tiket bus & travel? Atau kamu ingin mengajukan perubahan jadwal atau reschedule? Tenang! tiket.com menyediakan layanan customer service 24 jam yang siap membantu menjawab pertanyaan seputar pesan tiket bus & travel online. Kamu bisa menghubungi nomor WhatsApp 0858 1150 0888, melalui e-mail cs@tiket.com, atau pusat panggilan khusus Indonesia ke +62804 1500 878.

Cara Pesan Tiket Bus Online & Travel di tiket.com

Nikmati kemudahan dalam pesan tiket bus dan travel untuk keperluan liburan, perjalanan bisnis, atau mudik di tiket.com. Hanya dengan memasukkan lokasi keberangkatan, tujuan, dan tanggal bepergian, pesan tiket bus & travel menjadi lebih mudah seperti belanja online. Supaya lebih paham, simak cara pesan tiket bus online & travel berikut ini!

 

Sebelum Pesan Tiket Bus & Travel

  1. Rencanakan detail perjalanan seperti kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Untuk beli tiket bus & travel, lebih baik pembelian dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya untuk menghindari kehabisan tiket bus online & travel.

  2. Jika rencana sudah matang, kamu bisa pergi ke aplikasi atau website tiket.com. Kemudian masukkan detail perjalanan seperti kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Lalu klik ‘Cari Bus & Travel’.

  3. Kemudian sistem akan menampilkan rekomendasi agen bus, jadwal bus & travel, hingga harga tiket bus & tiket travel. Kamu juga bisa memasukkan titik keberangkatan dan titik penurunan untuk mendapatkan lokasi berangkat dan turun yang pas.

  4. Kamu juga bisa menggunakan fitur ‘filter’ untuk mengatur tiket bus & travel yang diinginkan. Mulai dari harga tiket bus & travel, waktu keberangkatan, waktu tiba, kelas bus, fasilitas, hingga tipe kendaraan bagi travel. Selanjutnya pilih tiket bus & travel dan pilih kursi yang diinginkan. Setelah itu isi form pembayaran dan selesaikan transaksi. 

 

Setelah Beli Tiket Bus & Tiket Travel

  1. Setelah e-tiket terbit, perhatikan detail informasi yang berada di e-tiket. Perhatikan informasi penting seperti kode booking, nama penumpang, tanggal keberangkatan, titik keberangkatan dan penurunan.

  2. Bawalah barang-barang yang diperlukan. Contohnya kartu identitas, e-tiket tiket.com, obat-obatan, makanan ringan, air mineral, jaket atau pakaian tebal, handphone, charger handphone atau power bank, dompet, dan kaus kaki.

  3. Di hari keberangkatan, usahakan datang ke titik keberangkatan 30 menit - 1 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari keterlambatan. Terlebih ada proses check-in atau verifikasi identitas di tiket bus dan travel yang memerlukan waktu. Jadi jangan sampai terlambat, ya.

Harga Tiket Bus & Tiket Travel Murah dengan Promo Tiket Bus & Travel di tiket.com

Nikmati harga tiket bus paling murah dan tiket travel melalui Jaminan Harga Termurah. Cek juga informasi harga tiket bus hari ini dan tiket travel. Selain itu, kamu juga bisa pesan tiket bus & travel dengan harga terjangkau lewat beragam promo menarik. Yuk simak deretan promo menarik yang bisa buat pesan tiket bus online & travel jadi lebih murah:

 

  • Diskon Jalur Darat buat roadtrip pakai bus & travel hingga Rp500 ribu. Nikmati diskon tiket bus & travel supaya dapat harga tiket bus paling murah pada pukul 11.00-13.00 WIB & 18.00-20.00 WIB.

  • Diskon Setiap Hari buat pesan tiket bus & travel hingga Rp 10 ribu

  • Diskon Bus & Travel buat liburan pesan tiket bus & travel hingga Rp120 ribu + gratis gift voucher hotel.

 

Tunggu apalagi? Yuk segera pesan tiket bus online & travel dan jangan lupa pakai promo tiket.com!

Kenali Lebih Jauh Kelas Bus Sebelum Pesan Tiket Bus

Sebelum beli tiket bus online di tiket.com, nggak ada salahnya buat kenal lebih jauh kelas bus. Biar nanti nggak bingung waktu menentukan ingin pesan kelas tiket bus apa. Intip daftarnya!

 

  • Bus Ekonomi

Bus Ekonomi memiliki harga tiket bus lebih murah dibanding dengan bus kelas lain. Bus Ekonomi biasanya terbagi menjadi dua, yaitu Bus Ekonomi AC dan Bus Ekonomi Non-AC. Konfigurasi tempat duduk bus ekonomi terdiri dari 3-2

Bus VIP

Bus VIP merupakan bus prioritas yang menawarkan fasilitas eksklusif. Jika naik Bus VIP kamu akan mendapatkan fasilitas seperti bantal, selimut, kursi recliner, CCTV, colokan USB, hiburan, toilet, kursi recliner, sandaran kaki, lampu baca, dan konfigurasi kursi 2-2. Lazimnya Bus VIP memiliki waktu perjalanan lebih singkat.

 

  • Bus Eksekutif

Bus Eksekutif bisa menjadi pilihan buat kamu yang punya bujet lebih dan menginginkan fasilitas berkelas. Fasilitas yang didapatkan dari Bus Eksekutif antara lain full AC, kursi recliner, toilet, hiburan, selimut, lampu baca, bantal,  hingga colokan USB. Konfigurasi tempat duduk di Bus Eksekutif biasanya 2-2. Dalam beberapa kasus, Bus Eksekutif cenderung memiliki waktu tempuh lebih lama dibanding Bus VIP.

 

  • Bus Super Eksekutif

Bus Super Eksekutif memiliki jarak tempuh lebih cepat dibandingkan dengan Bus Eksekutif. Meski begitu, fasilitas yang didapatkan dari Bus Super Eksekutif hampir sama dengan Bus Eksekutif.

 

  • Bus Suite Class

Bus Suite Class adalah opsi tepat buat kamu yang ingin merasakan pengalaman naik sleeper bus. Yup, Bus Suite Class memiliki kursi yang bisa direbahkan (sleeper) dengan pengaturan kursi 1-1.

Yuk Kenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Bus di Indonesia

Zaman sekarang bus juga kerap dipilih sebagai transportasi favorit masyarakat. Selain harga tiket bus terbilang terjangkau, moda transportasi satu ini menawarkan kenyamanan saat traveling yang mudah diakses di semua wilayah. Nah berbicara soal moda transportasi bus, ternyata terdapat berbagai jenis bus yang beroperasi di Indonesia. Masing-masing tiket bus menawarkan fasilitas dan layanan yang berbeda, lho. Kira-kira apa saja? Berikut jenis-jenis kelas tiket bus yang perlu diketahui:

 

1. Bus Normal Deck 

Bus normal deck merupakan jenis bus keluaran pertama di Indonesia, nih sobat tiket. Ciri khas dari bus normal deck antara lain kerap digunakan mengantarkan penumpang kelas ekonomi, posisi kursi sopir dan penumpang sejajar, serta terdapat kotak panjang di dekat bangku sopir. Saat kamu pesan tiket bus online dan bepergian menggunakan jenis bus ini, kamu akan mendapati bus normal deck dengan ketinggian sekitar 3 meter.

 

2. Bus High Deck (HD)

Menjadi jenis bus dengan ukuran deck tinggi, Bus High Deck memiliki ketinggian sekitar 3,5 meter dan biasa beroperasi untuk perjalanan jauh antar kota atau antar provinsi. Ciri khas jenis bus High Deck lainnya adalah posisi kursi sopir lebih rendah daripada kursi penumpang. Selain itu Bus High Deck memiliki kapasitas 50-60 penumpang dengan konfigurasi 2-2 dan 2-2.

 

3. Bus Double Deck (DD)

Kerap kali disebut sebagai bus tingkat, Bus Double Deck memiliki tinggi sekitar 4,15 meter dengan dua tingkatan deck yang dihubungkan langsung dengan tangga. Fasilitas yang ditawarkan Bus Double Deck juga eksklusif dan nyaman seperti adanya sleeper bus (kursi rebahan). Biasanya Bus Double Deck melayani perjalanan wisata atau perjalanan antar kota antar provinsi (AKAP).

 

4. Bus Super High Deck (SHD)

Bus Super High Deck merupakan bus dengan ketinggian sekitar 3,9 meter. Keunikan utama dari Bus Super High Deck adalah menawarkan interior modern dan mewah serta ruang bagasi yang cukup besar sehingga muat untuk banyak barang bawaan. Selain itu terdapat kaca ganda yang diberi sekat pembatas. 

 

5. Bus High Deck Double Glass (HDD)

Bus High Deck Double Glass memiliki fitur yang mirip dengan Bus Super High Deck di mana keduanya memiliki kaca ganda yang diberi sekat pembatas. Hanya saja Bus High Deck Double Glass memiliki ketinggian lebih rendah yaitu sekitar 3,7 meter. Sementara di bagian atasnya (roof) memiliki single wiper. 

 

6. Bus Ultra High Deck (UHD)

Bus Ultra High Deck memiliki kombinasi antara Bus Super High Deck (SHD) dan Bus Double Deck (DD) dengan ketinggian sekitar 4 meter. Umumnya area deck bawah berfungsi khusus kru bus, supir, dan bagasi. Sementara deck atas digunakan untuk area penumpang.

 

7. Minibus dan Elf

Minibus dan Elf umumnya digunakan untuk perjalanan yang relatif dekat. Sebagai contoh travel Bandung - Jakarta, travel Bogor - Bandung, travel Jakarta - Semarang, travel Jogja - Semarang. Biasanya minibus berkapasitas sekitar 25 - 27 penumpang. Sedangkan Elf Long memiliki kapasitas untuk 16-19 orang dan Elf Short dapat menampung sekitar 13-15 penumpang.

Daftar Terminal Bus Terpopuler di Indonesia

Setelah mengenal jenis-jenis bus di Indonesia, kamu juga perlu mengetahui deretan terminal bus terpopuler yang tersebar di berbagai wilayah. Terminal bus ini cenderung luas dan memiliki fasilitas & layanan mumpuni. Berikut daftar terminal bus terpopuler di Indonesia:

 

1. Terminal Kampung Rambutan Jakarta

Terminal Kampung Rambutan merupakan terminal bus tipe A menjadi salah satu terminal andalan bagi warga yang hendak bepergian ke berbagai kota di provinsi maupun di wilayah Jabodetabek.

2. Terminal Pulo Gebang Jakarta

Terminal Pulo Gebang merupakan terminal bus tipe A dan menjadi terminal bus terbesar se-Asia Tenggara saat ini. Terminal Pulo Gebang memiliki konsep terminal modern dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang. Bahkan Terminal Pulo Gebang sudah dilengkapi dengan sistem elektronik dalam hal pembelian tiket bus online, sistem informasi, dan boarding pass untuk memudahkan calon penumpang.

3. Terminal Tirtonadi Solo

Terminal Tirtonadi merupakan terminal bus tipe A dan merupakan terminal terbesar di Solo. Terminal Tirtonadi melayani bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Angkutan Antar kota Dalam Provinsi). Terminal Tirtonadi juga memiliki jembatan penyebrangan yang terhubung dengan Stasiun Balapan Solo untuk mempermudah mobilitas penumpang.

4. Terminal Leuwipanjang Bandung

Terminal Leuwipanjang merupakan terminal di Bandung yang disebut-sebut fasilitasnya menyerupai bandara. Merupakan terminal bus tipe A, Terminal Leuwipanjang adalah terminal induk yang berada di area timur kota Bandung. Terminal Leuwipanjang melayani transportasi angkutan kota, bus kota, angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) sekaligus angkutan antarkota antar provinsi (AKAP).

5. Terminal Purabaya Surabaya

Terminal Purabaya atau biasa dikenal dengan Terminal Bungurasih adalah terminal bus tipe A yang melayani perjalanan bus Surabaya Raya dan sekitarnya. Setiap harinya terdapat lebih dari 1.000 unit bus yang mengantarkan perjalanan penumpang menjadikan Terminal Purabaya adalah salah satu terminal bus tersibuk di Asia Tenggara.

Jenis-jenis Mobil Travel

Sudah mengetahui jenis-jenis bus, sekarang saatnya mengenal jenis-jenis mobil shuttle atau travel yang biasa digunakan untuk perjalanan yang lebih singkat. Yuk cek jenis-jenis mobil shuttle yang ada di tiket.com berikut:

 

1. Mobil Shuttle

Mobil Shuttle lazimnya memiliki kapasitas penumpang 8-14 kursi. Fasilitas yang didapatkan saat naik mobil shuttle antara lain full AC, air mineral, kursi recliner, lampu baca, dan colokan USB. Untuk konfigurasi tempat duduk tergantung dengan masing-masing jenis mobil shuttle, ada yang 1-1, 1-2, atau 2-3.

 

2. Shuttle Toyota Hiace

Shuttle Toyota Hiace memiliki kapasitas penumpang sekitar 8-15 kursi. Saat naik Shuttle Toyota Hiace kamu akan mendapatkan fasilitas seperti full AC, colokan USB, kursi recliner, dan lampu baca. Bahkan di beberapa agen travel menyediakan fasilitas makan dan air mineral.

Tips Traveling dengan Mobil Travel

Mobil shuttle atau travel kerap dipilih menjadi moda transportasi bagi masyarakat yang hendak bepergian, mudik, atau bahkan berangkat kerja. Nah tiket.com punya sederet travel tips yang bermanfaat buat kamu yang ingin naik mobil travel. Cek travel tips dengan mobil travel berikut:

 

  1. Tentukan tanggal keberangkatan, titik keberangkatan, dan titik penurunan

  2. Tentukkan jenis mobil travel. Ada yang jenis shuttle seperti Daytrans atau shuttle Toyota Hiace.

  3. Pesan tiket travel online melalui tiket.com

  4. Pilih kursi yang nyaman. Beli tiket travel di tiket.com kamu bisa memilih kursi yang nyaman dan diinginkan.

  5. Bawa barang yang diperlukan. Seperti KTP, e-tiket, obat-obatan, HP, charger, camilan dan air mineral.

  6. Datang ke titik jemput 1 jam atau 30 menit sebelum keberangkatan untuk menghindari terlambat.