Hotel Dekat Aduan Kuda Muna

Aduan Kuda merupakan salah satu olahraga tradisional yang terkenal di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Muna dan telah menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat luas. Di kalangan masyarakat Muna, atraksi ini populer dengan sebutan pogeraha adara, yang berarti adu kekuatan kuda. Atraksi aduan kuda memiliki nilai filosofi yang berkaitan dengan keutamaan hak dan harga diri dalam melaksanakan tanggung jawab. Masyarakat suku Muna akan berupaya sekuat tenaga dalam menjaga hak dan harga dirinya, walaupun nyawa taruhannya. Sampai sekarang, filosofi tersebut tetap menjadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat suku Muna. Atraksi adu kuda ini merupakan warisan dari kerajaan Muna di era kejayaannya. Pada awalnya, aduan kuda ditampilkan pada saat raja-raja di Kerajaan Muna kedatangan tamu penting dari luar daerah, seperti dari pulau Jawa atau dari daerah lain. Untuk menghibur para tamu tersebut, maka diadakanlah atraksi aduan kuda yang kemudian menjadi tradisi turun-temurun. Setelah kerajaan runtuh, tradisi aduan kuda tetap berkembang, bahkan saat ini menjadi salah satu tradisi unggulan masyarakat suku Muna.

Setiap tahun setidaknya tiga kali diadakan atraksi aduan kuda, yaitu pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesiadan dua hari raya Islam (Idulfitri dan Iduladha). Biasanya, aduan tersebut selalu ramai ditonton oleh masyarakat. Pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, penontonnya bisa mencapai ribuan yang datang dari berbagai daerah.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari atraksi aduan kuda adalah tontonan tambahan yang kerap ditampilkan sebagai pembuka, seperti tari-tarian kebesaran, pencak silat, dan pertunjukan musik dari artis lokal. Pertunjukan pembuka tersebut dipersembahkan oleh beberapa orang gadis dan pemuda setempat.

Aduan kuda biasanya diadakan di lapangan terbuka di Ibu Kota Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia.


Address

Aduan kuda biasanya diadakan di lapangan terbuka di Ibu Kota Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia.