Hotel Dekat Hutan Raya Marhum

Taman Hutan Raya Murhum berada di kawasan pegunungan Nipa-Nipa, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Taman tersebut merupakan salah satu dari 16 kawasan konservasi alam yang terdapat di Sulawesi Tenggara. Luas taman hutan raya ini sekitar 8.146 ha dan berada pada ketinggian 25-500 m dari permukaan laut (dpl).

Sebelum ditetapkan sebagai taman hutan raya, dahulunya Pegunungan Nipa-Nipa terdiri dari beberapa kelompok hutan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Di antara kelompok hutan tersebut adalah hutan suaka alam dan hutan wisata dengan luas sekitar 972 ha; hutan produksi terbatas dengan luas sekitar 4.209 ha; dan hutan produksi tetap dengan luas sekitar 2.965 ha.

Taman Hutan Raya Murhum memiliki beraneka keunikan, mulai dari jenis flora dan fauna, hingga keindahan alamnya. Aneka jenis flora yang terdapat di dalam taman, di antaranya tumbuh-tumbuhan kecil, seperti aneka jenis semak, perdu, dan aneka pohon mulai dari batang yang berdiameter di bawah 10 cm sampai yang lebih besar. Jenis pohon tersebut, seperti kayu besi (metrosideros petiolata), eha (castanopsis buruana), bolo-bolo (adenandra celebica), bolo-bolo putih (thea lanceolata), kayu puta (baringtonia racemosa), parinari sp., pandan tikar (pandanus aurantiacus), parinari sp, dan berbagai jenis palem (nengelfa sp., pinanga caesia, dan ucuala sp.). Di samping pohon-pohon tersebut, tumbuh juga beraneka jenis rotan (daemonorops sp.), seperti rotan batang (calamus zolfingeri), dan rotan lambing (calamus ornatus var. celebicus).


Address

kawasan pegunungan Nipa-Nipa, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia