Hotel Dekat Samalona Island

Memang benar Pantai Losari adalah ikon terkenal dari kota Makassar yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Tapi kamu harus tahu juga bahwa tidak jauh dari pantai tersebut terdapat sebuah pulau yang memiliki kecantikan alami dan pemandangan menakjubkan. Nama pulau tersebut adalah Pulau Samalona.

Pulau Samalona merupakan sebuah pulau berukuran kecil yang terletak di kawasan Ujung Pandang, kota Makassar, Indonesia. Pulau ini hanya berjarak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Makassar.

Kamu bisa datang ke depan Benteng Rotterdam di mana kamu akan menemukan dermaga tradisional yang menyewakan perahu untuk menyebrang ke pulau Samalona. Dari situ kamu membutuhkan waktu kurang lebih 30 hingga 40 menit untuk mencapai ke pulau yang berjarak sekitar 500 meter.

Di Pulau Samalona kamu bisa bersantai di sebuah pantai dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Di pulau ini kamu bisa melihat ada banyak sekali pohon kelapa yang bisa membuat suasana dan pemandangan di sana menjadi lebih menarik.

Selain itu Pulau Samalona juga terkenal dengan keindahan yang tersimpan di bawah laut. Semua pengunjung pulau ini bisa berenang dan menyelam sambil melihat-lihat terumbu karang yang cantik serta ikan laut lucu penuh warna seperti ikan giru (Nemo). Jika kamu sedang beruntung, mungkin kamu bisa juga bertemu dengan ikan lumba-lumba yang berenang berkelompok di sekitar pulau.

Nah, keindahannya tidak hanya sampai di situ saja. Masih ada misteri di Pulau Samalona yang bisa kamu eksplorasi yakni kapal tenggelam bekas peninggalan dari Perang Dunia Kedua. Setidaknya ada tujuh buah kapal yang tenggelam di sekitar pulau.

Beberapa nama kapal tersebut antara lain adalah kapal Maru yang merupakan kapal perang milik Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter, kapal pembom Lancaster, kapal kargo Hakko Maru yang dibuat di Belanda, serta sejumlah kapal lainnya.

Karena sudah berada sangat lama di bawah laut, semua kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan habitat dari berbagai macam kehidupan bawah laut. Banyak sekali wisatawan datang ke Pulau Samalona untuk menyelam dan melihat kapal-kapal tersebut yang sekarang sudah menjadi pemandangan yang indah.

Bagi kamu yang menyukai olahraga air, maka di Pulau Samalona ada beberapa tempat penyewaan seperti untuk jet ski, flyboard, hingga banana boat. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka kamu bisa memesan terlebih dahulu sebelum datang ke pulau.

Hal menarik lain yang bisa kamu dapatkan di Pulau Samalona adalah memandang indahnya matahari terbit atau tenggelam. Jika kamu ingin melihat matahari terbit, maka kamu perlu datang lebih pagi agar bisa mendapatkan momen tersebut. Matahari terbenam juga menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu di sini. Kamu bisa bersantai sambil melihat matahari yang perlahan tenggelam di ufuk barat.

Di kawasan Pulau Samalona ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan dengan beragam pilihan menu makanan laut. Ikan yang kamu makan di sini akan terasa lebih segar dan lezat, terlebih jika kamu menikmatinya bersama teman-teman atau keluarga.

Tak ketinggalan, beberapa fasilitas di Pulau Samalona juga cukup lengkap mulai dari mushola dan toilet umum. Jika kamu ingin menyelam atau snorkeling, ada beberapa tempat menyewakan perlengkapan untuk kebutuhan tersebut.


Address

Lae-Lae, Ujung Pandang, Makassar City, South Sulawesi