Hotel Dekat KOMPLEK TENGKU BILIK

Bangunan yang megah ini menggambarkan betapa jayanya kerajaan Riau Lingga pada rentang tahun 1844. Bangunan tua yang mempunyai berarsitektur Eropa modern ini berada tepat disamping komplek makam Raja Jakfar.

Gedung tengku bilik ini mempunyai kemiripan dengan gedung kampung Gelam yang berada di Malaka. Kemiripan arsitektur kedua gedung tersebut menunjukkan kuatnya jalinan persaudaran dan kerjasama dari dua kerajaan besar pada saat itu.

Komplek Tengku Bilik atau lebih dikenal lagi sebagai rumah tinggal Engku Bilik, adik dari Sultan Riau - Lingga yang terakhir. Engku Bilik adalah permaisuri dari Tengku Abdul Kadir. Bangunan ini sangat terasa sekali struktur Eropanya dan merupakan cerminan dari betapa jayanya Kerjaan ini pada saat itu. Bangunan dua lantai ini identik dengan warna Hijau dan Kuning yang mendominasi. Jika memasuki bangunan ini, jangan lupa menaiki lantai duanya dan berdirilah di balkon depan. Lihat sekeliling ‘istana’, maka akan sangat terasa sekali bagaimana bahagianya perasaan Engku Bilik saat ditemani para dayang sambil menyisir rambut dan menikmati senja.


Address

Indonesia , 29114, Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Tanjung Pinang Timur, Penyengat