Hotel Dekat Pantai Pasir Panjang Pulau Rupat

Pantai Pasir Panjang Pulau Rupat Lihat Peta

Pantai Pasir Panjang merupakan objek wisata yang berada di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis tepatnya di bagian utara Provinsi Riau. Kawasan in dinamakan Pantai Pasir Panjang karena Pantainya sangat panjang yaitu sepanjang 13 kilometer dan merupakan pantai pasir putih terpanjang di Indonesia. Rupat berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Pulau Rupat jika diurus dan mendapatkan perhatian pemerintah diyakini akan menyaingi Pulau Dewata, Bali, sebagai salah satu lokasi tujuan wisata unggulan riau yang kemudian menjadikan menjadi tujuan bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Pasir pantainya  berwarna putih dan bersih sehingga pengunjung nyaman untuk berjemur dan bermain  volly pantai. Air lautnya sangat jernih, seolah mengajak para pengunjung untuk  berenang, menyelam dan olah raga air. Sepanjang pantai 13 kilometer ini pengunjung  dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti berperahu dan berselancar. Pemandangan  pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Ketam, Pulau Mentete dan Pulau Baru  dengan latar hutan pinus yang tertata rapi, menambah daya eksotik kawasan  pantai ini. Pada siang hari, bila cuaca cerah, pengunjung dapat melihat Malaysia dari  kejauhan. Pada sore hari, jelang menyaksikan matahari tenggelam (sunset),  pengunjung dapat melihat atraksi ikan terbang di bibir pantai sepanjang 12 (dua belas) kilometer ini. Bila malam hari cerah, pengunjung dapat menyaksikan  kerlap-kerlip lampu kapal tangker dan kapal nelayan lalu lalang di Selat  Malaka. Di sini pengunjung dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang  rupiah Indonesia dan ringgit  Malaysia.

Karena berhadapan  langsung dengan Kota Dumai, pantai ini dapat diakses dengan mudah menggunakan  alat transportasi laut seperti motor boat dari Kota Dumai dengan lama perjalanan sekitar 2 (dua) jam. Dari Pekanbaru pengunjung bisa naik kapal penumpang  yang menyusuri Sungai Siak dan berhenti di Bengkalis. Kemudian dari Bengkalis, pengunjung bisa menyewa kapal kecil (speed boat) dengan harga sewa perhari sekitar 1 (satu) juta rupiah. Sesampainya di Pulau Rupat, terdapat dua  pilihan, langsung ke Teluk Ruh dengan pesona pasir putihnya atau ke Pelabuhan Tanjung Medang, satu-satunya pelabuhan sekaligus pintu masuk utama ke kawasan  tersebut. Bila memilih ke Teluk Ruh, pengunjung harus turun di tengah laut, dijemput dengan sampan atau berjalan menuju pantai dengan ketinggian air  sepinggang. Jarak dari Teluk Rhu menuju Tanjung Medang ditempuh selama sekitar  15 (lima belas)  menit dengan menyewa motor atau ojek.  


Address

Bengkalis, Riau, Indonesia