Hotel Dekat Masjid Raya Batam

Masjid Raya Batam mulai dibangun pada tahun 1999. Tujuan dibangunnya masjid ini adalah untuk menyediakan sarana peribadatan yang representatif, yang dapat menampung kegiatan umat Islam dalam hal keagamaan, pendidikan, kegiatan sosial, kegiatan kebudayaan, dan pariwisata. Masjid berbentuk bujur sangkar dengan atap menyerupai limas ini sangat dibanggakan oleh masyarakat Batam. Selain sebagai simbol kejayaan umat Islam di Pulau Batam, masjid ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional.

Di balik kemegahan bangunan Masjid Raya Batam yang merupakan gabungan dari dua bentuk dasar, yaitu balok bujur sangkar (sebagai badan bangunan) dan limas sama sisi teriris tiga bagian (sebagai kepala bangunan), terkandung makna filosofis yang dalam. Alasan dipilihnya kedua bentuk dasar tersebut adalah: Pertama, secara matematis, bentuk bujur sangkar dianggap lebih kuat, sehingga mampu menopang bagian bangunan lainnya. Selain itu, kekokohan badan bangunan yang berbentuk bujur sangkar itu juga merupakan simbol keimanan umat Islam yang kuat. Kedua, secara estetis, limas sama sisi merupakan bentuk atap yang paling cocok dengan badan bangunan yang berbentuk bujur sangkar. Bentuknya yang mengerucut ke atas juga dianggap sebagai simbol hubungan manusia dengan Tuhan-nya. Sedangkan irisan tiga bagian pada atap yang berbentuk limas tersebut merupakan simbol perjalanan hidup manusia dalam tiga alam yang berbeda, yaitu alam rahim, dunia, dan akhirat.  

Masjid Raya Batam terletak di Jln. Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau , Indonesia. Di kompleks Masjid Raya Batam tersedia fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap, seperti area parkir yang luas (dapat menampung semua jenis kendaraan: bus, mobil, sepeda motor, dan sepeda), kantor informasi, kamar mandi, klinik kesehatan, pusat pendidikan Al-Qur’an, dan perpustakaan. Masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas bagi penyandang cacat, berupa lintasan khusus untuk kursi roda menuju ruang utama masjid dan tempat wudu. Selain itu, masjid ini juga menyediakan toilet khusus untuk penyandang cacat yang dibedakan antara pria dan wanita.

Di sekitar masjid ini juga terdapat fasilitas dan sarana akomodasi seperti hotel, restoran, rumah sakit, ATM, pusat perbelanjaan, Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Wartel dan Warnet, bengkel mobil dan sepeda motor, dan lain-lain.


Address

Indonesia , 29432, Kepulauan Riau, Batam, Batam Kota