Hotel Dekat Kepulauan Abang

Kepulauan Abang Lihat Peta

Kepulauan ini terletak di selatan Kota Batam. Wilayah Pulau Abang terdiri dari beberapa pulau kecil yang melingkupinya. Sebagian besar perairan di daerah itu termasuk taman konservasi terumbu karang. Pulau utamanya berukuran hanya sekitar 10 kilometer persegi dan berjarak sekitar 50 kilometer dari Muka-Kuning. Laut di sekeliling kepulauan Abang menyimpan ekosistem terumbu karang yang dihuni ikan hias warna-warni. Banyak yang beranggapan bahwa alam bawah laut di kawasan ini tidak kalah dengan Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. Snorkeling dan menyelam merupakan incaran para pengunjung yang datang ke kepulauan Abang. Dijadikannya daerah tersebut sebagai daerah konservasi karena terdapat aneka ikan hias langka seperti teri hijau dan blue coral atau terumbu karang yang harus dilindungi untuk kepentingan ekosistem air laut. Oleh karena itu, warga lokal mengandalkan sektor pariwisata untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena mereka dilarang mengeksploitasi kekayaan alam di laut tersebut.

Ada tiga lokasi wisata di kepulauan Abang, yakni Pulau Abang Besar (Pantai Air Taung), Pulau Ranuh, dan Pulau Pengalap. Untuk sampai ke lokasi tersebut, wisatawan bisa menggunakan kapal cepat dari Pulau Galang Baru.

Pulau Abang merupakan tempat wisata laut yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kota Batam dan akan dijadikan salah satu daya tarik program Visit Batam 2010. Sektor pariwisata di Pulau Abang mestinya bisa menghidupi masyarakat setempat karena potensinya yang besar, di antaranya wisata pantai, wisata selam, dan snorkeling. Keindahan bawah laut Pulau Abang bahkan, diakui sejumlah wisatawan yang pernah berkunjung ke daerah itu, tak kalah dibanding Bunaken dan Raja Ampat.

Perairan Pulau Abang memiliki sembilan titik (spot) yang sangat ideal dijadikan tempat penyelaman dengan kedalaman 15–18 meter. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut di daerah itu, sebelumnya pengunjung perlu mengetahui kondisi cuaca karena perubahan cuaca di daerah tersebut sering terjadi.

Kondisi cuaca yang paling bagus untuk diving di Pulau Abang adalah sekitar bulan Maret hingga Agustus, ketika musim angin timur, dan bulan September sampai November, saat musim angin barat. Pada saat itu, kondisi cuaca terbilang bersahabat dan arus di bawah laut tidak terlalu kencang sehingga sangat nyaman untuk diving.

Untuk sampai ke tempat ini wisatawan bisa naik perahu pot pompong dari Jembatan Balerang VI. Untuk mencapai Pulau Abang juga bisa dilakukan melalui pelabuhan rakyat di Pulau Galang baru dengan cara menyewa perahu atau speed boat milik nelayan dan jarak tempuh sekitar 40–50 menit. Harga sewa perahu bergantung pada saat negosiasi.


Address

Indonesia , 29487, Kepulauan Riau, Batam, Galang, Pulau Abang