Hotel Dekat Ju Panggola

Ju Panggola Lihat Peta

Ju Panggola adalah sebuah gelar atau julukan. Ju dalam bahasa Gorontalo  berarti ya, sedangkan Panggola berarti tua. Jadi, Ju  Panggola berarti pak tua. Menurut sejarah, orang yang dijuluki Ju  Panggola itu adalah Ilato yang berarti kilat. Ia adalah seorang Awuliya atau Wali yang menyebarkan agama Islam di Gorontalo pada tahun 1400 M.,  dan memiliki kesaktian yang tinggi, yakni mampu menghilang dari pandangan  manusia dan dapat muncul seketika jika Negeri Gorontalo dalam keadaan gawat. Ia  dijuluki Ju Ponggala, karena ia selalu tampil atau muncul dengan profil  kakek tua berjenggot panjang dan mengenakan jubah putih.

Makam Keramat Ju Panggola berada di atas perbukitan  dengan ketinggian sekitar 50 meter dari jalan raya. Walaupun letaknya berada di  atas bukit, setiap hari makam ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik lokal  maupun mancanegara.

Makam Ju Panggola termasuk makam keramat dan tanah  di sekitar makam itu senantiasa menebarkan bau harum. Setiap pengunjung yang  berziarah ke makam itu mengambil segenggam tanah untuk dijadikan azimat. Mereka  percaya bahwa tanah tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit atau  memperlancar rezeki. Ajaibnya, walaupun sudah ribuan pengunjung mengambil tanah  di sekitar makam itu, namun tanahnya tetap utuh. Bahkan, tanah bekas galian tersebut  tidak meninggalkan bekas lubang sedikit pun.

Di dalam komplek makam tersebut terdapat sebuah  masjid yang bernama Masjid Ju Panggola. Konon, jika seseorang berdoa di masjid  tersebut, permohonannya akan dikabulkan. Maka tidak heran, jika banyak  pengunjung yang menyempatkan diri shalat dan berdoa untuk memohon kesembuhan  dari berbagai penyakit, memperlancar rezeki dan lain sebagainya.

Makam ini terletak sekitar 7 km dari pusat Kota  Gorontalo. Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda  empat maupun roda dua.


Address

Indonesia , 96131, Gorontalo, Gorontalo, Kota Barat, Dembe I