Hotel Dekat Benteng Otanaha

Benteng Otanaha Lihat Peta

Benteng Otanaha merupakan objek wisata yang terletak di atas bukit di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng ini dibangun sekitar tahun 1522. Benteng Otanaha terletak di atas sebuah bukit, dan memiliki 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga ke puncak sampai ke lokasi benteng. Jumlah anak tangga tidak sama untuk setiap persinggahan. Dari dasar ke tempat persinggahan I terdapat 52 anak tangga, ke persinggahan II terdapat 83 anak tangga, ke persinggahan III terdapat 53 anak tangga, dan ke persinggahan IV memiliki 89 anak tangga. Sementara ke area benteng terdapat 71 anak tangga, sehingga jumlah keseluruhan anak tangga yaitu 348.

Meskipun pendakian tersebut cukup melelahkan, namun begitu tiba di puncak benteng, kelelahan itu segera terobati oleh keindahan alam di sekitar benteng. Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Limboto, sawah-sawah terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo. Selain itu, pengunjung akan merasakan suasana tenang dan hembusan semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi.

Benteng Otanaha dibangun sekitar tahun 1522 M oleh Raja Ilato atas prakarsa para  nahkoda kapal Portugis yang berlabuh di pelabuhan Gorontalo untuk memperkuat  pertahanan dan keamanan negeri dari serangan musuh. Benteng ini dibuat dari bahan-bahan berupa pasir, batu kapur dan telur burung maleo sebagai semen atau bahan perekatnya.

Benteng  Otanaha terletak sekitar 8 km dari Kota Gorontalo. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung dapat menyewa bentor (becak motor), karena tidak tersedia kendaraan umum, dengan waktu tempuh  sekitar 20 menit.


Address

Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Indonesia