Hotel Dekat Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau

Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau Lihat Peta

Riung 17 Pulau laksana “Surga Bawah Laut” yang belum terjamah. Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau, Merupakan Gugusan Pulau-Pulau Besar Dan Kecil, Dengan Jumlah 17 Pulau, Yaitu Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Ontoloe [ Terbesar ], Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima [ Pulau Nani ], Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa [ Pulau Tampa Atau Pulau Tembang ], Pulau Tiga [ Pulau Panjang ], Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui Dan Pulau Wire. Keseluruh Pulau Tersebut Adalah Pulau Tak Berpenghuni Alias Tidak Dihuni Oleh Manusia. Kelompok pulau ini terdiri dari pulau-pulau kecil dan pulau karang yang terbentang di depan Teluk Riung. Alam bawah laut dari pulau-pulau ini kaya dengan keanekaragaman hayati. Disamping itu, daerah perbukitan sekitar Riung (Pulau Flores) dihuni oleh biawak raksasa spesifik Riung. Penduduk lokal menamakannya “Mbou”.

Bila biawak komodo disebut varanus komodoensis, maka biawak Riung disebut juga sebagai Varanus Riungensis. Pulau kelelawar merupakan salah satu pulau yang terdapat di taman laut 17 pulau riung.

Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau, Sebagaiman Layaknya Pulau-Pulau Lain Yang Ada Di Dunia. Memiliki Aneka Jenis Fauna Yang Hidup Di Kawasan Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau Ini Beberapa Diantaranya Adalah Satwa Komodo [ Varanus Komodoensis ], Rusa Timor [ Cervus Timorensis ], Landak [ Zaglossus Sp ], Kera [ Macaca Sp ], Musang [ Paradoxurus Haemaproditus ], Biawak Timor [ Varanus Timorensis ], Kuskus [ Phalanger Sp ], Ayam Hutan [ Gallus Sp ], Buaya [ Crododulus Porosus ], Serta Berbagai Jenis Burung Misalnya Elang [ Elanus Sp ], Bluwok Atau Bangau Putih [ Egretta Sacra ], Sandang Glawe Atau Bangau Hitam [ Ciconia Episcopus ], Burung Perkici Dada Kuning [ Trichoglosus Haemotodus ], Burung Nuri [ Lorius Domicella ], Tekukur [ Streptopelia Chinensis ], Burung Wontong Atau Burung Gosong [ Megapodius Reinwardtii ] Dan Kelelawar [ Pteropsus Veropirus ].

Kawasan Wisata Alam Laut Riung terhampar memanjang dari Toro Padang di sebelah barat sampai dengan Pulau Pangsar di sebelah timur. Kecamatan Riung terdiri dari lima desa yaitu: Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tadho dan Lengkosambi. Mawar Laut merupakan salah sayu obyek wisata yang ada di taman laut 17 pulau Riung dan pasir putih merupakan tmpat pemandian yang berada pada salah satu pulau dari 17 pulau lainya.

Di Beberapa Daerah Dan Pulau Di Dalam Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau Ini, Seperti Antara Lain Di Pulau Torong Padang, Hidup Biawak Raksasa Komodo Yang Pada Musim Atau Waktu Tertentu Bisa Dilihat Ketika Sedang Berjemur Dari Atas Kapal, Sementara Kapal Tersebut Diberhentikan. Wisata Bahari Di Kawsan Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau. Dengan Menggunakan Speed Boat Maupun Kapal Kecil Berbahan Fibre Glass, Selain Itu Para Pengunjung Bisa Menikmati Indahnya Kehidupan Alam Bawah Laut Di Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau Yakni Keanekaragaman Jenis Karang Yang Warna-Warni Dengan Berbagai Jenis Ikan Hias Yang Indah Dan Sangat Mempesona. Dengan Airnya Yang Sangat Jernih, Berenang, Snorkling, Memotret Bawah Laut Dan Menyelam Adalah Tawaran Utama Wisata Di Kawasan Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau.

Riung dapat dicapai dengan bis selama tiga jam dari Bajawa, Ibukota Kabupaten Ngada atau satu jam dengan bis dari Mbay. Perjalanan dengan pesawat dari Jawa dapat dilakukan melalui Jakarta/Surabaya-Denpasar-Maumere atau Jakarta/Surabaya-Denpasar-Ende dan dilanjutkan dengan bis ke Bajawa dan Riung. Mobil sewaan juga tersedia di Maumere dan Ende.


Address

Indonesia , 86419, Nusa Tenggara Timur, Ngada, Riung