Hotel Dekat State Museum of West Nusa Tenggara

State Museum of West Nusa Tenggara Lihat Peta

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, Lombok juga dikenal sebagai Museum Nusa Tenggara Barat, menunjukkan berbagai budaya yang indah dan mempesona pulau. Artefak kuno dan seni dekoratif, serta baju besi lokal semuanya ada di museum.
Terletak di Jalan Panji Tilar Negara, di daerah Ampenan Selatan, sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Mataram, Museum Negeri Nusa Tenggara Barat memegang koleksi berharga dari masa lalu. Balai Lobby terletak di bagian depan museum menampilkan arsitektur Berugak modern. Aula Lobby terhubung ke ruang pameran melalui koridor. Pada dinding kiri koridor terdapat ilustrasi budaya Nusa Tenggara Barat seperti: Gandrung, Rudat, Cepung, Wayang, dan Jaran Kamput. Sisi kanan dinding menampilkan lukisan Melengke, Toja, Konya, Sak Eco, Handra, dan Rebana Rea.

Ada taman yang indah bagi wisatawan untuk bersantai dan menikmati keindahan. Exhibition Hall I Museum Negeri Nusa Tenggara Barat, hanya beberapa meter dari koridor, dibagi menjadi dua sayap: sayap kiri, dan sayap kanan. Sayap kiri memiliki koleksi foto, fosil Stegodon, Paleokarbau,  Hipotalamus, dan lukisan. Lukisan-lukisan menampilkan asal-usul bumi dan alam semesta, menurut teori Nebula Kabut, struktur tektonik dari Nusa Tenggara Barat pulau, dan foto-foto burung-burung yang dilindungi di Indonesia seperti: Jalak Putih, Rangkong Sulawesi Camar Cokelat, dan Dara Mahkota.

Aula Pameran Tetap sayap kanan saya juga punya koleksi fosil kayu langka, seperti Rajumas, Cempaka, Lingsar, Bajur, Kepundung, dan Kelincung, dan foto raksasa dari Kakatua, dan Koakiau.

2 lukisan yang menggambarkan desa-desa dan gaun pengantin tradisional Sasak, Samawa, dan etnis Mbojo adalah pada layar di Exhibition Hall II. Disamping itu ada juga bahasa dan tulisan-tulisan para ras etnis Nusa Tenggara Barat. Koleksi naskah daun palem dari Asta Dasa Parwa (Mahabharata), Takepan Kotaragam, Takepan Jatiswara, Kitab Katika, dan Pisau Pangot yang diantara koleksi paling langka ditemukan di sini.Ada juga banyak koleksi tradisional Nusa Tenggara Barat senjata dari Kesultanan Bima. Selain itu ada berbagai alat seperti Iping Kodong, Bosang, dan Bubu, yang digunakan untuk menangkap ikan air tawar, kumpulan alat berburu seperti Perangkap Burung puyuh, String Ayam, Burung Tekukur Perangkap untuk, dan Pendiwai.
Di antara koleksi lain berbagai museum yang paling menonjol adalah: mata uang dari Portugis, Spanyol, dan masa kolonial Belanda, Kriya seni, dan seni tradisional Nusa Tenggara Barat, instrument permainan tradisional, dan instrumen mistik.

Buka: Selasa sampai Kamis, Sabtu - 8:00-14:00, Jumat - 8:00-23:00


Address

Jalan Panji Tilar Negara, Mataram, Lombok, Indonesia, ID

Page 1 / 12