Hotel Dekat Sendang Gile Waterfall Lombok

Sendang Gile Waterfall Lombok Lihat Peta

Air terjun Sendang Gile merupakan salah satu objek wisata yang wajib untuk dikunjungi saat Anda berkunjung ke Lombok. Airnya yang sejuk karena berasal dari Gunung Rinjani akan menyegarkan kembali pikiran Anda. Asal mula nama Sendang Gile, konon katanya karena penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini pada saat memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani. Untuk mencapai kawasan wisata ini, bagi yang tinggal di daerah Pantai Senggigi, dapat berjalan menuju ke arah utara melewati Hutan Monyet Pusuk. Air terjun yang indah ini terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Di kecamatan ini ada begitu banyak objek yang bisa kita kunjungi, seperti pos pendakian Gunung Rinjani, Mesjid Kuno Bayan, pembuatan kain Lombok dan yang terutama air terjun Sendang Gile. Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dari Kota Mataram. Walaupun jauh, selama perjalanan Anda akan disuguhi panorama alam yang begitu indah dengan menyusuri pinggiran pantai, jalur Pantai Senggigi.

Sebelum masuk ke lokasi, anda bisa mencicipi plecing khas Lombok yang pedas dan mantap rasanya. Setelah kenyang, silahkan masuk ke lokasi dengan membayar Rp 5.000. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dan melewati sekitar 500 anak tangga, tibalah anda di air terjun yang kelihatan sangat indah dan mempesona.  Selain itu, cobalah merasakan langsung titik jatuhnya air dari ketinggian kurang lebih 40 meter. Memang sakit, tapi sensasi segarnya memang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Untuk bisa sampai kesini dari Bandara Selaparang (Mataram), anda dapat menggunakan taksi, ataupun public transportation lainnya. Tapi untuk dapat sampai ke lokasinya membutuhkan 2x angkot. Mataram-Tanjung dan dilanjutkan dengan Tanjung-Senaru. Namun apabila anda ingin yang praktis cukup sewa mobil saja. Dengan waktu normal, perjalanan menuju desa Senaru dengan menggunakan mobil memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam.

Ada dua jalur untuk sampai ke Desa Senaru. Melalui Senggigi atau melalui Pusuk. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau melewati Pusuk, anda akan disuguhi pemandangan sawah dan hijaunya gunung di kanan kiri anda. Setelah itu perjalanan akan melalui jalan yang berkelok-kelok sambil menanjak sampai melewati puncaknya pusuk. Ketika melewati Puncaknya pusuk (biasanya disebut juga pusuk pass) anda akan melewati daerah wisata Pusuk, dimana sepanjang jalan akan terdapat monyet-monyet kecil. Tak perlu khawatir akan gangguan monyet-monyet ini. Karna monyet-monyet ini sungguh jinak. Tidak seperti di Sangeh-Bali atau di Uluwatu, dimana para wisatawan akan menjaga barang-barang mereka karena takut dirampas oleh monyet-monyet. Biasanya para wisatawan akan menghentikan kendaraan mereka untuk bermain-main dengan monyet-monyet disepanjang jalan di pusuk ini. Ada juga yang ingin memberi makan, ataupun sekedar berfoto bersama. Atau pula menikmati indahnya pemandangan karena dari Pusuk ini anda dapat pula menyaksikan lingkar pantai barat Pulau Lombok.

Alternatif kedua adalah melewati Senggigi. Berjarak tempuh lebih jauh dan lebih lama bila dibandingkan melalui pusuk, namun jalur ini menjanjikan anda view pantai. Mulai dari Pantai meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Malimbu sampai dengan melihat 3 pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.


Address

Senaru Village, Bayan, North Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia