Hotel Dekat Candi Sumur

Candi Sumur Lihat Peta

Candi Sumur terletak sekitar 100-200 m di sebelah barat Candi Pari. Saat ini candi ini dalam keadaan rusak, sisa-sisa bangunan yang ada hanya berupa dinding, yang terletak di sisi timur dan selatan, di sepanjang lantai dan fondasi bangunan.  Candi ini terbuat dari bata merah. Didirikan pada saat yang sama dengan Candi Pari dan keduanya termasuk Warisan kuno di kabupaten Sidoarjo. Baik candi Sumur atau Pari telah ditemukan pada 16 Oktober 1906.

Candi Sumur ini diperkirakan dibangun bersamaan dengan Candi Pari, dan seperti halnya Candi Pari, Candi Sumur juga terbentuk dari susunan batu bata merah bukan dari batu andesit yang umumnya kita jumpai pada candi-candi lain.

Pada bangunan candi ini juga tidak ditemukan ukiran atau relief-relief yang mendhias dinding atau kaki candi. Bentuk unik hanya terlihat dari susunan anak tangga yang berada di sisi selatan candi. Anak tangga ini cukup "curam" dan tidak memiliki dinding tangga di bagian sisinya, sehingga perlu perhatian extra bila pengunjung ingin menaikinya dikarenakan bata penyusun anak tangga atau tempat berpijak kaki itu sendiri tidak tersusun rata dan rapi.


Address

Indonesia , 61274, Jawa Timur, Sidoarjo, Porong, Candipari

Page 1 / 3