Hotel Dekat Belahan Temple

Belahan Temple Lihat Peta

Kehadiran kita di candi ini akan disambut dengan dua patung Dewi, yaitu patung Dewi Laksmi dan patung Dewi Sri. Sebuah candi yang diperkirakan sebagai makam Raja Airlangga ini terdapat pedestal batu yang diperkirakan merupakan asal dari arca Garuda Wisnu Kencana yang saat ini dipindahkan ke Trowulan Mojokerto.

Candi Belahan terletak di lereng timur Gunung Penanggungan, tepatnya di Dusun Belahan, Wonosunyo, Gempol, Kabupaten Pasuruan, 5 km arah barat dari jalan raya Surabaya-Gempol (masuk di jalan samping Pom Bensin yang menghadap ke timur, 100 meter selatan Apolo). Candi ini berada di ketinggian 700 m dpl sehingga udara di sekitarnya begitu sejuk dan pemandangan alamnya juga indah.

Candi ini memiliki lebar 5x5 meter dan sebagian besar tersusun dari bata merah. Ada dinding bata merah dan di depannya terdapat dua arca wanita, yang kemungkinan adalah istri Prabu Airlangga, yakni Dewi Sri dan Dewi Laksmi yang melambangkan kemakmuran. Dari puting payudara arca Dewi laksmi inilah keluar air mancur sehingga warga sekitar lebih akrab dengan sebutan Candi Sumber Tetek.


Address

Indonesia , 67155, Jawa Timur, Pasuruan, Gempol, Wonosunyo

Page 1 / 2