Hotel Dekat Wisata Api Abadi

Wisata Api Abadi Lihat Peta

Wisata Api Abadi, merupakan salah satu obyek wisata yang juga selalu ramai dikunjungi saat berada di Pamekasan. Lokasinya terletak di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan yang berjarak 4 Km dari pusat kota dengan prasarana jalan yang cukup baik, juga telah tersedia kios dan artshop. 

Obyek ini memiliki daya tarik baru dengan mengandalkan keajaiban alam berupa Api Abadi atau Api Alam, dimana api ini berasal dari dalam tanah apabila di gali akan uncul api dengan sendirinya. Atraksi wisata yang bisa kita lakukan, yaitu bisa membakar sendiri jagung, ikan dll yang kita bawa atau bisa kita beli disekitar obyek. Selain api alam terdapat juga sumber air belerang yang konon katanya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit kulit, bahkan peneliti mengatakan air belerang ini bisa dijadikan bahan untuk kosmetik.

Sesuai dengan namanya, wisata Api Abadi ini merupakan sumber api yang selalu menyala tanpa henti, meski turun hujan, api yang keluar dari sumbernya ini akan tetap menyala. Api akan padam saat terjadi hujan badai yang sangat deras, dan akan kembali menyala saat hujan reda. Sungguh potensi alam yang luar biasa. Setiap titik api yang ada di desa tersebut dikelilingi oleh pagar besi. Di sekitar lokasi, tampak penduduk lokal menjajakan jagung yang bisa di bakar sendiri oleh pengunjung di atas api. Tidak heran, bahwa obyek wisata ini selalu banyak dikunjungi di setiap akhir pekan atau pada hari biasa.

Api yang terdapat di setiap titik api ini memiliki nyala api yang biru layaknya api dari kompor gas dengan kualitas yang bagus. Penduduk sekitarpun memanfaatkannya sebagai sarana memasak dan untuk kepentingan lainnya dalam desa.

Masyarakat lokal mengkaitkan keberadaan obyek wisata tersebut dengan cerita legenda Ki Moko yang dianggap orang pertama yang menemukan api alam dan sumber air belerang di Dusun Jangkah. Setiap malam bulan Purnama lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi karena terdapat pertunjukan pencak silat. Obyek wisata Api Tak Kunjung Padam ini dijadikan sebagai lokasi perkemahan bagi pelajar maupun mahasiswa.


Address

Indonesia , 69371, Jawa Timur, Pamekasan, Tlanakan, Larangan Tokol