Hotel Dekat Mount Halimun National Park

Mount Halimun National Park Lihat Peta

Gunung Halimun adalah salah satu kawasan perlindungan dan pelestarian hutan hujan tropis terluas di Jawa Barat. Pada tahun 1992 kawasan ini ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai taman nasional. Nama Halimun diambil dari keadaan cuaca di kawasan ini, karena di pagi dan di sore hari ketenangan hutan dan pegunungan sering sekali diselimuti kabut tipis atau ‘halimun’ (dalam bahasa Sunda).

Taman Nasional Gunung Halimun menyimpan keanekaragaman jenis hayati yang sangat tinggi, tersusun dari tumbuhan bawah, merambat, tumbuhan tinggi, dan bahkan  termasuk 75 jenis anggrek yang beberapa di antaranya merupakan jenis langka. Anda akan melihat hal menarik di kawasan ini berupa sebuah jembatan kanopi (canopy walk) yang disediakan bagi pengunjung untuk melihat dan menikmati kesejukan alam di ketinggian 20 – 25 m di atas tanah. Jembatan sepanjang 100 m ini dapat membantu para pengunjung untuk melihat aktifitas binatang tanpa membuat takut dan mengganggu binatang tersebut.

Potensi biologis ataupun ekologis Taman Nasional Gunung Halimun dapat dipandang sebagai sesuatu yang berharga dan menentukan bagi wilayah di sekelilingnya. Taman ini dapat dianggap sebagai tempat cadangan air yang cukup besar untuk kawasan Utara dan Selatan Jawa Barat. Dengan nilai tersebut, Taman Nasional Gunung Halimun adalah sebuah objek wisata yang tidak boleh Anda lewatkan di Sukabumi.


Address

Indonesia, Jawa Barat, Sukabumi, Parung Kuda