Hotel Dekat Kamojang Crater

Kawah kamojang merupakan kawah gunung berapi yang masih aktif, hal ini ditandai dengan adanya gemuruh uap yang dihasilkan keluar dari perut bumi. Pada awal memasuki kawasan ini, pemandangan yang tak biasa ditemui yaitu banyak pipa-pipa besar yang berujung pada beberapa bangunan. Pipa tersebut adalah bagian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dikelola oleh PT. Pertamina dan PT. Indonesia Power; dan disinilah untuk pertama kalinya, energi panas bumi dimanfaatkan (seperti yang diusulkan warga kebangsaan Belanda, JB Van Dijk pada tahun 1918) secara komersial (1983).

Kawah Kamojang memiliki beberapa kawah antara lain kawah manuk, kawah kereta. Nama yang diberikan memiliki makna sendiri seperti kawah manuk yang dikarenakan beberapa lubang tersebut menghasilkan bunyi yang menyerupai suara burung manuk atau kawah kereta karena bunyinya seperti kereta (lebih mirip suara pesawat jet).

Kawah yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah kawah kereta api. Kawah kereta adalah kawah yang paling menarik perhatian karena uap gas yang kerluar memiliki tekanan yang sangat luar biasa (2.5 bar).  Di kawah ini kita akan mendengarkan suara unik mirip kereta api yang timbul dari uap yang dikeluarkan melalui celah-celah bebatuan dari perut bumi.  Di areal ini juga kita akan melihat pembangkit listrik tenaga uap.  Pipa-pipa sebagai penyalur panas dari perut bumi disalurkan untuk membangkitan generator yang menghasilkan energi listrik.

Aktivitas wisata yang dapat kita lakukan di daerah ini adalah berendam di air panas, hiking mengelilingi kawah, mengabadikan fenomena alam ini dengan perangkat multimedia dan bersauna di udara yang terbuka dengan pemandangan yang mempesona. Luas Taman Wisata Cagar Alam Kamojang ini sekitar 10 hektar.  Di kawasan wisata ini terdapat 23 kawah, 2 diantaranya berbentuk danau dengan asap yang mengepul ke permukaan air.


Address

Indonesia, Jawa Barat, Garut, Samarang