Hotel Dekat Gunung Puntang

Gunung Puntang Lihat Peta

Gunung Puntang adalah area yang sudah cukup dikenal sebagai salah satu lokasi ideal untuk berkemah. Terletak di kawasan Bandung Selatan, area gunung Puntang sering dipadati oleh wisatawan muda yang punya jiwa petualang. Pramuka atau Pecinta Alam menjadikan lokasi ini sebagai tujuan favorit untuk lokasi camping.

Bisa dicapai dengan rute yang ringkas dari pusat kota ke arah Banjaran, naik angkot berwarna cream dari stasiun Tegalega. Turun di terminal Banjaran, perjalanan dilanjutkan dengan angkot lain yang menuju ke arah Purtil/Cimaung, hingga mencapai gerbang area Gunung Puntang. Atau silakan mengambil rute sedikit berputar dari arah Cimahi menuju Soeang, dilanjut ke arah Banjaran, lalu disambung dengan angkot menuju Purtil/Cimaung.

Gunung Puntang ini merupakan salah satu situs bersejarah yang sebagian besarnya telah rusak tak terawat. Sungguh sayang. Pada zaman penjajahan Belanda, Gunung Puntang menjadi salah satu basis komando Belanda. Selain adanya markas dan benteng (yang saat ini telah rubuh), di Puntang juga terdapat stasiun radio yang sayangnya telah rusak parah dan tak dapat dipergunakan lagi. Pada masanya, di sekitar radio pemancar itu terdapat kompleks perumahan bagi karyawan radio, lengkap beserta berbagai fasilitas seperti kolam renang dan lapangan tenis.

Selain itu juga terdapat gua yang mungkin digunakan sebagai tempat persembunyian. Gua ini terletak agak jauh di dalam area Puntang. Kisah dan legenda sering diperdengarkan oleh para penjaga kawasan Puntang agar pengunjung tetap waspada dan berhati-hati selama di lokasi tersebut. Untuk mencapai gua tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu agar pengunjung tidak tersesat.

Secara umum, kawasan Gunung Puntang memang ideal sebagai area perkemahan. Lapangan terbuka sebagai camping ground tersedia di sana. Sumber air tersedia cukup dengan mata air dan sungai yang masih sangat asri, lengkap dengan batu-batu besar dan aliran air yang begitu jernih. Jika melanjutkan perjalanan menjauhi area perkemahan, terdapat pula lokasi air terjun di Curug Siliwangi. Lokasi sekitar yang masih rimbun dengan pepohonan beserta jalan setapak di sana-sini memungkinkan eksplorasi kawasan tersebut dengan lebih optimal.

Mendaki bukit dari area parkir kendaraan ke tanah landai di kaki gunung dapat dilakukan dengan berjalan kaki hingga sampai di lokasi kolam cinta yang sudah tak berair lagi. Kolam ini sudah tak lagi dipergunakan karena sebagian dinding kolam telah tak ada. Mengapa disebut kolam cinta, tentu karena bentuknya yang tak biasa, berupa lambang asmara.

Kembali turun dan menyusuri jalan setapak, tepian sungai bisa dicapai dengan mudah. Sungai kecil yang berair jernih itu sangat mengundang keinginan untuk menceburkan diri ke dalamnya. Dengan air yang dingin membeku di sela batu-batu besar, berkecipak atau berendam seolah di dalam jacuzzi sangat bisa dilakukan.

Di area lokasi wisata alam ini, terdapat masjid kecil sebagai tempat peribadatan umat Islam. Sedangkan lokasi toilet cukup banyak tersebar di beberapa tempat, walaupun dengan standar kebersihan yang masih ala kadarnya. Penduduk sekitar pun di sana-sini membuka warung makan untuk menyediakan suplai bahan makanan bagi pengunjung.

Mengeksplorasi Gunung Puntang dapat dilakukan dalam sehari saja. Namun berkemah berhari-hari pun tentu bisa saja. Tempat yang indah dengan nilai sejarah, tempat memori kembali digali, dan dipelajari. Jangan lupa untuk menjaganya agar tetap lestari.


Address

Desa Puntang, Kec. Cimaung Kabupaten Bandung

Page 1 / 10