Hotel Dekat Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebih sering dikenal dengan sebutan Monas atau Tugu Monas adalah sebuah tugu peringatan yang dibangun setinggi 132 meter. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan dari bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan oleh pemerintah kolonial Belanda. Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961, lalu dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli tahun 1975.

Posisi Monas berada di jantung kota Jakarta, tepatnya di tengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Untuk mengunjungi Monas, kamu bisa berjalan tidak terlalu jauh dari Stasiun Gambir ke arah Balai Kota Jakarta, kemudian masuk melalui parkir IRTI. Dari sana, kamu bisa menggunakan angkutan gratis yang disediakan oleh pengelola untuk menuju ke pintu masuk monumen yang berada di dekat air mancur dan patung Pangeran Diponegoro. Ada dua angkutan gratis yang dapat mengangkut hingga 36 orang. Kamu akan melalui sebuah terowongan yang berada sekitar 3 meter di bawah taman Monas untuk mencapai ke loket pembelian tiket masuk ke bagian dalam Monas.

Setelah membeli tiket, kini kamu bisa masuk ke halaman bawah yang mengelilingi tugu Monas. Di situ kamu bisa melihat-lihat sejumlah relief atau patung yang menggambarkan sejarah Indonesia di masa lalu hingga kemajuan Indonesia di era modern. Relief dan patung yang ada di sana dibentuk menggunakan semen dengan pipa logam di dalamnya.

Setelah selesai melihat-lihat semua relief dan patung yang ada, selanjutnya kamu bisa menuju ke bagian dasar dari tugu Monas. Di situ terdapat Museum Sejarah Nasional di mana kamu bisa mengetahui cerita sejarah bangsa Indonesia melalui 51 buah diorama, mulai dari zaman prasejarah hingga ke Orde Baru.

Berpindah ke bagian dalam cawan monas, kamu bisa menemukan Ruang Kemerdekaan yang berbentuk amphitheater. Ruangan tersebut bisa kamu kunjungi dengan menggunakan tangga dari pintu utara maupun selatan. Di ruangan tersebut, kamu bisa melihat sejumlah simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia seperti naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tersimpan dalam kotak kaca, lambang negara Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bendera merah putih, serta dinding yang bertuliskan naskah proklamasi. Selain itu di ruangan ini kamu juga bisa mendengar suara dari Soekarno, presiden pertama Negara Republik Indonesia ketika sedang membacakan teks proklamasi.

Kemudian jika kamu ingin menuju ke bagian puncak Monas, kamu bisa menggunakan lift yang ada di pintu masuk selatan. Di puncak Monas terdapat ruangan berukuran 11 x 11 meter dengan ketinggian 115 meter. Lift tersebut dapat memuat hingga 11 orang. Di ruangan puncak tersebut dapat memuat hingga 50 orang di mana pengunjung dapat melihat pemandangan kota Jakarta, dan bisa juga menggunakan teropong.

Di atas ruangan tersebut, terdapat Api Kemerdekaan seberat 14,5 ton berwarna keemasan. Bagian dasar dari api tersebut adalah sebuah cawan setinggi 3 meter. Api Kemerdekaan tersebut memiliki ukuran tinggi sekitar 14 meter dan ukuran diameter 6 meter dan terdiri dari 77 bagian. Awalnya, struktur dari api tersebut dilapisi dengan emas seberat 35 kilogram. Kemudian pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1995, api tersebut dilapisi kembali dengan emas dan menambah beratnya menjadi 50 kilogram.


Address

Gambir, Central Jakarta City, Jakarta