Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Tegal

Stasiun Tegal (TG) yang terletak +4 m dpl adalah stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Tegal, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Stasiun Tegal mulai dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan stasiun dilengkapi dengan atap besar yang berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Stasiun ini membentang dari utara ke selatan. Ke arah utara, jalur KA akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini bercabang dua, satu ke Brebes dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto. Stasiun ini beroperasi di bawah kendali Daerah Operasi IV Semarang.

Stasiun Tegal jalurnya bisa dibilang sedikit unik karena lintasannya membentang dari selatan ke utara. Semua kereta api yang melintas jalur utara berhenti di stasiun Tegal baik kereta Ekonomi, Bisnis, Eksekutif Argo maupun KA Barang kecuali KA ABA dan KA Sembrani.

Objek Wisata Stasiun Tegal

, , , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Ckeckout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut :

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari,terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda.jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda,carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Tegal


Tribunnews

Direksi PT KAI Inspeksi di Seluruh Lintasan Stasiun
Tribunnews
"Keselamatan harus jadi utama," ujar Edi Sukmoro di sela-sela inpeksinya," di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (19/12/2014) pagi. Edi menegaskan kepada setiap insan PT KAI meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan khususnya dalam pelaksanaan ...

and more »

Tribunnews

Ini Sisa Tiket KA di Tanggal Tertentu
Tribunnews
"Di antara tanggal mudik 20-26 Desember 2014, ada beberapa tiket kereta yang masih tersedia untuk tanggal-tanggal tertentu," papar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dalam siaran persnya di Stasiun Gambir, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (19/12/2014). Edi ...


Tempo.co

Tiket Kereta Ekonomi Ludes hingga Awal Januari
Tempo.co
CO, Tegal - Meski libur Natal dan tahun baru 2015 masih jauh, tiket kereta ekonomi di Stasiun Besar Tegal habis terjual. "Tiket Kereta Ekonomi untuk keberangkatan 27 Desember 2014 - 8 Januari 2015 sudah habis, terutama KA Tegal Arum (Tegal-Jakarta)," ...
Karyawan PT KAI Tewas Tertabrak KA LogawaSolopos
PT KAI waspadai 12 titik rawan banjirANTARA
PT KAI Semarang Waspadai 12 Titik Rawan Banjir dan LongsorSeruu.com

all 40 news articles »

Usai Disetubuhi, Foto Korban Setengah Telanjang Diupload ke Facebook
Sumatera Ekspres Online
Pelaku sempat bersembunyi di Solo dan Pati, sebelum akhirnya takluk di tangan petugas yang menyanggongnya di stasiun besar Kota Tegal. Kasat Reskrim Polres Tegal, AKP Yusi Andi Sukmana SH MH menyatakan tersangka sempat memperdaya YT ( 19) ...

and more »

Jateng Art Festival, Konservasi Budaya Merajut Keragaman
Harian Ekonomi Neraca
Simposium menarik juga digelar untuk membahas budaya pesisiran bersama Ki Entus Susmono (Dalang dan Bupati Tegal), Mudjahirin Thohir (Akademisi Undip), Triyanto Tiwikromo (Sastrawan & Redpel Suara Merdeka), Munawir Aziz (Peneliti Budaya Pesisir Lasem ...


KOMPAS.com

Terputus 4 Hari, SPBU Banjarnegara Akhirnya Dapat Pasokan BBM
KOMPAS.com
Pasokan BBM dikirimkan langsung dari Tegal ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 44.534.06 Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Supervisor SPBU Karangkobar, Imam Nukito mengatakan, pasokan bensin datang dari Tegal pukul 15.25 ...
Pasokan BBM ke Karangkobar Terhambat Akibat Longsor BanjarnegaraBeritaSatu
Pasokan BBM ke Karangkobar terhambat akibat longsorANTARA

all 17 news articles »

Tempo.co

Angin Ekstrem Melanda Pantura Jawa
Tempo.co
CO, Tegal - Angin kencang dengan kecepatan sekitar 48 kilometer per jam, melanda wilayah eks-Karesidenan Pekalongan, sejak akhir pekan lalu. “Ahad lalu sempat tergolong angin ekstrim, kecepatannya mencapai 50 kilometer per jam (25 knot),” kata ...

and more »

Tempo.co

KAI Siaga 12 Titik Rawan Banjir Saat Natal dan Tahun Baru
Tempo.co
Calon penumpang menunggu kereta diberangkatkan di Stasiun Senen, Jakarta, (22/12). Untuk mengatasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI akan menambahkan sejumlah armadanya untuk menampung para pemudik.

and more »

Timlo Net

16 Radio di Jateng Kena Semprit KPID
Timlo Net
Timlo.net - Sebanyak 16 stasiun radio di Jawa Tengah mendapat teguran keras dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Teguran tersebut diberikan karena sejumlah stasiun radio dinilai tidak serius ... Kemudian Radio Komunitas KOPAS Majenang, Radio R-Lisa ...

and more »

Metro TV News

Antrean Pembeli Tiket di Stasiun Tegal Mengular
Metro TV News
Metrotvnews.com, Tegal: Antrean pembeli tiket di Stasiun Tegal mengular pada H+4 Lebaran. Mereka mengantri tiket untuk balik ke Jawa Tengah dan Timur. Jumlah calon penumpang kereta membludak setelah jalur darat di jalur Pantai Utara macet akibat ...

Transportasi ke Stasiun Tegal

Untuk transportasi menuju stasiun tegal dapat menggunakan taksi atau angkutan umum.karena stasiun tegal berada tidak jauh dari kota maka cukuplah banyak untuk transportasi kestasiun tegal,ada pun transportasi yang lebih efisien seperti ojek dan becak.