Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Tegal

Stasiun Tegal (TG) yang terletak +4 m dpl adalah stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Tegal, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Stasiun Tegal mulai dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan stasiun dilengkapi dengan atap besar yang berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Stasiun ini membentang dari utara ke selatan. Ke arah utara, jalur KA akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini bercabang dua, satu ke Brebes dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto. Stasiun ini beroperasi di bawah kendali Daerah Operasi IV Semarang.

Stasiun Tegal jalurnya bisa dibilang sedikit unik karena lintasannya membentang dari selatan ke utara. Semua kereta api yang melintas jalur utara berhenti di stasiun Tegal baik kereta Ekonomi, Bisnis, Eksekutif Argo maupun KA Barang kecuali KA ABA dan KA Sembrani.

Objek Wisata Stasiun Tegal

, , , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Ckeckout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut :

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari,terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda.jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda,carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Tegal


Tempo.co

Angin Kencang, Lereng Slamet Hujan Debu
Tempo.co
Prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal, Hendy Andriyanto, mengatakan kencangnya angin di lereng Gunung Slamet disebabkan pertumbuhan awan di puncaknya. "Angin kencang itu hanya kejadian lokal di lereng Gunung Slamet," kata Hendy saat ...
Aktivitas Menurun, Gunung Slamet Tetap SiagaJPNN.com
Kondisi Terkini Gunung Slamet Kembali Meletus Hari iniAktual Post
Status Gunung Slamet Masih Tetap SiagaSeruu.com

all 71 news articles »

ANTARA

BNPB: Aktivitas Gunung Slamet Mulai "Jinak"
Harian Terbit
Ia mengatakan, berdasarkan pantauan dari stasiun pengamatan Gunung Slamet, PVMBG Badan Geologi, sejak Minggu (14/9) hingga saat ini tidak terlihat adanya asap hitam yang keluar dari kawah gunung tersebut. Kegempaanpun juga menurun.
Aktivitas Gunung Slamet MenurunJPNN.com
Aktivitas Gunung Slamet Fluktuatif, Warga Diminta Tak TeledorVIVA.co.id
Aktivitas Gunung Slamet Mereda, Lokon TinggiBeritaSatu
Tribunnews
all 454 news articles »

Tempo.co

Istri Wakil Wali Kota Antre Bensin Eceran di Tegal
Tempo.co
Menurut Operation Head Stasiun BBM Tegal Bimo Sagus Ariyanto, pengaturan BBM bersubsidi dilakukan dengan jalan mengurangi secara prorata volume BBM bersubsidi untuk setiap SPBU. "Dalam satu bulan, pengurangan kuota di tiap satu SPBU itu ...

and more »

Liputan6.com

Cerita Bos KAI Sulitnya Minta Penumpang Kereta Tak Naik ke Atap
Liputan6.com
"Waktu itu saya ke stasiun Bogor jam 4 pagi, saya lihat sekelompok anak naik di atap lalu diturunkan polisi, saya kumpulkan, saya tanya, mereka naik apa diizinin sama orang tua. Jawabannya malah kalau ngomong justru tidak diizinkan. Setelah itu selesai ...

and more »

Tempo.co

Siasati Parkir Liar, Manfaatkan Lahan Kosong
Tempo.co
Sebuah taman dijadikan lahan untuk parkir liar di kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat, (29/10). ... Selama dua hari ini, operasi parkir liar diterapkan di lima kawasan, yaitu Tanah Abang, Marunda, Kalibata, Jatinegara, dan Stasiun Jakarta Kota atau Beos.

and more »

Tempo.co

Solar Dikurangi, Nelayan Bakal Geruduk Jakarta
Tempo.co
Kebutuhan solar bersubsidi untuk nelayan Kota Tegal sekitar 5.000 kiloliter per bulan. Sedangkan kuota di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Karya Mina di Pelabuhan Tegalsari, Kota Tegal, hanya 1.488 kiloliter per bulan. “Kami curiga ...

and more »

ANTARA

Pembatasan BBM timbulkan antrean
BBCIndonesia.com
Di kawasan pantai utara Pulau Jawa, pembatasan BBM subsidi menyebabkan antrean sepanjang ratusan meter di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum. Sebagaimana disaksikan Renaningtyas, seorang ibu yang bepergian dari Jakarta ke Yogyakarta melalui ...
Tegal mulai dilanda kelangkaan BBM premiummerdeka.com
Langkanya BBM di Pantura Tidak Membuat Pengendara MenyerahLiputan6.com
​Antrean BBM juga Terjadi di PanturaMetro TV News
KOMPAS.com -Tempo.co
all 915 news articles »

Asyik! Bakal Ada Kereta Tegal Bahari Mulai 4 Oktober
Detikcom
"Tegal Bahari, 4 Oktober nanti akan diluncurkan di Tegal pukul 16.35 WIB. Ini hasil pembicaraan dengan Pemkab Tegal," kata Direktur Komersial PTKA Bambang Eko Martono dalam wawancara ekslusif dengan detikTravel di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin ...


KOMPAS.com

BBM Sulit Didapat, Kepanikan Mengancam
KOMPAS.com
KOMPAS.com - SUWARMIN (40) tergopoh-gopoh mendekati petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum Grogol di Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang sedang melayani pengendara sepeda motor mengisi premium, ...

and more »

ANTARA

KAI Purwokerto Segera Operasikan KA Kamandaka II
skalanews
KA Kamandaka yang akan disebut KA Kamandaka I, kata dia, tetap diberangkatkan dari Stasiun Besar Purwokerto menuju Stasiun Semarang Tawang setiap harinya pada pukul 05.00 WIB. Dan diberangkatkan kembali ke Purwokerto pada pukul 16.15 WIB.
Ternyata, Aset PT KAI Daop 5 BermasalahKedaulatan Rakyat
KA Kamandaka II bakal DiluncurkanTimlo Net
PT KAI Akan Luncurkan Komuter SemarangSuara Merdeka CyberNews

all 8 news articles »

Transportasi ke Stasiun Tegal

Untuk transportasi menuju stasiun tegal dapat menggunakan taksi atau angkutan umum.karena stasiun tegal berada tidak jauh dari kota maka cukuplah banyak untuk transportasi kestasiun tegal,ada pun transportasi yang lebih efisien seperti ojek dan becak.