Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Tegal

Stasiun Tegal (TG) yang terletak +4 m dpl adalah stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Tegal, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Stasiun Tegal mulai dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan stasiun dilengkapi dengan atap besar yang berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Stasiun ini membentang dari utara ke selatan. Ke arah utara, jalur KA akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini bercabang dua, satu ke Brebes dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto. Stasiun ini beroperasi di bawah kendali Daerah Operasi IV Semarang.

Stasiun Tegal jalurnya bisa dibilang sedikit unik karena lintasannya membentang dari selatan ke utara. Semua kereta api yang melintas jalur utara berhenti di stasiun Tegal baik kereta Ekonomi, Bisnis, Eksekutif Argo maupun KA Barang kecuali KA ABA dan KA Sembrani.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Tegal

Objek Wisata Stasiun Tegal

, , , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Ckeckout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut :

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari,terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda.jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda,carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Tegal


Pemudik Mulai "Banjiri" Stasiun Tegal
Suara Merdeka CyberNews
TEGAL, suaramerdeka.com - Kondisi Stasiun Tegal pada H-6/ Selasa malam (22/7) Lebaran mulai terjadi lonjakan pemudik. Ribuan pemudik memilih pulang kampung lebih awal menggunakan Kereta Api (KA) Tegal Arum agar bisa segera berkumpul ...


Stasiun Pasar Turi Mulai Dipadati Pemudik
Surabaya News
“Mau ke Tegal. Berangkat awal karena lebih lancar dan penumpangnya belum berdesakan,” kata Sulastri, penumpang. Pihak stasiun Pasar Turi memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-2 lebaran. Namun lonjakan tidak terlalu signifikan. Ada dua ...


Bersepeda Motor, Wamenhub Jajal Jalur Alternatif Pemudik
BeritaSatu
Tak lepas dari pengamatannya adalah soal kondisi jalan, penerangan, hingga stasiun pompa bensin umum (SPBU). “Tampak sejumlah lubang baru saja ditambal. Terlihat warnanya berbeda dengan bagian jalan yang ... persisnya di bawah flyover, para pesepeda ...

and more »

Rompi Bripda Ocky Tersangkut Akibatnya Jatuh dan Terlindas KA
Tribunnews
Sejumlah pekerja melakukan pengerjaan tahap akhir pada proyek jalur rel ganda (double track) Semarang-Pekalongan di Jalan Cakrawala, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/3/2014). Jalur rel ganda Semarang-Pekalongan kini sudah selesai ...

and more »

Jumlah Penumpang KA Diprediksi Naik Mencapai 20 Persen
Suara Merdeka CyberNews
TEGAL, suaramerdeka.com - Jumlah penumpang kereta api (KA) yang turun di Stasiun Kota Tegal pada saat arus mudik lebaran diprediksi meningkat antara 15-20 persen. Yakni, dari rata-rata 2.000 orang/hari meningkat menjadi 2.300-2.400 orang/hari.


Jembatan Comal Rusak, Pemudik Tunggu Bus 10 Jam
Tempo.co
Sopir bus PO Pahala Kencana jurusan Tegal, Abdi Irawan, menyatakan jalur yang dilaluinya padat. Waktu tempuh normal yang biasa dilalui Abdi 8-9 jam perjalanan. Namun karena padatnya arus mudik di pantura, waktu tempuh bus menjadi 11-13 jam.


KOMPAS.com

Jembatan Comal Ambles, Jumlah Penumpang KA Naik 1.500 Orang
KOMPAS.com
KOMPAS.com/Ari Himawan Sarono Dampak amblasnya oprit Jembatan di Pantura Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Petugas Satlantas Polres Tegal Kota mengarahkan kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Jalur Selatan via Slawi, Bumiayu dan ...
Jembatan Comal Ditutup, Penumpang KA Naik 40 PersenSuara Merdeka CyberNews
Jembatan Comal Ambles, Terminal Pekalongan SepiBeritaSatu

all 443 news articles »

Stasiun Pasar Senen Mulai Dipadati Pemudik
Tribunnews
Berdasarkan data dan informasi yang dimiliki Stasiun Pasar Senen mulai jam 05.30 wib - 11.25 wib, tercatat sebanyak 5.665 penumpang telah diberangkatkan menuju Kutuarjo, Semarang, Tegal, Yogyakarta, dan Purwosari. Hasil pantauan Tribunnews.com ...

and more »

H-7 Lebaran, Calon Penumpang di Stasiun Tanjung Priok Kehabisan Tiket ...
BeritaSatu
Sofian (50), warga kelurahan Semper Barat mengatakan, dirinya sedang mencari tiket tambahan ke arah Tegal namun saat ditanyakan ke loket Stasiun Tanjung Priok ternyata sudah habis. "Saya pikir seperti tahun lalu, seminggu sebelum hari Lebaran ...

and more »

Solopos

Tak Ada Penambahan Gerbong
JPNN.com
Kepala Stasiun Besar Tegal Samsudin melalui Supervisor Pelayanan Andy Noor mengatakan, dalam dua hari ini jumlah penumpang KA lokal (Kaligung) memang mengalami peningkatan. Dari jumlah 636 tiket yang disediakan semuanya ludes terjual.
Jembatan Comal Ambles, Tiket Kereta Lokal DiburuOkezone
Pemudik Ramai-ramai Pindah Naik Kereta ApiSuara Merdeka CyberNews
MUDIK LEBARAN 2014 Terpengaruh Limpahan Pemudik, Okupansi KA ...Solopos

all 13 news articles »

Transportasi ke Stasiun Tegal

Untuk transportasi menuju stasiun tegal dapat menggunakan taksi atau angkutan umum.karena stasiun tegal berada tidak jauh dari kota maka cukuplah banyak untuk transportasi kestasiun tegal,ada pun transportasi yang lebih efisien seperti ojek dan becak.