Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai adalah salah satu stasiun kereta api besar di Jakarta, Indonesia yang terletak di Manggarai, Jakarta Selatan. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta ekonomi komuter tujuan Bogor, Tanah Abang, dan Bekasi. Penumpang tujuan Bogor kebanyakan buruh atau pengamen. Sore hari ada kereta tujuan Nambo dan kereta Tanah Abang Ekspres koridor Bogor-Tanah Abang parkir di sini sebelum masuk dipo Bukit Duri. Dari stasiun ini juga diberangkatkan beberapa kereta ekonomi jarak jauh seperti kereta api Kutojaya jurusan Manggarai - Kutoarjo. 

Stasiun Manggarai sekaligus berfungsi sebagai dipo penyimpanan kereta-kereta besar. Banyak kereta kelas eksekutif dan bisnis diparkir di stasiun ini yang selanjutnya akan menuju ke stasiun Gambir atau Jakarta Kota. Jalur kereta api dari Bandara Soekarno-Hatta yang sedang dalam perencanaan juga dijadwalkan akan berakhir di stasiun ini. Bersebelahan dengan dipo dan stasiun Manggarai ini terdapat Balai Yasa Manggarai, yang merupakan bengkel untuk melakukan perawatan rutin dan mereparasi kereta-kereta penumpang. Kemudian, tidak jauh di selatan stasiun ini terletak dipo KRL Bukit Duri, tempat penyimpanan dan perawatan harian aneka kereta rel listrik dan diesel.

Stasiun-stasiun lainnya

Objek Wisata Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai, Stasiun Manggarai, Stasiun Manggarai, Stasiun Manggarai

  • Stasiun Manggarai
  • Stasiun Manggarai
  • Stasiun Manggarai
  • Stasiun Manggarai

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari,terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Manggarai


Republika Online

Antre Sholat di Manggarai, Muslimah Ini Kirim Surat Terbuka untuk Dirut KAI
Republika Online
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Pembenahan yang dilakukan Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan terhadap operasional kereta commuter line rupanya dinilai tidak merata. Fasilitas penunjang seperti musholla di hampir semua stasiun justru tak terurus.


Metro TV News

Kawasan Bawah Rel Layang Manggarai – Kota Jadi Taman
Poskotanews
“PKS dengan Kemenhub dan KAI ini tentang penertiban dan penataan lahan jalur kereta api di bawah jalan layang kereta api antara Stasiun Jakarta Kota – Stasiun Manggarai dan di lahan sejajar jalur kereta api di wilayah Provinsi DKI Jakarta,” kata Basuki ...
DKI Gandeng KAI Bangun RusunawaTempo Interaktif
Pemukiman Liar di Taman BMW Target Utama Penataan Jalur KABeritaSatu
Wah! Bakal Ada Rusun di StasiunMetro TV News
KOMPAS.com -Liputan6.com -ANTARA
all 30 news articles »

KRL Bogor Terlambat, Penumpang Padati Stasiun Manggarai
Okezone
KRL Bogor Terlambat, Penumpang Padati Stasiun Manggarai (Foto: Okezone) JAKARTA - Penumpukan penumpang kereta rel listrik (KRL) terjadi di Stasiun Manggarai Kamis (11/9/2014) petang. Mayoritas penumpang menunggu KRL tujuan Bogor yang ...

and more »

Detikcom

Para Penumpang Mulai Padati Stasiun Manggarai Pagi Ini
Detikcom
aktivitas pagi hari di stasiun manggarai. banyak lalu lalang para pekerja yg mondar mandir yang akan transit menuju tujuan masing masing. tapi kadang tidak menghiraukan keselamatan yg dia jalani? petugaas keamanan tetap mengatur dalam setiap ...

and more »

KOMPAS.com

Gangguan Sinyal di Stasiun Manggarai, KRL Tertahan di Cikini
Okezone
Gangguan Sinyal di Stasiun Manggarai, KRL Tertahan di Cikini Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone) JAKARTA - Kereta rel listrik (KRL) Commuter line kembali mengalami gangguan persinyalan di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (1/9/2014) petang.
Gangguan Sinyal di Manggarai, Penumpang KRL Terjebak di KAKOMPAS.com
Ada Gangguan Sinyal, Penumpang KRL Sempat Tertahan 1 Jam di Stasiun CikiniDetikcom

all 9 news articles »

Okezone

Pengguna KRL Keluhkan Musala di Stasiun
Okezone
JAKARTA - Sempitnya ruangan musala di stasiun kereta api Manggarai dikeluhkan oleh sejumlah pengguna kereta di stasiun ini atau para commuter. Ukuran musala yang hanya seukuran kamar kos seharga Rp300 ribu itu harus digunakan secara ...

and more »

BeritaSatu

Basuki Perintahkan Lahan Bawah Rel KA Stasiun Mangga Besar dan Sawah ...
BeritaSatu
... Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan melakukan penataan di Bawah Jalur Layang Kereta Api antara Stasiun Manggarai dan Stasiun ...

and more »

BeritaSatu

DKI, Kemhub, dan PT KAI Buat Kerja Sama Penertiban dan Integrasi Kereta
BeritaSatu
Terdapat dua PKS yang ditandatangani, yakni antara Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI tentang penertiban dan penataan lahan jalur kereta api di bawah jalan layang kereta api antara Stasiun Jakarta Kota - Stasiun Manggarai dan di lahan sejajar jalur kereta ...


KOMPAS.com

Ahok: Semua Surat Peringatan Penggusuran Harus Direkam
KOMPAS.com
Kompas.com/Kurniasari Azizah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tengah) bersama Dirut PT KAI Ignasius Jonan (pakai seragam putih) dan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwi Atmoko (kiri) saat ...
Ahok Minta Semua Surat Peringatan Penggusuran DirekamHarian Analisa (Blog)

all 2 news articles »

KAI: Belum Ada Rencana Renovasi Musala
Okezone
JAKARTA - Minimnya fasilitas ibadah seperti musala di stasiun kereta api Manggarai dikeluhkan para penumpang. Saat ini, kondisi musala di stasiun ini ukurannya tak lebih seluas kamar kos seharga Rp300 ribu, dan harus digunakan secara bergantian oleh ...

Transportasi ke Stasiun Manggarai

Untuk transportasi menuju Stasiun Manggarai dapat menggunakan taksi atau angkutan umum seperti metromini dan mikrolet yang jurusan menggarai.sedangkan untuk wilayah jabodetabek bisa menggunakan KRL commuterline dengan jurusan jakarta kota dan tanah abang atau sebaliknya.