Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Malang

Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Malang, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif. Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua. Stasiun kereta api berada di pusat kota Malang, tepatnya berada di kecamatan Klojen. Stasiun kereta api ini menghadap langsung ke arah icon Kota Malang, yaitu Monumen Tugu yang berada di depan kantor Balai Kota Malang. Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Selain itu, di stasiun Malang ini terdapat fasilitas toilet ruang tunggu yang nyaman serta beberapa terdapat pertokoan di sebelah timurnya yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan, termasuk terdapat warung-warung masakan. 

Bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.Saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis karena terletak tidak jauh dari Alun-Alun Bundar.

Objek Wisata Stasiun Malang

, , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkann lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang


Bisnis Liputan6.com

Stasiun BBM Nelayan Sendangbiru Malang Bakal DItambah
Bisnis Liputan6.com
Jika saat melaut nelayan kekurangan BBM bersubsidi, biasanya nelayan melalui koperasi mengajukan tambahan pasokan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang. Sehingga prosesnya dianggap terlalu lama dan nelayan harus bersabar ...


Harian Jogja

Hore, Jumlah Perjalanan Jogja-Malang Ditambah
Harian Jogja
“Sedangkan dari Malang berangkat pukul 20.00 WIB dan sampai Stasiun Jogja pukul 03.57 WIB,” jelas Wiwik. Dia menyampaikan, bagi manyarakat yang ingin menggunakan kereta api baru ini, tiket sudah dapat dipesan 90 hari sebelum keberangkatan ...
PT KAI luncurkan KA Malioboro ekspres pagi ke Yogya-Solo-Malangmerdeka.com
Rangkaian Kereta ke Malang akan DitambahKedaulatan Rakyat
KA Malioboro Ekspres Tambah Jadwal, Berangkat Pagi dari YogyakartaSolopos
VIVA.co.id -BeritaSatu
all 10 news articles »

Surya

KA Matarmaja dan KA Tawang Alun dari Malang Disubsidi Pemerintah
Surya
SURYA Online, MALANG - Kepala stasiun Malang Kota Baru, Sukardono membenarkan adanya kebijakan baru terkait PSO. Ia menyatakan selaku pelaksana pihaknya siap menjalankan kebijakan itu sembari menunggu teknis pelaksanaan lebih lanjut.
Subsidi Cair, Belum Bisa Pesan Tiket Kereta Murah Bulan MaretTribunnews

all 2 news articles »

KOMPAS.com

Malioboro Ekspres II Layani Yogyakarta-Malang
KOMPAS.com
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Malioboro Ekspres II jurusan Yogyakarta-Malang melakukan perjalanan perdana dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Malang, Jumat (23/1/2015), untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang terus meningkat.
Malioboro Ekspress, Yogyakarta - Malang Dua Kali SehariKedaulatan Rakyat
Malioboro Ekspres II lakukan perjalanan perdana Yogyakarta-MalangANTARA (Siaran Pers) (Pendaftaran)
Jadwal Keberangkatan Kereta Malioboro Ekspres Jadi Dua KaliTribunnews
SuaraMerdeka -Koran Sindo
all 14 news articles »

Mulai Maret Harga Tiket Kereta Malang-Jakarta AC Rp 65 Ribu
Tribunnews
Bulan berikutnya juga sudah bisa dilakukan," ujar Sumarsono kepada Surya di Malang, Jawa Timur, Minggu (18/1/2015). Kepala Stasiun Malang Kota Baru, Sukardono, juga menegaskan pemesanan tiket sudah bisa dilayani. Kereta dari Malang yang ...


Indopos

Menerabas Yogyakarta-Malang dengan Malioboro Ekspres II
Indopos
Menggerus jalur Yogyakarta-Malang kini tak perlu bersusah payah. Ada KA Malioboro Ekspres II jurusan Yogyakarta-Malang yang Siap melayani. Kereta api ini sudah melakukan perjalanan perdana dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Malang, Jumat ...


Detikcom

Ratusan Sopir Angkot Demo Bus Sekolah di Balai Kota Malang
Detikcom
Para sopir memarkir angkot mereka di bundaran Tugu depan Balai Kota Malang, banyaknya armada meluber hingga depan Stasiun Besar Malang.‎ "Kami datang ke sini menanyakan kenapa bus sekolah beroperasi," kata perwakilan sopir saat ditemui ...

and more »

Tempo.co

Transaksi Satwa Langka Via Facebook Digagalkan
Tempo.co
Petugas memasukkan sayuran ke dalam peti untuk makanan satwa Lutung Jawa (Trachypitecus Auratus) saat tiba di stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, Rabu 14 Januari 2015. Dua ekor satwa Lutung Jawa hasil pengembangbiakan kebun binatang ...

and more »

Tribunnews

Dua Lutung Jawa dari Bandung Tiba di Malang
Tribunnews
“Program pengiriman Lutung Jawa untuk dikembalikan ke habitat asalnya sudah mulai dilakukan sejak tahun 2012, secara bertahap, dua ekor ini merupakan bagian dari program itu,” ujar Iwan saat menjemput pengiriman dua Lutung jawa di Stasiun Malang ...
Dua Lutung Jawa Kelahiran Inggris Dikirim ke MalangOkezone

all 10 news articles »

Bisnis Indonesia

HASIL SCM CUP: Tundukkan Persebaya, Arema Vs Sriwijaya FC Di Final
Bisnis Indonesia
Bisnis.com, JAKARTA - Tim kebanggaan Kota Malang, Arema Cronus, akhirnya melaju ke babak final Piala Surya Citra Media (SCM) Cup 2015 setelah menundukkan sesama tim Jawa Timur Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 di partai semifinal di ...
Hasil Semifinal SCM / SCTV CUP 2015 : Sriwijaya FC vs Persela skor 2-1 ...INDO BOLA (Blog)

all 600 news articles »

Transportasi ke Stasiun Malang

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang dapat menggunakan taksi atau angkutan umum. Untuk angkutan umum sendiri cukup banyak melewati stasiun ini, karena lokasi stasiun berada di tengah kota. Sedangkan untuk jarak dekat lebih baik menggunakan becak lebih efisien.