Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Malang

Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Malang, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif. Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua. Stasiun kereta api berada di pusat kota Malang, tepatnya berada di kecamatan Klojen. Stasiun kereta api ini menghadap langsung ke arah icon Kota Malang, yaitu Monumen Tugu yang berada di depan kantor Balai Kota Malang. Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Selain itu, di stasiun Malang ini terdapat fasilitas toilet ruang tunggu yang nyaman serta beberapa terdapat pertokoan di sebelah timurnya yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan, termasuk terdapat warung-warung masakan. 

Bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.Saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis karena terletak tidak jauh dari Alun-Alun Bundar.

Objek Wisata Stasiun Malang

, , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkann lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang


Liputan6.com

Tiga KA Terlambat Datang di Stasiun Malang Akibat Kecelakaan di Sidoarjo
Tribunnews
TRIBUNNEWS.COM,MALANG - Kecelakaan antara KA Inspeksi (Istimewa) dengan truk katrol (crane) di traffic light Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo, menyebabkan keterlambatan kedatangan beberapa kereta di Stasiun Kota Malang, Kamis (17/7/2014).
Tabrakan di Sidoarjo, Ratusan Penumpang Kereta di Malang TerlantarOkezone
6 Kereta Disiapkan untuk Mudik Gratis di MalangLiputan6.com

all 5 news articles »

ANTARA

Sebanyak 78.578 pemudik diberangkatkan dari Senen
ANTARA
Mudik Lebih Awal Pemudik menunggu kereta api ekonomi Matarmaja jurusan Malang di Stasiun Senen, Jakarta, Rabu, (16/7). Sejumlah warga melakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di stasiun meski Lebaran masih 12 hari lagi.

and more »

Liputan6.com

BNI Ajak 6.050 Nasabah Mudik Gratis
Okezone
BNI Ajak 6.050 Nasabah Mudik Gratis (Foto: Kurniasih/Okezone) JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) kembali adakan BNI Rejeki Mudik 2014. Terdapat 6.050 pemudik yang tahun ini diantarkan ke berbagai kota dengan menggunakan ...
BNI Antar 6.050 Pemudik GratisVIVA.co.id

all 7 news articles »

Awas, Kejahatan Gendam di Bandara dan Terminal Saat Mudik Lebaran
Surya
Pemudik tertidur saat menunggu kereta api ekonomi Matarmaja jurusan Malang di Stasiun Senen, Jakarta, Rabu, (16/7/2014). SURYA Online, SIDOARJO – Jelang Lebaran, masyarakat diminta mewaspadai ulah penggendam yang beroperasi di Bandara ...

and more »

Kondisi Terkini Stasiun Gubeng Surabaya
Surabaya News
Surabayanews.co.id - Kondisi terkini jelang lebaran H-7 arus mudik di stasiun Gubeng Surabaya mulai mengalami peningkatan hingga 5 persen dari hari biasanya. Diperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi H-3 hingga H+3 dengan kebanyakan ...


Seruu.com

Atasi Penumpang Membludak, PT KAI Operasikan 6 KA Tambahan
Seruu.com
Kereta tambahan lebaran di Daop 8 di antaranya KA Eksekutif Gumarang lebaran jurusan Surabaya Pasar Turi-Gambir Jakarta, KA Eksekuitif Gajayana lebaran dari stasiun Malang kota Baru-Gambir Jakarta, KA Eksekutif Sancaka lebaran Surabaya Gubeng- ...

and more »

ANTARA

Waspadai 16 titik macet di Kota Malang
ANTARA
Sejumlah titik rawan kemacetan yang berada di tengah kota berada di kawasan Pasar Besar, Jalan Kawi, depan Stasiun Kotabaru, dan Alun-alun Merdeka, perempatan Jalan Semeru. Selain di tengah kota, kawasan di pintu masuk Kota Malang juga rawan ...

and more »

Metro TV News

Stasiun Senen Berangkatkan 29 KA Mudik Lebaran per Hari
Metro TV News
Jakarta: Selama musim mudik lebaran tahun ini, ada sembilan rangkaian KA kelas ekonomi tambahan yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Maka setiap harinya akan diberangkatkan 29 rangkaian KA dari Senen ke seluruh penjuru ...

and more »

PT KAI Lakukan Perbaikan Jalur Kereta di Malang
Tribunnews
Kepala Stasiun Kota Malang, M Sofyan mengatakan, ada 18 lintasan di Kota Malang yang tidak berpalang pintu. Selama mudik lebaran, PT KAI akan menambah penjaga di perlintasan tidak berpalang pintu tersebut. "Untuk keamanan jalur kereta, kami juga ...

and more »

ANTARA

Info kekeringan bisa diakses lewat android
ANTARA
Info kekeringan bisa diakses lewat android. Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengukur kelembaban udara dengan sangkar metorologi di Stasiun Klimatologi, Karangploso, Malang, Jawa Timur, Rabu (4/9). (ANTARA FOTO/Ari ...

and more »

Transportasi ke Stasiun Malang

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang dapat menggunakan taksi atau angkutan umum. Untuk angkutan umum sendiri cukup banyak melewati stasiun ini, karena lokasi stasiun berada di tengah kota. Sedangkan untuk jarak dekat lebih baik menggunakan becak lebih efisien.