Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Malang

Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Malang, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif. Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua. Stasiun kereta api berada di pusat kota Malang, tepatnya berada di kecamatan Klojen. Stasiun kereta api ini menghadap langsung ke arah icon Kota Malang, yaitu Monumen Tugu yang berada di depan kantor Balai Kota Malang. Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Selain itu, di stasiun Malang ini terdapat fasilitas toilet ruang tunggu yang nyaman serta beberapa terdapat pertokoan di sebelah timurnya yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan, termasuk terdapat warung-warung masakan. 

Bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.Saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis karena terletak tidak jauh dari Alun-Alun Bundar.

Objek Wisata Stasiun Malang

, , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkann lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang


SINDOnews.com

Tertabrak Kereta Api Warga Malang Tewas
SINDOnews.com
"Kereta api dari arah stasiun (Stasiun Malang Kotalama)." Menurutnya, sudah beberapa kali kejadian kecelakaan di perlintasan ini. Saat ini, polisi tengah melakukan olah TKP dan korban sudah dibawa ke kamar jenazah RS Saiful Anwar Malang. (zik).
Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta ApiTribunnews
Penderita Stroke Tewas Ditabrak Kereta ApiOkezone

all 3 news articles »

KOMPAS.com

BBM Langka, Harga Bensin Eceran di Kediri Ikut Melambung
KOMPAS.com
Kompas.com/M.Agus Fauzul Hakim Meski Pertamina sudah memberlakukan normalisasi ketersediaan bahan bakar minyak bersubsidi, antrean panjang kendaraan di Kediri, Jawa Timur, Minggu (31/8/2014), masih terjadi.

and more »

Detikcom

Packa Penolakan Satu Arah, Dishub Gencar Razia Mikrolet
Tribunnews
COM, MALANG - Pasca aksi penolakan jalur satu arah oleh sopir mikrolet, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, gencar melakukan penertiban angkutan umum. Saat ini, Dishub melakukan penertiban terminal bayangan di depan Stasiun Kota Malang, ...
Pasca Uji Coba Satu Arah Gagal, Dishub Gelar Razia MikroletDetikcom

all 2 news articles »

Suara Pembaruan

Malang Raya Dilanda Krisis BBM
Suara Pembaruan
Suasana antrean konsumen yang menyerbu Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) 54-651-73 di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang, mengular cukup panjang, Senin (25/8) petang. Mereka pada umumnya konsumen dari luar Kota Malang yang tidak ...
Solar Langka, Pengemudi Truk Menginap di SPBUTempo.co
Pertamina pilih batasi penjualan agar kuota cukup hingga akhir tahunANTARA
Presiden SBY Belum Akan Naikkan Harga BBM BersubsidiKOMPAS.com

all 915 news articles »

Pemkab Akan Perlebar Jalan Terabasan
Tribunnews
Pembangunan enam stasiun bawah tanah untuk proyek MRT keseluruhan sudah dimulai dengan pembangunan konstruksi di dua titik yakni Istora Senayan, Jakarta Selatan, dan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Bagian tengah jalan di Istora dan Bendungan Hilir akan ...


Suara Pembaruan

Pertamina Bilang Normal, Faktanya BBM Masih Langka di Jatim
Suara Pembaruan
[SURABAYA] PT Pertamina Operation Region V (untuk wilayah Jatim dan Bali) menyatakan, terhitung mulai Selasa (26/8) sudah mulai memenuhi permintaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) secara normal (sesuai DO/delivery order) dari Stasiun Pengisian ...


Kaki Gadis Tersangkut, Penumpang Trem Lakukan Penyelamatan
Okezone
Hal serupa juga terjadi pada penumpang kereta di stasiun Stirling di Perth, Australia. Kaki pria yang tidak diketahui identitasnya itu tersangkut di celah peron dan berhasil diselamatakan dengan bantuan ratusan penumpang yang bekerja sama mendorong ...

and more »

Liputan6.com

8.301 Penumpang Masih Mudik dari Stasiun Pasar Senen
Tribunnews
"Saya ingin pulang ke Malang. Karena saya kerja di Malang. Justru saya mudiknya ke Jakarta, bertemu sama orang tua kemarin," ucap salah satu penumpang KA, Agus saat ditemui Tribunnews.com di depan pintu peron Stasiun Pasar Senen. Hinggu pukul ...
Tak Hanya Arus Balik, Stasiun Pasar Senen Masih Dipadati PemudikLiputan6.com
35 ribu Pemudik Mulai Tiba di Stasiun SenenSuarasurabaya.net
Ribuan Penumpang Arus Balik Padati Stasiun SenenPoskotanews
Harian Analisa (Blog) -Aktudas
all 122 news articles »

Solar Malang Habis
ANTARA
Solar Malang Habis Tanda pemberitahuan yang berbunyi "Solar Habis" dipasang di sebuah Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) di jalan Mayjen Wiyono, Malang, Jawa Timur, Senin (25/8). Pengurangan pasokan bbm dari Pertamina berupa bbm ...


Suara Pembaruan

Di Lumajang, Antre Membeli BBM Satu Kilometer
Suara Pembaruan
Suasana antrean konsumen yang menyerbu Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) 54-651-73 di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang, mengular cukup panjang, Senin (25/8) petang. Mereka pada umumnya konsumen dari luar Kota Malang yang tidak ...

Transportasi ke Stasiun Malang

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang dapat menggunakan taksi atau angkutan umum. Untuk angkutan umum sendiri cukup banyak melewati stasiun ini, karena lokasi stasiun berada di tengah kota. Sedangkan untuk jarak dekat lebih baik menggunakan becak lebih efisien.