Tiket.com | Flight, Hotel, Train, Car Rental, Concerts

Tentang Stasiun Malang

Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Malang, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif. Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua. Stasiun kereta api berada di pusat kota Malang, tepatnya berada di kecamatan Klojen. Stasiun kereta api ini menghadap langsung ke arah icon Kota Malang, yaitu Monumen Tugu yang berada di depan kantor Balai Kota Malang. Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Selain itu, di stasiun Malang ini terdapat fasilitas toilet ruang tunggu yang nyaman serta beberapa terdapat pertokoan di sebelah timurnya yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan, termasuk terdapat warung-warung masakan. 

Bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.Saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis karena terletak tidak jauh dari Alun-Alun Bundar.

Objek Wisata Stasiun Malang

, , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkann lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang


Liputan6.com

KAI Tambah Satu KA Tujuan Malang-Jakarta
Liputan6.com
Liputan6.com, Malang - Pengguna moda transportasi kereta api melalui Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur semakin dimanja dengan penambahan satu lagi kereta api jarak jauh rute Malang – Jakarta yakni KA Ekonomi Plus Jayabaya. Wakil Kepala ...
PT KAI Luncurkan Kereta Jayabaya Kelas EkonomiVIVA.co.id
KA Jayabaya Sediakan Gerbong Khusus DifabelTribunnews
Jayabaya Jakarta - Malang Lewat Jalur UtaraJPNN.com
SINDOnews.com -Sidomi News -Tempo.co
all 68 news articles »

BeritaSatu

KA Jayabaya Malang-Jakarta Beri Fasilitas untuk Penumpang Difabel
BeritaSatu
Humas Railfans Malang, Priyo Sulaksono mengatakan, selama ini KA tidak ada yang menghubungkan jalan antara Stasiun Gubeng sampai Stasiun Pasar Turi. Biasanya, KA berhenti di Stasiun Gubeng atau Stasiun Pasar Turi, namun KA Jayabaya ini ...


Tribunnews

Kereta Baru Jayabaya Relasi Layani Rute Malang - Surabaya
Tribunnews
Manager Humas DAOP 8 Surabaya PT KAI, Sumarsono, dalam siaran pers yang dikirim melalui email menuturkan KA Jayabaya Relasi ini berangkat dari Stasiun Malang Kota Baru, kemudian singgah di Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan berakhir di Stasiun ...
KA Jayabaya Relasi Malang Tujuan Jakarta Dioperasikan 18 OktoberDetikcom

all 2 news articles »

KAI Luncurkan KA Jayabaya Relasi Pasar Senen-Malang
Gatra
Untuk melakukan perjalanan dari Pasar Senen-Surabaya-Malang, KA ini menempuh waktu perjalanan 13 jam 30 menit. KA Jayabaya akan berhenti di stasiun Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Bojonegoro, Cepu, Randublatung, Ngrombo, ...


Liputan6.com

KAI Resmi Luncurkan Kereta Baru Tujuan Jakarta-Malang
Liputan6.com
"Selama ini hanya dilayani oleh empat KA yaitu KA Matarmaja, KA Majapahit untuk kelas ekonomi dan KA Gajayana dan Bima untuk kelas eksekutif," kata Jonan saat menluncurkan KA Jayabaya, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (18/10/2014).


Okezone

KAI Luncurkan Kereta Malang-Jakarta Bernama Jayabaya
Okezone
JAKARTA - Guna memenuhi permintaan masyarakat yang cukup tinggi atas moda transportasi jarak menengah dan jauh khususnya untuk relasi Jakarta-Malang PP, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) pada hari ini meluncurkan produk terbarunya, KA ...


Tempo.co

Kereta Jayabaya Meluncur, Tarifnya Lebih Mahal
Tempo.co
Pengunjung mengamati kereta Ekonomi AC Matarmaja produksi PT. INKA di Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, 13-8, 2012. Kereta Ekonomi AC Matarmaja tujuan Jakarta (Stasiun Pasar Senin) ini akan dioperasikan pada 14-8, 2012 dengan Tarif Rp.


Gara-gara Lomba Nyanyi Agustusan
Pos Kupang
Ia menceritakan, dirinya dan tiga MC lainnya hanya mendapatkan pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan istruktur dari stasiun televisi TVRI dan protokol Istana Negara "Kami didiklatkan di sini. Jujur, kami tidak ada background MC atau Paduan Suara ...

and more »

Timlo Net

KAI Luncurkan Kereta Ekonomi Jayabaya Jakarta-Malang
Timlo Net
Sementara untuk KA ekonomi biasa jumlah tempat duduk satu kereta mencapai 106 seat,” jelas dia saat peluncuran KA Jayabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (18/10). “Fasilitas lain, sama seperti KA yang lain, yaitu fasilitas AC, stop kontak di ...


Inilah.com

KA Jayabaya, Jakarta-Malang Lebih Cepat
Inilah.com
"Dulu sempat berhenti waktu 2006," ujar Kepala Humas DAOP I KAI, Agus Komarudin, di Stasiun Pasarsenen, Jakarta (18/10/2014). Agus mengungkapan KA Jayabaya bernama KA Jayabaya Selatan yang sempat beroperasi era 1989-2006. Tapi, di 2006 ...

Transportasi ke Stasiun Malang

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang dapat menggunakan taksi atau angkutan umum. Untuk angkutan umum sendiri cukup banyak melewati stasiun ini, karena lokasi stasiun berada di tengah kota. Sedangkan untuk jarak dekat lebih baik menggunakan becak lebih efisien.